8 Oleh-oleh Khas Lampung Paling Diburu Wisatawan + Rekomendasi Toko


Reni  April 26, 2018  0 Comment

Oleh-oleh khas Lampung – Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai wilayah destinasi wisata menakjubkan. Salah satunya ialah wisata kuliner yang kerap diburu para wisatawan.

Berkunjung ke Lampung belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi aneka kuliner di sana. Tidak hanya untuk Anda sendiri, melainkan juga untuk dijadikan oleh-oleh dan dipersembahkan untuk keluarga, kerabat dan sahabat. Nah, berikut ini beberapa oleh-oleh khas Lampung rekomendasi toko untuk Anda:

1. Manisan Yen-Yen

Manisan Yen-Yen

burpple.com

Singgah di kota Lampung tanpa mencoba kuliner yang satu ini pastinya sangat disayangkan. Pastikan Anda telah mencari oleh-oleh manisan terbaik dari salah satu toko yang paling terkenal di sana. Ya, toko manisan Yen-Yen merupakan toko oleh-oleh di kawasan Bandar Lampung yang telah lama dijadikan referensi wisatawan untuk memburu buah tangan khas Lampung.

Beberapa oleh-oleh khas Lampung yang bisa diperoleh dari toko ini ialah seperti kripik pisang, manisan buah, kopi dan masih banyak lainnya. Sesuai dengan namanya, toko ini menjual ragam jenis manisan buah segar yang sangat recommended untuk wisatawan lokal hingga mancanegara.

Berhubung toko manisan Yen-Yen menjadi salah satu toko buah tangan paling populer di Lampung, maka pastikan Anda telah mempersiapkan diri sebelum mengunjunginya. Karena dijamin Anda harus rela berdesak-desakan dengan pengunjung lain yang juga ingin memburu oleh-oleh.

Menariknya lagi, toko manisan Yen-Yen juga menjual kripik pisang dengan variasi rasa menakjubkan, seperti rasa coklat, melon, keju, pedas, orisinal, stroberi dan lainnya. Anda pasti juga penasaran dengan cita rasanya bukan? Toko manisan Yen-Yen terdapat di pusat kota Bandar Lampung, jalan Kakap, No. 86.

Review kuliner

The Blue Lotus Coffee House

Pondok Kopi Umbul Sidomukti, Cafe Unik Nan Romantis Di Kaki Gunung Ungaran

2. Lempok Durian Lampung Nyonya Wie

Lempok Durian Lampung Nyonya Wie

bukalapak.com/u/helfia

Secara umum, lempak durian Lampung memiliki bentuk yang hampir mirip dengan dodol atau jenang. Bagi Anda yang belum pernah melihatnya, pasti akan beranggapan jika oleh-oleh yang satu ini sama saja dengan dodol dari daerah lain.

Padahal, lempak durian jelas berbeda karena terbuat dari bahan dasar daging durian. Daging durian akan dimasak dengan tambahan gula pair hingga menghasilkan lempak durian dengan warna coklat gelap dan tekstur padat.

Lempak durian Lampung memiliki rasa yang sangat manis dengan aroma durian yang sangat khas. Nah, jika anggota keluarga, kerabat dan sahabat Anda merupakan pecinta buah durian, maka pastikan Anda telah membelinya dari berbagai toko yang tersebar di Lampung.

3. Lapis legit Selera Rasa

Lapis legit Selera Rasa

pinterest.com

Lapis legit merupakan makanan khas Lampung yang hampir tidak pernah ketinggalan saat diadakannya acara hajatan atau sejenisnya. Kue lapis legit dibuat dengan menggunakan bahan premium sehingga maklum saja jika ditawarkan dengan harga yang lumayan mahal. Selain itu, proses pembuatan kue lapis legit juga terbilang lumayan lama dengan keuletan yang tinggi.

Biasanya sekotak kue lapis legit dijual dengan harga kisaran 300 ribuan hingga 800 ribuan. Bagi Anda yang tertarik, Anda bisa mengunjungi Toko Kue Selera Rasa Lapis Legit yang berlokasi di Jln. Ikan Kakap Banda Lampung.

4. Sambal Lampung Ny. Lily

Sambal Lampung Ny. Lily

jualo.com/pengguna/mawar-biru

Bagi Anda yang mempunyai anggota keluarga, kerabat dan sahabat yang hobinya makanan pedas, maka jangan lupa membeli sambal botol khas Lampung yang dijamin menawarkan rasa super pedas. Salah satu merek sambal pedas terbaik Lampung ialah sambal Lampung Ny.

Lily yang dibuat dari ulegan kasar cabai yang ditambahkan bawang putih, garam dan sedikit cuka. Rasanya yang sangat khas membuat sambal ini cocok dijadikan teman segala jenis makanan. Anda juga bisa memperoleh buah tangan ini dengan harga yang lumayan terjangkau, yakni hanya belasan ribu saja dari toko oleh-oleh khas Lampung. Salah satunya ialah dari toko oleh-oleh ternama seperti toko Yen-Yen.

5. Kain Tapis Singah Pay

Kain Tapis Singah Pay

lampung.xyz

Oleh-oleh khas Lampung selanjutnya yang kerap diburu para wisatawan ialah kain tapis yang sangat khas di sana. Kain ini terbuat dari benang emas sulam dan kain katun sehingga menawarkan warna dan bentuk yang sangat indah dan mewah.

Kain tapis sendiri merupakan kain tradisional khas Lampung yang disukai karena warna gemerlapnya yang sangat mewah. Selain itu, kain tapis juga didesain dengan motif yang sangat beragam, mulai dari ragam jenis flora hingga perpadun.

Semua motif memiliki karakter dan makna tersendiri sehingga membuatnya memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Anda bisa memperoleh kain tapis Lampung dengan mengunjungi toko Singah Pay yang menjual ragam kain tapis terbaik Lampung, tepatnya berlokasi di Tugu Adipura.

6. Pempek 123 Lampung

Pempek 123 Lampung

bukalapak.com/u/makananlampung

Oleh-oleh terbaik khas Lampung berikutnya ialah berasal dari camilan khas yang telah dikenal seantero Jawa, yakni pempek. Pempek 123 namanya yang menjadi pempek terbaik khas Lampung yang sangat terkenal dengan kelezatannya.

Pempek 123 memiliki rasa yang sangat unik, mulai dari kulit pepaya, daging, telur ayam, kulit ikan dan ragam variasi rasa lainnya. Pempek 123 Lampung menjadi recommended karena kerumitan proses pembuatannya dan rasa nikmat yang dimilikinya.

Tidak heran, pempek ini dijual dengan harga yang lumayan mahal yakni sekitar 100 ribuan hingga 200 ribuan. Bagi Anda yang tertarik, silahkan mengunjungi Toko Pempek 123 di Jln. Ikan Belanak, Bandar Lampung.

7. Bakso Sony

Bakso Sony

ulinulin.com

Siapa bilang bakso tidak bisa dijadikan buah tangan untuk diberikan kepada orang tersayang? Nyatanya ada bakso di Lampung yang hadir dengan varian bentuk dan jenis yang sangat menarik. Makanan berbentuk bulat ini dibuat dengan menggunakan daging segar sehingga rasanya lebih enak.

Bakso Sony atau lebih dikenal dengan Son Haji Sony merupakan bakso yang sangat populer di kawasan Lampung, bahkan hampir semua masyarakat Lampung dijamin pernah mencicipi kelezatannya.
Bakso Sony dibuat dengan daging urat sapi yang telah mempunyai label Halal dari MUI dan semakin nikmat dengan tambahan bumbu yang sangat khas.

Anda bisa mengunjungi Jln. Wolter Monginsidi, Bandar Lampung untuk mencicipi bakso Sony dengan harga belasan ribu saja. Menariknya, Anda juga bisa membawa bakso Sony pulang untuk dijadikan buah tangan khas Lampung karena telah tersedia bakso Sony beku dengan isi yang lumayan banyak. Bakso beku akan semakin nikmat dengan tambahan bumbu khasnya sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Lampung.

8. Kopi Lampung Cap Bola Dunia dan El’s Coffe

Kopi Lampung Cap Bola Dunia dan El’s Coffe

travel.akurat.co

Kopi Lampung memiliki cita rasa yang sangat khas, salah satunya ialah kopi Cap Bola Dunia yang menjadi bubuk kopi tertua di Bandar Lampung. Bagi Anda para pecinta kopi, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan emas untuk mencicipi kopi terbaik khas Lampung.

oleh oleh khas Lampung

travel.akurat.co

Selain itu, terdapat pula El’s Coffe sebagai kopi Lampung terbaik lainnya dengan varian kopi robusta. Dengan warna yang sangat pekat berpadu rasa asam dan aroma wangi, dijamin Anda akan jatuh cinta dengan kopi Lampung. Kopi Lampung sangat cocok dijadikan buah tangan untuk dipersembahkan pada orang tersayang Anda, terlebih dengan kemasannya yang tersedia dalam ukuran 250 hingga 500 gram.



Leave a Reply