Berikut 10 Negara Terkecil di Dunia Dengan keindahan Tiada Tara


Reni  December 19, 2018  0 Comment

Jika mendengar sebutan Negara pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah sebuah wilayah yang luas, memiliki penduduk yang banyak dan mendapatkan pengakuan dari negara lain. Setiap negara memiliki keunikan tersendiri, dari budaya bahkan keistimewaan alam. Namun perlu kita ketahui bahwa ada negara dengan wilayah yang luas dan ada negara yang memiliki wilayah yang kecil bahkan dengan kategori sangat kecil yang bisa dikatakan sebagai Negara Terkecil Di Dunia. Jika kita lihat dari semua negara yang ada, ada beberapa negara yang kecil. Dan berikut Negara Terkecil Di Dunia

1. Nauru

Nauru

sputniknews.com

Negara yang memiliki luas daratan 21 km2 dan merupakan negara kepulauan terkecil. Negara ini bernama Republik Nauru yang merdeka pada tahun 1968 yang merupakan kepulauan mikronesia di daerah pasifik tengah sebelah Timur Australia. Ada yang unik di negara ini yaitu negara yang dikenal dengan memiliki penduduk yang paling gemuk di dunia, pria 97% dan wanita 93% yang mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Sehingga Nauru juga menjadi rumah bagi penderita diabetes tipe 2 dengan tingkat tertinggi yang ada di dunia 40% dari penduduknya terkena atau menderita penyakit diabetes.
Negara Nauru memiliki tingkat pengangguran yang tinggi yaitu 90% dan sisanya bekerja dengan pemerintah. Tingginya tingkat pengangguran karena pada tahun 19980 pertambangan fosfat dilakukan secara besar-besaran dan sekarang sumber fosfat telah habis yang menyebabkan mereka kehilangan lahan pekerjaan.

Mengulik Wisata Alam Kabupaten Langkat

Gunung Tanggung Nongkojajar – Puncak Mbah Wali Yang Di Keramatkan

2. Vatikan

Vatikan

Katolisitas.org

Negara terkecil di dunia selanjutnya adalah Vatikan yang memiliki luas daratan hanya 0,44 km2 dan dengan jumlah populasi 842 jiwa. Negara ini memiliki penghasilan yang berasal dari sumbangan sukarela yang berasal dari gereja Katolik Roma di seluruh Dunia. Dan sisanya didapatkan dari hasil penjualan perangko, kenang-kenangan wisata dan juga biaya masuk ke museum atau dari pariwisata.

3. Monaco

Monaco

schengenvisainfo.com

Salah satu negara terkecil didunia yang luasnya hanya 2 Km2, namun negara ini merupakan tempat bagi para jutawan dan juga miliarder dunia. Negara Monaco terletak di Riviera Prancis dan dikenal dengan industri perjudian serta barang mewah dan juga jasa.
Negara yang berbatasan dengan Perancis maka banyak penduduk disini menggunakan bahasa Perancis. Monaco juga merupakan taman bermain atau tempat berlibur favorit bagi orang kaya. Meskipun memiliki negara yang tidak luas, Monaco berpenduduk padat di dunia.

4. Tuvalu

Tuvalu

News.com.au

Tuvalu adalah negara yang memiliki luas daratan 26 kilometer persegi dan merdeka pada tanggal 1 oktober 1978 oleh penjajahan Inggris. Negara ini memiliki bentuk pemerintahan monarki Konstitusional yang memiliki ibukota bernama Funafuti. Penduduk pada negara ini menggunakan bahasa Tuvalu dan juga bahasa Inggris. Dengan jumlah penduduk mencapai 10.000 penduduk dan terletak di Samudra pasifik. Di Tuvalu mata uang yang berlaku sebagai alat pembayaran adalah Dollar Australia.
Negara ini hanya memiliki 1 rumah sakit dan biasanya para pengunjung yang datang kesini hanya untuk bisnis.

5. San marino

San marino

worldatlas.com

Negara republik konstitusional tertua yang ada di dunia yang dibentuk pada tanggal 3 september oleh Santo Marinus Dari Rab. San marino memiliki keindahan yang begitu luar biasa, dan dikelilingi oleh wilayah Italia. Negara ini hanya memiliki 30.000 orang, negara ini juga tercatat sebagai negara terkaya dalam hal PDB dan merupakan negara dengan tingkat pengangguran terendah di dunia.

6. Maladewa

Maladewa

travel.padi.com

Atau yang lebih dikenal dengan sebutan Maldives, negara yang memiliki luas 300 km2. Negara ini adalah negara terkecil di asia dalam hal menyangkut wilayah dan juga populasi. Negara ini dulunya merupakan tempat para koloni seperti Portugis, Belanda, dan juga Inggris namun merdeka pada tahun 1965. Negara Maladewa mendapatkan penghasilan dari wisata. Tempat ini dikenal dengan keindahan pasir putih dan juga air lautnya yang biru jernih yang membuat tempat ini menjadi tempat wisata yang populer yang ada di Samudera Hindia.
Banyak para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini menghabiskan liburan di negara Maladewa.

7. Malta

Malta

malta.intercontinental.com

Negara yang berada di kepulauan Eropa dan para penduduk di negara ini menggunakan bahasa Malta dan bahasa Inggris. Negara ini berhasil merdeka pada tahun 1963 dan pada tahun 2004 bergabung dengan Eurozone. Negara ini memiliki luas 316 persegi dan memiliki populasi penduduk sekitar 450.000 jiwa. Meskipun negara ini tidak begitu luas namun negara ini merupakan negara dengan kepadatan populasi yang tertinggi di dunia. Disini terdapat 3 pulau besar dan juga puluhan pulau yang tidak berpenghuni.

8.  Liechtenstein

Liechtenstein

worldnomads.com

Negara yang luasnya hanya 160 km2 yang merupakan negara dengan menggunakan bahasa Jerman yang diperintah oleh seorang pangeran. Atau yang lebih kita kenal dengan negara yang berada di pegunungan Alpen yang ibukotanya bernama Vaduz. Negara ini terletak di antara Swiss dan Austria, namun meskipun menjadi salah satu dari negara terkecil di dunia negara ini adalah negara terkaya di dunia oleh PDB per kapita dan dengan memiliki tingkat pengangguran terendah yaitu hanya 1,5% saja.
Negara ini tidak memiliki bandara sehingga agak sulit, sehingga para pengunjung harus melalui bandara Zurich yang berada di Swiss. Perekonomian negara ini mengandalkan dari pendapatan sektor pariwisata dan juga dari penjualan prangko.

9. Saints kitts dan Nevis

Saints kitts

blogunik.com

Adalah sebuah negara federal demokratik yang telah ada sejak bulan juli pada tahun 1983. Negara ini terdiri dari dua pulau yang letaknya di kepulauan Leeward, Karibia. Saints Kitts Dan Nelvis memang merupakan negara yang kecil atau juga dapat dikatakan sebagai Negara Terkecil Di Dunia di Amerika yang memiliki luas 261 km2. Pulau ini juga sebagai pulau yang pertama kali disinggahi oleh para orang Eropa.
Negara yang kecil ini perekonomiannya tergantung kepada setiap pariwisata, pertanian dan juga industri manufaktur kecil yang ada. Di Pulau ini kamu juga dapat melihat keindahan dibawah laut yang begitu indah. Negara ini juga terkenal sebagai negara yang mengekspor gula utama yang sudah terjadi berabad-abad lalu.

10. Grenada

Grenada

www.gov.gd

Grenada adalah negara yang memiliki luas 344 km dan merupakan negara kepulauan yang ada di Karibia. Negara ini juga bisa dikatakan sebagai negara pengekspor terbesar pala dan juga bunga pala. Disini kental dengan kebudayaan Perancis dan menggunakan bahasa Perancis karena dulu berada dibawah kolonialisasi Perancis dan berhasil merdeka pada tahun 1974. Tingkat populasi penduduk sekitar 110.000 dan negara ini terbentuk karena terjadinya aktivitas vulkanik gunung merapi bawah laut.
Itu dia negara terkecil di Dunia yang memiliki keunikan masing-masing, kita telah membahas 10 Negara terkecil Didunia, salah satunya hanya seluas 2 km2 namun negara-negara ini memiliki ciri khas. Meskipun memiliki negaranya kecil namun beberapa negara memiliki tingkat pengangguran yang sangat sedikit dan juga berpendapatan besar. Bahkan ada yang menjadi pengekspor rempah-rempah. Nah itu dia pembahasan hari ini semoga bermanfaat untuk kamu pecinta baca. Sekian dulu ya.



Leave a Reply