7 Taman Nasional di Bali Dan Nusa Tenggara


prita  August 17, 2022  0 Comment

Taman Nasional di Bali dan Nusa Tenggara tentu bisa jadi alternatif wisata yang patut untuk kamu jelajahi. Taman nasional memang menjadi surga bagi mereka yang suka kegiatan mendaki ataupun menjelajahi alam bebas. Keindahan dari jalur pendakian serta kawasan pantai di taman nasional memang banyak memikat wisatawan untuk menjelajahinya. Nah, untukmu pecinta alam, berikut ini adalah daftar taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang wajib untuk dijelajahi.

1. Taman Nasional Bali Barat, Bali

Taman Nasional Bali Barat
mytrip.co.id

Taman Nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang pertama adalah Taman Nasional Bali Barat atau yang sering disingkat dengan TNBB. Taman nasional ini dibentuk berawal dari keprihatinan raja-raja Bali akan populasi burung Jalak Bali yang semakin berkurang. Burung Jalak Bali merupakan burung yang terancam punah dan tidak bisa ditemukan ditempat lain dan taman nasional ini menjadi perlindungan terakhirnya.

Tak hanya bisa menyusuri hutan dengan ragam flora dan faunanya, di Taman Nasional Bali Barat ini juga memiliki keanekaragaman hayati di bawah lautnya, mulai dari ratusan jenis terumbu karang hingga 120 jenis ikan serta penyu. Disini kamu bisa menyelami keindahan bawah lautnya yang memukau karena perairan di kawasan taman nasional ini sangat jernih.

Gotravelly

Sembalun Surga Tersembunyi Di Pulau Lombok

Desa Sade : Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Lombok Selain Pantai

2. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo
travel.okezone.com

Siapapun tentu tak perlu meragukan kepopuleran Taman Nasional Komodo ini. Taman Nasional Komodo (TNK) ini menjadi salah satu taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang populer tak hanya di kalangan wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara.

Komodo merupakan hewan purba yang keberadaannya hanya bisa ditemukan di Taman Nasional Komodo. Kadal raksasa ini memiliki panjang 2 hingga 3 meter dengan berat sekitar 100-165 kilogram.

Taman Nasional Komodo ini telah masuk dalam Situs Warisan Dunia dan sebagai cagar biosfir oleh UNESCO di tahun 1986. Menariknya, disini kamu bisa mengunjungi tiga pulau yang masuk dalam kawasan taman nasional ini, yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar. Tak hanya bisa melihat Komodo, disini kamu juga bisa menemukan binatang liar lainnya yang hidup bebas di kawasan pulau ini.

Taman Nasional Komodo juga menawarkan spot menyelam terbaik dunia dengan ragam biota lautnya yang menakjubkan. Selain itu, disini kamu juga bisa menikmati keindahan pantai yang menawan. Warna air laut di kawasan taman nasional ini sangat jernih berpadu sempurna dengan pasir pantainya yang putih serta bukit hijau yang mengelilingi pulaunya.

3. Taman Nasional Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Kelimutu
mediaindonesia.com

Taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara berikutnya adalah Taman Nasional Kelimutu. Selain Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Kelimutu ini juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Nusa Tenggara Timur.

Meskipun taman nasional ini memiliki cakupan yang lebih kecil, yaitu sekitar 5.356 hektar, namun keindahannya tak tertandingi. Disini kamu bisa melihat indahnya danau tiga warna yang berada di ketinggian 1.731 meter di atas permukaan laut. Danau yang berada di atas gunung ini memang menawarkan keindahan yang tiada duanya dan memiliki mitos yang menarik untuk diulik.

Selain bisa menikmati keindahan Danau Kelimutu, di kawasan Taman Nasional Kelimutu ini kamu bisa menjelajahi hutan kecil yang berisikan aneka ragam flora yang sebagiannya adalah tanaman endemik dari daerah Kelimutu. Jumlah floranya secara keseluruhannya mencapai 100 jenis, lho.

4. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional di Bali Dan Nusa Tenggara
suara.com

Masih di Nusa Tenggara Timur, ada sebuah taman nasional yang tak kalah cantik bernama Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. Berada di Sumba, taman nasional ini bertipe hutan elfin, yaitu hutan dengan tumbuhan kerdil dan ditumbuhi oleh lumut dan berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut.

Menjadi salah satu taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang cukup populer, Taman Nasional Laiwangi Wanggameti ini lokasinya berada di tiga kecamatan sekaligus, yaitu Kecamatan Paberaiwai, Kecamatan Tabundung dan Kecamatan Pinu Pahar. Pemandangan di taman nasional ini sangat menawan dengan bukit serta lereng-lerengnya yang bergelombang. Bentang alamnya yang indah membuat taman nasional ini memiliki potensi wisata yang menaik untuk dijelajahi.

5. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru
akurat.co

Taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang tak kalah indah berikutnya adalah Taman Nasional Manupeu Tanah Daru. Taman nasional ini mencakup tiga kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Tengah dan Kabupaten Sumba Timur.

Menariknya, Taman Nasional Manupeu Tanah Daru ini masih memiliki kekayaan alam yang masih asri dengan destinasi wisata yang memanjakan mata. Pasalnya, disini kamu akan menemukan indahnya goa, air terjun hingga pantai yang jernih. Selain itu, di kawasan taman nasional ini juga memiliki wisata budaya yang unik. Sekarang, Taman Nasional Manupeu Tanah Daru ini sudah digabungkan dengan Taman Nasional Laiwati Wanggameti menjadi Taman Nasional Matalawa.

6. Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Taman Nasional Gunung Rinjani
madaninews.id

Taman Nasional Gunung Rinjani juga menjadi salah satu taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang wajib untuk dikunjungi. Dikenal dengan kemegahan Gunung Rinjani, taman nasional ini menjadi salah satu kawasan cagar alam yang memiliki ekosistem tipe hutan hujan pegunungan dan sabana.

Gunung Rinjani memang menjadi daya tarik utama dari taman nasional ini karena gunung dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan selama pendakian kamu akan dimanjakan dengan keanekaragaman hayati di sepanjang jalurnya.

Salah satu keindahan yang bisa kamu temukan di jalur pendakian Gunung Rinjani ini adalah Danau Segara Anak. Menariknya, di dalam danau yang kebiruan ini ada sebuah gunung yang lahir dengan nama Gunung Baru Jari.

7. Taman Nasional Gunung Tambora, Nusa Tenggara Barat

Taman Nasional Gunung Tambora
liputan6.com

Taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang terakhir adalah Taman Nasional Gunung Tambora. Taman nasional ini memiliki Gunung Tambora sebagai daya tarik utamanya yang menawarkan pemandangan indah dan sebuah kawasan yang dilindungi dan tidak boleh dikunjungi kecuali untuk tujuan penelitian.

Kawah Gunung Tambora ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan untuk datang. Gunung Tambora ini memang terkenal karena letusannya pada tahun 1815 lalu yang mana abu vulkanik dari letusannya sangat dahsyat karena mencapai Benua Eropa.

Gunung Tambora ini tak hanya menyajikan kegiatan pendakian menuju kawahnya yang terkenal, tapi di kawasan gunung ini kamu bisa melakukan kegiatan susur hutan dengan alamnya yang masih hijau dan sejuk. Selain ada gunung, di Taman Nasional Gunung Tambora ini kamu juga bisa menikmati keindahan pantai dengan airnya yang jernih di Pulau Moyo.



Leave a Reply