aldilasalma | Traveler
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia | Theme Park
25 Dec 2019


Yuk, ke Taman Flora Surabaya! Wisata Tengah Kota yang Gratis dengan Barbagai Flora dan Fauna!
Wisata siang hari di Surabaya? Tentu bisa! Cobain yuk datang ke Taman Flora, selain sejuk dan rindang disana juga ada berbagai jenis flora dan fauna yang bikin kamu betah berlama-lama disini

How to Get There

Rabu kemarin lagi bosen kerja di kantor jadinya aku dan salah satu temen aku memilih kerja diluar dan singgah di beberapa taman yang ada di Surabaya. Yaa itung-itung sesekali lihat yang ijo-ijo gini lah ya biar nggak menghadap laptop terus tiap harinya. Kadang mata juga perlu dimanjakan sama yang begini.

Kenapa aku pilih Taman Flora dulu yang dikunjungi karena ya emang jaraknya lumayan deket sama kosan dan terlihat menarik. Buat yang belum tau Taman Flora ini dulunya adalah ex Kebun Bibit, yang mana sekarang Kebun Bibit udah dipindah di daerah Wonorejo.

Untuk lokasinya sendiri, Taman Flora ini berada di tengah kota lebih tepatnya di Jl. Bratang Binangun, Baratajaya, Surabaya. Taman ini dekat banget sama terminal Bratang, sekitar 150m saja kalian bisa sampai. Nah aku kemarin karena masih cukup pagi dan lumayan deket, kira-kira cuma makan waktu 15 menit lah ya, sama macet dikit di daerah Jagir.

taman flora surabaya


What to Do

Begitu sampai disana kami langsung mencari tempat parkir dan masuk kedalam area taman. Baru masuk beberapa meter udah kerasa ademnya sih karena disini banyak pohon-pohon besar yang rindang banget. Dijamin betah deh kalau siang hari di Surabaya begini mainnya di taman. Fyi guys, Taman Flora ini sudah diresmikan sejak bulan Agustus 2007 dengan luas taman 2,4 hektar. Cukup luas kan, makanya nggak heran kalau disini ada banyak beberapa spot untuk bermain anak, koleksi tanaman, hingga kandang rusa.

taman flora surabaya
taman flora surabaya

Koleksi tanaman di Taman Flora ini ada berbagai macam lo, yaitu ada tanaman teh, umbi, kana, pandanus, erva merah, ararea, kamboja jepang, dan masih banyak lagi. Ada juga tanaman langka seperti buah mentega, dan lobi-lobi. Itu semua yang aku sebutin cuma beberapa tanaman ya, aslinya ada banyak banget. Silahkan lihat di foto yah!

taman flora surabaya
taman flora surabaya
Taman Flora ini juga sangat cocok buat kalian yang membawa anak kecil. Karena tersedia banyak spot playground. Jadi anak kecil pasti happy deh kalau dibawa kesini. Apalagi Taman Flora ini GRATIS tanpa harus membayar tiket masuk, hanya parkir kendaraan saja. Oiya, bahkan disini ada tempat outbond mini untuk anak TK, kemarin juga barengan sama mereka jadi rame dan seru banget lihat tingkah anak-anak ini.

taman flora surabaya

taman flora surabaya
Aku sendiri sempat bermain-main di ayunannya sambil menikmati angin, seru juga ternyata hehehe. Lanjut jalan lagi di ujung utara taman ada kandang rusa dan burung merak lho. Sebelumnya aku udah tau sih kalau di Taman Flora ini ada rusanya karena pas berhenti di perempatan lampu merah Bratang ini kelihatan si tanduk rusanya. Kalau dilihat lebih jelas begini jadi kelihatan deh semua rusanya. Jumlahnya cukup banyak ada puluhan rusa dengan dua jenis. Disini kita juga bisa memberi makan rusa loh, tapi kalian harus beli di pintu masuk taman ya. Makanannya adalah kacang panjang dan sayur-sayuran. Karena aku kemarin kelewatan dan nggak sempat beli makanannya jadi aku melihat anak-anak ini aja yang kasih makan rusa. Gemes banget, rusanya sehat dan makan dengan lahap!

taman flora surabaya
taman flora surabaya
Puas nyantai di Taman Flora aku dan temanku Sisil memutuskan untuk lanjut ketempat selanjutnya. Tapi sebelumnya kami isi perut dulu dengan nyemil di sentra kuliner belakang Taman Flora yang lokasinya sebelahan dengan tempat parkir. Sentra kuliner ini cukup banyak pilihan makanannya loh, kalau aku kemarin hanya nyemilin cilok sambil minum es milo. Segeerrr!


taman flora surabaya
Oiya buat yang bingung masuk Taman Flora ini boleh bawa makanan atau tidak jawabannya adalah boleh! Malah kalau bisa bawa aneka makanan terus gelar tikar ala-ala piknik gitu, pasti seru deh! Tapi jangan lupa ya untuk selalu jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Tips and Trick

1. Sedia makanan

2. Beli makanan untuk rusa (bilang ingin)

3. Jaga kebersihan

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY