5 Spot Makan Durian di Lampung, Awas Kalap!


Reni  October 19, 2022  0 Comment

Siapa nih disini pecinta durian? Hampir semua orang Indonesia sangat menyukai buah durian yang terkenal sangat manis dan legit. Buah durian memiliki ciri khas bau menyengat, memiliki kulit berduri, namun didalamnya terdapat biji buah yang rasanya benar-benar nikmat. Kalau dari segi budidaya, hampir semua daerah di Indonesia bisa ditumbuhi durian dengan baik. Seperti halnya spot durian di Lampung ini yang terkenal selalu melimpah dan banyak dikunjungi orang. 

Lampung memang salah satu provinsi yang terkenal memiliki hasil durian melimpah. Sekitar bulan Januari sampai dengan Februari, maka Anda akan menemui musimnya durian matang ketika berkunjung ke provinsi Lampung. Para pedagang durian biasanya akan saling berjejer di alun-alun, jalan, dan juga daerah pasaran yang berada di area Lampung. Harga durian yang ditawarkan juga sangat bervariasi mulai dari Rp10 k sampai dengan Rp100 k per buahnya. 

1. Spot Abah Durian Lampung

Saung Abah Durian
lampung.idntimes.com

Pernah berkunjung ke Saung Abah Durian yang ada di Lampung? Wah buah durian yang ada di tempat ini memang terkenal sangat wangi, lembut, dan dagingnya juga tebal. Lokasi Saung Abah Durian ada di Jalan Sultan Agung No 19, Way Halim Permai, Bandar Lampung. Bagi Anda yang ingin membelinya, bisa terlebih dahulu merasakan testi yang tersedia. Saung Abah Durian membandrolnya mulai dari harga Rp75 k sebanyak 1 kilogram. 

Para pembeli tidak perlu khawatir akan mendapatkan durian yang busuk ataupun tidak manis. Mengapa demikian? Karena Saung Abah Durian sudah mendapatkan sertifikasi garansi durian manis yang luar biasa. Misalnya pas Anda beli dapat yang tidak manis, maka bisa langsung menukarnya kembali ke Saung Abah Durian. Wah menguntungkan bukan? Satu buah durian sendiri biasanya memiliki berat sampai dengan 1,5 kg. 

Tidak hanya tersedia di Way Halim, namun Anda juga bisa mendapatkan durian dengan mendatangi cabang saung tepatnya di food court Simpur Centre. Food Court tersebut letaknya di jalan Pulau Legundi kelurahan Sukarame. Jika Anda ingin merasakan kuliner serba durian, bisa membeli jajanan pancake durian, sop durian berbagai rasa, durian kupas kemas rapi, dan masih banyak kuliner khas durian lainnya yang bisa Anda coba!

Gotravelly

Kelezatan Rasa Es Cendol Durian Jam Besar Bikin Kangen Malaka

Keblinger Rasa Legit Dan Pahitnya Durian Musang King

2. Lembah Durian Lampung

Lembah Durian Lampung
lampung.tribunnews.com

Diantara spot durian di Lampung, Lembah Durian memang menjadi salah satu tujuan para wisatawan luar Lampung yang paling banyak dikunjungi. Menariknya lagi, Lembah Durian memberi kebebasan para pengunjung untuk langsung petik buah dari pohonnya langsung. Untuk itu, Anda harus menunggu bulan Januari sampai dengan Februari untuk bisa memetik durian langsung di tempat ini. Bagaimana suasana di Lembah Durian?

Lembah Durian lokasinya memang cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan, sehingga menawarkan suasana yang amat tenang. Kalau Anda ingin mengunjunginya, lokasinya berada di di Kota Bandar Lampung tepatnya dari flyover Pramuka kemudian mengarah ke Jalan Teuku Cik Ditiro. Nanti Anda akan langsung bertemu dengan pertigaan palang besi, setelah itu belok kiri ke arah Jalan Raden Samba Inba Kusuma. 

Lembah Durian terkenal memiliki buah yang sangat legit dan manis, tidak kalah dengan Saung Abah Durian. Untuk bisa merasakan durian nikmat, Anda bisa menyiapkan budget mulai dari Rp80 k sampai dengan Rp120 k per butirnya. Pengunjung bisa mencoba untuk ambil buah durian sendiri atau meminta tolong penjaga kebun untuk mengambilkan durian yang diinginkan. Waduh tidak sabar nih pasti buat rasain duriannya? 

3. Spot Sop Durian Z3

Spot Sop Durian Z3
travel.kompas.com

Spot Durian Z3 masih satu area dengan Abah Durian, tetapi lokasinya berada di arah Mall Bumi Kedaton sebelum Abah Durian. Jenis durian yang dijual di tempat ini hampir sama dengan Abah Durian, sehingga para pengunjung bisa memiliki durian dengan tingkat manis yang diinginkan. Walaupun tempatnya memang tidak terlalu besar, namun spot Durian Z3 sangat diminati oleh para wisatawan. Apalagi yang tersedia di tempat ini ya kira-kira?

Sesuai dengan namanya “Sop Durian Z3”, Anda akan menemukan berbagai macam sop durian yang terdiri atas berbagai macam varian. Ada jenis sop durian negro, sop durian alpukat, sop durian brownies, sop durian special, sop durian kacang hijau, dan sop durian coklat. Kalau Anda ingin merasakan sop durian satu ini, maka tinggal menyiapkan budget sekitar Rp20 k sampai dengan Rp30 k saja lho. Udah ngiler belum nih?

Pelanggan spot durian di Lampung ini tidak hanya berasal dari Lampung saja, namun banyak sekali wisatawan yang berasal dari luar Lampung. Bahkan bisa dikatakan persentase terbanyak dari luar Lampung tepatnya Sumatera Selatan dan Jawa. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi penjualnya, karena dalam waktu sehari bisa raih untung sampai dengan Rp 5 juta rupiah lho! Fantastik bukan? Namun sayangnya ketika pandemi Covid 19 kemarin, pendapatannya turun drastis hingga 60%. 

4. Durian Blehong

Durian Blehong
lampuung.com

Selain ada Sop Durian Z3, saat mengunjungi provinsi Lampung, Anda juga akan menemukan yang namanya Blehong Durian. Di tempat ini, para pengunjung akan dimanjakan dengan rasa cendol berbalut daging buah durian yang lembut dan nikmat. Selain ada es cendol durian, Anda juga bisa mencoba berbagai menu lain seperti roti panggang khas durian, ketan durian, pancake durian, buah durian, dan juga daging durian kupas tinggal makan. 

Harga menu khas durian sendiri dibandrol mulai dari harga Rp 15k sampai dengan Rp 20k. Sedangkan buah duriannya ada yang dijual seharga Rp50k sampai dengan Rp75k tergantung seleranya pembeli masing-masing. Lokasi Blehong Durian tepat di sebelah kiri Saung Abah Durian. Nah, setiap jumatnya Blehong Durian akan memberikan promo beli 2 gratis 1 untuk menu pembelian cendol, ketan, dan juga roti panggang. 

Tidak hanya wisatawan lokal yang sering berkunjung ke Durian Blehong untuk membeli buah atau merasakan menu khas durian lainnya. Ada banyak sekali pelanggan Blehong Durian yang berasal dari Pulau Jawa. Mereka selalu datang rombongan bersama keluarga setelah merasakan liburan kemudian mampir sebentar ke Blehong Durian. Harga menunya yang murah serta cita rasanya yang nikmat, membuat banyak orang tertarik menjadi pelanggan tetap. 

5. Wisata Durian H. Haqu’i

Wisata Durian H. Haqu’i
lampung.tribunnews.com

Spot durian di Lampung berikutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Wisata Durian H. Haqu’i Lampung Selatan. Para pengunjung hanya perlu membayar sejumlah paket, kemudian pengunjung bisa menyantap buah durian sepuasnya. Umumnya ada sekitar 4 jenis durian khas Lampung yang tersedia di tempat ini yaitu durian mentega, durian putih, durian Pahang, dan durian tembaga. Segala jenis durian disajikan dengan asli jatuhan dari pohon, sehingga tidak ada hasil durian peramanan yang biasanya dijual di pinggir jalan. 

Lokasi spot durian di Lampung satu ini juga berjarak 30 kilometer dari kota Bandar Lampung. Para pengunjung nantinya bisa langsung menikmati dan melahap langsung durian jatuh diantara pohon-pohon tersebut. Jika Anda ingin mencoba paket wisata durian cukup membayar Rp60k sampai dengan Rp550k. Gimana nih tertarik berkunjung kesini?



Leave a Reply