10 Makanan Khas Kenya Miliki Rasa Unik Bikin Nggak Berhenti Ngunyah


sisil angelin  September 8, 2019  0 Comment

Salah satu alasa pelesiran bagi sebagian traveller yaitu makanan. Walaupun tempat wisata memiliki keindahan yang menawan namun tidak memiliki makanan yang khas dan spesial maka cenderung sepi pelancong. Makanan merupakan salah satu daya tarik wisata. Kenya dikenal sebagai negara yang memiliki wisata safari yang terbaik. Makanan khas Kenya juga lezat dan menarik untuk dicoba.

Puas berinteraksi dengan berbagai satwa liar di habitat alaminya akan membuat perut anda keroncongan. Menikmati kudapan khas Negara Kenya dapat menjadi pilihan. Makanan khas Kenya memiiki cita rasa yang spesial dan harus anda coba. Untuk mempermudah anda mengetahui jenis makanan khas Kenya akan diulas pada paragraf di bawah ini.

Kenya memiliki beragam makanan khas yang harus anda coba. Citra rasa dari masakan khas Kenya akan membuat anda ketagihan dan harus melupakan diet ketat anda. Beberapa jenis makanan khas Kenya yang sangat fenomenal yaitu irio, githeri, ugali, dan lainnya. Berikut adalah makanan khas Kenya yang wajib untuk dicoba

1. Irio

Irio

Makanan khas Kenya yang pertama yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Negara Kenya yaitu irio. Makanan ini merupakan salah satu hidangan yang paling terkenal di negara tersebut. Makanan ini berbahan dasar kentang dan kacang polong. Untuk menambah citra rasa biasanya makanan ini ditambahkan jagung. Penambahan jagung merupakan menu yang paling populer di Kenya.

Makanan ini pada dahulu kala merupakan makanan pokok suku kikuyu. Suku kikuyu merupakan salah satu suku yang terbesar di Negara Kenya. Suku asli Kenya ini memiliki jumlah yang sangat banyak yaitu sekitar 5,4 juta orang atau sekitar 22 persen dari total penduduk Negara Kenya. Atas dasar tersebut membuat makanan ini cukup populer di seluruh Negara Kenya.

Gotravelly

Banyu Mili Rseto & Cafe ; Tempat Nongkrong Hits Di Tawangmangu Tawarkan View Pegunungan

Hijrah Coffee On The Go : Kopi Susu Hingga Sate Taichan Ada Disini!

2. Githeri

Githeri

Salah satu makanan khas Kenya yang memiliki citra rasa yang khas adalah githeri. Menu ini harus anda coba karena merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di Kenya. Bahan dasar pembuatan githeri yaitu kacang rebus, biji jagung, serta dikombinasikan dengan beberapa jenis sayuran yang membuat makanan ini sangat sehat untuk di konsumsi.

Untuk menambah kelezatan githeri, menu ini biasa disajikan dengan beberapa rempah dan bumbu masak seperti garam, cabe, lada dan chapati. Chapati merupakan sejenis roti yang berbentuk pita yang akan dengan mudah anda temukan di Kenya.

3. Ugali

Ugali

Makanan khas Kenya yang satu ini merupakan makanan pokok bagi penduduk Negara Kenya. Hampir semua orang di Kenya sehari hari mengkonsumsi ugali sebagai makanan pokok. Ugali layaknya seperti nasi di Indonesia. Ugali terbuat dari dati tepung jagung, tepung sorgum, ataupun tepung millet. Ugali berbentuk seperti lempengan setengah lingkaran dengan tekstur yang padat.

Untuk membuat makanan ini biasanya bahan bahan utama seperti tepung jagung, atau tepung sorgum dan tepung millet terlebih dahulu di masak pada air yang mendidih. Kemudian diaduk secara bersama sama hingga bahan tersebut berubah menjadi sebuah blok yang padat. Umumnya ugali dimakan bersama dengan sup rebus, ikan, sayuran, dan lain sebagainya.

4. Kenya Pilau

Kenya Pilau

Apabila di indonesia terdapat nasi goreng, di Negara Kenya terdapat Kenya pilau. Kenya pilau merupakan makanan khas Kenya yang merupakan kombinasi dari nasi yang di masak dengan berbagai rempah-rempah sehingga memiliki citra rasa yang khas. Umumnya rempah yang digunakan yaitu kayu manis, jinten, kapulaga, dan cengkeh.

Untuk menambah kenikmatan menyantap Kenya pilau umumnya masyarakat Kenya menambahkan berbagai jenis makanan pendamping seperti sup daging, ayam goreng, bawang segar serta potongan tomat untuk menambah citra rasa makanan ini.

5. Kenya Stew

Kenya Stew

Makanan khas Kenya yang satu ini berbahan dasar daging. Menu ini cocok untuk disantap dengan ugali maupun nasi putih. Umumnya Kenya stew menggunakan daging sapi, daging kambing, daging ayam maupun jenis hewan lainnya.

Hidangan ini sangat lezat apabila dimasukkan beberapa jenis sayur sepeti paprika, wortel, kentang, dan kacang polong. Kuah dari kudapan ini terbuat dari campuran saus mchuzi yang dikombinasikan dengan tomat, bawang, merica, dan sedikit garam.

6. Sukuma Wiki

Sukuma Wiki

Bagi anda para vegetarian jangan khawatir untuk pelesiran ke Negara Kenya karena terdapat beberapa menu vegetarian seperti sukuma wiki. Sukuma wiki merupakan makanan khas Kenya yang memiliki citra rasa yang sangat baik. Menu ini merupakan salah satu menu yang cukup populer di Negara Kenya.

Makanan ini dikenal dengan nama collard green yang berbahan dasar sayuran hijau. Sayuran hijau kemudian dimasak dengan minyak dan beberapa potongan tomat segar. Untuk menambah citra rasa digunakan mchuzi yamg merupakan MSG khas asal Kenya.

7. Nyama Choma

Nyama Choma

Apabila dilihat secara sekilas makanan khas Kenya yang satu ini terlihat seperti layaknya steak yang berasal dari eropa. Menu ini terbuat dari bahan utama yaitu daging segar yang dipanggang di atas bara api. Umumnya daging yang digunakan untuk nyama choma yaitu sapi, daging kambing atau jenis daging lainnya seperti ayam dan ikan.

8. Matoke

Matoke

Salah satu kudapan yang sangat lezat dan akan meningkatkan selera makan anda yaitu matoke. Matoke merupakan kudapan yang berbahan dasar pisang tanduk. Cara pembuatan dari matoke yaitu mulanya pisang tanduk dimasak dengan menggunakan minyak, cabe, bawang merah, bawang putih, bawang putih, tomat dan jus lemon.

Pastikan pisang tandung yang dimasak sudah lunak dan tercampur merata dengan berbagai bumbu masak yang sudah ditambahkan. Dari hasil pencampuran tersebut akan terbentuk saus kantal dan pisang yang lunak. Biasanya matoke dihidangkan bersama ugali, nasi, dan chapati. Anda juga dapat menambahkan daging sapi sebagai sumber protein di dalam makanan.

9. Sosis Mutura

Sosis Mutura

Salah satu makanan khas Kenya yang wajib anda coba ketika berkunjung ke Negara Kenya yaitu sosis mutiara. Berbeda dengan sosis lainnya, sosis ini dibuat dari campuran darah dan daging yang diberikan berbagai jenis rempah-rempah untuk meningkatkan citra rasa.

Kemudian bahan tersebut dimasukkan ke dalam usus yang selanjutnya dipanggang. Menu ini sangat unik dan memiliki rasa yang sangat enak yang akan membuat anda ketagihan. Sosis mutura merupakan street food yang cukup populer di Kenya.

10. Mandazi Chai Ice Cream

Mandazi Chai Ice Cream

Mandazi chai ice cream merupakan sejenis kue khas Kenya yang dimodiifikasi dengan penambahan es krim di atasnya. Makanan ini memiliki citra rasa yang unik dan menarik untuk anda coba. tekstur dari kue mandazi sangat lembut berpadu dengan lumeran ice cram di atasnya membuat makanan ini cocok digunakan sebagai makanan penutup.

Makanan khas Kenya memiliki citra rasa unik dan patut untuk anda coba apabila pelesiran ke negara tersebut. berwisata sambil belajar dan menikmati kuliner khas negara lain akan membuat liburan anda semakin sempurna.



Leave a Reply