Jelajahi Pesona 10 Taman Nasional di Kolombia


prita  July 20, 2022  0 Comment

Taman nasional bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang paling menarik bagi para pecinta alam. Kolombia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak taman nasional untuk dijadikan referensi berlibur bagi siapapun yang ingin menyatu dengan alam. Taman nasional di Kolombia memang menawarkan penorama alam yang indah, udara bersih yang menyejukkan serta jauh dari keramaian sehingga membuat wisata alam ini menjadi favorit. Nah, jika kamu berencana untuk berlibur ke Kolombia dan ingin menjelajahi alamnya, berikut ini adalah destinasi taman nasional yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Taman Nasional Los Nevados

Taman Nasional Los Nevados
projectcordillera.org

Taman Nasional Los Nevados merupakan salah satu taman nasional di Kolombia yang menawarkan pemandangan indah. Taman yang luasnya mencapai 583 kilometer persegi ini berada di jalur penanaman kopi di Andes Tengah.

Taman Nasional Los Nevados ini memiliki daya tarik beruba 5 gunung berapi yang besar dimana dua diantaranya masih aktif dan tiga sudah tidak aktif. Tak hanya itu, di taman nasional ini kamu juga bisa melihat beberapa danau yang indah, gletser besar dan hutan lebat yang hampir tidak bisa ditembus. Disini kamu juga bisa menyaksikan beragam flora dan fauna endemik yang unik.

Gotravelly

Taman Nasional Baluran ‘Little Afrika In Java’

Bukit Pampaea: Bukit Teletabis Yang Menghampar Di Bumi Bombana

2. Taman Nasional Los Katios

Taman Nasional Los Katios
id.pinterest.com

Taman nasional di Kolombia yang tak kalah indah selanjutnya adalah Taman Nasional Los Katios. Taman Nasional Los Katios ini menjadi kawasan lindung yang berada di bagian barat laut negara ini serta masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 1994.

Taman Nasional Los Katios ini memiliki hutan yang lebat dan terdapat banyak ekosistem yang meliputi hutan banjir, hutan riparian dan hutan awan. Selain itu, disini kamu juga bisa menemukan air terjun dan danau yang sangat indah.

3. Taman Nasional Tayrona

Taman Nasional Tayrona
freetworoam.com

Taman Nasional Tayrona ini berlokadi di kaki Sierra Nevada de Santa Marta. Taman Nasional di Kolombia yang satu ini terkenal sangat luas karena terdiri dari 12.000 hektar tanah dan hampir 3.000 hektar laut.

Tempat ini menjadi rumah bagi beberapa garis pantai terindah di Amerika Selatan. Ditambah lagi, tempat menarik lainnya adalah rawa bakau, hutan dan danau yang membuat tempat ini terlihat semakin indah. Taman Nasional Tayrona ini menjadi habitat 59 spesies mamalia, 396 spesies burung, 4 spesies penyu laut dan sejumlah besar kehidupan laut lainnya.

4. Taman Nasional Tupparo

Taman Nasional Tupparo
id.pinterest.com

Taman Nasional di Kolombia yang wajib untuk dikunjungi berikutnya adalah Taman Nasional Tupparo. Taman nasional ini merupakan cagar alam dengan luas mencapai 548.000 hektar.

Taman ini berada di perbatasan timur negara Kolombia dan terdiri dari padang rumpur hijau dan pantai sungai berpasir. Tak hanya itu, taman nasional ini juga menjadi habitat bagi banyak spesies flora dan fauna yang beragam. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan disini, mulai dari mendaki, berenang dan snorkeling.

5. Taman Nasional Chingaza

Taman Nasional Chingaza
thebogotapost.com

Taman Nasional Chingaza juga layak untuk masuk dalam daftar taman nasional di Kolombia yang wajib untuk kamu kunjungi. Taman Nasional Chingaza merupakan salah satu cagar alam terbesr di Kolombia dan menjadi area yang paling dilindungi di negara ini.

Taman yang terkenal dengan keindahan alamnya ini merupakan habitat bagi banyak spesies hewan dan burung yang terancam punah. Hewan-hewan tersebut meliputi puma, jaguar, ocelot, beruang berkacamata dan condor andes yang agung. Selain itu, taman ini juga menjadi rumah bagi lebih dari seribu spesies flora yang berbeda dan mendaki menjadi salah satu aktivitas yang paling seru dilakukan oleh banyak wisatawan.

6. Taman Nasional Chiribiquete

Taman Nasional Chiribiquete
colombiareports.com

Taman nasional di Kolombia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Chiribiquete. Taman nasional ini berada di wilayah Amazon Kolombia yang terisolasi dan merupakan taman nasional terbesar di Kolombia dengan luas mencapai 27.800 kilometer persegi.

Pegunungan ini merupakan habitat yang sempurna untuk sejumlah besar spesies yang berbeda, seperti burung kolibri zambrud Chiribiquete yang terancam punah. Taman nasional ini dirancang untuk melestarikan dan melindungi penduduk asli Kolombia dan untuk mempelajari masa lalu mereka karena pegunungan ini merupakan rumah bagi lebih dari 600.000 jejak petroglif awal, piktograf dan 20.000 karya seni utuh.

7. Sierra Nevada del Cocuy

Taman Nasional di Kolombia
researchgate.net

Sierra Nevada del Cocuy juga masuk dalam daftar taman nasional di Kolombia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Taman nasional ini berada di Pegunungan Andes dan mencakup 16 gunung, yang tertinggi adalah Concavo (5.200 meter di atas permukaan laut) dan Ritacuba Blanco (5.410 meter di atas permukaan laut) yang memiliki gletser yang hanya bisa ditaklukan oleh pendaki berpengalaman dan diakses melalui koya El Cocuy.

Taman nasional ini suci dan melindungi suku asli U’wa, yaitu situs warisan manusia dan alam nasional yang dirancang untuk melindungi budaya, sejarah dan lingkungan. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan disini adalah bertani, berburu, memancing dan memanjat.

8. Old Providence McBean Lagoon

Old Providencia MacBean Lagoon
elturismoencolombia.com

Taman Nasional di Kolombia selanjutnya adalah MacBean Lagoon. Providencia adalah salah satu dari dua Kepulauan Karibia Kolombia yang terletak di barat laut Pantai Karibia.

Taman nasional ini merupakan sebuah pulau yang dikelilingi oleh terumbu karang Karibia, yaitu terumbu karang terbesar ketiga di dunia dengan bagian terbesar terletak tak jauh dari pantai timur pulau. Terumbu karang ini dilindungi karena status taman nasionalnya dan hanya perahu kecil bersertifikat yang diizinkan di dalam area tersebut untuk tujuan menyelam.

9. Taman Nasional Natural Purace

Taman Nasional Natural Purace
thenonmad.com

Di ujung selatan Kolombia, kamu akan menemukan  salah satu taman nasional di Kolombia yang tak kalah indah bernama Taman Nasional Natural Purace. Taman nasional ini melindungi sepotong pegunungan Andes dan memiliki gunung berapi, air terjun yang indah dan dataran tinggi yang menawan.

Selayaknya taman nasional kebanyakan, cara terbaik untuk menikmati pemandangan disini adalah dengan berjalan kaki. Kamu bisa memulai rute perjalanan pendakian ke tepi kawah Volcan Purace dengan ketinggian 4.650 meter diatas permukaan laut, yang menjadi satu-satunya gunung berapi aktif di Kolombia dengan puncak yang aman untuk dijangkau. Waktu terbaik untuk berkunjung ke taman nasional ini adalah bulan September dan Oktober untuk melihat tanaman frailejon yang indah.

10. Serrania de La Macarena

Serranie de La Macarena
lacgeo.com

Taman nasional di Kolombia yang terakhir adalah Serranie de La Macarena. Disini kamu bisa menemukan salah satu hal menarik yang hanya bisa ditemukan disini, yang mana setiap tahunnya adalah sungai berwarna magenta atau yang lebih dikenal sebagai Cano Cristales atau Liquid Rainbow.

Sungai ini akan berubah menjadi merah muda antara bulan Juli dan Oktober karena tanaman Macarenia clavigera di kedalamannya dan kamu bisa berenang di sungainya untuk melihatnya lebih dekat. Selain tiu, kamu juga bisa berkunjung ke air terjun dan kolam berlubang terbesar di sekitar taman nasional ini.



Leave a Reply