10 Kuliner Khas Indonesia dari Olahan Bebek Yang Gurih Dan Nikmat


prita  May 22, 2021  0 Comment

Kuliner khas Indonesia dari olahan bebek berikut paling disuka di Indonesia. Selain ayam, bebek merupakan salah satu jenis unggas yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan dagingnya yang lembut serta aromanya yang khas membuat olahan kuliner bebek banyak digemari. Meskipun daging bebek dikenal memiliki kolesterol yang tinggi, namun beragam olahan bebek seolah tak pernah salah. Nah, buat kamu yang suka makan bebek, berikut ini adalah Berikut kuliner khas Indonesia dari olahan bebek

1. Bebek Betutu

Bebek Betutu
kintamani.id

Kuliner khas Indonesia dari bebek yang pertama adalah Bebek Betutu. Bebek Betutu merupakan kuliner khas Bali dan menjadi salah satu hidangan bebek yang cukup digemari di Indonesia.

memiliki bumbu dan cara pengolahan yang sama dengan ayam betutu, yaitu menggunakan bumbu rempah khas dan diolah dengan cara dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang. Bebek betutu juga memiliki rasa agak pedas dan sangat nikmat bila disajikan dengan sepiring nasi dan sambal matah atau sambal embe.

Review kuliner

Bebek Songkem Pak Salim: Sajikan Bebek Goreng Lezat Dan Sehat

Gegara Bebek Tugu Pahlawan Jadi Lupa Diet

2. Bebek Timbungan

Bebek Timbungan
venuemagz.com

Masih dari Bali, kuliner khas Indonesia dari bebek yang tak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Bebek Timbungan. Bebek Timbungan ini berasal dari wilayah Tabanan, Bali dan tak kalah banyak penggemarnya dari bebek betutu.

Bebek timbungan ini diolah dengan cara yang unik, yaitu dengan menggunakan potongan bamboo. Daging bebek tersebut diberi bumbu rempah khas yang kemudian dimasukkan dalam potongan bamboo. Proses memasaknya pun memakan waktu hingga 15 jam, namun rasanya tentu bisa membuatmu ketagihan. Bebek timbungan ini menjadi makanan tradisional yang sering disajikan saat upacara adat.

Baca juga :  10 Cafe Dekat Tunjungan Plaza, Sudut Nyaman untuk Tongkrongan

3. Bebek Kuwali

Bebek Kuwali
nindarahadi.com

Kamu yang pernah main ke Kota Batu di Jawa Timur pasti tidak asing dengan kuliner khas Indonesia dari bebek yang satu ini. Bebek Kuwali ini konon terinspirasi dari lagu anak-anak yang berjudul Potong Bebek Angsa, lho.

Sesuai dengan namanya, bebek kuwali ini diolah dan disajikan dalam kuali tanah liat. Hal tersebut membuatnya terlihat tradisional dan tentunya membuat rasanya tersa lebih nikmat. Bebek yang diolah dalam kuali tersebut direbus dengan bumbu rempah-rempah. Bebek yang digunakan pun jenis bebek manila atau yang sering diesbut sebagai enthok yang terkenal memiliki daging tebal.

disajikan dengan kuah kuning kental dan beraroma rempah yang kuat juga sangat pedas. Jika kamu suka sajian berkuah, bebek kuwali ini tentu wajib untuk kamu coba dan pastinya akan membuatmu ketagihan.

4. Sie Itek

Sie Itek
wisatatempatku.com

Jika kamu penyuka olahan gulai, rasanya kamu wajib untuk mencoba Sie Itek ini. Sie Itek menjadi salah satu kuliner khas Indonesia dari bebek yang cukup disukai karena rasanya yang nikmat.

Sie Itek adalah sajian nasi dengan gulai daging bebek yang diolah dengan bumbu rempah-rempah. Makanan ini berasal dari kota Juang, Bireuen, Aceh dan terbilang menjadi salah satu makanan tradisional disana karena sudah ada sejak sebelum ada konflik Aceh dan sampai saat ini kuliner berkuah merah ini masih banyak digemari.

5. Bebek Garo Rica

Bebek Garo Rica
majalah-holiday.com

Kuliner khas Indonesia dari bebek yang satu ini cukup populer di daerah Sulawesi, tepatnya di Manado dan dikenal dengan nama Bebek Garo Rica. Selayaknya sajian bebek pada umumnya, bebek goreng ini diberi bumbu rempah yang cukup banyak.

Namun, ada satu hal yang membuat Bebek Garo Rica ini berbeda dengan olahan bebek lainnya, yaitu adanya sambal merah yang sangat pedas dan dilumurkan menjadi satu saat bebeknya selesai digoreng. Bebek garo rica ini menjadi salah satu menu lauk yang cukup digemari di Sulawesi. Untuk menikmatinya tentu bisa ditambahkan dengan nasi putih hangat dan pastinya akan membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan.

Baca juga :  10 Makanan Khas Wonogiri Yang Wajib Kalian Cicipi

6. Bihun Bebek

Bihun Bebek
nibble.id

Bihun bebek menjadi kuliner khas Indonesia dari bebek selanjutnya yang wajib kamu coba. Sajian asal Medan ini menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba bagi kamu yang suka dengan bebek.

Bihun Bebek adalah salah satu sajian khas Medan yang cukup banyak penggemarnya. Sajian ini memiliki kuah kaldu yang bening namun terasa sangat gurih. Dalam sajian ini terdiri dari bihun, daging bebek, selada, daun ketumbar dan bawang putih goreng.

Biasanya sebelum dimasak dengan bumbu, daging bebek dibaluri dengan cuka dan garam. Nah, dari sinilah kelezatan daging bebek pada bihun ini terasa. Satu porsi bihun bebek ini cukup mengenyangkan, lho.

7. Bebek Hitam

bebek hitam
cookpad.com

Madura memang sangat terkenal dengan bebek sebagai kuliner khasnya. Sederet rumah makan yang menyajikan kuliner bebek kerap dikunjungi wisatawan, sebut saja Bebek Sinjay dan Bebek Songkem.

Nah, bebek hitam ini juga menjadi salah satu kuliner andalan Madura yang sayang sekali untuk dilewatkan. Proses mengolah sajian ini pun agak sedikit memakan waktu dan dibutuhkan minyak goreng yang cukup banyak agar mendapatkan warna yang hitam. Bebek hitam ini sangat kaya akan rempah dan paling nikmat jika disantap dengan menggunakan nasi putih hangat dan sambal bawang yang merupakan campuran dari bawang putih, garam, cabai yang kemudian disiram dengan minyak goreng.

8. Bebek Bacem

Bebek Bacem
cookpad.com

Kuliner khas Indonesia dari bebek selanjutnya berasal dari Klaten, Jawa Tengah, yaitu Bebek Bacem. Jawa Tengah memang terkenal dengan aneka baceman, biasanya tahu, tempe dan telur yang dibacem, namun daging bebek juga tak kalah nikmat jika dibacem.

Daging bebek ini dimasak dengan menggunakan santan, gula Jawa dan aneka bumbu rempah khas yang membuatnya meresap dalam setiap lapisan daging. Bebek bacem ini memiliki tekstur yang tampak basah dan mengkilat saat disajikan. Sangat menggoda untuk segera kamu santap. Biasanya bebek bacem ini disajikan dengan nasi, sambal dan lalapan.

Baca juga :  8 Minuman Khas Medan Ini Wajib Dicoba!

9. Itiak Lado Mudo

Itiak Lado Mudo
indonesiakaya.com

Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa menebak sajian bebek ini berasal darimana. Itiak Lado Mudo ini merupakan salah satu kuliner khas Indonesia dari bebek yang banyak ditemui di Minang, Sumatera Barat.

Itiak lado mudo identic dengan pedasnya cabai hijau yang membuat siapapun yang memakannya berkeringat. Kuliner bebek ini menggunakan daging itik yang masih muda yang kemudian dimasak dengan bumbu yang kaya rempah. Itiak Lado mudo juga memiliki aroma khas yang mampu membuat perut keroncongan, aroma perpaduan dari daun jeruk, daun sereh dan daun lawang yang sangat kuat menjadi ciri khas dari itiak lado mudo ini.

10. Bebek Goreng

Bebek Goreng
youtube.com

Kuliner khas Indonesia dari bebek yang terakhir adalah Bebek Goreng. Sajian ini bisa dibilang paling simple dan sederhana dari olahan bebek lainnya.

Bebek goreng ini juga umum ditemukan di banyak rumah makan atau restoran karena memang rasanya yang nikmat. biasanya telah diberi bumbu sebelum akhirnya digoreng dengan minyak panas. Bebek goreng biasa disajikan dengan nasi putih, taburan serundeng, sambal yang pedas serta lalapan sebagai pelengkapnya.



Leave a Reply