10 Spot Diving Terbaik di Indonesia, Keindahannya Diakui Dunia


Reni  November 21, 2018  0 Comment

Bagi kamu yang mencintai alam, maka menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut atau diving merupakan sebuah keseruan yang wajib kamu coba. Ada banyak sekali spot diving terbaik di Indonesia dengan menawarkan keindahan bawah laut yang sangat menawan, dan tentunya beberapa lokasi menyelam ini telah diakui dunia. Sehingga jangan heran jika kamu akan berjumpa banyak bule serta turis mancanegara saat mengunjungi tempat tersebut. Dari sekian banyaknya lokasi diving di tanah air yang tersebar mulai dari Sabang hingga Merauke, ada 10 tempat diving terbaik dan terindah yang memang patut untuk kamu coba. Yuk lihat di mana saja lokasi diving paling terkenal dan terbaik di tanah air tercinta.

Nih Spot Diving Terbaik di Indonesia

1. Pulau Weh, Aceh

Pulau Weh

discoveraceh.com

Rasanya kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata Pulau Weh bukan? Pulau Weh atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sabang adalah salah satu Kotamadya di Provinsi Aceh, Indoneisa. Sabang sendiri menawarkan banyak sekali destinasi yang bisa kamu nikmati, mulai dari tempat wisata Kilometer Nol yang menjadi titik pertama Indonesia, wisata Gunung Merapi Jaboi, Aneuk Laot, Priya Laot hingga Diving di beberapa pulau indah Sabang. Memiliki letak yang cukup strategis, yakni dikelilingi Samudera Hindia serta Selat Malaka menjadikan Sabang sebagai wilayah paling menarik untuk kamu kunjungi.

Sabang memiliki setidaknya 20 area diving terbaik dengan kesulitan yang varian, sehingga cocok untuk penyelam pemula dan yang sudah ahli. Terdapat Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rondo, Pulau Seulako, juga Pulau Rubiah yang memiliki pemandangan bawah laut yang sangat mempesona dengan habitat laut dan menakjubkan. Pastikan kamu menyediakan kamera anti air untuk mengabadikan momen seru di dasar laut.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Pontianak Paling Terkenal Karena Keindahannya

review wisata

Pantai Amed Surga Snorklingnya Para Traveller

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

2. Kepulauan Alor, NTT

Kepulauan Alor

bisniswisata.co.id

Jika berkunjung ke bagian tenggara Indonesia, maka kamu bisa menjumpai Kepulauan Alor yang berada di Timur Nusa Tenggara. Alor mempunyai pulau pulau indah yang mencapai 20 pulau serta selat dengan view sangat menawan, dijamin kamu bakalan betah berada di sini. Terdapat sekitar 30 spot diving seperti Half Moon Bay, Baruna’s Point, Trip Top, dan lain sebagainya yang bisa kamu coba untuk menyelam. Hal paling menarik yang bisa kamu nikmati saat menyelam ialah bermain bersama hiu karang, penyu, serta menyaksikan pergerakan biota laut lainnya. Sungguh sebuah ekspektasi yang luar biasa.

3. Halmahera Utara, Maluku Utara

Halmahera Utara

superadventure.co.id

Dinobatkan sebagai jantungnya dari segitiga terumbu karang dunia, Halmahera Utara menjadi laut dengan terumbu karang terindah di tanah air. Maka tidak heran jika kawasan diving yang satu ini disebut sebut sebagai spot diving terbaik di Indonesia yang diakui dunia. Berbatasan dengan Samudera Pasifik, salah satu kota di Provinsi Maluku Utara ini menawarkan dasar laut yang cukup romantis dan menawan. Arus serta ombak yang tenang menyebabkan laut ini dicintai oleh setiap penyelam dimanapun mereka berada. Maka tidak ada salahnya jika kamu mencoba menyelam dan mengabadikan suasana menyelam di dasar laut Halmahera Utara.

4. Kepulauan Seribu, Provinsi Jakarta

Kepulauan Seribu

bukalapak.com

Bahkan di ibukota Indonesia pun kamu bisa menemukan lokasi diving terbaik dengan pemandangan mengagumkan. Yaitu Kepulauan Seribu yang terletak di bagian utara Jakarta, menyuguhkan sekitar 101 gugusan pulau yang sangat indah dan menyejukkan mata. Spot yang cukup menarik untuk menyelam ada di titik Gosong Balik Layar, Gosong Sepa, Melinjo, Pulau Matahari, Pulau Putri dan masih banyak lagi. Di sini kamu tentu saja akan didampingi oleh ahli diving profesional, sehingga bagi kamu yang seorang pemula pun tidak perlu khawatir untuk menyelam.

Baca juga :  Wisata Anak di Singapura, Seru dan Menyenangkan!

5. Pulau Dewata, Bali

spot diving terbaik di indonesia

bali-indonesia.com

Siapa yang tak kenal Bali? Bahkan ada turis yang menyebut Bali sebagai Indonesia. Tentu saja karena keindahan alam hingga laut yang menawan menjadikan Pulau Dewata sebagai lokasi wisata paling diminati setiap tahunnya. Bali sendiri memiliki destinasi diving terbaik di tanah air, mulai dari Nusa Penida yang memiliki banyak pantai untuk menyelam di Manta Point, Penida Bay, Toyapakeh, Malibu Point, Pantai Kristal, dan lainnya.

Tidak hanya itu, kamu juga menyelam di Amed dengan menyuguhkan pantai yang luar biasa seperti Tebing laut Amed, Teluk Lipah dan Gili Selang. Ada juga Menjangan, Pantai Timur Bali, Tulamben, hingga Sanur yang menawarkan pengalaman diving terbaik yang tak akan pernah terlupakan. Selain diving, kamu juga bisa melakukan snorkeling bersama sahabat ataupun keluarga yang sesama pecinta wisata alam laut.

6. Pulau Komodo, NTT

Pulau Komodo

adventureinyou.com

Pulau Komodo telah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1992 silam. Rupanya, pulau yang berlokasi di kabupaten Manggarai Barat, NTT ini juga memiliki spot diving terbaik yang bisa kamu coba. Ada Pantai Merah, Batu Tiga, hingga Tatawa Besar yang bisa kamu jadikan wahana menyelam. Di sini kamu bisa melihat beragam biota bawah laut misalnya hiu karang, penyu, sampai barakuda. Bukan hanya itu saja, keragaman hayati serta topografi dasar laut di lokasi diving ini nyatanya mampu menarik para pengunjung untuk berlama lama berada di bawah permukaan laut.

7. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

spot diving terbaik di indonesia

rajaampatbiodiversity.com

Raja Ampat merupakan kepulauan yang terdiri atas kurang lebih 610 gugusan pulau yang mampu membuat kamu berdecak kagum. Kepulauan di Papua Barat ini memiliki empat pulau terbesar dan paling banyak dikunjungi oleh turis asing, yaitu Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Waigeo. Keempat pulau ini dinobatkan sebagai pulau yang mempunyai keragaman biota laut paling tinggi.

Baca juga :  10 Pantai Terindah di Lampung Yang Populer di Kalangan Wisatawan

Raja Ampat sendiri adalah salah satu taman laut menawan di tanah air, bahkan diakui dunia sebagai pulau dengan terumbu karang terbanyak yang mencapai sekitar 75% dari keseluruhan spesies terumbu karang di seluruh dunia. Bahkan ada banyak spesies ikan yang hidup di dasar laut Raja Ampat dengan lokasi diving terbaik di Mansuar Island, Chicken Reef, Mike’s Point, Blue Magic dan lainnya. Maka sudah sepatutnya kamu bangga menjadi bagian dari negara Republik Indonesia.

8. Gugusan Karimunjawa, Jawa Tengah

kurakuraresort.com

Kepulauan Karimunjawa mempunyai setidaknya 27 pulau yang berjejer indah dan menawan. Terletak di Laut Jawa, gugusan ini menawarkan alam laut yang cukup eksotis dan dramatis yang akan membuat kamu tidak ingin kembali setelah berada di sini. Ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional pada 15 Maret 2001 silam, wilayah yang berada di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini telah menjadi area diving terbaik di negeri tercinta.

9. Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara

spot diving terbaik di indonesia

wakatobi.com

Wakatobi memiliki setidaknya 25 spesies gugusan terumbu karang yang cantik dan cocok kamu jadikan sebagai spot berfoto. Laut yang terletak di bagian selatan Pulau Sulawesi ini terdapat pulau pulau pilihan seperti Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, hingga Binongko. Keempat lokasi ini sangat pantas kamu jadikan kawasan untuk menyelam. Dinobatkan sebagai taman nasional pada 1996 lalu oleh UNESCO, Wakatobi menjadi salah satu laut favorit semua turis untuk diving.

10. Gugusan Derawan, Kalimantan Timur

spot diving terbaik di indonesia

superadventure.co.id

Terletak di kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Derawan menjadi gugusan kepulauan paling diincar oleh wisatawan lokal maupun internasional. Keindahan dasar laut yang ditawarkan oleh Derawan mampu menyita perhatian banyak pelancong luar untuk berkunjung dan menyelam di laut Derawan. Memiliki setidaknya 31 gugusan pulau yang cantik, beberapa yang terkenal di antaranya Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, hingga Pulau Kakaban yang popule dengan spesies ubur ubur tidak berbahaya.

Nah, setelah membaca informasi tentang 10 spot diving terbaik di Indonesia yang diakui dunia, pasti membuat kamu ingin segera terbang ke sana dan langsung menyelam. Perlu untuk diingat, tetap utamakan keselamatan dan mematuhi aturan yang diberikan oleh ahli diving kamu. Ini bertujuan agar kamu bisa menyelam dengan tenang dan menyenangkan. Selamat menyelam!!



Leave a Reply