9 Mercusuar dengan Pemandangan Indah di Indonesia


Altesa  August 29, 2022  0 Comment

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, hal ini disebabkan karena Indonesia sendiri  terdiri dari negara ke pulauan yang setiap pulaunya memiliki jenis sumber daya alam yang berbeda. Terdapat gunung, perbukitan hingga lautan di sekeliling Indonesia. Beberapa keindahan alam di Indonesia sendiri bisa dijadikan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Karena Indonesia terdiri dari negara kepulauan tak heran jika banyak sekali pantai dan lautan serta teluk yang ada di Indonesia. Memiliki lautan dan pantai yang banyak membuat Indonesia membutuhkan transportasi kapal laut sebagai alat transportasi utama pada zaman dahulu untuk pindah dari satu pulau ke pulau lainnya. Sementara itu jika bepergian menggunakan kapal laut setiap kepulauan pasti akan membutuhkan dermaga dan mercusuar sebagai alat bantu navigasi kepada nahkoda. Mercusuar merupakan bangunan yang dibangun dengan sumber cahaya di puncaknya yang difungsikan untuk menandai daerah – daerah berbahaya serta navigasi untuk kapal laut. Banyak sekali mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia, yang bisa dikunjungi dan dinikmati sebagai wisata yang menarik.

Selain berfungsi sebagai navigasi saat ini mercusuar juga menjadi wisata yang populer di kalangan wisatawan. Beberapa mercusuar tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, namun juga cerita sejarah menarik dibaliknya. Jadi, selain kamu bisa menikmati keindahan panoramanya kamu juga bisa mengulik sejarah nya dan belajar. Kali ini gotravelly akan memberikan kamu daftar 9 Mercusuar dengan pemandangan Indah di Indonesia, yang mungkin bisa kamu kunjungi. Berikut 9 mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia ;

1. Mercusuar Tanjung Kalian

Mercusuar Tanjung Kalian
travel.okezone.com

Mercusuar Tanjung kalian adalah salah satu mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia yang berlokasi di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung. Pelabuhan Tanjung Kalian merupakan salah satu pintu masuk via jalur laut dari Pulau Sumatera. Mercusuar ini dulu dibangun oleh Belana pada tahun 1862. Dulunya pelabuhan ini adalah salah satu pelabuhan yang ramai di daerah laut ini, namun karena perkembangan zaman saat ini masyarakat memilih untuk menggunakan transportasi pesawat terbang.

Mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia satu ini memiliki tinggi 65 meter dan masih aktif berfungsi hingga saat ini. Pada puncak mercusuar terdapat lampu navigasi yang menyala selama 24 jam dan digunakan oleh nahkoda kapal laut untuk memantau keadaan laut. Mercusuar ini terdiri dari 16 lantai dan memiliki pemandangan pantai bangka Belitung dengan pasir putihnya dan warna lautnya yang biru.

Gotravelly

Pesona Pulau Pandang Batubara Sumatera Utara

Pulau Banyak, Si Cantek From Aceh Singkil

2. Mercusuar Wilem Toren III

Mercusuar Wilem Toren III
goodnewsfromindonesia.id

Mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia selanjutnya adalah Mercusuar Wilem Toren III. Mercusuar ini berada di Kampung Meulingge, Pulau Aceh Kabupaten Aceh Besar. Mercusuar ini merupakan salah satu peninggalan bangunan Belanda yang ada di Kampung ini. Mercusuar Wilem Toren dibangun pada tahun 1875 dan sudah berumur lebih dari 1 abad. Meskipun sudah berumur bangunan ini masih kokoh berdiri hingga saat ini.

Mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia satu ini memiliki tinggi 85 meter dengan ketebalan dinding mencapai 1 meter. Dalam proses pembangunannya pada saat itu ratusan orang dari Ambon diangkut untuk membantu membangun menara mercusuar ini. Dahulu daerah sekitar mercusuar adalah tempat pemukiman perwira tantara Belanda yang singgah disana.

3. Mercusuar Cikoneng

Mercusuar Cikoneng
travel.kompas.com

Mercusuar Cikoneng merupakan salah satu mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia selanjutnya. Mercusuar indah satu ini terletak di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Anyer, Banten. Mercusuar ini dibangun pada masa Belanda di tahun 1885. Mercusuar satu ini memiliki tinggi 75,5 meter dan terdiri dari 18 tingkat. Mercusuar ini biasa menerangi daerah perairan Laut Banten bagian Utara.

Mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia satu ini memiliki pemandangan laut lepas dan jalan raya anyer. Selain ity, kamu juga bisa melihat pemandangan perbukitan hijau di sekitar mercusuar ini. Jika kamu berencana untuk mengunjungi dan berwisata di daerah Cikoneng, coba sempatkan untuk mengunjungi mercusuar ini saat matahari terbit atau tenggelam, karena kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

4. Mercusuar Pulau Lengkuas

Mercusuar Pulau Lengkuas
bobo.grid.id

Mercusuar Pulau Lengkuas merupakan mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia yang terletak di Pulau Lengkuas Bangka Belitung. Mercusuar ini berbentuk menara besi dengan memiliki 16 sisi dan berwarna putih. Warna dari mercusuar ini sangat cocok jika dipadukan dengan pasir putih dan laut biru disekutaran mercusuar ini menambah keindahan pemandangan bahkan dari bawah mercusuar. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1883 dan menghadap Selat Karimata yang menghubungkan antara Laut Jawa dengan Laut Tiongkok Selatan. Mercusuar ini memiliki tinggi 57 meter dnegan diameter 61 meter. Untuk kamu yang berencana berlibur di Pulau Lengkuas wajib menyemoatkan diri untuk masuk ke mercusuar satu ini.

5. Mercusuar Pantai Baron

Mercusuar Pantai Baron
eksotisjogja.com

Mercusuar Pantai Baron merupakan salah satu mercusuar yang menawarkan keindahan pesisir pantai Gunungkidul. Mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia satu ini tidak jauh dari Kota Jogja ke arah Pantai Baron. Mercusuar ini memiliki tinggi 40 meter dan dibangun pada tahun 2014. Unik nya awaknya mercusuar ini hanyalah menara suar yang berupa tiang tower pemancar sinyal, namun pada tahun 2014 Direktorat Navigasi dan Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan menyelesaikan pembangunan mercusuar ini. Mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia satu ini menawarkan panorama Pantai Gunungkidul dan pegunungan Sewu Gunungkidul yang menakjubkan. Jadi sembari kamu menikmati pemandangan dari atas mercusuar ini kamu juga bisa merasakan angin laut dari atas bangunan tinggi ini.

6. Mercusuar Pulau Biawak

Mercusuar Pulau Biawak
warisanbudayanusantara.com

Mercusuar Pulau Biawak merupakan mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia yang berlikasi di Indramayu Provinsi Jawa Barat. Mercusuar ini berada di tengah – tengah pulau biawak yang hingga kini masi berfungsi dengan baik untuk menavigasi kapal – kapal disekitaran perairan Pulau Biawak. Mercusuar ini dibangun pada masa Belanda di tahun 1872 dengan jumlah 16 lantai dan tinggi 65 meter. Dari atas mercusuar kamu bisa melihat Pulau Biawak dan pepohonan bakau yang mengelilingi pulau.

Selain kamu bisa menikmati mercusuarnya kamu juga bisa beriwsata di Pulau Biawak. Di pulau ini kamu bisa melihat binatang biawak, yang merupakan tempat habitat ratusan biawak yang hidup di pulau ini. Meskipun memiliki pemandangan yang indah dnegan pantai dan laut yang indah pula kamu tetap harus berhati – hati jika mengunjungi pulau ini, karena bagaimanapun juga biawak juga merupakan binatang yang cukup berbahaya.

7. Mercusuar Pulau Sebira

Mercusuar Pulau Sebira
travel.kompas.com

Mercusuar Pulau Sebira berlokasi di Pulau Sebira, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesia satu ini merupakan mercusuar bangunan belanda pada tahun 1869. Mercusuar ini punya julukan lain yaitu Noordwachter atau juga diartikan sebagai Jaga Utara. Mercusuar ini memiliki tinggi 48 meter dan berada di titik terjauh provinsi DKI Jakarta. Dibagian atas mercusuar terdapat teras yang berbentuk melingkar yang digunakan sebagai tempat mengawasi ke semua penjuru perairan disekitar Pulau Sebira. Sayangnya mercusuar ini mulai berkarat dan kurang diperhatikan. Jika sempat mampir ke Pulau Sebira sempatkan untuk menyapa penjaga mercusuar disana dan kunjungi mercusuar dengan pemandangan indah satu ini.

8. Mercusuar Pantai Pandansari

Mercusuar dengan Pemandangan Indah di Indonesia
alodiatour.com

Mercusuar Pandansari merupakan mercusuar yang memiliki pemandangan indah di Indonesia berlokasi di Pantai Pandansari. Pantai Pandansari sendiri merupakan pantai yang satu deret dengan Pantai Saman, Pantai Goa Cemara, Pantau Kuwaru dan Pantai Pandansimo. Mercusuar ini memiliki tinggi 30 meter. Dari atas mercusuar ini kamu bisa menikmati garis pantai selatan dan perbukitan di sekitaran mercusuar ini. Selain itu, disekitar mercusuar ini kamu juga akan menemukan Agrowisata Buah Naga. Selain bisa menikmati berkeliling kebun buah naga, kamu juga bisa membawa oleh – oleh berupa buah naga untuk diberikan kepada orang rumah.

9. Mercusuar Pantai Sembilangan

Mercusuar Pantai Sembilangan
jejakpiknik.com

Mercusuar Pantai Sembilangan merupakan salah satu ikon wisata di Pulau Madura, khusunya Kabupaten Bangkalan. Mercusuar ini merupakan salah satu mercusuar yang memiliki pemandangan indah di Indonesia yang bisa kamu jelajahi. Mercusuar ini memiliki tinggi sekitar 40 meter dan berlokasi di Pernajuh, Socah, Kabupaten Bangkalan. Dari mercusuar ini kamu akan bisa menikmati pemandangan laut madura dan pepohonan di sekitaran laut ini. Mercusuar ini cocok dijadikan spot foto instagenic untuk kamu yang hobi berfoto.

Nah itulah tadi beberapa mercusuar dengan pemandangan indah di Indonesai yang menarik untuk diketahui. Jika kamu tertarik kamu bisa menyempatkan mengunjungi beberapa mercusuar indah tersebut karena selain kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan yang ditawarkan, kamu juga bisa mengetahui carita dibalik dibangunnya mercusuar tersebut.



Leave a Reply