10 Oleh-Oleh Makanan Khas Bandung Yang Wajib Kamu Beli


prita  August 29, 2021  0 Comment

Oleh oleh memang selalu menjadi hal pertama yang dibawa saat kita berkunjung ke sebuah kota atau Negara. Oleh oleh memang menjadi hal yang kerap dilontarkan oleh keluarga atau kerabat kita saat kita sedang pergi berlibur. Jika kamu berwisata ke kota Bandung, kamu bisa menemukan banyak sekali oleh-oleh Makanan khas Bandung yang bisa kamu borong untuk dibawa pulang. Jika kamu spesifik ini membeli oleh oleh berupa makanan, berikut ini adalah Oleh-oleh makanan khas Bandung

1. Pisang Bolen

Oleh oleh makanan khas Bandung
lazada.co.id

Jika berbicara soal oleh oleh makanan khas Bandung, yang ada dalam pikiran pasti adalah pisang bollen. Pisang Bollen ini memang menjadi pilihan tepat untuk oleh oleh, apalagi jika kamu datang dari luar kota yang jaraknya cukup jauh dari kota Bandung.

Pisang Bolen masuk dalam kategori pastry yang diberi raga isian yang menggugah selera. Salah satu tempat penjual pisang bollen yang cukup terkenal ini adalah Kartikasari. Kartikasari memang terkenal sebagai penjual pisang bollen yang cukup legendaris yang mana sampai sekarang rasanya tidak pernah berubah.

paket wisata paling murah

Rabbit Town : Wisata Selfie Kekinian Di Kota Bandung. Cocok Untuk Semua Kalangan Dan Usia

Hara Cafe & Bistro Bandung

2. Peuyeum

Oleh oleh makanan khas Bandung yang terkenal
mojok.co

Oleh oleh makanan khas Bandung yang wajib kamu beli selanjutnya adalah Peuyeum. Dalam Bahasan Indonesia, peuyeum merupakan tape. Sama halnya dengan tape pada umumnya, peuyeum juga terbuat dari singkong yang difermentasi.

Peuyeum sangat digemari oleh warga Bandung karena bisa membuat tubuh hangat data dikonsumsi. Tak hanya itu, peuyeum juga bisa menjadi pilihan oleh oleh yang pas saat kamu berkunjung ke Bandung. Pastinya kamu bisa menemukan peuyeum di banyak toko oleh oleh. Selain bisa dinikmati langsung, peuyeum juga bisa dinikmati dengan berbagai olahan kuliner lain.

3. Basreng

Rekomendasi Oleh oleh makanan khas Bandung
m.omiyago.com

Baso Goreng atau yang sering dikenal dengan nama Basreng juga menjadi salah satu oleh oleh makanan khas Bandung yang banyak diburu, khususnya bagi mereka yang menyukai camilan pedas.

Basreng ini biasanya terbuat dari ikan yang diolah menjadi baso. Setelah menjadi baso, kemudian diiris tipis kemudian digoreng. Kamu pun bisa memilih berbagai varian rasa yang pastinya sangat menggugah selera, seperti rasa original dan pedas. Basreng ini sangat cocok dijadikan sebagai teman bersantai atau teman nonton film.

4. Surabi

Oleh oleh makanan khas Bandung
infobdg.com

Sudah bukan rahasia lagi jika Surabi Bandung menjadi salah satu kuliner paling enak dan paling diburu oleh wisatawan. Surabi Bandung ini juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh makanan khas Bandung, lho.

Dulu, surabi memang dikenal sebagai jajanan tradisional yang kurang diminati, namun surabi yang sekarang sudah berbeda. Hal ini dikarenakan adanya berbagai toping menarik diatasnya yang membuat surabi ini terasa semakin nikmat. Surabi sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat saat bersantai. Bahkan surabai sekarang juga sering dijadikan sebagai kudapan teman nongkrong di café.

5. Keripik Moring

Oleh oleh khas Bandung
m.omiyago.com

Tak hanya Basreng, Keripik Moring juga menjadi salah satu oleh oleh makanan khas Bandung yang berupa camilan. Moring merupakan kepanjangan dari cimol kering yang terbuat dari bahan yang sama dengan cimol namun digoreng kering.

Keripik moring sendiri terdiri dari berbagai varian rasa. Mulai dari moring original asin dan moring rasa pedas. Moring bisa langsung dimakan langsung sebagai camilan atau bisa juga menjadi teman makan nasi yang nikmat. Pastinya keripik moring juga bisa menjadi oleh oleh khas Bandung yang tepat untuk keluarga dan kerabat kamu di rumah.

6. Seblak Kering

Oleh oleh makanan khas Bandung yang enak
lifestyle.okezone.com

Oleh-oleh makanan khas Bandung yang tak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Seblak Kering. Belakangan ini seblak memang lagi naik daun karena banyak sekali peminatnya, bahkan kamu bisa menemukan penjual seblak di banyak kota. Namun, seblak khas Bandung tentu akan memiliki cita rasanya sendiri.

Seblak sendiri ada dua jenis, yaitu seblak kering dan seblak basah. Seblak basah biasanya disajikan dengan kuah dan berbagai topping lezat, namun sajian yang satu ini tidak praktis jika dijadikan sebagai oleh oleh. Sementara Seblak Kering berupa keripik seblak yang diberi bumbu pedas yang sangat nikmat dan pastinya lebih mudah dijadikan sebagai buah tangan. Namun, kamu juga bisa lho membeli seblak instan yang sudah terbungkus rapi dan tinggal seduh begitu sampai rumah.

7. Picnic Roll

Oleh oleh makanan khas Bandung
unileverfoodsolutions.co.id

Selain pisang bollen, Picnic Roll juga menjadi pastry yang tak kalah lezat dan banyak penggemarnya. Picnic Roll kerap dijadikan sebagai salah satu oleh oleh makanan khas Bandung yang sangat mudah dijumpai seantero kota.

Picnic Roll memiliki cita rasa yang berbeda dengan pisang bolen karena adanya isian dalam roll yang terbuat dari bahan daging cincang yang telah diberi bumbu kemudian dicampur dengan telur rebus yang dimasukkan dalam kulit pastry, barulah kemudian di panggang.

8. Gepuk Nyonya Ong

Oleh oleh makanan khas Bandung  yang murah dan enak
m.omiyago.com

Oleh-oleh makanan khas Bandung yang wajib kamu beli selanjutnya adalah Gepuk Nyonya Ong. Oleh oleh yang satu ini menjadi salah satu oleh oleh khas yang bisa tahan lama, sehingga cocok bagi kamu yang berasal jauh dari kota Bandung.

Gepuk merupakan olahan yang berbahan daging ayam atau sapi yang dipipihkan dengancara digeprek lalu ditusuk lidi. Sajian ini memang menjadi incaran banyak wisatawan saat berlibur ke Bandung. Gepuk ini memiliki rasa yang nikmat dan bisa diolah lagi menjadi berbagai jenis sajian. Tak hanya itu, kamu pun bisa menemukan gepuk ini dengan mudah di toko oleh oleh di kota Bandung.

9. Oncom

Rekomendasi Oleh oleh makanan khas Bandung
id.wikipedia.org

Oncom pasti sudah cukup familiar di telinga kita, khususnya bagi kamu yang merupakan warga Bandung dan sekitarnya. Oncom merupakan kuliner tradisional yang saat ini masih bertahan dan digemari banyak orang.

Saat ini oncom telah dibuat dalam berbagai inovasi yang membuatnya menjadi oleh oleh yang nikmat dan diburu banyak wisatawan. Oncom terbuat dari kacang yang difermentasi, oncom juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat olahan makanan lain yang tak kalah lezat.

10. Tahu Susu Lembang

Oleh oleh makanan khas Bandung
pergikuliner.com

Oleh-oleh makanan khas Bandung yang terakhir adalah Tahu Susu Lembang. Oleh oleh yang satu ini pastinya tak boleh kamu lewatkan karena memiliki rasa yang berbeda dengan tahu pada umumnya.

Jika kamu berkunjung ke kawasan Lembang, jangan lewatkan untuk membeli tahu susu ini. Tahu ini berbeda dengan tahu lainnya karena memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lebih lembut. Tahu ini juga bisa kamu oleh menjadi berbagai sajian, seperti digoreng biasa atau dijadikan untuk sup atau olahan lainnya.

Itulah 10 daftar referensi oleh-oleh makanan khas Bandung yang selalu dibeli oleh wisatawan saat berkunjung ke Kota Kembang ini. Bukan hanya jenisnya yang banyak, kamu pun juga bisa menemukan oleh oleh tersebut dengan mudah di kota Bandung.



Leave a Reply