10 Tempat Wisata di Sichuan Wajib Masuk Dalam Itinerary


prita  July 25, 2021  0 Comment

Kamu suka berwisata sejarah yang dipadukan dengan pemandangan alam yang indah? Sichuan tentu bisa menjadi alternative lokasi liburan yang tepat. Sichuan merupakan sebuah provinsi yang berada di Tiongkok bagian barat dan sangat terkenal dengan pemandangan alam yang indah serta ragam situs bersejarah yang menarik. Karena keindahan dan sejarahnya yang menarik, sejumlah tempat di Sichuan bahkan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Nah, jika kamu ingin berlibur kesana, 10 Tempat wisata di Sichuan ini wajib masuk dalam itinerary

1. Jiuzhaigou National Park

Jiuzhaigou National Park
akisoto.com

Tempat wisata di Sichuan yang pertama adalah Jiuzhaigou National Park. Taman nasional ini sangat terkenal dengan keindahan alamnya yang mampu membius siapapun yang datang kesana.

Jiuzhaigou merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Sichuan yang berlokasi di sisi ujung dataran tinggi Tibet, maka tak heran jika kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan saking indahnya, kawasan ini masuk dalam salah satu daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Disini kamu bisa menikmati pemandangan seperti puncak gunung yang berselimutkan salju, danau-danau cantik hingga hutan hijau yang masih asri serta berbagai satwa liar. Taman nasional seluas 720 kilometer persegi ini terkenal memiliki banyak danau yang cantik. Seperti Arrow Bamboo Lake dan Panda Lake Falls.

Paket wisata murah

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Ichiro Sushi: Sajikan Makanan Jepang Nikmat Dengan Harga Bersahabat

2. Huanglong National Park

Huanglong National Park
chinadiscovery.com

Selain Jiuzhaigou National Park, tempat wisata di Sichuan selanjutnya adalah Huanglong National Park. Huanglong National Park juga terkenal memiliki pemandangan indah sehingga juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca juga :  Susuri Pesona 10 Kota Dengan Kanal Paling Indah di Dunia

Di taman nasional ini kamu tak hanya dimanjakan dengan indahnya pemandangan pegunungan, namun juga akan menemukan kolam air panas alami yang terbuat dari reaksi alami endapan mineral. Kolam alami ini dikenal dengan nama Yellow Dragon karena berwarna kuning pada tepiannya dengan air berwarna biru jernih pada kolam airnya.

3. Leshan Giant Buddha

Leshan Giant Buddha
archpaper.com

Berlokasi di Leshan, ada salah satu tempat wisata di Sichuan yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja, yaitu Giant Buddha. Leshan Giant Buddha ini dikenal sebagai patung Buddha terbesar di dunia dengan tinggi mencapai 71 meter dan lebar 28 meter.

Terlebih lagi, jari-jari dari patung Buddha tersebut memiliki panjang sekitar 8,5 meter. Tak heran jika patung Buddha raksasa ini telah ditetapkan secara resmi sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO di tahun 1996.

4. Mount Emei

Mount Emei
blog.goway.com

Masih berada di lokasi yang sama dengan Patung Buddha Raksasa, yaitu di Leshan, kamu juga wajib untuk berkunjung ke Mount Emei atau Gunung Emei. Mount Emei ini dikenal sebagai salah satu gunung tertinggi di Tiongkok yang lokasinya berada di Leshan, Provinsi Sichuan. Tak heran jika Mount Emei kerap dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Sichuan.

Mount Emei ini memiliki ketinggian sekitar 3.079 meter diatas permukaan laut yang puncaknya dikenal dengan nama Puncak Emas. Gunung ini juga menjadi spot mendaki favorit banyak pendaki dunia karena kamu akan dibawa berdiri diatas awan dan melihat gumpalan awan yang luas dan sangat indah.

5. Mount Qingcheng

Mount Qingcheng
tripways.com

Selain Mount Qingcheng, Sichuan juga menawarkan destinasi menarik lainnya berupa gunung adalah Mount Qingcheng atau Gunung Qingcheng. Mount Qingcheng ini tak hanya dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Sichuan dengan pemandangan indah, namun juga sebagai tempat bersejarah yang penting bagi Tiongkok karena tercatat sebagai tempat Zhang Ling menemukan pemikiran Taoisme.

Baca juga :  10 Sup Khas China Yang Menyehatkan

Disini kamu bisa menikmati udara yang sejuk dan asri yang dipadukan dengan indahnya candi-candi suci serta aula-aula yang indah. Disini kamu juga bisa menemukan banyak kuil yang kerap dikunjungi wisatawan karena menawarkan ragam atraksi, pameran kostum dan banyak kegiatan menarik lainnya.

6. Dujiangyan Irrigation System

Dujiangyan Irrigation System
mapsofworld.com

Masih berada di kawasan Mount Qingcheng, ada sebuah tempat menarik yang wajib kamu kunjungi yaitu Dujiangyan Irrigation System. Dujiangyan menjadi salah satu tempat wisata di Sichuan yang sangat layak untuk kamu kunjungi karena pengunjung bisa menambah ilmu pertanian.

Kawasan Dujiangyan memang sangat terkenal dengan system irigasinya yang sangat baik dan telah dibangun pada abad ke-3 Sebelum Masehi. Dujianyan Irrigation System ini menjadi proyek konservasi air besar dan tertua yang memperlihatkan pengalihan air tanpa bendungan. Menariknya lagi, system irigasi ini masih utuh setelah terjadi gempa bumi Wnchun di tahun 2008 dan sampai saat ini masih berfungsi. Tak hanya bisa belajar seputar pertanian, kamu juga bisa belajar teknik ekologi dan tak perlu kebingungan karena telah disediakan pemandu dalam kunjungan tersebut.

7. Xiling Snow Mountain

Xiling Snow Mountain
gochengdu.cn

Kalau kamu pecinta olahraga ski atau ingin belajar ski, tempat wisata di Sichuan yang satu ini wajib kamu kunjungi. Xiling Snow Mountain ini merupakan tempat yang terkenal memiliki pemandangan salju yang indah dan cocok untuk bermain ski.

Xiling Snow Mountain merupakan puncak tertinggi di Chengdu dengan sumber daya yang melimpah. Tak hanya bisa melihat salju dan bermain ski, kamu pun bisa melihat indahnya daun maple merah dan pemandangan alami lainnya seperti lautan awan dan fenomena matahari terbit yang indah.

8. Giant Panda Breeding Research Base

Giant Panda Breeding Research Base
chinadaily.com.cn

Tempat wisata di Sichuan yang wajib untuk kamu kunjungi selanjutnya adalah Giant Panda Breeding Research Base atau Tempat Perlindungan Panda Raksasa Sichuan. Kawasan ini dikenal sebagai salah satu dari Seven Nature Reserves dan Nine Scenic Park.

Baca juga :  10 Candi Yang Dipercaya Paling Mistis di Indonesia

Tempat perlindungan Panda Raksasa ini berada di Pegunungan Qionglai dan Jiajin yang mana saat ini menjadi rumah bagi sekitar 150 panda raksasa. Panda raksasa memang diketahui sebagai spesies yang terancam punah, untuk itu tempat perlindungan ini dibuat. Beruang dengan corak hitam putih yang khas ini berkeliaran dengan bebas di area seluas 924.500 hektar. Disini kamu bisa melihat pandak-panda raksasa tersebut bermain dan beraktivitas. Kamu juga bisa berfoto dan membeli souvenir serba panda yang dijual disana.

9. Shunan Bamboo Forest

Shunan Bamboo Forest
china-tours-online.com

Shunan Bamboo Forest juga menjadi salah satu tempat wisata di Sichuan yang menarik untuk dikunjungi.  Jika kamu pernah menonton film Tiongkok terkenal yaitu Crouching Tiger dan Hidden Dragon, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat ini karena hutan bambu ini menjadi salah satu lokasi pengambilan gambar di film tersebut.

Shunan Bamboo Forest ini dikenal sebagai hutan bamboo dan terbesar di Tiongkok karena luasnya mencapai 120 kilometer persegi. Tak hanya bisa melihat keindahan bamboo yang alami, kamu juga bisa melihat indahnya danau, jalanan berliku dengan pemandangan sungai dan air terjun yang indah.

10. Anren Ancient Town

Tempat wisata di Sichuan
sichuantravelguide.com

Tempat wisata di Sichuan yang terakhir adalah Anren Ancient Town yang sangat cocok bagi kamu pecinta kota tua dan sejarah. Kota Tua Anren ini sangat terkenal dengan 27 mansion yang dibangun selama periode Republik Tiongkok.

Selain itu, kamu juga bisa melihat jalan-jalan bersejarah yang sampai saat ini masih terpelihara dengan baik. Kawasan ini juga didominasi bangunan dengan arsitektur gaya timur dan barat yang sangat indah sehingga membuatnya terlihat instagramable untuk dijadikan spot foto.



Leave a Reply