Destinasi alam dengan wisata sejarah mistisnya, Tahura Djuanda Bandung

tahura djuanda bandung

Zhella | Tourist
Bandung, Jawa Barat, Indonesia | Cave Exploring
01 Dec 2019


Destinasi alam dengan wisata sejarah mistisnya, Tahura Djuanda Bandung

How to Get There

WIsata Taman Hutan Raya Djuanda terletak di  Kompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat. Taman hutan raya Bandung ini tepatnya berada pada ketinggian 1300 mdpl. Nama hutan ini diambil dari nama Ir.R Djoenda Kartawidjaya.Taman hutan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 17.00. Pada akhir pekan banyak sekali pengunjung yang datang dari bandung maupun luar kota bandung.Untuk menuju kesini bagi teman traveller yang sedang backpaker bisa menggunakan grab dari kota menuju ke tempat ini. Untuk menikmati wisata disini kalian bisa menyewa sepeda ontel atau bisa juga dengan jalan kaki. Untuk tiket masuk Tahura ini penggunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000 dengan fasilitas tiket dan sebuah gelang, Rp 10.000 digunakan sebagai tiket masuk Rp 2.000 untuk premi asuransi dan Rp 3.000 untuk gelang. Disini juga tersedia fasilitas seperti kamar mandi yang disediakan gratis. 

 

tahura djuanda bandung


What to Do

Setelah kita berjalan dari pintu masuk sejauh -+3 km kita akan menemukan goa belanda. Goa ini dibangun pada tahun 1941.Dahulu gua ini di manfaatkan sebagai basis telekomunikasi tentara belanda karena letaknya yang sangat strategis. Gua ini dindingnya bertekstur cendenrung kasar dan lantainya masih terbuat dari tanah, di lantai gua ini terdapat bekas rel kereta api.Jika anda berniat menjelajahi gua disni , sebaiknya kalian membawa senter sendiri  Jika kalian lupa membawa , kalian bisa menyewa senter yang disewakan penduduk di tepat di depan pintu masuk gua.Konon ada sebuah kata yang tidak boleh diucapkan ketika berada di dalam goa ini.Disini juga tersedia jasa pemandu wisata , kebanyakan dari warga sekitar.Tidak ada tarif untuk pemandu wisata disini , kalian bisa memberikan uang secara sukarela saja.Goa Belanda memiliki jalur tembus ke belakang , dari sana kita bisa melanjutkan ke berbagai objek wisata seperti curug kolean, curug omas dan penangkaran rusa.

 

tahura djuanda bandung


Setelah dari goa belanda dan berjalan sejauh 500 meter, maka kita akan menemukan sebuah jembatan gantung dengan aliran curug di bawahnya. Aliran airyang berada di bawah jembatan adalah aliran air bernama curug koleang. Jembatan ini juga salah satu spot foto yang bisa dijadikan koleksi foto instagenicmu.

tahura djuanda bandung


Setelah berjalan 500 meter lagi dari jembatang curug kolean kalian dapat menemukan sebuah penangkaran rusa. Di penangkaran ini terdapat kurang lebih sekitar 15 rusa. Rusa disini sangat jinak dan pengunjung bisa memberi makan dengan membeli beberapa sayuran yang telah di jual di warung sekitar.

 

tahura djuanda bandung


 

 

 

Tips and Trick

Tips dan Trick untuk berwisata kesini kalian harus tiba di taman ini sebelum pukul 12.00. Dikarenakan untuk menjelajahi wisata disini membutuhkan wktu _+3 jam denga menikamati perjalanan yang memukau.  Nah itulah pengalaman saya ketika menjelajahi wisata taman hutan raya Djuanda, Bagaimana teman traveller apakah kalian tertarik datang ke tempat ini?

Where to Stay
Jika kalian dari luar kota kalian bisa menginap di daerah bandung tepanya di dago , hanya berjarak 40 menit dari destinasi tersebut
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY