7 Rumah Makan Sunda di Bandung Paling Recomended


sisil angelin  July 11, 2019  0 Comment

Kuliner khas Nusantara memang tiada habisnya untuk disantap, baik itu masakan Sunda, Jawa, Minang, Aceh dan lainnya. Seluruh kuliner Nusantara memiliki rasa yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia sehingga apabila Anda tinggal di luar negeri sekalipun pasti tidak akan lupa rasa sedapnya masakan Indonesia. Rumah makan Sunda paling enak di Bandung tentu banyak tersebar. Namun tidak semuanya menyajikan menu yang benar-benar khas sehingga pada penjelasan berikut ini ada 7 rumah makan Sunda recommended di Bandung

Sebelumnya, Anda harus tahu mengenai ciri-ciri masakan Sunda yang menjadi kuliner favorit setiap warga Indonesia. Menu kuliner Sunda berasal dari Jawa Barat yang letak khasnya itu berada pada kesegaran sayurnya seperti sayur asem, tumis genjer, lalapan, lotek, urap dan lainnya. Dalam setiap menunya terdapat beragam komponen rempah-rempah sehingga cita rasanya melekat di lidah.

Ciri khas masakan Sunda juga terletak pada bumbunya yang pedas seperti sambal terasi. Kemudian sambal terasi tersebut akan dimakan bersamaan dengan sayuran yang telah direbus, ketimun, pete, jengkol dan lainnya yang disebut lalapan. Sambalnya juga bukan hanya sambal terasi, tapi ada juga sambal combrang, sambal hejo, sambal cibiduk dan sambal goang. Berikut rekomendasi Rumah Makan Sunda di Bandung.

Rumah Makan Sunda di Bandung

1. Restoran Alas Daun

Restoran Alas Daun
image credit : @shari_melianti

Rekomendasi pertama untuk rumah makan Sunda yang paling enak yaitu Restoran Alas Daun. Tempat makan yang satu ini menyediakan menu khas Sunda yang membuat siapa saja tergiur. Bukan hanya kelezatannya yang membuat orang-orang ingin menikmatinya, tapi juga cara penyajiannya yang tergolong unik. Anda akan disuguhi makanan khas Sunda dengan menggunakan alas daun pisang. Sensasi makan di sini tentu berbeda mengingat nasi panas yang diletakkan di atas daun pisang akan menghasilkan aroma yang meningkatkan selera makan.

Baca juga :  11 Tempat Makan Keluarga di Lampung Favorit Wisatawan

Bagi Anda yang ingin makan di restoran ini bisa langsung berangkat apalagi Anda tinggal di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya. Letaknya tepat di Cihapit  yang ada di Bandung Wetan. Jangan coba untuk melewati masakan khas Bandung di rumah makan yang satu ini karena cita rasanya membuat Anda ingin kembali lagi.

Gotravelly

Ingin Percantik Feed Instagram? Datang Saja Ke WAGOS, Wisata Instagramable Di Gresik

Yuk, Ke Taman Flora Surabaya! Wisata Tengah Kota Yang Gratis Dengan Barbagai Flora Dan Fauna!

2. Sambara

Sambara
image credit : @jet.onk

Paduan konsep modern dan juga lawas menghasilkan sesuatu yang cukup unik dan menarik. Seperti halnya rumah makan Sambara yang menyajikan menu kuliner khas Sunda. Rumah makan ini banyak dikunjungi oleh para pelanggan yang ingin mencicipi makanan khas Sunda. Selain masakannya yang benar-benar memiliki cita rasa asli Sunda, harga yang ditawarkan untuk makan di sana juga terjangkau. Selain itu fasilitasnya juga lengkap seperti kamar kecil dan lainnya.

Ada beberapa menu andalan di sini yakni Nasi Panggang, nasi Anglo, Nasi Tutug Oncom, Nasi Liweut dan Nasi Song-Song. Nasi Song-Song merupakan menu nasi yang dicampur dengan oncom dengan bungkusan daun pisang dan dimasukkan ke dalam bambu.

3. RM Sindang Reret

RM Sindang Reret
image credit : @sindangreretbandung

Rumah makan Sindang Reret juga menyajikan menu khas Sunda. Para penghuni Bandung tentu telah mengenal tempat ini dengan baik. Tidak hanya itu, dari kalangan wisatawan luar kota dan asing juga sudah mengenal tempat ini. Hal tersebut karena tempat ini berada satu rangkap dengan hotel. Kelezatan masakan khas Sunda di tempat ini sudah tidak perlu lagi dipertanyakan, makanya memiliki tempat ini membuka beberapa cabang yang bisa Anda kunjungi di sekitar Kota Bandung.

Baca juga :  17 Tempat Wisata Jawa Barat Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Nuansa yang dihasilkan di rumah makan ini juga memiliki ciri khas Sunda. Anda akan dilayani oleh pelayanan yang menggunakan pakaian adat Sunda serta dilengkapi dengan dekorasi yang kental akan suasana Sunda yang menenangkan pikiran.

Menu yang disajikan oleh rumah makan Sunda paling enak di Bandung ini seperti gurame dengan beraga, jenis sambal khas negeri Parahiyangan. Menu Gurema Mangga Muda paling favorit, selain itu ada juga Ayam Bakakak Parahiyangan, Ikan Nila Kukus Cabe Hejo, Ulu Kutek Leunca hingga Karedok. Untuk minuman yang menjadi ciri khas Sindang Reret, pastikan untuk mencoba menikmati Layeng Keteineung, minuman Guripan serta Sankuariana.

4. Nasi Bancakan

Nasi Bancakan
image credit : @foraguesthouse.bdg

Nasi Bancakan adalah nama rumah makan yang diambil dari salah satu kuliner khas Sunda. Nasi ini dihidang di atas daun pisang yang sering diadakan dalam tradisi syukuran seperti sunatan dan weton anak. Anda dapat menikmati menu makanan khas Sunda dengan nuansa jaman dulu atau jadoel di rumah makan Nasi Bancakan. Rumah makan ini dibuka setiap hari dan selalu ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan. Pengunjung tidak hanya berasal dari Kota Bandung, namun juga dari luar kota. Kesan jadoel atau jaman dulu yang dihadirkan oleh rumah makan ini berasal dari cara penyajiannya yang menggunakan piring jaman dulu dan terbuat dari kaleng-kaleng atau seng.

Menu favorit di Nasi Bancakan adalah hampir semuanya seperti Gurame Goreng, Ayam Bakar Paha, Tahu Ulated, Tumis Jamur, Orek Tempe, Perkedel Jagung, Pepes Jamur, Sate Ati Ampela, Ikan Mas Goreng, Semur Jengkol dan lainnya. Semuanya bisa Anda nikmati dengan harga yang ramah di kantong.

5. Rumah Makan Ampera

Rumah Makan Ampera
image credit : @zulayhasyedabdulrahman

Rumah Makan Ampera ini merupakan rumah makan yang paling populer di Bandung. RM Ampera memiliki hingga 9 cabang di Bandung sehingga Anda akan menemukannya dengan mudah. Bukan tanpa alasan mereka membuka cabang hingga 9 tempat. Kelezatan yang disajikan di RM Ampera ini sangat lezat dan membuat siapa saja yang pernah mencicipi datang lagi dan lagi untuk menikmati hidangannya. Ada berbagai masakan dalam bentuk pepesan yang paling populer di RM Ampera sehingga menu inilah yang paling banyak dipesan.

Baca juga :  10 Restoran Jepang di Purwokerto, Tak Perlu Jauh ke Negeri Sakura!

6. Raja Sunda

Raja Sunda

Selanjutnya ada Raja Sunda yang juga menyajikan masakan khas Sunda. Rumah makan ini memiliki konsep restoran yang tentu lebih mengutamakan kenyamanan pelanggannya. Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati hidangan khas Sunda di rumah makan ini. Lokasi rumah makan Raja Sunda berada di Jl. Doktor Djunjunan, No. 63, Padjajaran. Selain menunya yang menggiurkan, ternyata masakan khas Sunda yang disajikan juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang murah meriah.

Ikan Gurame merupakan salah satu menu andalan di rumah makan raja Sunda. Penyajiannya dan proses memasaknya berbeda dengan rumah makan khas Sunda lainnya. Anda bisa memesan Ikan Gurame Terbang dalam porsi besar dengan rasa enak dan gurih kriuk-kriuk. Menu andalan selanjutnya adalah Gurame Bakar Ulam dan Udang Keranjang.

7. Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk

Rumah Makan Khas Sunda Cibiuk
image credit : @ayinemran

Apabila Anda sedang berada di Bandung, maka jangan lupa untuk menyantap hidangan yang disajikan oleh Rumah Makan Khas Sunda Cibiduk. Pasalnya menunya lengkap dengan khas Sunda yang ditemani lalapan dan sambal. Anda bisa langsung ke Jl. Soekarno Hatta di mana rumah makan ini berada. Jika Anda tersesat maka bisa menanyakan langsung pada masyarakat sekitar karena tempat ini memang sudah sangat populer.

Demikian 7 rumah makan Sunda paling enak di Bandung. Semoga bermanfaat.



Leave a Reply