Bukan Maldives, 10 Pantai Bening Berpasir Putih Ini Berada di Kalimantan


Reni  October 30, 2018  9 Comments

Kalau membicarakan Kalimantan, mungkin yang terbayang adalah kawasan hutan yang luas dan belum terjamah manusia. Ya, Kalimantan tidak hanya sebatas hutan saja sebab ada banyak destinasi wisata yang tersembunyi di Pulau Borneo ini. Deretan pantai keren di Kalimantan akan membuka mata Anda mengenai destinasi wisata lokal yang tak kalah dari Maldives lho! Yuk, simak Wisata pantai bening di Kalimantan berikut!

1. Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan

kampoengue.blogspot.com

Bisa dikatakan bahwa Kepulauan Derawan merupakan wisata alam paling eksotis yang ada di bumi Borneo. Bahkan, ikon wisata pantai keren di Kalimantan ini semakin mendunia dikalangan traveler. Kepulauan Derawan merupakan habitat alami flora dan fauna laut yang cukup langka. Anda bisa menikmati suasana pantai sembari berenang bersama ubur-ubur tak beracun atau kura-kura hijau terbesar di dunia. Menyenangkan, bukan?
Datang saja langsung ke Kalimantan Timur atau perlu waktu tempuh sekitar 45 menit dari Balikpapan. Keindahan alam serta fasilitas lengkap di Derawan akan membuat Anda takjub pada tempat wisata yang dicalonkan masuk dalam situs warisan UNESCO ini.

Paket wisata murah

Islamic Centre Samarinda: Masjid Terbesar Di Asia Tenggara Ada Di Indonesia Nih!

2. Pantai Maratua

Pantai Maratua

travelingyuk.com

Pulau Maratua merupakan pulau kecil berpenghuni yang berada di selatan Kepulauan Derawan. Popularitas Maratua sebagai destinasi surga bagi para pelancong luar negeri sudah begitu meningkat. Keindahan alam bawah laut membius para pecinta snorkeling dan diving. Apalagi telah ada banyak cottage yang bisa disewa di Pulau Maratua ini. Kualitas air yang jernih dengan ribuan terumbu karang bertipe fringing reef menjadikan pulau ini sebagai pantai keren di Kalimantan. Jika ingin menuju ke Pulau Maratua, pelancong harus melalui akses menuju Tarakan lebih dahulu.

Baca juga :  Tertawan Keindahan 8 Pantai di Balikpapan Berpasir Putih

3. Pantai Kemala

Pantai Kemala

jalanwisata.id

Bagi Anda yang lebih suka suasana lebih privat dibandingkan Pantai Melawai mungkin harus menyempatkan diri mengunjungi pantai keren di Kalimantan yang dekat dari Balikpapan yaitu Pantai Kemala. Ya, pantai ini juga memiliki pemandangan matahari terbenam keren banget. Tak hanya itu saja, hamparan pasir putih yang halus serta air biru yang bening menjadi kelebihan Pantai Kemala. Lokasi yang cukup berdekatan dengan Pantai Melawai akan memudahkan Anda untuk mencapai pantai ini. Bagi pejalan kaki, Anda hanya dikenakan tarif masuk ke lokasi wisata sebesar 1 ribu rupiah saja.

4. Pantai Manggar

Pantai Manggar

Berbagi Info

Anda pasti pernah mendengar berita mengenai wisata Kalimantan Timur yang digadang bakal menyaingi popularitas Bali. Ya, hal ini dikarenakan pantai keren di Kalimantan tak kalah indah dengan pantai di Pulau Dewata lho! Salah satu pantai eksotis yang masih terjaga kebersihannya adalah Pantai Manggar. Bisa dikatakan kalau Pantai Manggar menjadi paling favorit dikalangan pengunjung Balikpapan.
Pasalnya, pantai ini merupakan paket komplit yang menawarkan keindahan pantai pasir putih, air bening kebiruan, riak gelombang yang tidak begitu ganas serta pepohonan hijau di sekitar pantai. Tempat yang buka setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 ini hanya membandrol tiket 2 ribu rupiah untuk anak-anak dan 3 ribu rupiah untuk orang dewasa.

5. Pantai Samber Gelap

Pantai Samber Gelap

youtube.com

Beralih ke kawasan Kalimantan Selatan yang memiliki destinasi wisata viral beberapa waktu lalu yaitu Pantai Samber Gelap. Sebenarnya nama pantai ini tak lepas dari keberadaan Pulau Samber Gelap sebagai destinasi pulau kecil yang masih perawan. Pulau yang berada di kawasan Kotabaru ini memiliki bibir pantai dengan pasir putih yang tidak luas. Namun, jangan salah sebab keindahan air laut di sekitar pulau begitu memukau.
Anda bisa memancing, snorkeling dan diving di sekitar pantai yang memiliki air cukup jernih ini. Jangan heran kalau pulau ini menjadi destinasi wisata pantai keren di Kalimantan yang masih perawan.

Baca juga :  9 Tempat Wisata di Padang Indah dan Eksotis Rekomended

6. Teluk Tamiang

Teluk Tamiang

Harianpost.co.id

Masih berada di kawasan Kotabaru, Anda juga akan menemukan little paradise lain yang tak kalah eksotis. Teluk Tamiang merupakan desa yang berada di wilayah kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar. Ya, tempat ini merupakan pantai keren di Kalimantan yang tidak boleh dilewatkan. Hamparan pasir putih yang indah dengan biru lautan jernih menjadi panorama eksotis. Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke Tanjung kunyit sekitar setengah jam dari Teluk Tamiang.
Satu hal yang harus Anda ingat bahwa akses menuju ke surga ini cukup sulit sebab perjalanan darat membutuhkan waktu berjam-jam mengingat jarak Teluk Tamiang dan Tanjung Serdang sekitar 73 kilometer. Jika akses dari laut, Anda bisa menyewa kapal dengan budget satu juta rupiah sekitar 3 jam saja menuju ke Teluk Tamiang. Meski lumayan melelahkan, keindahan pantai keren di Kalimantan ini tidak bisa disangkal.

7. Pulau Sembilan

Pulau Sembilan

wisata-auda.blogspot.com

Sembilan bidadari yang masih perawan rasanya bukan hal yang muluk jika disematkan pada Pulau Sembilan. Ya, Anda harus datang ke pantai keren di Kalimantan ini yang menawarkan eksotisme tiada tara. Dari Kotabaru, Anda bisa memilih akses transportasi menggunakan kapal perintis ke Pulau Marabatuan.
Di sini, Anda bakal disambut oleh keramahan warga lokal sekitar sebelum bisa mengeksplore pulau lain yang memiliki keindahan menawan. Beberapa pulau lain di sekitar Pulau Marabatuan antara lain Pulau Payung-payungan dan lain-lain. Keindahan surga bawah laut Pulau Sembilan sangat populer seperti terumbu karang dan biota laut lain. Keren, ya?

8. Pantai Gedambaan

Pantai Gedambaan

ayied.net

Masih berada di Kalimantan Selatan, Anda juga harus mampir ke destinasi wisata yang berlokasi sekitar 14 kilometer dari Kotabaru. Ya, Pantai Gedambaan merupakan pantai keren di Kalimantan yang memiliki air bening kehijauan. Hamparan pasir putih dengan luas laut yang membiru menjadi pemandangan apik. Selain itu, terdapat pohon bakau di pinggir pantai yang menghalau abrasi laut. Tarif masuk ke Pantai Gedambaan hanya 2.500 per pengunjung. Tak perlu ke Maldives untuk menikmati suasana pantai yang bening, bukan?

Baca juga :  Teruntuk Kamu Pecinta Horor, Nih 10 Tempat Paling Berhantu di Asia

9. Pulau Randayan

Pulau Randayan

wisataalamkalbar.blogspot.com

Bisa dikatakan kalau Pulau Randayan merupakan pesaing Pulau Derawan sebagai destinasi wisata pantai keren di Kalimantan. Ya, Anda bisa melaju ke Singkawang, Kalimantan Barat untuk menemukan keindahan tersembunyi di Pulau ini. Memang butuh waktu sekitar 2,5 jam perjalanan darat dari Pontianak menuju Teluk Suak dan melanjutkan kembali menuju ke Pulau Randayan menggunakan speed boat tarif 150 ribu rupiah. Tetapi, perjalanan Anda bakal tertebus dengan keindahan terumbu karang dan biota laut di pantai Pulau Randayan.

10. Pulau Kepayang

wisata alam terdekat

Deskgram

Berada satu kelompok dengan Pulau Karimata dan Pulau Pelapis, Pulau Kepayang wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda. Pulau ini memiliki destinasi wisata pantai keren di Kalimantan. Pantai berpasir putih dengan keindahan bawah laut menjadikan tempat ini bakal hits kemudian hari. Toh, pemerintah Kalimantan Barat tampaknya akan menjadikan tempat ini sebagai lokasi konservasi.

Tentu masih ada banyak destinasi wisata pantai keren di Kalimantan yang tidak boleh Anda lewatkan. Dari sekian pantai yang menawarkan kualitas air yang super jernih, hamparan pasir putih menggoda serta kehidupan bawah laut yang menawan, apakah Anda tertarik berlibur ke sana? Yuk, agendakan liburan Anda bersama keluarga di pantai lokal yang tak kalah eksotis dibandingkan deretan pulau di Maladewa lho!



Leave a Reply

9 Comments
  1. Reyne Raea says:

    Masha Allah, Subhanallah..
    Cantiknya Indonesia yaaaa..
    Saya baru tau mba, kalau Maratua itu di Kalimantan hahaha.
    Kudet saya.
    Keren-keren deh wisata alam Indonesia 🙂

    • Reni says:

      Iya kak, Pantai indonesia memang cantik cantik. Maratua, derawan memang pulau yang agak terpencil di kalimantan. banyak wisatawwan asing yang dive disana kak. Ayooo jelajah Indonesia

  2. Kemana-lagi.com says:

    Baper min…plis baper. Bawa pergi kesana 🙁

  3. Reni Dwi Astuti says:

    wow…beautiful beach… belum pernah sih ke Kalimantan. Semoga suatu saat bisa ke pantai-pantai itu. Amiin

  4. Ayied Muhammad Riduan says:

    Terima kasih min sudah mencantumkakn nama web saya di sumber foto “Pantai Gedambaan” 🙂

    Teman-teman yuk kunjungi ya tempat-tempat wisata di Kalimantan, Kalimantan Selatan terutama nya untuk biaya liburan yang murah namun tidak murahan 🙂

  5. Heru Wibowo says:

    Baru 4 pantai yang telah saya kunjungi… semoga segera bisa ke yang lainnya