GoTravelly > Wisata > Takjub Menatap 10 Pegunungan Karst Terindah Dan Terbesar Di Dunia

Takjub Menatap 10 Pegunungan Karst Terindah Dan Terbesar Di Dunia


Reni  October 26, 2019  0 Comment

pegunungan karst di dunia


Pegunungan karst terindah dan terbesar di dunia memang menjadi salah satu tempat wisata terpopuler yang banyak dikunjungi. Disana Anda bisa melihat paketan pemandangan yang lengkap. Selain memiliki pemandangan yang indah, tempat ini juga menghadirkan ketenangan dan kesejukan bagi seluruh pengunjung. Hal inilah yang membuatnya cukup populer.
Anda bisa berlibur sambil menenangkan diri. Anda bisa menikmati pemandangan eksotis nan elegan yang dibalut oleh udara sejuk. Anda bisa melihat komponen batuan yang membentuk sebuah tebing ataupun goa di kawasan yang sangat luas. Fenomena ini sangat unik dan hanya bisa Anda nikmati di beberapa tempat tertentu saja.


Karst berbentuk tebing yang terbentuk akibat erosi yang terjadi pada bagian bawah tanah seperti pada bebatuan kapur maupun marmer. Seiring berjalannya waktu bebatuan tersebut terkena air dan mengalami erosi, bahkan beberapa wilayahnya ditumbuhi oleh hutan. Pemandangan yang tercipta tentu sangat indah dan menawan.
Ketika Anda berlibur kesana, maka Anda akan merasakan sensasi jaman purba kala yang eksotis.

Berikut beberapa pegunungan karst terindah dan terbesar di dunia.

1. Lijiang Karst, China

Lijiang Karst


Gugusan karst ini tumbuh di daerah sebuah sungai yang dinamakan dengan Sungai Li. Jika mengelilingi sungai tersebut, Anda akan melihat batuan kapur yang sudah mengalami pengikisan sehingga terlihat curam yang membentuk kerucut. Tempat ini memiliki pemandangan yang paling terkenal di daerah Tiongkok.
Sehingga tidak heran jika banyak sekali wisatawan yang senang berkunjung ke tempat ini. Anda akan merasakan kondisi alam yang sebenarnya ketika berlibur kesana.


Telaga Biru Semin. Surga Ini Ada Di Gunung Kidul Lho!

HeHa Sky View ; Tempat Wisata Baru Di Jogja Yang Tawarkan Pemandangan Dari Ketinggian!

2. Chocolate Hills, Philippines

Chocolate Hills
Philippines, Chocolate Hills at sunrise


Lokasi ini memiliki fenomena geomorfologi yang sangat unik dan tentunya tidak akan bisa Anda temui di tempat lain. Terdapat sekitar 1776 rumput di daerah bukit yang tumbuh membentuk kerucut yang unik. Ketinggian bukit yang ada di sana sekitar 40-120 meter. Jika Anda datang saat musim kemarau, maka Anda akan melihat bukit berwarna coklat.
Terbentuk dari batuan kapur, bukit ini akan mengalami pengikisan dan akan berubah bentuk. Pada bagian bawahnya, Anda bisa melihat fenomena gua yang mengagumkan.

Baca juga :  10 Rekomendasi Tempat Wisata Edukasi di Bandung

3. Anjajavy Forest, Madagascar

Anjajavy Forest


Daerah karst di lokasi ini ditutupi dengan sebuah hutan kering yang masih sangat asri. Sehingga Anda akan merasakan berada di jaman yang berbeda. Disana Anda akan melihat bentuk batuan kapur yang berbeda. Di wilayah sekitarnya terdapat gua, teluk dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya.
Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan yang puas ketika berkunjung kesana. Anda bisa mengelilingi lokasi dengan menaiki perahu kayu. Disana Anda juga bisa melihat berbagai keanekaragaman spesies langka.

4. Phang Nga Bay, Thailand

Phang Nga Bay


Beberapa lokasi di Thailand memang cukup asri dan memiliki pemandangan karst yang menawan. Anda bisa melihat keindahan karst tersebut dari beberapa pulau yang mengelilinginya. Tempat ini sangat populer dan bahkan pernah digunakan untuk keperluan film James Bond pada tahun 1974.
Selain terdapat karst, disana juga terdapat beberapa gugusan pulau kecil yang menyimpan banyak rahasia. Anda wajib mengunjunginya untuk bisa melihat pesona yang tersimpan disana. Anda juga akan melihat hutan yang memiliki banyak spesies.

5. Burren, Ireland

Burren


Karst di Ireland juga memiliki keunikan tersendiri. Anda akan melihat banyak daerah perbukitan dan juga pegunungan batu kapur. Disana akan terlihat bagian hutan yang cukup tebal dan banyak ditumbuhi oleh tanaman langka. Selain berlibur, Anda juga bisa menambah pengetahuan tentang jenis tumbuhan.
Beberapa tumbuhan langka hanya akan tumbuh pada daerah tertentu saja, sehingga Anda tidak bisa melihatnya di tempat lain. Udara di tempat ini juga sangat nyaman dan akan membuat para wisatawan betah berlama-lama.

6. Totes Gebirge, Austria

Totes Gebirge


Tempat ini didominasi dengan dataran tinggi yang terbuat dari batu kapur. Meski terlihat sangat sederhana, namun tempat ini menyimpan banyak pesona yang bisa Anda explore. Sehingga Anda membutuhkan waktu yang cukup untuk berkeliling dan mengunjungi setiap sudut lokasi ini.
Tempat ini memiliki wilayah yang cukup luas sehingga Anda harus berhati-hati. Disarankan bagi Anda untuk pergi secara berkelompok agar lebih nyaman dan tidak nyasar. Sebaiknya Anda juga membawa perbekalan yang lengkap sebelum pergi kesana.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Depok Yang Paling Rekomended Buat Melepas Penat

7. Ha Long Bay, Vietnam

Ha Long Bay


Wilayah daerah ini sangat luas karena diketahui terdapat 2.000 pulau kecil yang terbentuk dari proses erosi batu kapur dan akhirnya terbentuklah karst. Bentuk guguran karst ini terdapat di daerah teluk yang dikelilingi oleh air. Kebanyakan karst disana memiliki tinggi hingga 100 meter.
Daerah ini memiliki banyak sekali jenis hewan dan tumbuhan endemik. Selain itu Anda juga bisa berjalan-jalan di berbagai gua yang berada di sekitarnya. Tidak akan rugi jika Anda berlibur kesana sambil menikmati keindahan alamnya.

8. Cockpit Country Karst Area, Jamaica

 Cockpit Country Karst Area


Area ini cukup luas sehingga akan menjadi tempat berlibur yang paling ideal dan menarik. Sekeliling lokasi ini dipenuhi dengan batuan kapur yang membentuk karst. Pada bagian permukaannya, karst ini ditutupi dengan hutan yang lebat sehingga terlihat berwarna hijau. Disana Anda bisa menikmati nilai keanekaragaman makhluk hidup.
Disana juga terdapat gua yang menyimpan banyak fenomena dan kekayaan alam. Sehingga tentunya akan membuat liburan Anda berkesan.

9. Dent des Crolles, France

Dent des Crolles
The “Dent de Crolles” mountain (Chartreuse, French prealps) in winter.


Lokasi ini terkenal dengan gunung dataran tinggi karst yang menjulang tinggi dan memiliki ketinggian hingga 690 meter. Sehingga ketika Anda melihatnya dari bagian atas, seperti jarum-jarum yang akan menusuk. Namun di sela-sela karst tersebut terdapat gua-gua yang tersembunyi dan memiliki panorama yang mengesankan.
Di sekeliling daerahnya Anda akan melihat banyak batuan kapur yang menawan. Ketika berlibur kesana Anda perlu berhati-hati karena jalannya cukup sulit untuk dilalui. Jika tidak berhati-hati maka Anda bisa terluka.

10. Rammang-Rammang, Indonesia

Rammang-Rammang


Tempat ini sudah cukup terkenal dan sudah menjadi salah satu lokasi liburan yang terpopuler. Disana Anda akan disuguhkan pemandangan asri yang berbeda. Bahkan lokasi ini dinobatkan sebagai karst yang terbesar kedua. Karst ini berada tepatnya di daerah Sulawesi Selatan.
Anda bisa melihat beraneka ragam kekayaan alam seperti gua, taman hutan, danau dan lain sebagainya. Disana juga Anda akan melihat beberapa peninggalan zaman prasejarah yang menawan. Jalan di lokasi ini cukup menantang sehingga sebaiknya Anda menggunakan alas kaki yang nyaman agar tidak terpeleset.
Fenomena alam yang dihadirkan oleh pegunungan karst terindah dan terbesar di dunia akan memberikan Anda pengalaman yang menarik dan berbeda. Ketika melewati wilayah tersebut dengan menggunakan kapal, Anda akan merasakan keindahan yang menawan. Komposisi sungai dan bebatuan yang mengelilingi wilayah ini tentunya akan membuat Anda takjub.
Bukan hanya itu, Anda bisa mengabadikan momen liburan yang lebih indah karena bisa berfoto dengan latar belakang karst yang menawan. Fenomena ini tidak akan bisa Anda temukan jika berlibur di daerah kota. Selain itu untuk berlibur kesana Anda juga perlu mempersiapkan berbagai hal terutama bahan makanan.



Leave a Reply