10 Pantai Paling Mistis Di Jawa Sering Minta Tumbal


Reni  October 15, 2018  0 Comment

Pantai mistis di Jawa seolah menjadi magnet tersendiri bagi banyak orang. Indonesia memang terkenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan. Namun di lain hal, sisi mistik atau mitos juga menjadi daya tarik tersendiri yang membuat orang semakin berminat untuk datang dan berkunjung. Beberapa pantai di Indonesia yang terkenal mistis diantaranya sebagai berikut. Jawa Barat juga memiliki beberapa pantai yang tak hanya indah namun juga kental dengan cerita mistisnya.Pantai mistis di di Jawa Barat diantaranya adalah

1. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

tanahnusantara.com

Pelabuhan Ratu merupakan destinasi wisata pantai populer di Jawa Barat. Keindahan pantai ini bahkan sudah dikenal oleh berbagai kalangan wisatawan. Namun selain keindahan pantainya, Pelabuhan Ratu juga terkenal berkat mitos atau cerita mistisnya. Cerita mistis yang kental dengan Pantai Pelabuhan Ratu ini adalah di mana konon katanya di sinilah terdapat pintu gaib yang merupakan pintu menuju kerajaan Nyi Roro Kidul.

Di kawasan Pantai ini juga terdapat suatu hotel bernama Hotel Inna Samudera yang mana didalam hotel ini terdapat kamar 308 yang dipercayai merupakan kamar tempat persinggahan Nyi Roro Kidul. Di kamar ini juga terdapat lukisan Nyi Roro Kidul yang dilukis oleh Basuki Abdullah. Kamar ini juga didesign berwarna hijau yang mana katanya merupakan warna kesukaan dari Nyi Roro Kidul. Disini pengunjung juga disarankan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau karena banyak kejadian pengunjung pantai yang mengenakan pakaian berwarna hijau ini menghilang dan tenggelam secara misterius.

Baca juga :  Ini Dia Deretan Hotel Horor di Makassar yang dekat Pantai Losari

Paket wisata murah

Menikmati Liarnya Ombak Pantai Popoh

Wisata Batu Sori, Situs Batu Apung Favorit Di Baubau

2. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu

IndonesiaKaya.com

Pantai Karang Hawu juga tergolong pantai mistis di Indonesia karena memang lokasinya yang masih satu area dengan Pantai Pelabuhan Ratu. Pantai yang satu ini identik dengan keindahan batu karangnya. Di salah satu tebing batu karang ini, konon katanya ada seorang dewi yang menceburkan dirinya karena mengalami penyakit kulit. Namun setelah itu, penyakit kulitnya sembuh. Dan sebagai konsekuensinya sang dewi harus menjaga laut selatan. Dewi ini disebut dengan Nyi Roro Kidul.

Sapa yang tak kenal dengan kota Yogyakarta. Kota pelajar ini juga dikenal sebagai kota budaya yang memiliki banyak sekali tradisi yang masih di lestarikan. Selain itu, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat wisata unik, menarik serta penuh dengan mistis. Di mana salah satunya terletak di wisata pantainya.

3. Pantai Parang Tritis

Pantai Parang Tritis

sewamobiljogja.info

Keindahan Pantai Parangtriris memang sudah populer. Tak heran jika pantai ini selalu ramai dikunjungi terutama ketika weekend dan musim liburan. Namun salah satu hal yang membuat pantai ini menjadi menarik di mana terdapat cerita mistos di dalamnya. Ada cerita yang mengatakan bahwa memang Pantai Parangtritis ini termasuk pantai mistis di Indonesia.

Pantai ini juga dikenal sebagai pintu gerbang menuju kerajaan Nyi Roro Kidul yang mana merupakan penguasa pantai selatan. Banyak yang menceritakan bahwa Nyi Roro Kidul ini memiliki kaitan erat dengan Kasultanan Yogyakarta. Kekuasaan Nyi Roro Kidul dipercaya mengitari Kasultanan Yogyakarta ini. Sehingga tak heran jika pihak Keraton selalu mengadakan sesajian atau labuhan di pantai ini sebagai wujud komunikasi dan meminta restu agar dapat menjalankan tugas dengan baik sekaligus mampu melindungi rakyat.

Baca juga :  10 Sungai Paling Angker di Indonesia Konon Memakan Banyak Korban

Di pantai ini juga dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau. Karena berdasarkan cerita, warna hijau adalah warna favorit Kanjeng Ratu Kidul sehingga pengunjung yang menggunakan warna ini akan diseret ombak dan diminta sebagai tumbal.

4. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo

Merdeka.com

Pantai Parangkusumo juga merupakan pantai mistis di Indonesia. Lokasi Pantai Parangkusumo juga masih berdekatan dengan Pantai Parangtritis. Mitosnya juga sama dimana pantai ini merupakan gerbang menuju kerajaan Nyi Roro Kidul. Larangan menggunakan pakaian berwarna hijau juga diterapkan di pantai ini karena katanya siapapun yang mengenakan pakaian hijau akan menghilang tergulung ombak.

5. Parangwedang

Parangwedang

.agoda.com

Tak jauh dari Parangkusumo terdapat pantai atau suatu pemandian yang disebut Parangwedang. Ditempat ini dipercaya airnya bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sehingga tak heran jika akhirnya banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk meminta berkah dan juga kesembuhan.

Tak berbeda jauh dengan Jawa Barat dan Yogyakarta, Jawa Timur juga memiliki sederet wisata pantai yang dikenal sebagai pantai mistis di Indonesia. Pantai di Jawa Timur yang terkenal dengan cerita mistisnya antara lain :

6. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo

sumber.com

Mungkin anda bertanya – tanya mengapa pantai ini tergolong pantai mistis di Indonesia. Hal ini karena di pantai ini terdapat bebatuan memanjang ke arah pantai yang bentuknya menyerupai ular. Dan konon katanya batu ini mampu bergerak – gerak layaknya ular. Di sekitar pantai ini juga dipercaya sebagai pintu gerbangnya kerajaan atau istana dari Kanjeng Ratu Kidul yang dikenal sebagai penguasa pantai di selatan Jawa.

7. Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)

Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma)

iklantravel.com

Pantai Papuma juga dikenal sebagai pantai mistis di Indonesia karena di pantai ini kerap kali terjadi korban yang menghilang secara misterius. Kebanyakan korban menghilang akibat terseret ombak. Dan banyak yang menduga bahwa hilangnya para korban ini akibat diminta sebagai tumbal oleh Nyi Roro Kidul. Namun dibalik cerita mistisnya, Pantai Papuma juga memiliki keindahan pantai dan batu karang yang menakjubkan.

Baca juga :  12 Pantai di Bengkulu Terpopuler Tahun Ini Harus Kamu Kunjungi

8. Pantai Jembatan Panjang

Pantai Jembatan Panjang

.terseram.com

Pantai mistis di Indonesia selanjutnya adalah Pantai Jembatan Panjang. Pantai ini dikenal memiliki keindahan batu karang dan pasir putihnya. Namun yang menyeramkan di sini adalah di mana terdapat sebuah jembatan panjang yang menghubungkan daratan dengan satu pulau di tengah pantai. Pembangunan jembatan ini konon katanya selalu gagal.

Gagalnya pembangunan jembatan ini dikaitkan dengan cerita mistis di mana penghuni gaib yang mendiami pulau tersebut tidak menyetujui pembangunan jembatan karena belum memenuhi syarat.

9. Pantai Kenjeran

Pantai Kenjeran

medium.com

Pantai Kenjeran juga merupakan pantai mistis di Indonesia. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini melalui jembatan kayu yang sudah disediakan. Pantai yang satu ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Namun dibalik keindahannya, ternyata pantai ini dipercayai sebagai perkampungan makhluk gaib. Banyak pengunjung yang sering menangkap sosok mistis pada hasil jepretan mereka ketika berfoto di lokasi ini.

10. Pantai Nusa Barong

Pantai Nusa Barong

travelingyuk.com

Pantai selanjutnya yang kental dengan cerita mistis adalah Nusa Barong. Pantai di sini sangat indah, ditambah lagi terdapat pulau yang juga memiliki pemandangan tak kalah indahnya. Namun berdasarkan cerita yang beredar, pulau ini dihuni oleh makhluk halus. Banyak masyarakat yang mempelajari ilmu gaib di pulau ini. Ada cerita pula banyak nelayan yang menghilang secara misterius di sini. Maka tak heran jika akhirnya banyak yang menjuluki pantai Nusa Barong ini sebagai salah satu pantai mistis di Indonesia.

Itulah tadi beberapa pantai mistis di Indonesia yang ternyata hampir terletak di semua pantai di sepanjang selatan pulau Jawa. Bagi anda yang kebetulan menyukai wisata pantai dan air dan juga sekaligus ingin menguji nyali, tak ada salahnya datang ke beberapa tempat yang sudah direkomendasikan di atas.



Leave a Reply