Nggak hanya Pie Susu, Berikut 10 Oleh-Oleh Makanan Khas Bali


Reni  February 19, 2020  0 Comment

Pulau Bali adalah sebuah pulau yang memiliki banyak sekali wisata yang patut untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner semua ada di Bali. Jika Anda berlibur ke Bali, tentunya Anda harus mencari buah tangan atau oleh oleh khas Bali untuk diberikan kepara keluarga atau orang terdekat. Oleh-oleh Makanan khas Bali pun beragam, mulai dari kerajinan tangan, pakaian dan tentu saja makanan atau minumannya.

Jika berbicara soal  oleh-oleh  makanan khas Bali, yang paling terkenal adalah pie susu. Namun ternyata selain pie susu, Anda juga bisa temukan beragam makanan atau minuman khas Bali yang bisa dibawa pulang untuk oleh oleh. Berikut adalah rekomendasi oleh oleh makanan khas Bali

1. Kacang Disco

kacang disco bali
blibli.com

Oleh oleh khas Bali pertama adalah kacang disco. Selain pie susu, kacang disco juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh untuk keluarga di rumah. Meskipun namanya kacang disco, tapi bukan berarti Anda harus membelinya di tempat disco ya.

Kacang disco merupakan kacang yang dilapisi dengan tepung yang dicampur dengan telur dan bumbu khusus. Yang membedakan kacang disco dengan kacang tepung lainnya adalah, kacang disco memiliki berbagai varian rasa seperti rasa pedas, keju, rending, ayam betutu, pedas manis dan masih banyak lainnya. Salah satu merk kacang disco yang paling terkenal di Bali adalah Rajawali. Anda bisa membeli kacang disco ini dengan harga mulai Rp 16.000 hingga Rp 40.000.

Gotravelly

Menikmati Lezatnya Kuliner Jank Jank Wings

Avalon BBQ Garden Hanoi: Makan Enak Dengan Lake View Keren

2. Pia Legong

 Pia Legong
water-sport-bali.com

Pia Legong sudah sejak lama dikenal sebagai oleh oleh khas Bali yang banyak sekali penikmatnya. Pia ini terkenal karena kualitasnya yang bagus dan rasanya sangat enak, hal ini dikarenakan penjualnya membuat pia yang hanya akan dijual di hari itu juga. Jadi tak heran jika pia ini cukup limited dan bisa dipastikan akan selalu ada antrean panjang saat Anda mengunjungi tokonya.

Satu kotak Pia Legong ini terdiri dari 8 bungkus pia berukuran sedang. Varian rasa pia ini pun beragam, seperti keju, kacang hijau dan cokelat yang sangat pas untuk dijadikan oleh oleh.

3. Kacang Asin Rahayu

 Kacang Asin Rahayu
ksmtour.com

Jika Anda memiliki keluarga atau kerabat yang menyukai kacang, membelikan Kacang Asin Rahayu ini merupakan pilihan tepat. Kacang Asin Rahayu merupakan oleh oleh khas Bali yang sangat cocok bagi Anda penyuka kacang tapi tidak mau ribet untuk mengupas kulitnya.

Kacang Asin Rahayu adalah kacang tanpa kulit dan siap disantap. Kacang ini sudah dikemas dalam plastik yang steril. Sesuai dengan namanya, kacang ini memiliki rasa asin dan gurih sehingga membuat orang yang mencicipinya tidak bisa berhenti makan.

4. Kerupuk Ceker Ayam

 Kerupuk Ceker Ayam
pesonanusantara.co.id

Memang tidak semua orang menyukai ceker ayam karena bentuknya yang aneh dan karena itu adalah kaki ayam. Namun, kerupuk ceker ayam ini bisa jadi oleh oleh khas Bali yang paling sering diburu oleh wisatawan lho.

Kerupuk ceker ayam terbuat dari ceker ayam yang telah diberi bumbu rempah dan digoreng hingga kering. Kerupuk ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh karena rasanya gurih dan sangat pas dinikmati saat bersantai.

5. Kopi Kintamani

 Kopi Kintamani
kintamani.id

Tak hanya makanan ringan, minuman juga bisa jadi oleh oleh khas Bali yang wajib Anda beli. Salah satu minuman yang paling tersohor di Bali adalah Kopi Kintamani. Kopi ini sudah terkenal hingga penjuru dunia lho.

Kopi Kintamani dibudidayakan oleh petani di kawasan Kintamani dan merupakan jenis kopi Arabica yang memiliki rasa berbeda dengan kopi Arabica lainnya. Anda bisa merasakan tambahan rasa jeruk saat mencicipi kopi Kintamani ini. Hal ini terjadi karena secara alami perkebunan kopi di Kintamani berdekatan dengan kebun jeruk yang cukup terkenal di Bali.

6. Kacang Koro Bali

 Kacang Koro Bali
bukalapak.com

Kacang koro ini adalah oleh oleh khas Bali yang berbeda dengan kacang koro pada umumnya. Jika biasanya kacang koro berbentuk tebal, lain halnya dengan kacang koro khas Bali yang cenderung berukuran kecil dan tipis.

Karena teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat kacang ini sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh. Kacang ini bisa menjadi teman nongkrong ataupun bersantai di rumah bersama keluarga.

7. Pia Kukus Made

 Pia Kukus Made
thekeranjangbali.com

Selain Pia Susu dan Pia Legong, oleh oleh khas Bali yang berbentuk pia adalah Pia Kukus Made. Pia Kukus Made ini merupakan pia kukus pertama dan satu-satunya di Bali. Berbeda dengan kedua pia sebelumnya, pia kukus ini memiliki ukuran yang lebih besar dan tekstur yang lebih lembut serta tersedia dalam 2 pilihan kulit, yaitu original dan cokelat.

Kulit original dari Pia Kukus Made ini berwarna cream sedikit cokelat sedangkan untuk kulit cokelatnya berwarna agak hitam. Pia kukus Bali ini memiliki 3 varian rasa yaitu cokelat, kacang hijau dan keju. Isian dari pia kukus ini sangat lumer apalagi jika dipadukan dengan kulit pianya yang super lembut.

8. Kerupuk Kulit Babi (Samcan)

 Kerupuk Kulit Babi (Samcan)
kintamani.id

Jika Anda adalah penyuka kuliner berbahan babi, membeli samcan atau kerupuk kulit babi merupakan sebuah kewajiban. Tak hanya kerupuk ceker ayam, kerupuk kulit babi ini juga bisa dijadikan oleh oleh khas Bali bagi keluarga atau kerabat Anda yang juga pecinta babi.

Hampir sama dengan kerupuk kulit sapi, hanya saja bahan dasar dari kerupuk ini adalah kulit babi. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan rapuh sehingga Anda tak perlu susah payah untuk mengunyahnya. Namun perlu diperhatikan jika kerupuk ini tidak semua orang bisa memakannya karena babi adalah makanan haram bagi umat Muslim.

9. Salak Bali

 Salak Bali
faktaluarbiasa.blogspot.com

Oleh-oleh Makanan khas Bali tak hanya makanan ringan saja, tapi Anda juga bisa membawa buah tangan berupa buah untuk keluarga Anda di rumah. Salak Bali menjadi buah paling favorit di Pulau Dewata ini karena rasanya yang manis dan bijinya lebih kecil dibandingkan salak pada umumnya. Tak heran jika banyak yang menyebut salak ini sebagai Salak Gula Pasir.

Buah tropis ini biasanya juga digunakan sebagai bagian dari acara sembahyang umat Hindu di Bali, namun tidak ada salahnya untuk menjadikannya oleh oleh. Salak Bali bisa ditemukan di banyak tempat, seperti pasar tradisional bahkan pasar modern juga menyediakan salah Bali.

10. Heavenly Chocolate Bali

Heavenly Chocolate Bali
woke.id

Oleh-oleh Makanan khas Bali yang satu ini memang jarang terdengar di kalangan wisatawan, hal ini dikarenakan tidak mudah untuk mendapatkannya dan tidak tersedia di took oleh oleh di Bali. Anda hanya bisa membelinya melalui online shop saja.

Heavenly Chocolate Bali merupakan camilan ala Jepang dengan konsep “Nama Chocolate”. Namun keunikannya, Heavenly Chocolate Bali ini terbuat dari cokelat Belgia terbaik yang dipadukan dengan Cacao Bali. Kudapan ini memiliki tekstur yang lembut dimulut. Tak hanya itu, rasa yang ditawarkan juga beragam yaitu Milk Caramel, Matcha, Dark Chocolate dan taro. Bagi Anda yang menyukai rasa sedikit alcohol, Anda bisa memesan rasa Baileys dan Rum. Harga yang dibanderol untuk Heavenly Chocolate Bali mulai dari Rp 110.000 hingga Rp 250.000 per kotaknya.



Leave a Reply