9 Tempat Wisata di Bangka Belitung Rekomendasi Para Traveller


Reni  September 28, 2018  0 Comment

Bangka Belitung adalah provinsi gabungan dua pulau yaitu Bangka dan Belitung. Bangka Belitung menjadi terkenal saat seorang kelahiran Belitung Timur bernama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjadi wakil Gubernur Jakarta. Beliau mendampingi Joko Widodo yang saat itu menjadi Gubernur. Sebenarnya tempat wisata di Bangka Belitung sudah terkenal lebih dulu di kalangan Traveller. Berikut adalah Tempat Wisata di Bangka Belitung

1. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona

KSMTour.com

Pantai yang satu ini sangat terkenal dengan permainan permainan airnya. Beberapa permainan air yang paling favorit adalah; kano, banana boat, hingga jetski. Selain daya tarik permainan, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Selain itu juga merupakan tempat yang cocok bagi para mancing mania untuk memancing ke tempat ini karena sudah tersedia penyewaan speed boat dengan harga yang bersahabat.

Tempat ini sangat cocok untuk digunakan tempat berlibur bersama keluarga atau teman teman. Khususnya anak anak pasti akan sangat senang bermain pasir ataupun berenang karena tempatnya bersih. Untuk menuju tempat ini cukup menempuh perjalanan sekitar 15 menit jika traveller sudah berada di kota Sungailiat. Jika dari Pangkalpinang maka akan membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Jajan Sate Di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner Yang Bikin Kangen Anak Rantau

Let’s Go Gelato MERR Surabaya: Gelato Lezat Dengan Tempat Instagramable!

2. Pulau Memperak

Pulau Memperak

sengpaku.blogspot.com

Pesona tempat wisata yang satu ini memang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Justru hal itulah yang menjadi keunggulannya karena membuat tempat ini masih lebih asri dengan pesona kecantikannya yang sangat memikat. Tempat ini cocok sekali untuk dijadikan tempat snorkling. Warna air laut yang ada di pulau ini merupakan paduan warna biru yang cenderung hijau dan tentunya airnya sangat bersih.

Baca juga :  10 Pemandian Umum Tradisional Terkenal di Dunia

Tempat ini terletak di Belitung bagian timur, dan karena pulau ini masih sangat sepi dan disana hanya terdapat penjaga pulau saja, maka traveller wajib membawa perbekalan yang secukupnya. Untuk mendapatkan sensasi snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang sangat indah disarankan para traveller untuk berfokus pada bagian utara, timur, dan juga barat.

3. Pantai Penyak

Pantai Penyak

piknikdong.com

Pantai yang satu ini wajib dikunjungi karena pantai ini mempunyai garis pantai yang terpanjang. Garis pantai yang dimiliki tempat ini mencapai hingga 3 km. Tempat wisata ini selain indah, juga merupakan tempat singgah yang paling pas karena terletak di dekat jalan raya yang menghubungkan Koba dengan Pangkalpinang. Tidak heran jika tempat ini akan selalu ramai dengan pengunjung khususnya pada momen liburan.

Paling nikmat saat berkunjung ke pantai ini adalah menikmati keindahan pantai dan juga laut sambil meneguk segarnya air kelapa muda. Sambil merasakan sapuan angin yang sepoi sepoi, dapat dipastikan traveller akan betah untuk berlama lama di tempat ini. Dengan permukaan pantai yang landai, maka tempat ini juga bisa menjadi spot bagus untuk bermain main di tepian pantai.

4. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

bangkatour.com

Walaupun mempunyai nama Lengkuas yang akan terdengar seperti tempat yang mengandalkan bumbu masak Lengkuas sebagai daya tarik, namun kenyataannya justru daya tarik tempat ini adalah sebuah mercusuar. Mercusuar tersebut bukanlah mercusuar biasa karena sudah ada sejak tahun sekitar 1880 dan merupakan peninggalan Belanda. Uniknya lagi mercusuar ini masih tetap digunakan hingga saat ini.

Selain melihat mercusuar, pantai ini juga menyuguhkan pemandangan yang eksotis dengan batuan granit dan hamparan air laut yang berwarna biru jernih serta pasir yang putih. Jika ingin merasakan sensasi yang sedikit berbeda, traveller bisa mencoba naik ke atas mercusuar setinggi 50 meter dan dapat menyaksikan keindahan pulau Lengkuas dari ketinggian.

Baca juga :  Menikmati Beningnya Perairan 7 Pantai di Bangka Belitung

5. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi

Tribunnews.com

Pantai yang menjadi tempat wisata di Bangka Belitung yang satu ini dapat dikatakan sebagai tempat yang paling strategis karena hanya terletak sekitar 7 km dari kota Pangkalpinang. Selain itu tempat ini juga sangat dekat dengan bandara udara, dan mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Tempat ini juga sangat ramai dan merupakan tempat yang paling favorit di Bangka. Traveller bisa dengan mudah menemukan restoran mewah, hotel bintang lima, hingga warung warung makan, dan hotel lainnya dengan biaya yang lebih terjangkau.

Traveller sebelum masuk ke tempat ini harus sediakan uang tiket masuk sekitar 10 ribu Rupiah per orang. Namun semua itu akan terbayar lunas dengan keindahan pantai tersebut. Selain itu pantai ini juga sangat unik karena mempunyai pasir yang berbentuk seperti bulir biji padi. Tempat ini juga sangat cocok bagi traveller yang mencintai keramaian karena tempat ini sudah mempunyai banyak pengunjung.

6. Gunung Menumbing

Gunung Menumbing

triptrus.com

Bangka Belitung memang sangat mengandalkan pantai pantai dan pulau pulau dengan pemandangan yang sangat eksotis. Namun provinsi ini juga mempunyai wahana wisata lainnya yaitu Gunung Menumbing. Gunung dengan ketinggian sekitar 350 meter diatas permukaan laut ini, dulunya pernah menjadi tempat bagi Bung Karno dan juga Bung Hatta pada tahun sekitar 1948 oleh Belanda.

Tempat ini sangat kaya akan nilai sejarah karena sampai saat ini masih terdapat bangunan bersejarah yang masih sangat terawat hingga kini. Salah satunya adalah sebuah wisma yang pernah menjadi tempat bapak Proklamasi Indonesia singgah selama masa pengasingan. Tempat ini masih dijaga oleh keturunan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta yang secara turun temurun berlanjut dari awal pengasingan Bung Karno hingga kini. Selain itu tempat ini juga mempunyai banyak sekali spot foto yang instagramable.

Baca juga :  Mengenal Aurora dan 8 Tempat Terbaik Melihatnya!

7. Pantai Parai Tengiri

Pantai Parai Tengiri

sengpaku.blogspot.com

Pantai yang satu ini juga terletak di daerah Sungailiat dan berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang. Pantai ini mempunyai keindahan alam yang tidak boleh dipandang remeh karena selain mempunyai permukaan landai dan ombak yang lembut, juga terdapat hamparan batuan granit yang eksotis. Batu batu tersebut sangat eksotis karena mempunyai bentuk yang sangatlah unik. Pantai yang terletak di sekitar hamparan Laut Cina Selatan ini menyuguhkan beberapa permainan air yang akan menambah keseruan liburan para traveller. Tiket masuk ke tempat ini berharga sekitar 25.000 Rupiah dan uniknya dapat ditukarkan dengan makanan dan juga minuman di restoran yang ada di dekat pantai.

8. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Newswantara.com

Walaupun mempunyai banyak sekali wisata pantai, namun traveller tidak akan bosan mengunjungi pantai pantai di Bangka Belitung karena masing masing pantai mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri. Pantai yang satu ini sudah sangat terkenal hingga wisatawan internasional. Pantai yang mempunyai hamparan pasir yang bersih dan putih ini sering menjadi tempat singgah kapal pesiar internasional dalam acara Sail Indonesia.

9. Pantai Tikus

Pantai Tikus

KSMTour.com

Satu lagi pantai yang sangat disayangkan untuk dilewatkan adalah pantai Tikus. Pantai ini masih sangat alami dan asri karena belum banyak terjamah oleh tangan tangan manusia. Pantai ini banyak dikelilingi oleh bukit bukit terjal dan laut yang biru. Selain itu juga terdapat kuil yang berbentuk bundar atau bulat yang menjadi daya tarik utama dari pantai Tikus ini.

Berikut tadi adalah beberapa tempat wisata di Bangka Belitung yang paling recommended. Selamat berlibur dan sampai jumpa di Bangka Belitung.



Leave a Reply