10 Oleh-Oleh Khas Bali Incaran Wisatawan Rekomended


Reni  June 17, 2018  0 Comment

Pulau Bali termasuk ke dalam destinasi wisata yang paling diminati, bahkan menempati posisi pertama hal ini memuat oleh oleh khas Bali banyak diburu wisatawan . Kenyataan tersebut tentu saja sangat membanggakan. Daya tarik pulau Bali adalah karena banyak sekali tempat di sana yang menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Di samping itu juga karena adat istiadat, kebudayaan leluhur yang sampai saat ini masih dipegang teguh oleh masyarakat Bali.

Berkunjung ke pulau Bali tidak akan lengkap rasanya kalau tidak merasakan buah tangan atau oleh-oleh, yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Kalau berbicara tentang oleh-oleh apa yang menjadi ciri khas dari pulau Bali tidak bisa hanya menyebut satu macam melainkan banyak sekali.

Oleh-oleh atau buah tangan yang bisa dibeli di pulau Bali untuk dibawa pulang banyak sekali dan bentuknya beragam. Tidak hanya berupa makanan, minuman melainkan juga bisa dari hasil kerajinan tangan,kain, berbagai macam souvenir, aksesoris dan lain sebagainya.

Beraneka ragam oleh-oleh tersebut bisa kita dapatkan dari berbagai tempat. Bisa di tempat-tempat wisata yang kita datangi atau bisa juga di outlet-outlet atau toko-toko yang khusus memang menjual berbagai macamoleh-oleh khas Bali dalam bentuk apa saja. Pengunjung atau para wisatawan tinggal memilih sesuai dengan keinginan dan tentu saja selera mereka.

Tadi di atas sudah disebutkan bahwa pulau Bali mempunyai banyak sekali oleh-oleh. Oleh-olehnya bisa berupa apa saja, yang bisa dijadikan kenang-kenangan yang tidak terlupakan oleh para wisatawan. Berikut di bawah ini diuraikan 10 oleh-oleh khas Bali yang bisa dibeli dan dibawa pulang, yang pada umumnya menjadi incaran banyak wisatawan dan yang sangat recommended :

1. Pie Susu

Pie Susu

anythingbali.com

Pie susu termasuk salah satu oleh-oleh berupa makanan yang menjadi ciri khas dari pulau Bali, yang paling banyak dicari oleh para wisatawan. Pie susu menjadi oleh-oleh yang paling banyak diburu karena rasanya yang sangat enak dan variannya banyak. Bentuknya unik, yakni bundar gepeng. Pinggirannya keras tapi crispy. Di tengah-tengahnya terdapat fla susu yang enak sekali rasanya.

Baca juga :  10 Kue Khas Gorontalo Kelezatannya Bikin Melongo

Tempat yang menjual pie susu banyak sekali namun yang paling legend, yang paling dicari adalah pusatnya, yang terletak di jalan Nangka Selatan nomor 163 Denpasar. Namun sebelumnya kita harus memesannya terlebih dahulu karena takutnya sampai di sana sudah kehabisan, rasa yang kita inginkan sudah laku.

Pie susu ini dikemas dalam sebuah kotak. Satu kotak berisi 10 buah, dibandrol dengan harga 25 ribu rupiah. Ada banyak varian rasa, selain tentu saja ada yang original, ada juga rasa coklat, rasa karamel dan strawberry. Pie susu bisa tahan sampai dengan satu minggu, asalkan begitu membelinya langsung dimasukkan ke dalam lemari es.

Review kuliner

Vertigo Rooftop Bali, Makan Enak Sambil Berenang

Pizza Bagus, Porsi Besar Dan Murah Di Ubud

2. Kerajinan Tangan

Kerajinan Tangan

blog.airyrooms.com

Yang dimaksud dengan kerajinan tangan di sini adalah topeng, lukisan, ukir-ukiran, gantungan kunci, tempat lilin dan lain-lain. Di kawasan Nusa Dua dan pasar Sukawati kita bisa menjumpai dan membeli barang-barang tersebut. Kalau bisa sebelum membelinya menawarlah terlebih dahulu. Siapa tahu penjualnya berbaik hati, mau memberikan diskon kepada kita.

3. Kacang Disco

Kacang Disco

resepdanmasakan.com

Kacang disco merupakan salah satu oleh-oleh wajib dari pulau Bali. Tidak afdol rasanya pulang dari pulau Bali tanpa membawa kacang disco. Kacang disco ini crispy sekali, rasanya gurih karena dibaluri oleh tepung yang sudah dibumbui. Varian rasanya banyak sekali. Ada yang manis, perpaduan antara rasa pedas dan manis, rasa barbeque dan rasa udang.

4. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani

pekat-memikat.blogspot.com

Kopi Kintamani juga merupakan oleh-oleh yang harus dibeli jika kita berkunjung ke pulau Bali. Karena rasa kopi ini tidak ada duanya, termasuk jenis kopi yang terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan sudah memenuhi standard kopi internasional karena telah memperoleh sertifikat Geographical.
Yang unik dari kopi ini adalah rasanya yang sedikit asam. Penyebabnya karena kopi ini ditanam dengan sistem tumpang sari di lahan yang berundak, bersamaan dengan tanaman jeruk. Jadi tidaklah mengherankan jika ada aroma jeruknya sedikit. Tempat membeli sekaligus sebagai tempat mengolah kopinya ada di daerah Kintamani.

Baca juga :  20 Makanan Khas Cirebon Terlezat, Awas Bikin Ketagihan!

5. Salak Bali

Salak Bali

balibeautytour.blogspot.com

Ada dua jenis salak Bali yang bisa dipilih, salak biasa yang rasanya asem kecut dengan daging buah yang lebih tebal dan salak gula pasir yang tentu saja rasanya manis namun daging buahnya lebih sedikit. Karena rasanya yang lebih manis yang sering dibeli adalah jenis salak gula pasir.

Salak Bali dijual per 5 kilograman, setiap kilonya dihargai 13 ribu hingga 25 ribu rupiah, dengan catatan kalau sedang panen atau sedang musim di bulan Februari. Kalau tidak harganya akan jauh lebih mahal, yaitu berkisar antara 60 ribu hingga 90 ribu per kilogramnya. Salak Bali bisa kita dapatkan di pasar Sindhu, Sanur, Denpasar.

6. Joger

Joger

omjoni.com

Joger merupakan salah satu ikon dari pulau Bali. Tidak lengkap ke Bali tanpa pulang membawa kaos yang diproduksi oleh Joger. Saat ini Joger tidak hanya memproduksi kaos, ada juga mug, gantungan kunci, sandal dan tas. Pembeli bisa membeli kaos saja atau bisa juga membeli semuanya. Lokasi Joger ada di Kuta dan Bedugul.

7. Kaos Barong

Kaos Barong

merdeka.com

Kaos barong sudah menjadi ciri khas dari pulau Bali dari sejak lama. Pada akhirnya menjadi salah satu ikon dari oleh-olehnya. Dinamakan kaos barong karena bergambarkan lukisan barong di depan atau di belakang kaosnya. Untuk mendapatkan kaos barong ini kita bisa menuju pasar Sukawati atau bisa juga kita peroleh di berbagai toko oleh-oleh yang ada di pulau Bali.

8. Kerajinan Perak

Kerajinan Perak

pergiberwisata.com

Desa Celuk adalah nama desa di pulau Bali yang sangat terkenal akan kerajinan peraknya sejak dari tahun 1976. Peraknya sangat berkualitas. Oleh karena itulah menjadikan nilai seninya tinggi sekali. Berbagai hasil dari kerajinan perak bisa kita peroleh, seperti patung, sendok, garpu dan perhiasan. Kita bisa membelinya di kawasan Nusa Dua atau di pasar Sukawati.

Baca juga :  6 Es Legendaris di Bandung Tawarkan Berjuta Rasa

9. Kerajinan Manik-Manik

Kerajinan Manik-Manik

travelicious.co.id

Hasil dari kerajinan manik-manik ini banyak sekali. Ada yang berbentuk gelang, kalung, dompet dan masih banyak lagi. Karena harganya yang terbilang murah kita bisa membelinya dalam jumlah yang banyak. Membelinya bisa di mana saja, di berbagai pasar yang ada di pulau Bali.

10. Pia Legong

Pia Legong

balimall.co.id

Dinamakan pia legong karena ada gambar penari legong di kemasannya. Untuk menjaga kualitas rasa, pembuatan pia legong sangat dibatasi. Selain itu juga karena pia legong ini dibuat secara manual, tidak menggunakan mesin, jadi tidak bisa berproduksi dalam jumlah yang banyak.

Ada tiga varian rasa, yakni coklat, keju dan kacang hijau. Kalau tertarik untuk membelinya bisa datang langsung ke jalan By Pass Ngurah Rai namun seperri biasa harus memesannya terlebih dahulu karena stoknya sangatlah terbatas.



Leave a Reply