17 Tempat Wisata di Lembang Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  April 18, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Lembang selalu dibanjiri pengunjung tiap hari libur tiba. Pasalnya, kawasan tersebut menawarkan pemandangan alam nan indah dan suasana yang menenangkan. Sehingga, mampu mengusir kepenatan akibat lelah bekerja.

Lembang adalah sebuah kecamatan yang terletak di Provinsi Bandung, Jawa Barat. Daerah itu mempunyai sejuta pesona dan daya tarik wisata alam khas pegunungan yang masih asri. Terlebih, suhu udara di sekitarnya berkisar antara 17-27OC, yang mana membuat area tersebut terasa amat sejuk.Bila berencana untuk berlibur ke sana, Anda dapat memasukkan beberapa pilihan tempat berikut ke dalam list kunjungan:

1. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu

Wisatania.com

Salah satu gunung aktif di Indonesia ini bisa dibilang rajanya wisata di wilayah Bandung bagian barat. Selain tersohor akan Legenda Rakyat Sangkuriang-nya, gunung yang berbentuk seperti perahu terbalik itu ternyata menyuguhkan panorama kawah yang indah. Ada tiga kawah yang dapat dikunjungi ketika berwisata ke Tangkuban Perahu.

Pertama, Kawah Ratu, berukuran paling besar di antara yang lain. Kedua, Kawah Domas, ukurannya lebih kecil, tapi ia memancarkan semburan air panas. Istimewanya, wisatawan bisa meredam kaki untuk menghilangkan pegal-pegal dan melepas lelah serta memasak telur dengan cara merendamnya ke dalam air panas.

Ketiga, Kawah Upas yang berjarak 1,2 km dari kawah pertama. Tapi, jarang ada pengunjung yang menuju ke sana karena perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Padahal, bila mereka mau, banyak pemandangan indah dan pepohonan rindang yang dapat ditemui di sepanjang jalan.

review kuliner

Trip To Jakarta Bandung Day 1

Destinasi Alam Dengan Wisata Sejarah Mistisnya, Tahura Djuanda Bandung

2. Taman Begonia

Taman Begonia

rajatourbandung.com

Diberi nama demikian karena kebun tersebut didominasi oleh komoditas unggulan, yakni bunga Balinea. Ia merupakan jenis Begonia yang berasal dari Bali. Selain itu, pengunjung juga bisa menemukan bunga lain, seperti Celosia, Salvia, Geranium dan masih banyak lagi.

Di Taman Begonia, pengunjung akan diajak untuk memetik sayuran dan buah-buahan di areal khusus perkebunan. Mulai dari cabai, terong ungu, terong putih, tomat ceri, jagung, brokoli, selada air hingga sayuran khas dataran tinggi di Lembang. Asyiknya, tanaman yang sudah dipetik dapat langsung Anda makan atau dimasak di tempat nan telah disediakan.

Di samping itu, objek wisata yang berada di Jalan Raya Maribaya No. 120A, Desa Langensari tersebut menawarkan beragam fasilitas, seperti cafe dan outbond. Permainan yang disediakan ialah Pinnata, Farm Trekking, Puzzle Treasure dan Secret Passage.

Baca juga :  7 Taman Bunga di Bandung, Pesonanya Sungguh Memukau

3. Maribaya Natural Hot Spring Resort

Maribaya Natural Hot Spring Resort

pergidulu.com

Salah satu tempat pelesir yang paling populer di Lembang ini beralamat di Jalan Raya Maribaya No. 105, Desa Langensari. Ia merupakan alternatif tempat pemandian air panas selain Ciater. Airnya benar-benar menyegarkan hingga membuat pengunjung lupa dengan rutinitas yang melelahkan. Apalagi, selama berendam Anda akan ditemani lanskap alam nan hijau dan asri serta hawa khas Lembang yang sejuk.

Tidak cuma itu, Maribaya Natural Hot Spring Resort juga menyediakan fasilitas berupa resto dan penginapan.

4. Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park

dirgantaracarrental.com

Ia menghadirkan panorama pegunungan yang amat mempesona dan sayang bila dilewatkan. Dusun Bambu Family Leisure Park memang merupakan salah satu tempat wisata di Lembang yang berada di kaki Gunung Burangrang. Alamat lengkapnya, yaitu di Jalan Kolonel Matsuri KM. 11, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Di area itu, terdapat beberapa sarana, antara lain Cafe Burangrang yang terletak di tepi danau dan penginapan berbentuk villa serta camping. Selain berwisata kuliner seraya melihat pemandangan danau nan indah, pengunjung dapat mencoba lebih dari 10 aktifitas seru bersama keluarga atau teman.

5. Puncak Ciumbuleuit

Puncak Ciumbuleuit

katalogwisata.com

Dikenal dengan nama Punclut, objek wisata ini terletak di kawasan dataran tinggi yang tidak jauh dari pusat Kota Bandung. Ia beralamat di Jalan Rereongan Sarupi, Desa Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap. Puncak Ciumbuleuit sendiri berada di ketinggian 1.000 mdpl, sehingga tidak heran apabila udaranya sejuk pada siang hari dan dingin ketika malam hari. Suhu rata-rata di tempat itu antara 15-22OC.

Punclut kerap digunakan untuk jogging atau olahraga pagi setiap hari libur oleh warga Bandung. Ia juga dijadikan destinasi wisata bagi pengunjung yang berasal dari luar kota. Salah satu pesona yang dimiliki Puncak Ciumbuleuit adalah para wisatawan dapat melihat bentuk geografis Kota Kembang secara langsung dari ketinggian.

6. Imah Seniman

Imah Seniman

travelingyuk.com

Menawarkan konsep “tidur di danau dan makan di hutan”, zona wisata ini beralamat di Jalan Kolonel Matsuri No. 8, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang. Daya tarik utama dari Imah Seniman adalah adanya wisata kuliner yang menjadi satu serta berpusat di dalam hutan. Begitu memasuki lokasi, pengunjung akan melihat pemandangan alam nan menawan di kawasan lembah.

Tak hanya itu, terdapat pula danau dengan air terjun mini yang dihiasi bebatuan untuk berpijak. Di belakangnya atau di sekitar penginapan, ada pepohonan yang tumbuh dengan rimbun. Ia bakal memberi sensasi berada di alam bebas layaknya hutan belantara sungguhan bagi siapa pun yang menginap di sana.

Baca juga :  9 Wisata Kuliner Bandung Paling Rekomended

Imah Seniman juga menyediakan galeri seni yang menampilkan beraneka kerajinan khas Jawa Barat dan daerah lain di Indonesia. Menariknya, semua karya tersebut dibuat langsung oleh para seniman berpengalaman dari Jepara, Jawa Tengah yang mahir dalam menghasilkan seni ukiran.

7. Sindang Reret

Sindang Reret

Tripcarta.com

Wahana wisata di Jalan Raya Cikole KM. 22, Desa Cikole, Kecamatan Lembang ini berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu. Sehingga, sudah dapat dipastikan pemandangannya bakal sangat indah, dengan latar belakang hutan pinus nan tinggi dan kabut yang cukup tebal. Sindang Reret dibangun di areal perkebunan seluas 70 hektar. Selain terkenal dengan kuliner khas Sunda-nya, ia juga menyiapkan berbagai fasilitas untuk pengunjung yang ingin menyelenggarakan acara keluarga atau kegiatan berskala besar, seperti gathering perusahaan.

8. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya

dirgantaracarrental.com

Beralamat di Jalan Maribaya No. 149, Desa Cibodas, zona wisata ini tergolong baru di Kecamatan Lembang. Ia berada di dataran tinggi dan menghadap ke pepohonan pinus nan tinggi. Sehingga, menjadikannya memiliki banyak spot foto yang menggoda. Apalagi, pihak pengelola cukup kreatif menyediakan berbagai wahana untuk membantu pengunjung memperoleh hasil potret yang unik. Mulai dari ayunan hingga sepeda di atas tali.

Setelah puas mengambil gambar, pengunjung dapat mencicipi aneka jajanan khas Bandung, seperti cilok, batagor, seblak dan baso tahu atau menonton pertunjukan sendratari legenda tatar Sunda di Lodge Maribaya yang dipentaskan secara rutin, yakni dua kali dalam sebulan setiap Sabtu malam.

9. Grafika Cikole Lembang

Grafika Cikole Lembang

sky-adventure.com

Merupakan kawasan wisata terpadu di Jalan Tangkuban Perahu KM. 8, Desa Cikole yang dibangun di area seluas 9 hektar. Ia menawarkan wisata alam, kuliner dan outbond untuk keluarga, sekolah serta instansi. Karena pemandangannya cukup unik, tidak sedikit pengunjung yang datang untuk melakukan pre wedding.

Selain itu, Anda juga dapat menemui fasilitas penginapan, seperti hotel, pondokan serta camping ground dengan tarif mulai dari Rp.800.000,-. Bila ingin berkunjung ke Grafika Cikole Lembang tanpa menginap hanya perlu membayar sesuai fasilitas yang dipilih.

10. Farm House

Farm House

blog.reservasi.com

Bernama lain Farm House Susu Lembang, tempat ini berlokasi di Jalan Raya Lembang No. 108, Desa Gudangkahuripan. Ia memiliki nuansa peternakan khas Eropa dan menampilkan berbagai jenis bangunan, termasuk rumah hobbit, yang dibuat persis seperti aslinya. Semua bisa digunakan untuk background foto, bahkan pengunjung bisa menyewa pakaian seperti milik orang Eropa guna mendukung konsepnya.

Selain berfoto-foto, pengunjung dapat menikmati kuliner di restoran yang tersedia, membeli aneka cinderamata serta berinteraksi dengan hewan-hewan lucu, seperti biri-biri, kelinci, iguana dan lain-lain.

11. Wisata De’Ranch Lembang

Wisata De’Ranch Lembang

alkisahikmah.blogspot.co.id

Objek wisata yang terletak di wilayah Puncak Lembang, tepatnya Jalan Raya Maribaya No. 17, Desa Kayuambon ini menyajikan sensasi liburan ala cowboy. Pengunjung dapat menunggang kuda atau naik delman sambil memandangi lansekap dataran tinggi nan mempesona lagi menawan. Apalagi, area tersebut telah ditata dengan rapi oleh pengelola, sehingga tampak bersih dan nyaman.

Baca juga :  7 Hotel Staycation Bandung, Cocok Untuk Healing

12. Floating Market

Floating Market wisata di lembang

holidayvillalembang.com

Sesuai namanya, tempat wisata yang terletak di Jalan Grand Hotel No. 33E tersebut berupa pasar terapung di atas danau. Suasananya serupa dengan Floating Market yang ada di Negeri Gajah Putih. Pekan itu menjual berbagai santapan lezat, baik menu tradisional maupun mancanegara. Jadi, pengunjung dapat mengisi perut sembari menikmati sejuknya alam sekitar.

13. Taman Miniatur Kereta Api

aman Miniatur Kereta Api

floating-market-bandung.com

Termasuk wisata edukasi yang paling cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Mereka bisa menyaksikan miniatur kereta api yang berjalan di atas rel seperti sungguhan. Di samping itu, si kecil juga akan mendapatkan wawasan mengenai histori perkeretaapian Indonesia, bahkan dunia. Taman Miniatur Kereta Api masih satu lokasi dengan Floating Market. Sehingga, selepas dari sana, Anda bisa mampir ke kawasan ini.

14. Ciater

Ciater

anekatempatwisata.com

Tempat wisata lembang di Jalan Raya Ciater, Desa Nagrak, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat ini sangat populer, tidak hanya di kalangan warga Bandung, namun juga wisatawan dari luar kota hingga mancanegara. Di sana, pengunjung bisa berendam di kolam pemandian air panas yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan kulit dan badan. Tinggal memilih ingin di kolam umum atau ruang private yang tentu lebih memberi kenyamanan bagi Anda.

15. Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp wisata di lembang

JejakPiknik.com

Merupakan salah satu area outbound di Lembang yang terletak di Jalan CIC Kp. Ciwangun, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat. Ciwangun Indah Camp sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang senang menginap di alam terbuka. Panorama yang dihadirkan tak kalah menarik dengan beberapa tempat serupa di Kota Kembang.

Di CIC, pengunjung dapat mencoba beragam wahana, seperti outbond, trekking serta hiking nan menantang dan wisata kuliner.

16. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland wisata di lembang

wisatajabar.com

Adalah tempat wisata keluarga terbesar di Lembang, dengan luas hingga 60 hektar. Berada di Jalan Sersan Bajuri KM 3,8, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, ia menawarkan sekitar 30 wahana permaianan mulai dari Kolam Renang Tematik, Futuristic Train, Horse Riding, Tubby, Sespan, ATV, Aqua Boot dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat mencoba resto yang menyediakan menu makanan Sundanese, Western, Oriental serta Japanese.

17. Jendela Alam

tempat wisata lembang

rebanas.com

Di antara semua tempat wisata di Lembang, Jendela Alam adalah salah satu yang membawa konsep unik. Sebab, zona wisata yang berada di Jalan Sersan Bajuri KM. 4,5 Komplek Graha Puspa, Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong ini bakal mengajak anak-anak untuk mempelajari cara berkebun, bertani dan bertenak nan mengasyikkan. Mereka akan betah berada di Jendela Alam karena selain aktifitasnya seru, didukung pula dengan udara yang sejuk.

Sejak dulu, salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung Barat itu memang menjadi tujuan pelesir bagi masyarakat perkotaan yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus merasakan sejuknya udara di sekitar. Supaya tetap bisa memenuhi ekspektasi para pengunjung, Pemerintah Daerah berupaya untuk terus berbenah dan menambah tempat wisata di Lembang.



Leave a Reply