13 Makanan Ringan Khas Lampung Cocok Buat Oleh Oleh


Reni  August 3, 2022  0 Comment

Lampung akhir akhir ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Sejumlah pantai dengan air yang bening berpadu dengan lembutnya pasir putih membuat siapa saja berdetak kagum melihatnya. Spot spot snorkling yang ditawarkann pun sangat memanjakan mata dengan bongkahan terumbu karang dan ikan warna warni. Lampung juga dikenal memiliki wisata sejarah yang asyik untuk diulik. Setelah menjelajah Lampung, jangan lewatkan untuk membawa makanan ringan khas Lampung sebagai buah tangan. Mulai dari sambal durian hingga berbagai macam keripik yang semuanya menghadirkan rasa unik dan khas.

1. Lempok Durian

lempok durian
lazada.co.id

Lempok durian menjadi salah satu makanan ringan khas Lampung yang banyak diincar wisatawan. Lempok jika dilihat sekilas nampak seperti dodol. Karena memang proses pembuatannya hampir sama, yang membuat lempok durian istimewa adalah bahan pembuatan berasal dari daging durian yang dimasak bersama dengan gula. Menghasilkan adonan yang padat dengan rasa manis legit. Dengan aroma durian yang khas membuat para pecinta durian nggak berhenti ngunyah.

Lempok durian biasanya dijual dengan harga antara Rp. 35.000 hingga Rp. 40.000.

Gotravelly

Nikmati Suasana Cafe Hommy Di Lapau Kurai

2. Pempek Lampung

pempek lampung
tokopedia.com

Bukan hanya Palembang, di Lampung banyak penjual pempek dengan rasa yang tak kalah lezat. Jika di Palembang pempek dibuat dari ikan belida, di Lampung bahan utamanya dibuat dengan menggunakan  ikan tenggiri. Cuko Lampung biasanya lebih pekat dengan rasa lebih kuat. Hal ini yang membuat rasa pempek Lampung lebih tajam tapi sedap.

Makanan ringan khas Lampung ini menjadi incaran wisatawan. Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan mulai isi telur, lenjer, adaan dan juga keju. Umumnya pempek Lampung yang dibawa untuk oleh oleh sudah dikemas secara khusus sehingga tidak mudah basi. Satu bungkus pempek dijual dengan harga Rp 100. 000. Dapat lumayan banyak, cukup untuk keluarga di rumah.

3. Bolu Tape

bolu tape lampung
cookpad.com

Kita semua memang familiar dengan kue bolu, kue dengan tekstur empuk dan enak ini di Lampung diolah dengan tape ketan. Menghasilkan bolu tape dengan rasa legit asam yang pas di lidah. Bolu tape paling enak dihidangkan bersama teh hangat.

4. Pie Pisang

pie pisang
bukalapak.com

Dilihat dari gambarnya saja, pie pisang sebagai makanan ringan khas Lampung yang cocok buat oleh oleh ini bikin siapa saja ngiler. Pie khas Lampung memiliki tekstur garing di luar dan lumer di bagian dalamnya.

Pie Pisang memiliki tiga varian rasa yakni rasa almond, keju dan oreo. Harganya mulai Rp. 5.000 hingga Rp. 8.500.  Pie khas Lampung ini biasanya awet 3 hingga 5 hari.  

5. Kerupuk Cumi

kerupuk cumi
tokopedia.com

Dikenal sebagai salah satu daerah pesisir laut, Lampung menghasilkan produk olahan laut salah satunya adalah kerupuk cumi. Jika biasanya cumi diolah menjadi sambal, di tangan pengrajin makanan Lampung, cumi diolah menjadi kerupuk dengan rasa gurih dan renyah.

Kerupuk cumi bisanya dijual dengan Rp 26.000 per bungkus. Kerupuk cumi yang kaya akan protein, omega 3 dan asam amino ini cocok buat pendamping lauk.

6. Lapis Legit Lampung

lapis legit lampung
potretlampung.com

Lapis legit khas Lampung ini cocok dihidangkan bersama teh hangat atau kopi. Lapis legit dikenal sebagai salah satu makanan ringan khas Lampung dimana proses pembuatanya cukup rumit. Dengan rasa yang legit enak dan tekstur yang membuat harganya sedikit lebih mahal. Satu loyang lapis legit biasanya dijual dengan harga Rp. 300.000 hingga Rp. 800. 000

7. Manisan Buah Khas Lampung

manisan buah khas lampung
m.lampost.co

Manisan buah Khas Lampung dengan rasa manis segar ini sayang untuk dilewatkan. Camilan khas Lampung ini telah melalui proses perendaman dalam air gula selama beberapa waktu sehingga tahan lama. Biasanya makanan ringan khas Lampung ini awet hingga dua minggu lamanya.

Ada banyak aneka macam buah yang bisa menjadi pilihan, ada pepaya, salak, mangga, kedondong dan masih banyak lagi. Harga manisan khas Lampung ini ramah di kantong, mulai harga Rp. 35.000 untuk 500 gram manisan.

8. Dodol Pandan

dodol pandan
biggo.id

Makanan ringan khas Lampung yang cocok buat oleh oleh selanjutnya adalah dodol pandan. Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang lempok durian yang memiliki tektur yang sama dengan dodol, bedanya dodol pandan ini memiliki aroma dan bahan yang berbeda. Sesuai dengan namanya, aroma khas pandan membuat siapa saja ingin melahapnya.

9. Sambal Lampung

sambal lampung
shopee.co.id

Sudah pernah dengar tempoyak? Yap, salah satu sambal khas Lampung yang terbuat dari campuran daging durian ini memiliki rasa asam pedas yang menggoyang lidah. Tapi tahukan kamu bahwa sambal khas Lampung tak hanya tempoyak lho, masih ada sambal lain yang wajib banget kamu jadikan oleh oleh seperti sambal goreng udang, sambal ijo Lampung, sambal cuka, sambal ikan dan sambal seruit yang tak kalah enak. Biasanya sambal khas Lampung ini dijual dengan harga Rp. 25.000 per botol.

10. Kemplang

kemplang
lovelylampung.com

Camilan khas Lampung yang satu ini biasanya terbuat dari ikan tenggiri. Berbeda dengan krupuk cumi cumi yang diolah dengan cara digoreng sebelum dihidangkan, kemplang ini dimasak dengan menggunakan pasir. Sehingga lebih sehat. Satu plastik kemplang berukuran besar biasanya dijual dengan harga Rp. 25.000 saja. Enak dibuat sebagai camilan.

11. Keripik Pisang

keripik pisang lampung
travel.tribunnews.com

Tahukah kamu bawah Lampung dikenal sebagai salah satu daerah penghasil pisang terbesar di Indonesia. Hal inilah yang membuat tangan kreatif penduduk setempat untuk mengolah pisang yang melimpah dikreasikan sebagai keripik pisang.

Yang membuat keripik pisang khas Lampung ini istimewa adalah rasa dan teksturnya. Terbuat dari pisang ambon sehingga keripik pisang terasa lebih manis. Ada berbagai macam varian rasa keripik pisang mulai dari rasa coklat, rasa durian, strawberry hingga rasa balado yang memadukan rasa pedas manis. Keripik pisang Lampung ini dapat dengan mudah kamu temukan di toko oleh oleh di kota Lampung.

12. Bejak Enjak

bejak enjak
travel.kompas.com

Satu lagi makanan ringan khas Lampung yang tak boleh kamu lewatkan sebagai oleh oleh yaitu bejak enjak. Salah satu makanan tradisional khas Lampung ini terbuat dari campuran ketan putih, gula dan pisang yang dikukus dalam balutan daun pisang. Cita rasa manis dan gurih dengan aroma khas membuat siapa saja menyukainya.

Masyarakat di kawasan pesisir Lampung menyebutnya sebagai bebai makhing. Panganan khas Lampung yang satu ini cukup aman dan awet untuk dijadikan oleh oleh.

13. Kopi Durian

kopi durian lampung
kaltim.antaranews.com

Kopi yang satu ini bukan sembarang kopi, sesuai dengan namanya kopi ini mengkombinasikan kopi dan durian dalam satu rasa. Menghadirkan rasa unik dan sensasi yang tak biasan. Kopi yang digunakan dalam campuran menggunakan kopi robusta. Jadi terasa lebih nendang pada sruputan pertama.

Bagaimana ulasan kami tentang makanan ringan khas Lampung yang bisa kamu jadikan oleh oleh, Lengkap bukan? mulai dari sambal pedas asam, keripik manis hingga kopi dengan rasa tak biasa. Dengan deretan makanan yang unik dan khas tentu membuatnya siapa saja yang menerimanya merasa spesial.



Leave a Reply