10 Taman Nasional Terindah di Indonesia, Pemandanganya Wow!


Fida  July 14, 2022  0 Comment

Taman nasional atau yang dikenal sebagai daerah pelestarian bagi flora dan fauna merupakan salah satu kawasan yang dikelola oleh pemerintah untuk tujuan penelitian dan pendidikan. Selain itu, kawasan Taman Nasional juga ditujukan sebagai tempat wisata dan sarana rekreasi. Indonesia dikenal memiliki banyaknya Taman Nasional yang dapat dikunjungi. Untuk menghabiskan waktu berlibur, tidak ada salahnya jika kamu datang ke salah satu dari 10 taman nasional terindah di Indonesia berikut ini.

1. Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

taman nasional komodo
travel.okezone.com

Taman Nasional Komodo dikenal sebagai salah satu Taman Nasional terindah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, taman Nasional Komodo merupakan habitat asli dari hewan reptil komodo. Karena keindahannya, tidak heran jika taman nasional yang satu ini banyak didatangi oleh wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Taman Nasional Komodo juga menawarkan indahnya pemandangan yang sayang untuk dilewatkan yakni adanya Pulau Rinca dan Pulau Padar. Pulau-pulau tersebut menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan saat datang ke Taman Nasional Komodo. Jika ingin mengunjunginya, kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Komodo di daerah Nusa Tenggara Timur.

Gotravelly

Taman Nasional Baluran ‘Little Afrika In Java’

Bukit Pampaea: Bukit Teletabis Yang Menghampar Di Bumi Bombana

2. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

taman nasional wakatobi
celebes.co

Taman Nasional terindah di Indonesia berikutnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Taman Nasional Wakatobi. Taman nasional yang satu ini terletak di kawasan Sulawesi Tenggara. Karena keindahan alamnya, tidak heran jika taman nasional yang satu ini juga menjadi salah satu tempat favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu berlibur.

Taman Nasional Wakatobi dikenal akan keindahan pantai serta suasana yang tenang dan asri. Pengunjung juga dapat menjumpai adanya spot snorkeling dan juga diving. Keindahan bawah laut yang ditawarkan tentu sangat memanjakan mata. Selain dapat menikmati panorama bawah laut, kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan juga matahari terbenam dari kawasan Taman Nasional yang satu ini.

3. Taman Nasional Lorentz, Papua

taman nasional lorentz
foresteract.com

Rekomendasi Taman Nasional terindah di Indonesia berikutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Lorentz. Taman nasional yang satu ini dikenal sebagai taman Nasional terluas di Asia Tenggara dengan luas area mencapai 2,7 juta hektar.

Taman nasional yang satu ini juga banyak dikagumi keindahannya karena terdapat gletser yang umumnya sulit dijumpai di daerah tropis. Indahnya pemandangan gletser yang ditawarkan menjadi salah satu spot menarik bagi pengunjung. Taman nasional yang satu ini juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa suku asli Papua seperti Suku Asmat, Suku Dani Barat, Suku Duga dan Suku Sempan.

4. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat

taman nasional teluk cendrawasih
liputan6.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Taman Nasional Teluk Cendrawasih, bukan? Taman Nasional Teluk Cendrawasih dikenal sebagai salah satu Taman Nasional terindah di Indonesia dengan perairan laut terluas. Kamu dapat mengunjungi Taman Nasional yang satu ini di Provinsi Papua Barat.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga dikenal akan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Terdapat sekitar 500 jenis karang serta 150 spesies ikan. Taman nasional yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu habitat bagi ikan hiu paus. Menarik sekali bukan?

5. Taman Nasional Karimun Jawa, Jawa Tengah

taman nasional karimun jawa
indephedia.com

Taman Nasional Karimun Jawa menjadi salah satu Taman Nasional terindah di Indonesia yang tidak boleh kamu lewatkan. Taman Nasional yang satu ini termasuk ke dalam provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di utara Kota Semarang.

Di Taman Nasional Karimun Jawa, kamu dapat menjumpai beberapa ekosistem khas perairan seperti adanya hutan bakau dan hutan pesisir. Tempat yang masih sangat alami menjadikan taman nasional yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan. Bagi kamu pecinta foto, Taman Nasional Karimun Jawa menawarkan banyak spot menarik dan instagramable yang sayang untuk kamu lewatkan.

6. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

taman nasional baluran
nativeindonesia.com

Tidak kalah dengan daerah lainnya, jawa Timur juga memiliki salah satu Taman Nasional terindah di Indonesia yakni Taman Nasional Baluran. Taman Nasional Baluran juga dikenal dengan sebutan Africa Van Java. Hal itu dikarenakan adanya hamparan Padang Savana luas taman nasional yang satu ini. Di sepanjang jalan, kamu akan menjumpai banyaknya hewan-hewan yang hidup liar.

Taman Nasional Baluran juga menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami dan menakjubkan. Oleh karena itu, tidak heran jika taman nasional yang satu ini selalu ramai wisatawan dari berbagai daerah. Taman Nasional Baluran juga memiliki beberapa tempat bersejarah seperti adanya Candi Bang dan juga Gua Jepang.

7. Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara

taman nasional gunung leuser
travel.detik.com

Salah satu Taman Nasional terindah di Indonesia juga dapat kamu jumpai di kawasan Sumatera Utara yakni Taman Nasional Gunung Leuser. Taman Nasional yang satu ini kelilingi hutan hujan lebat dan mencakup area pegunungan serta pantai.

Indahnya taman nasional yang satu ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Taman Nasional Gunung Leuser juga populer pernah dikunjungi oleh aktor Hollywood yakni Leonardo DiCaprio. Bagaimana, tertarik untuk menghabiskan waktu berlibur dengan menyusuri indahnya Taman Nasional Gunung Leuser?

8. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

taman nasional ujung kulon
banten.travel

Taman Nasional Ujung Kulon menjadi salah satu destinasi wisata Taman Nasional terindah di Indonesia yang sayang untuk kamu lewatkan. Taman nasional yang satu ini juga sudah diresmikan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Selain itu, Taman Nasional Ujung Kulon juga dikenal sebagai taman nasional tertua di Indonesia.

Seperti yang banyak kita ketahui, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan habitat asli dari badak jawa. Di kawasan Taman Nasional ini, kamu juga dapat menjumpai beberapa untuk berwisata seperti Semenanjung Ujung Kulon, Pulau Peucang, Pulau Handeuleum, dan masih banyak lagi. Menghabiskan waktu berlibur di kawasan Taman Nasional yang satu ini tentu menjadi hal mengesankan yang bisa kamu coba.

9. Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera

taman nasional kerinci seblat
travel.kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang terletak di Sumatera. Taman nasional yang satu ini juga dikenal sebagai salah satu Taman Nasional terindah di Indonesia yang membentang di 4 provinsi yakni Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, dan juga Sumatera Selatan.

Di Taman Nasional Kerinci Seblat, kamu dapat menjumpai banyaknya flora dan fauna yang dilindungi. Kawasan yang satu ini juga sudah diakui UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Menarik sekali bukan?

10. Taman Nasional Bukit Barisan, Lampung

taman nasional bukit barisan
aceh.tribunnews.com

Satu lagi rekomendasi Taman Nasional terindah di Indonesia yang bisa dikunjungi yakni Taman Nasional Bukit Barisan. Taman Nasional Bukit Barisan merupakan habitat asli dari 3 hewan langka di Indonesia yakni harimau sumatera, badak sumatera, dan juga gajah sumatera. Selain itu, kamu juga dapat menjumpai beberapa flora yang cukup langka dijumpai seperti bunga bangkai.

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi indahnya Taman Nasional Bukit Barisan tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Suasana sejuk dan alami dapat kamu rasakan saat berada di taman nasional yang satu ini.



Leave a Reply