Road Trip di 10 Taman Nasional Dengan Pemandangan paling Epic


Reni  October 3, 2022  0 Comment

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk me-refresh pikiran yang jenuh. Salah satunya adalah dengan Road trip di taman nasional yang memberikan pengalaman tidak terlupakan terutama jika mendapatkan pemandangan epic selama melakukannya.

Area taman nasional yang terjaga dengan baik seringkali memberikan pengalaman yang sangat membekas bahkan ketika acara road trip sudah usai. Hal inilah yang membuat orang-orang tertarik untuk melakukannya lagi dan lagi.

Ulasan berikut ini akan membahas tentang 10 taman nasional dengan pemandangan epic yang sudah pasti akan membuat anda ingin mengunjunginya lagi ketika sudah ke sana. Penasaran? Simak ulasan berikut ini sampai selesai.

1. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz
westpapuadiary.com

Kita mulai dari ujung paling timur Indonesia yaitu Papua. Di papua terdapat destinasi Road trip di taman national cantik yang sangat direkomendasikan untuk anda. Nama tempat ini adalah Taman Nasional Lorentz yang dengan keindahannya akan memikat mata anda.

Faktanya taman Nasional Lorentz merupakan taman nasional terluas di Asia Tenggara dengan luas 2.7 Hektar. Dengan luas ini wilayah inilah Taman Nasional Lorentz secara administratif termasuk dalam 10 kabupaten di saat yang bersamaan.

Taman Nasional Lorentz merupakan tempat tinggal suku asli papua mulai dari suku Sempan, Dani Barat, Asmat, dan Nduga. Keunikan dari taman nasional Lorentz adalah keberadaan gletser yang sebenarnya sulit ditemukan di wilayah iklim tropis.

Gotravelly

Taman Nasional Baluran ‘Little Afrika In Java’

Cantiknya Pantai Payangan Bagaikan Khayangan, Bikin Enggan Pulang

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
rimbakita.com

Ke barat sedikit dari taman Nasional Lorentz, anda dapat menemukan satu lagi taman nasional yang tidak kalah indah. Taman nasional ini sangat cocok untuk anda para pecinta road trip ke pantai. Mengunjunginya ketika sunset tentu akan terasa sangat syahdu.

Nama dari taman nasional ini adalah Teluk Cendrawasih yang memiliki perairan terluas di Indonesia. Selain luas wilayahnya, Teluk Cendrawasih juga memiliki 950 spesies ikan dan 500 jenis karang. Lebih menarik lagi anda bisa menemukan hiu paus di sini.

3. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi
rimbakita.com

Kembali bergeser ke barat yaitu di Sulawesi tepatnya di Sulawesi Tenggara. Masih taman nasional dengan konsep pantai yang dapat dinikmati bersama-sama ketika road trip. Tentu anda akan memerlukan persiapan Road trip di taman nasional yang mumpuni.

Taman Nasional Wakatobi unggul dengan keindahan bawah lautnya yang menjadi wahana snorkeling terbaik. Hal ini dikarenakan banyaknya jenis karang indah yang dapat ditemukan di dalamnya. Sangat disarankan untuk snorkeling beramai-ramai.

Nyatanya taman Nasional Wakatobi pada tahun 2002 dinobatkan sebagai habitat alami berbagai macam karang yang ada di dalamnya. Dengan banyaknya karang maka ikan yang tinggal dan menetap di sini tentu beragam dan sangat indah.

4. Taman Nasional Komodo

taman nasional Komodo
travel.kompas.com

Di barat lagi terdapat taman nasional yang tidak ada duanya yaitu taman nasional Komodo. Reptil ini tidak mudah untuk ditemukan di belahan dunia lain. Hal inilah yang menjadi daya Tarik tersendiri dari taman nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Selain mendapatkan pengalaman melihat Komodo secara langsung, anda juga bisa mendapatkan pemandangan alam yang sangat epic. Hal ini juga menjadi daya Tarik dari Road trip di taman nasional Taman Nasional Komodo NTT.

5. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran
wisatabagus.com

Jangan mengira di pulau jawa tidak ada tempat indah yang dapat dikunjungi. Anda dapat melakukan road trip ke ujung paling timur pulau jawa yaitu Banyuwangi tempat taman Nasional Baluran berada. Sepanjang perjalanan anda akan menemukan hewan langka yang sulit ditemui.

Tidak hanya hewan-hewan langka, di saat yang bersamaan anda juga dapat mengunjungi tempat bersejarah seperti Candi Bang dan Gua Jepang. Dua tempat ini dapat anda akses dengan jalan yang baik dan mudah tanpa hambatan.

Taman nasional Baluran juga sering disebut dengan Africa van Java. Karena anda akan menemukan padang savana yang luas dengan pemandangan epic untuk dijadikan background pengabadian momen, terutama ketika sunset menjelang.

6. Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun Jawa
larismanis.com

Selanjutnya adalah taman nasional yang berada di Jawa Tengah. Anda bisa melakukan road trip dari Jakarta tanpa kesulitan dengan adanya jalan tol serta jalan bebas hambatan. Estimasi waktu untuk perjalanan tidak sampai satu hari.

Karimun Jawa juga sangat direkomendasikan untuk anda yang merupakan seorang pecinta pantai. Anda akan menemukan berbagai ekosistem perairan yang sulit ditemukan kecuali di daerah terlindungi, mulai dari padang lamun, hutan bakau, perairan terumbu karang, dan hutan pesisir.

7. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon
ladiestory.id

Taman nasional ini dinamai berdasarkan lokasinya yaitu berada di ujung barat dari pulau Jawa yaitu di provinsi Banten. Tempat ini sangat indah dengan kekayaan alam di dalamnya yang dapat dieksplorasi dan dinikmati bersamaan dengan pemandangan epic.

Ujung Kulon adalah tempat Road trip di taman nasional di Indonesia yang harus anda kunjungi.  Taman nasional ini cukup luas dengan jejeran Gunung Honje, Pulau Panaitan, Pulau Handeleum, Pulau Peucang, dan Semenanjung Ujung Kulon.

Bahkan beberapa tahun silam Taman Nasional Ujung Kulon diresmikan menjadi taman nasional tertua di Indonesia bahkan sebelum taman nasional lainnya. Selain itu Ujung Kulon juga merupakan salah satu situs warisan dunia.

8. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
aceh.tribunnews.com

Kemudian berpindah pulau yaitu di Sumatera yang langsung disambut dengan jejeran bukit. Taman nasional ini sangat menarik untuk anda yang mencintai tempat-tempat tinggi dan tantangan untuk berjalan kaki selama berjam-jam.

Taman Nasional Bukit Barisan terletak di Lampung dengan segala keindahannya. Taman Nasional ini merupakan habitat asli dari tiga satwa yang terancam punah mulai dari harimau sumatera, gajah sumatera, dan badak sumatera.

9. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser
kaskus.co.id

Masih di Sumatera dengan taman nasional dataran tingginya, setelah disambut dengan jejeran bukit anda akan menemukan gunung jika bergeser ke barat. Taman nasional ini sangat menarik dengan adanya hutan hujan lebat khas daerah tropis.

Dengan wilayahnya yang sangat luas, gunung Leuser adalah tempat Road trip di taman nasional Indonesia yang memiliki campuran ekosistem gunung dan pantai. Hal ini tentu sangat menarik sebab anda dapat menikmati pemandangan epicnya secara bersamaan.

Untuk lokasi pastinya Taman Nasional Gunung Leuser berada di dua Provinsi besar di Sumatera yaitu Sumatera Utara dan Aceh. Keindahan alam di tempat ini bahkan menarik perhatian artis Hollywood untuk mengunjunginya ketika liburan.

10. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat
student-activity.binus.ac.id

Indonesia lagi-lagi memiliki situs warisan dunia yang resmi dinobatkan oleh UNESCO. Taman nasional ini secara administratif berada di empat provinsi secara bersamaan yaitu Sumatera selatan, Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jambi.

Dengan luas wilayah yang mencakup di empat provinsi, taman Nasional Kerinci Seblat juga diresmikan menjadi taman nasional terluas di Sumatera. Dalam luas wilayah yang tidak kecil ini terdapat ribuan flora dan fauna yang dilindungi di dalamnya.

Itulah ulasan tentang tempat-tempat Road trip di taman nasional yang dapat anda kunjungi untuk melakukan refresh otak yang jenuh karena sibuknya rutinitas.



Leave a Reply