27 Tempat Wisata di Jogja Wajib di Kunjungi Sekali Seumur Hidup


sisil angelin  April 20, 2018  0 Comments

Tempat Wisata di Jogja adalah salah satu daerah wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan selain Bali. Terletak di bagian selatan Pulau Jawa dengan keistimewaannya membuat Jogja memiliki paket lengkap wisata yang bisa dinikmati semua orang. Apa saja ada di sini. Anda bisa menikmati indah dan megahnya Gunung Merapi yang masih cukup aktif, bentangan pantai-pantai dengan pasir putih dan hitam dengan pemandangan yang memanjakan mata, berbagai macam santapan kuliner tradisional maupun kekinian yang tidak pernah sepi pujian, hingga suasana khas Jogja yang membuat siapa saja yang pernah ke sini pasti kangen dan ingin kembali lagi. Sedang membuat daftar objek kunjungan ketika Anda ke Jogja nanti? Jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata di Jogja wajib berikut ini.

1. Istana The Lost World

Istana The Lost World

Sportourism.id

The Lost World adalah wahana objek wisata baru di Jogja yang letaknya ada di kawasan Kecamatan Cangkringan, Desa Kepuharjo. Meski pembangunannya belum selesai 100% namun objek wisata di daerah yang sudah mulai dingin karena dekat dengan Merapi ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan karena memang tempatnya yang unik. Anda bisa melihat dan berfoto dengan latar belakang benteng istana ala Eropa, spot-spot foto kekinian yang instagramable, dan bisa menjadi arena bermain anak yang seru.

Review kuliner

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

Museum Ullen Sentalu

2. Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Pantai Sinden dan Pulau Kalong

halojogja.com

Pantai Sinden yang terletak di Gunung Kidul adalah tempat wisata di Jogja yang menawarkan sensasi petualangan dengan hadiah pemandangan yang super indah. Menyeberang ke Pulau Kalong yang merupakan pulau karang kecil tak berpenghuni dengan menggunakan jembatan ekstrem yang membentang di atas laut. Anda akan merasakan deg-degannya menyeberang di jembatan yang akan goyang setiap kena angin.

3. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru

hargatiketmasuk.info

Bagi Anda yang suka dengan udara yang segar sambil melakukan berbagai macam aktivitas outbond, Kalibiru bisa jadi tujuan wisata di Jogja yang paling tepat. Terletak di kawasan Kulon Progo, Kalibiru merupakan kawasan dataran tinggi dengan udara yang bersih dan pemandangan alam yang membentang luas. Bahkan ketika cuaca sedang cerah pun Anda bisa mendapatkan sekelumit pemandangan ombak laut selatan yang bergelombang.

4. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo

Tanahnusantara.com

Tempat wisata di Jogja yang tidak kalah serunya ada di Pantai Parangkusumo. Ombak laut selatan yang berdebur ditambah dengan padang pasir atau disebut gumuk pasir oleh masyarakat lokal jadi daya tarik utamanya. Anda bisa berfoto ala di padang pasir Afrika atau main sandboard di gumuk pasir yang terletak di kawasan Bantul ini. Jangan lupa untuk menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbenam yang eksotis.

5. Pantai Timang

Pantai Timang

JejakPiknik.com

Pantai Timang tadinya adalah pantai yang lebih dikenal oleh warga lokal untuk mencari makanan laut seperti lobster yang suka bersembunyi di batu-batu karang. Namun pantai ini mulai terkenal karena metode berburu lobster yang cukup ekstrem dan kini bisa dinikmati oleh wisatawan. Warga lokal menggunakan kereta gantung yang ditarik dengan tenaga manual untuk menyeberangkan orang ke Pulau Watu Panjang. Selama perjalanan menyeberang Anda akan digantung di atas ombak yang kuat bahkan bisa menyiram tubuh Anda dengan deburan yang kuat. Menyeberang ke Pulau Watu Panjang bukan untuk Anda yang penakut!

Baca juga :  7 Tempat wisata di Pematang Siantar, Cakepnya Kebangetan

6. Pantai Wedi Ombo

Pantai Wedi Ombo

KSMTour.com

Pantai Wedi Ombo yang terletak di Gunung Kidul adalah tempat wisata di Jogja dengan pemandangan dan kawasan pantai yang unik. Di sini Anda bisa mencelupkan diri ke dalam kolam alami yang dikelilingi oleh batu karang yang airnya berasal dari ombak yang masuk ke dalam kolam. Hati-hati jika ingin berendam di dalam kolam apalagi jika ombaknya sedang besar karena bisa kena risiko terhempas oleh ombak dan menabrak batu karang yang keras.

7. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Piknikdong.com

Masih di Gunung Kidul, tempat wisata di Jogja satu ini merupakan pantai yang sudah cukup ramai dikunjungi wisatawan. Jadi Anda bisa menikmati suasana pantai selatan dengan pasir yang keemasan sambil santai di warung-warung yang menjual makanan sederhana. Anda juga bisa menikmati jagung bakar atau air kelapa muda yang segar sambil main air di bibir pantai yang tidak terlalu kencang ombaknya.

8. Goa Pindul

Goa Pindul

spotunik.com

Goa Pindul sempat jadi tempat wisata di Jogja yang fenomenal dan pengunjungnya membludak terutama ketika hari libur. Daya tarik utamanya adalah cave tubing di mana Anda bisa menelusuri goa yang digenangi air dengan menggunakan ban pelampung. Ada juga beberapa spot yang bisa dimanfaatkan untuk memeras adrenaline dengan melompat dari batu yang tinggi langsung ke dalam kolam.

9. Goa Jomblang

<yoastmark class=

surganya para pemburu petualangan penelusuran goa yang masih alami. Goa Jomblang terletak di Semanu, Gunung Kidul dengan bebatuan dan juga tanaman vegetasi yang masih alami berusia ratusan tahun dan tak tersentuh oleh produk buatan tangan manusia. Terbentuk akibat runtuhnya sebidang tanah secara vertikal membuat mulut goa ini nampak eksotis apalagi di waktu siang hari di mana sinar matahari masuk menembus pintu goa membentuk semburat sinar yang surgawi.

10. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Ngetripyuk.id

Candi Prambanan adalah bangunan sejarah yang jadi ikonnya Jogja dan sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan dunia. Kompleks Candi Prambanan memiliki bangunan candi berjumlah 240 buah baik yang masih utuh maupun yang sudah berupa reruntuhan, dengan bangunan candi paling tinggi mencapai 47 meter. Bayangkan pada abad ke-9 manusia dengan teknologi yang terbatas membangun candi batu seindah ini. Jangan lewatkan menonton Tari Ramayana atau Ramayana Ballet di malam hari dengan pemandangan candi yang megah.

11. Candi Borobudur

Candi Borobudur

paketwisatajogja75.com

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang sebenarnya terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah namun biasanya dimasukkan dalam paket tur Jogja karena letaknya yang hanya sekitar 1,5 jam dari Jogja. Waktu terbaik untuk datang ke candi ini adalah pada pagi hari saat matahari terbit dan Anda bisa menyaksikan pemandangan magis di tempat wisata di Jogja yang mendunia ini.

12. Taman Sari

Taman Sari

wisataterindah.net

Ingin kembali ke masa lalu untuk melihat sekilas kehidupan kerajaan jaman Sultan HB I Anda bisa mampir ke Taman Sari. Taman yang merupakan hadiah Portugis untuk para istri Sultan HB I kala itu yang digunakan sebagai kolam pemandian. Keindahan struktur ala Eropa dipadukan dengan kearifan khas Jawa pada abad ke 18 bisa jadi pencuci mata yang menyegarkan. Lorong dan kamar-kamar rahasia yang ada di Taman Sari bahkan memiliki mitos sebagai jalan rahasia bagi Sri Sultan untuk bertemu dengan Nyi Roro Kidul.

Baca juga :  Top 12 Spot Foto di Jogja Rekomended Simpan Memory-mu di Sini

13. Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang

JejakPiknik.com

Air terjun ini jadi tempat wisata di Jogja yang lumayan tersembunyi di kawasan Gunung Kidul. Susunan batunya membuat bentuk yang terlihat unik dengan lekukan alami hasil pembentukan alam selama ribuan tahun. Ditemani dengan air terjun dari Pegunungan Sewu yang tidak begitu deras namun terasa menyegarkan ketika terkena badan.

14. Kaliadem

Kaliadem

tempat-wisatabagus.blogspot.co.id

Letusan Gunung Merapi memang menjadi bencana alam yang cukup dahsyat ketika ia sedang aktif. Namun hasil dari muntahan gunung berapi paling aktif di Indonesia ini menghasilkan sumber daya alam yang luar biasa termasuk kontur-kontur alami yang menunjukkan kekuatan alam yang tidak bisa diremehkan. Kaliadem merupakan desa yang paling dekat dengan puncak Merapi dan kini menjadi saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Merapi yang bisa Anda lihat dari landscape yang berubah sama sekali hingga museum yang menyimpan barang-barang yang rusak karena letusan.

15. Bukit Bintang

Bukit Bintang

njogja.co.id

Puas menjelajahi aneka macam objek wisata di Gunung Kidul, menjelang malam hari Anda bisa berhenti di pinggir jalan dengan pemandangan bukit bintang yang indah. Bukit Bintang merupakan spot di ketinggian ketika Anda menuju Wonosari di mana lautan lampu kota Jogja menjadi pemandangan bak bintang yang indah dari atas. Di sepanjang jalan Anda bisa memilih untuk duduk di warung-warung sederhana sambil menikmati hidangan lokal yang menambah suasana makin seru.

16. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

piaalena.blogspot.co.id

Gunung purba ini merupakan keajaiban geologi yang banyak menyimpan misteri cara kerja bumi jutaan tahun yang lalu. Dikatakan bahwa Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung yang aktif sekitar 60 juta tahun yang lalu, dan bentuknya yang unik adalah karena dulunya gunung ini merupakan batuan di bawah air laut yang kemudian naik ke permukaan ketika terjadi letusan vulkanik. Selain menikmati pemandangan indah dari puncaknya, Anda juga bisa mampir ke Embung Nglanggeran yang merupakan waduk buatan warga sekaligus sebagai tempat wisata di Jogja.

17. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin

gunungkidulku.com

Telaga ini merupakan genangan kolam yang merupakan bekas lokasi tambang masyarakat lokal dulunya. Air kolam yang nampak hijau kebiruan menjadi daya tarik utama Telaga Biru di Gunung Kidul ini. Lokasi dan suasana Telaga Biru yang masih alami dan asri jadi favorit wisatawan yang kebanyakan masih wisatawan lokal.

18. Ullen Sentalu

Ullen Sentalu

panduanwisatajogja.com

Ullen Sentalu mendapatkan mahkota sebagai museum terbaik di Indonesia yang di dalamnya menyimpan berbagai macam koleksi pribadi ilustrasi-ilustrasi yang menggambarkan kehidupan dan juga sejarah pada masa Kerajaan Mataram dulu. Selama berada di dalam museum Anda akan disuguhkan dengan koleksi yang cantik sekaligus misterius, kemudian pada akhir tur akan disuguhi dengan Ratu Mas yang merupakan minuman racikan herbal untuk kesehatan dan kecantikan.

19. Museum Affandi

Museum Affandi

JejakPiknik.com

Museum Affandi adalah sebuah rumah yang dulunya menjadi tempat tinggal sang maestro seni asal Indonesia yang kini dijadikan sebagai museum dan juga galeri. Di museum ini Anda bisa melihat berbagai macam karya lukis dari Affandi termasuk potret dirinya plus berbagai macam barang pribadi milik Affandi. Bagi pecinta seni wajib hukumnya untuk datang ke museum ini.

Baca juga :  20 Tempat Wisata Menarik di Yokohama, Jepang

20. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro

naradatour.com

Kawasan Malioboro adalah tempat wisata di Jogja paling ikonik dan wajib untuk dikunjungi. Di sepanjang jalan yang kini sudah dirapikan ini Anda bisa belanja dan menawar sepuasnya berbagai macam produk tradisional Jogja sebagai oleh-oleh. Nikmati pula hidangan angkringan dan makanan PKL yang nikmat, naik andong untuk keliling Malioboro, dan nongkrong di malam hari di sekitar Benteng Vredeburg atau Titik 0 km hingga ke Alun-Alun.

21. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

travelfauziamir.wordpress.com

Jogja merupakan daerah istimewa karena pemerintahannya masih dipimpin oleh Gubernur yang merupakan seorang Raja. Raja dan keluarganya tinggal di dalam Keraton yang sampai sekarang masih dirawat dan sebagian areanya dibuka untuk tempat wisata di Jogja. Di sini Anda bisa melihat gaya hidup tradisional orang Jogja dan beberapa benda bersejarah Keraton yang dipajang. Para Abdi Dalam yang berseliweran di kompleks Keraton menjadi bukti bahwa gaya hidup yang tradisional masih berlaku bagi keluarga kerajaan Yogyakarta.

22. Kota Gede

Kota Gede

threeas.wordpress.com

Kota Gede merupakan kawasan pengrajin perak yang bisa jadi tempat belanja Anda untuk oleh-oleh khas Jogja. Dulu Kota Gede disebut sebagai awalnya pemerintahan Kerajaan Mataram sehingga tempat ini juga menyimpan sejarah. Di sepanjang jalan ini Anda akan menemukan banyak toko yang menjual kerajinan perak yang dibuat menjadi perhiasan, pajangan, cindera mata, dan sebagainya. Anda bahkan bisa membuat kerajinan perak dengan tangan sendiri!

23. Jogja Bay Pirates Adventue Park

Jogja Bay Pirates Adventue Park

jogjabay.com

Tempat wisata di Jogja satu ini merupakan waterpark yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga terutama ketika cuacanya sedang panas dan terik. Main air sepuasnya dengan wahana-wahana seluncuran berstandar internasional yang seru dan menguji nyali Anda. Tidak hanya main air saja, Jogja Bay juga punya berbagai macam wahana lainnya sehingga tidak salah kalau Jogja Bay merupakan waterpark terlengkap dan paling canggih di Indonesia.

24. Hutan Pinus Dingo

Hutan Pinus Dingo

royalindowisata.com

Atau disebut juga dengan Pinus Pengger yang merupakan kawasan hutan pinus dengan pohon-pohon yang tinggi dan suasana yang kalem dengan udara yang sejuk. Terletak di kawasan dataran tinggi, hutan pinus ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam spot foto unik sekaligus menantang keberanian Anda pada ketinggian. Hutan pinus ini juga sudah banyak menjadikannya lokasi pemotretan pre-wedding. Ketika malam hari, dari jauh Anda bisa melihat hamparan lampu kota Jogja yang menutupi permukaan tanah.

25. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan

JejakPiknik.com

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata di Jogja yang sedang hits terutama bagi para pemburu pemandangan di atas langit yang indah. Dari ketinggian, Anda bisa melihat aliran Sungai Oya yang dikelilingi oleh bukit dengan pepohonan hijau yang lebat. Di sini Anda bisa keliling kebun buah, melihat tempat pembibitan sapi, bahkan menyewa penginapan untuk merasakan udara pagi yang sejuk dan masih bersih.

26. Taman Tebing Breksi

Taman Tebing Breksi

gayahidup.republika.co.id

Jika Anda berkunjung ke Candi Prambanan, sempatkan diri untuk mampir ke Taman Tebing Breksi yang letaknya tidak jauh dari kompleks candi. Taman ini merupakan taman dengan tebing batu gamping besar yang pada bagian sisinya dipahat dengan motif-motif yang indah. Biasanya pengunjung datang ke sini untuk foto-foto dengan latar belakang tebing yang unik ini. Jika berkunjung di siang hari persiapkan diri Anda untuk melindungi diri dari sinar matahari karena di sekitar lokasi tidak terdapat pohon atau tempat meneduh yang nyaman.

27. Taman Pelangi

tempat wisata di jogja

petualangwisata.wordpress.com

Bingung malam hari mau ke mana? Anda bisa ke Taman Pelangi yang terletak di pelataran Museum Jogja Kembali atau Monjali. Taman Pelangi merupakan area tempat wisata di Jogja yang berupa taman lampu dengan berbagai macam objek yang dihiasi dengan lampu cantik dan indah. Jalan-jalan keliling pelataran museum sambil foto-foto, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi lapangan dengan cara yang lebih seru, dan juga duduk-duduk sambil menikmati sajian kafe ditemani deretan lampu dengan berbagai macam bentuk. Itu dia berbagai macam tempat wisata di Jogja yang wajib Anda kunjungi, mana yang sudah pernah Anda datangi?



Leave a Reply

One Response
  1. Andi Fitriani says:

    Thanks infonya bang

    Salam