Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Pesona 10 Pura Terindah di Bali


Reni  August 13, 2019  0 Comment

Bali merupakan pulau yang memiliki sejuta pesona. Ada banyak destinasi wisata di pulau ini yang sangat recommended untuk dikunjungi. Selain beragam pantai yang indah sebagai daya tarik utamanya, Bali juga memiliki banyak destinasi wisata seni dan budaya yang tak kalah menarik perhatian wisatawan.

Salah satu destinasi wisata seni dan budaya yang tak boleh dilewatkan saat ke Bali adalah mengunjungi pura. Ada sekitar 20.000 pura di Bali. Untuk itu kamu tidak perlu mengunjungi semuanya. Cukup salah satu dari pura terindah di Bali. Mau tahu pura apa mana saja yang masuk deretan pura terindah di Bali? Mari, simak uraian berikut ini.

1. Pura Luhur Uluwatu

pura uluwatu bali
image credit : @adenumoto

Siapa sih yang tidak mengetahui Pura Luhur Uluwatu? Yups, Pura Luhur Uluwatu merupakan candi utama yang dipercaya sebagai salah satu dari enam kahyangan yang dipuja oleh masyarakat di Bali. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat pertunjukan tarian kecak di malam hari. Sebuah pertunjukan tari yang memerankan kisah Ramayana melalui nyanyian pria setengah telanjang yang diiringi oleh penari bertopeng dan penari lainnya.

Salah satu daya tarik yang unik dari Pura Luhur Uluwatu ini adalah semua candinya dibangun di atas sebuah tebing yang menjulang tinggi. Dari sini wisatawan dapat memandang panorama laut yang indah. Apalagi, jika ditambah dengan pemandangan matahari terbenam.

2. Pura Besakih

pura besakih bali
image credit @beautifuldestinationsindonesia

Pura Besakih merupakan pura terbesar yang ada di Bali. Pura ini juga dianggap sebagai pura paling suci di antara semua pura di Bali. Pura yang dijuluki sebagai Mother Temple ini berada di sekitar 3000 kaki di atas Gunung Agung.

Pura ini memiliki kompleks yang sangat besar dan luas. Bahkan kompleks pura ini, memiliki 1 pura pusat dan 18 pura pendamping. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika Pura Besakih menjadi pusat dari seluruh rangkaian keagamaan umat Hindu di Bali.

3. Pura Luhur Lempuyang

pura indah di Bali
image credit : @ sh.pers

Pura Luhur Lempuyang merupakan salah satu tempat ibadah paling penting di Bali. Ini dikarenakan pura ini merupakan salah satu dari sembilan candi yang melindungi masyarakat di Bali dari pengaruh roh-roh jahat. Selain itu, Pura Luhur Lempuyang juga termasuk salah satu dari enam kahyangan yang didedikasikan untuk Sang Hyang Widhi Wasa ( Dewa Tertinggi dalam ajaran umat Hindu ).

Pura Luhur Lempuyang menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan latar belakang Gunung Agung. Namun yang lebih menarik adalah kemurnian keindahan alamnya, karena jarang terjamah tangan manusia. Ini dikarenakan Jika kamu ingin mencapai ke Pura Luhur Lempuyang kamu harus mendaki sekitar satu setengah jam. Lebih tepatnya melewati sekitar 1700 anak tangga. Bagaimana? Tertarik dan tertantang mencoba mendaki ke Pura Luhur Lempuyang?

4. Pura Empul Tirta

pura empul tirta
image credit : @elany.lsgr

Pura Empul Tirta merupakan salah satu pura di Bali yang memberikan air suci kepada para imam, serta tempat untuk mandi untuk orang biasa. Legenda mengatakan bahwa mata air yang ada di pura ini merupakan mata air Tampaksiring yang diciptakan oleh dewa Indra untuk menangkal mata air beracun yang dibuat Raja Iblis. Bahkan banyak yang percaya bahwa dengan mandi di dapat memberikan keberuntungan dan kesehatan. Namun sebelum mandi dan meditasi kamu harus memberikan persembahan terlebih dahulu.

5. Pura Gunung Kawi

pura terindah di bali
image credit : @coraliemoulin

Pura Gunung Kawi terletak di antara jurang dan sawah. Jurang ini dilalui oleh sungai Pakerisan. Masyarakat Bali percaya kesucian dari air sungai ini. Mereka juga yakin, bahwa sungai Pakerisan pula yang menyucikan Pura Gunung Kawi.

Pura ini memberikan pemandangan alam yang indah. Ditambah dengan pepohonan rimbun di tepi sungai serta gemericik air memberi kesan penyambutan oleh simfoni alam. Oh iya, Pura Gunung Kawi memiliki 315 anak tangga yang terbuat dari batu padas yang berada di tubur sungai Pakerisan.

6. Pura Taman Ayun

pura terindah di bali
image credit : @ourglobalplanet


Pura Taman Ayun merupakan pura yang dibangun oleh Raja Mengwi pada tahun 1600-an. Pura ini didaulat menjadi salah satu pura terindah di Bali, karena keindahan yang ditawarkan oleh penampilan pura ini. Salah satu keindahan yang paling menarik adalah kuil keturunan kerajaan keluarga Raja Mengwi.

Pura Taman Ayun memberikan kesan layaknya sebuah Pura yang mengambang di atas air. Ini disebabkan ada parit yang mengelilingi candi. Sehingga tampilan kompleks pura seperti melayang.

7. Pura Goa Lawah

pura indah di Bali
image credit @iouliya

Pura Goa lawah berada di Bali Timur. Pura ini berpusat pada sebuah gua yang dihuni oleh ribuan kelelawar. Oleh karena itu, pura ini diberi nama Pura Goa lawah. Karena dalam bahasa Bali lawah itu artinya kelelawar.

Di dekat Goa Lawah terdapat sebuah pantai berpasir hitam. Pantai pasir hitam ini menjadi salah satu alasan, mengapa Pura Goa Lawah begitu populer di kalangan wisatawan. Ini dikarenakan banyak orang yang melakukan pasca kremasi di sini.

8. Pura Goa Gajah

pura gua gajah bali
image credit : @elvara_js

Goa Gajah adalah salah satu pura buatan yang dibuat dengan tujuan sebagai tempat untuk beribadah. Pura yang berada di Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar, Bali ini memiliki pemandangan yang indah. Hal yang menjadi daya tarik utama di goa Gajah ini adalah gerbang masuk ke dalam pura.

Gerbang atau pintu masuk ke dalam goa ini dihiasi dengan ukiran pada dinding batu membentuk gambar wajah dengan mulut menganga. Sedangkan di dalam goa terdapat patung Dewa Ganesha, Dewa yang berwujud Gajah dan melambangkan ilmu pengetahuan. Selain itu, di dalam hoa juga terdapat tempat pemujaan untuk Dewa Siwa.

9. Pura Ulun Danu Bratan

pura-bratan-bali
image credit : @worldplaces

Pura Ulun Danu Bratan merupakan pura terbesar kedua di Bali. Namun, walaupun tidak sebesar Pura Besakih bagi para petani Pura Ulun Danu Bratan merupakan pura utama di pulau Bali. Ini dikarenakan Pura Ulun Danu Bratan merupakan candi utama bagi kuil dan tempat suci lainnya yang menandai sistem irigasi subak.

Pura yang dibangun untuk mengenang Dewi Betari Ulun Danu ( dewi sungai dan dewi danau ) ini terletak di tepi danau Beratan, Bedugul. Selain itu Pura Ulun Danu Bratan juga terkenal dengan nama Pura Gunung Suci. Kawasan di sekitar pura ini juga sangat subur dan sejuk, ini dikarenakan Ulun Danu Bratan berada di ketinggian 1200 mdpl.

10. Pura Tanah Lot

pura ulu watu bali
image credit : @jey.inf

Pura terindah di Bali yang selanjutnya adalah Pura Tanah Lot. Kamu pasti sudah tidak asing dengan pura satu ini kan? Pura yang bangunan diilhami oleh pendeta Nirartha pada abad ke 15 ini memang sangat populer di kalangan wisatawan. Terutama bagi wisatawan yang gemar melihat sunset.

Terkenal akan pemandangan sunset nya yang indah Pura Tanah Lot ini sangat populer karena lokasinya yang berada cukup jauh dari bibir pantai dan menjulang tinggi di atas laut. Hampir mirip dengan Pura Luhur Uluwatu. Bedanya Jika kamu ingin mengunjungi Pura Tanah Lot kamu harus menunggu air laut surut.

Pura Tanah Lot Ini selalu ramai dengan pengunjung. Untuk itu jika kamu datang ke Bali untuk sebuah perjalanan wisata yang damai dan tenang kamu tidak disarankan ke sini. namun jika kamu ingin melihat pemandangan matahari terbenam yang sangat indah Pura Tanah Lot adalah salah satu tujuan utama yang direkomendasikan.

Leave a Reply