Sego Karak, Kuliner Legendaris Khas Gresik

sego karak gresik

Zulfa | Traveler
Gresik, Jawa Timur, Indonesia | halal
08 Jan 2020


Sego Karak, Kuliner Legendaris Khas Gresik
Kuliner khas Gresik yang hanya bisa dijumpai di pagi hari ini sajikan nasi karak dengan taburan serundeng dan gimbal tempe hangat.

Rasanya sudah lama sejak balik tinggal di Indonesia saya tidak menikmati makanan khas Gresik, Sego karak. Seperti halnya bubur romo, kuliner khas Gresik ini biasanya dijual pagi hari.

Penjual nasi karak juga tidak banyak, kita hanya bisa menemukan penjualnya di beberapa tempat saja. Saya punya langganan sego karak, hanya saja penjulanya jualanya tak tentu, seringnya pas kesana tutup.

sego karak gresik


Beberapa teman mengabarkan ada juga penjual nasi karak  yang enak di sekitar kawasan GKB (Gresik Kota Baru). Sabtu kemarin, sehabis jogging pagi saya mampir kesini Tepatnya berada di Jl. Amuntai. Dekat dengan SDN Muhammadiyah Manyar.

Kalau datang kemari harus cepat ya, karena cepat banget habisnya. Biasanya buka, hanya 2 jam saja sudah habis diserbu pembeli.

Saya sampai di Sego karak  Jl. Amuntai agak siang jam 7, saya sudah ketar ketir takut habis. Alhamdulilah masih rezeki, ketika datang kemari sego karak masih ada, meski tinggal dikit. Saya memesan dua bungkus sego karak.

sego karak gresik


Sambil menunggu pesanan sego karak selesai dibungkus, liur saya dibuat deras dengan aroma gimbal tempe yang digoreng hangat.

Dalam seporsi sego karak terdapat sego karak, serundeng dengan lauk gimpal tempe.

Sego karak ini terbuat dari nasi yang sudah dikeringkan secara alami, dibawah sinar matahari. Bukan nasi sisa, ya. Jadi nasi ini memang sengaja untuk dikeringkan untuk dijasikan sego karak.

Nasi karak yang sudah kering kemudian dimasak kembali bersama dengan ketan hitam. jadi warnanya jadi ungu kemerahan. Sekilas dilihat lebih mirip seperti nasi merah. Tekstur nasinya tidak perah dan juga tidak terlalu punel. Pas.

sego karak gresik


sego karak gresik


Di atas nasi  karak diberi dua macam taburan, yakni kelapa parut dan juga serundeng. Rasa serundengnya sedikit manis dengan rasa bumbu yang tidak terlalu pedas. Keduanya menghadirkan rasa gurih kedalam nasi.

Beda penjual menawarakn taburan yang berbeda pula. Tapi yang pasti ada kelapa parutnya. Pernah saya membeli sego karak, ada taburan kacang dan juga emput. Semacam bubuk jagung dengan rasa yang manis.

sego karak gresik


Untuk lauknya tidak ada pilihan, hanya gimbal tempe saja. Atau  di tempat lain ada yang menyebutnya tempe selimut. Yakni tempe yang digoreng bersama tepung yang sudah dibumbui.

Gimbal tempe ini biasanya disajikan hangat oleh penjualnya. Paling enak, menikmati sego karak ditempatnya sambil melahap hangatnya gimbal tempe. kadang, karena terlalu enak, ambil saja, kunyah kunyah, ambil lagi, terus lupa habis berapa. Hahaha

sego karak gresik

sego karak gresik



Nasi karak, berpadu dengan serundeng dan hangatnya gimbal tempe rasanya pas dinikmati di pagi hari. Untuk menyeimbangkan rasa dan yang suka rasa pedas. Bisa menikmati sego karak dengan lalapan cabe hijau.

Seperti halnya bubur ayam. ada team campur atau tidak. Begitu pula dengan nasi karak. Ada team campur dan tidak. Ada yang suka mecampur nasi dengan parutan kelapa dan serundeng. Kemudian dimakan dengan gimbal tempe. dan ada yang makan apa adanya.

sego karak gresik


Nah, seporsi sego karak dijual dengan harga murah meriah hanya Rp. 7.000. Sudah termasuk dua gimbal tempe. Untuk gimbal tempe dijual dengan harga Rp. 1000 saja Murah kan? sarapan enak dan kenyang dengan sego karak. Kalau saya biasanya nambah gimbal tempenya.

Untuk kamu yang ingin menikmati sarapan sego karak di Gresik, ada beberapa titik penjual sego karak. Ada di perlimaan Petro, lebih tepatnya di Jl. Proklamasi. atau juga bisa mencarinya di sekitar alun laun Gresik.

Opening Hours
5.30 - 08.00
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.