Pesona 7 Terumbu Karang Terbesar di Dunia


Reni  October 14, 2022  0 Comment

Menurut ahli geologi, terumbu karang merupakan struktur batuan sedimen yang terbentuk karena adanya kalsium karbonat. Sementara menurut definisi biologi, terumbu karang merupakan ekosistem yang didominasi oleh koral. Pada perairan, terumbu karang hidup pada daerah yang masih terkena sinar matahari. Terumbu karang merupakan organisme yang sensitif terhadap perubahan suhu, salinitas, dan sedimentasi. Umumnya, terumbu karang dibedakan menjadi 3 jenis utama, yaitu terumbu tepi, terumbu penghalang, dan atol. Terumbu karang tepi merupakan jenis karang yang berada di sepanjang pantai dan berada di permukaan laut terbuka. Sementara itu, terumbu karang penghalang berada di area laut lepas. Pada perairan dengan kedalaman 75 meter, terumbu karang penghalang membentuk kolom air atau celah perairan. Umumnya terumbu karang penghalang berada di benua atau pulau besar. Jenis yang terakhir yaitu atol, atau dikenal juga sebagai terumbu karang cincin. Jenis terumbu karang ini mengelilingi pulau vulkanik dan umumnya berada di perairan laut dalam. Dengan adanya pencemaran di perairan, terumbu karang diklasifikasikan menjadi jenis organisme yang dilindungi. Berikut merupakan 7 terumbu karang terbesar di dunia.

7. Rainbow Reef, Fiji

 Terumbu Karang Terbesar di Dunia
geodiverfiji.com

Rainbow Reef merupakan gugusan terumbu karang sepanjang 32 km yang terletak di Selat Somosomo. Tepatnya diantara Pulau Taveuni dan Vanua Levu di Fiji. Selain menawarkan pemandangan bawah laut yang cantik, gugusan terumbu karang ini juga dibuka untuk situs snorkeling. Salah satu lokasi yang terkenal adalah Great White Wall yang dihiasi oleh koral putih. Selain itu, Rainbow Reef juga merupakan habitat utama 1200 jenis ikan eksotik dan lebih dari 300 jenis koral. Terumbu karang di Fiji merupakan salah satu terumbu karang terbesar di dunia yang terletak di bagian selatan Samudera Pasifik. Salah satu daya tarik Rainbow Reef adalah jenis terumbu karangnya yang penuh warna.

Gotravelly

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Pantai Amed Surga Snorklingnya Para Traveller

6. Great Chagos Bank, Maladewa

Great Chagos Bank
scubadivermag.com

Terletak sekitar 500 km ke Selatan dari Maladewa, Great Chagos Bank merupakan salah satu jenis atol terbesar. Luas dari Great Chagos Bank sekitar 12.642 km2. Atol merupakan gugusan koral yang mengelilingi laguna atau perairan tenang. Great Chagos Bank terbentuk dari sisa-sisa gunung berapi di bawah tanah. Tumpukan lava akan membentuk gunung bawah laut yang dapat muncul ke atas permukaan laut. Titik tengah atol, atau laguna ini dapat menjadi situs diving yang menarik bagi para pecinta tantangan. Tidak hanya satu, Great Chagos Bank memiliki 5 jenis atol berbeda, menjadikan situs ini salah satu terumbu karang terbesar di dunia bagian Samudera India.

5. Florida Reefs, Florida

Florida Reefs
opalcollection.com

Florida merupakan satu-satunya negara bagian di Amerika Serikat yang memiliki gugusan terumbu karang. Florida Reef membentang sepanjang 563 km dari Taman Nasional Dry Tortugas di sebelah barat Florida hingga St. Lucie Inlet di St. Martin. Jika dihitung per individual, maka total terumbu karang di sepanjang Florida Reef adalah sekitar 6.000 individu. Jumlah ini menjadi jumlah terumbu karang terbesar di dunia. Sebagai satu-satunya gugusan terumbu karang di seluruh Amerika Serikat, beberapa titik Florida Reef dijadikan sebagai konservasi untuk hewan-hewan laut yang terancam punah. Gugusan terumbu karang ini juga merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian Florida karena menjadi tempat wisata, khususnya untuk situs snorkeling dan juga diving. Florida Reef dikategorikan sebagai terumbu karang penghalang.

4. Terumbu Karang Laut Merah

Terumbu Karang Laut Merah
cnnindonesia.com

Terumbu karang di laut merah merupakan salah satu jenis yang unik. Terumbu karang ini dapat bertahan dari pemutihan massal dan juga suhu yang ekstrim. Gugusan terumbu karang ini terletak di bawah Teluk Aqaba, di ujung utara Laut Merah. Umumnya, terumbu karang sangat sensitif terhadap perubahan yang ekstrim, namun terumbu karang Laut Merah tampak tidak terpengaruh oleh adanya suhu yang ekstrim. Oleh karena itu beberapa spesies terumbu karang di Laut Merah dijadikan sampel penelitian untuk melestarikan terumbu karang di area-area lainnya. Hal ini menjadi fokus utama penelitian karena tingginya pemanasan global dalam beberapa tahun kebelakang. Jika terumbu karang tidak bisa dilestarikan, maka ekosistem laut juga akan terancam keberlangsungannya.

3. New Caledonia Barrier Reef, Pasifik Selatan

New Caledonian Barrier Reef
forbes.com

New Caledonian Barrier Reef merupakan salah satu situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Terumbu penghalang ini merupakan jenis terumbu karang terbesar di dunia nomor 3 setelah Great Barrier Reef Australia dan MesoAmerican Barrier Reef. Terumbu penghalang ini mengelilingi area Grande Terre, pulau terbesar di New Caledonia. Total panjang dari terumbu penghalang ini adalah 1.500 km. Status situs warisan dunia oleh UNESCO diberikan pada tahun 2008 atas diversitas lautnya dan juga kecantikannya. Salah satu keunikan dari New Caledonia Barrier Reef adalah terumbu penghalang ganda dan juga terumbu karang lepas pantai. Di sini terdapat lebih dari 9.300 spesies laut dan 500 spesies koral.

2. MesoAmerican Barrier Reef, Samudera Atlantik

MesoAmerican Barrier Reef
tripsavvy.com

MesoAmerican Barrier Reef merupakan salah satu terumbu karang terbesar di dunia. Terletak di sepanjang garis pantai dari Honduras, Guatemala, Belize dan Mexico. Total panjang dari terumbu karang penghalang ini adalah 1.126 km. Beberapa titik di sepanjang terumbu penghalang ini dijadikan tempat wisata dan juga taman konservasi. Diantaranya yaitu Taman Nasional Arrecifes de Cozumel, Cagar Laut Hol Chan, Cagar Biosfer Sian Ka’an, dan Taman Laut Cayos Cochinos. Terumbu karang di sepanjang MesoAmerican Barrier Reef menjadi rumah bagi 65 spesies koral berbatu, 350 spesies moluska, dan lebih dari 500 spesies ikan. Beberapa spesies termasuk jenis yang dilindungi, seperti penyu hijau, buaya Morelet, dan juga koral hitam.

1. Great Barrier Reef, Australia

Great Barrier Reefs
britannica.com

Terdiri atas 2.900 individu terumbu karang, Great Barrier Reefs merupakan terumbu karang terbesar di dunia. Dengan luas total sebesar 344.400 km2. Dengan ukurannya yang begitu besar, Great Barrier Reef Australia bahkan bisa dilihat dari luar angkasa. Pada tahun 1997, situs ini dinyatakan sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Sebagian besar dari terumbu karang ini dilindungi oleh Taman Laut Great Barrier Reef yang membatasi interaksi dengan manusia. Terumbu penghalang ini memiliki ikatan dengan budaya dan kepercayaan suku asli Australia, Aborigin. Bagian Pulau Whitsunday dan Cairns menjadi salah satu tujuan favorit turis untuk menyaksikan Great Barrier Reef secara langsung.

Itulah 7 terumbu karang terbesar di dunia. Terumbu karang merupakan habitat utama organisme perairan. Saat ini, gugusan terumbu karang menghadapi satu masalah yang sama, yaitu pemanasan global. Terumbu karang merupakan organisme yang sensitif terhadap adanya perubahan ekstrim. Perubahan suhu air laut akan membuat terumbu karang tertekan dan mengalami pemutihan atau bleaching. Ketika terjadi secara berkelanjutan, proses ini dapat merusak ekosistem terumbu karang dan mengancam kehidupan di dalamnya. Oleh karena itu, saat ini banyak gerakan penyelamatan terumbu karang.



Leave a Reply