Mengulik Wisata Alam Kabupaten Langkat

Wisata alam Kabupaten Langkat

damanik1575162141 | Sightseeing
Langkat, Sumatera Utara, Indonesia | City Trip
28 Sep 2020


Mengulik Wisata Alam Kabupaten Langkat
Selain terkenal dengan wisata Bukit Lawang dan Tangkahan nya yg mempesona, Kabupaten Langkat juga mempunyai wisata alam yang tak kalah menarik untuk diselusuri. Apa saja? Cek this list.

How to Get There

Wisata alam Kabupaten Langkat

      Sebelum masuk ke review, cuma mau ngasih tau nih buat sobat dolan yang belum tau. Kabupaten Langkat merupakan salah satu kabupten yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Jika membahas soal kabupaten ini, wisatawan akan familiar dengan Bukit Lawang dan Tangkahan. Yap, 2 lokasi wisata ini memang menjadi unggulan dari kabupaten ini karena lokasi dan view yang diberikan benar benar memanjakan mata traveller. Next review akan saya bahas soal Tangkahan ya. Untuk saat ini ayo kota review wisata alam yang mungkin masih asing bagi Traveller luar wilayah Langkat.

      Nah, lokasi wisata alam yang akan sy review berada di Jalur desa Telagah Rumah Galuh dan Dusun Pamah, atau yang biasa orang sebut jalur Palaruga. Untuk mencapai lokasi wilayah ini, sobat dolan bisa menuju Binjai, lalu ambil jalur kiri ke Tanah Seribu, bergerak lurus ke Sei Bingai dan jalan Namu Ukur lalu berbelok kanan ke arah wilayah Palaruga. Butuh sekitar 2 sampai 2,5 jam untuk mencapai wilayah ini jika sobat bergerak dari Medan. Terdapat bus yang melewati wilayah ini, namun belum banyak. Jadi saya sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi ya. Atau travel yang memudahkan kamu.

What to Do

Di wilayah Kabupaten Langkat terdapat banyak wisata tersembunyi yang sebenarnya berpotensi besar jika dikembangkan. Berikut adalah 4 spot wisata yang saya anjurkan untuk dikunjungi saat berada di wilayah kabupaten Langkat.

1. Air Terjun Lau Berte

rekomendasi Wisata alam Kabupaten Langkat
      Di wilayah Palaruga terdapat beberapa air terjun cantik yang bisa kamu explore loh. Salah satu nya adalah air terjun Lau Berte ini. Air terjun ini masih sangat jarang dikunjungi wisatawan karena akses masuk nya yang cukup sulit dan berbahaya. Kenapa begitu? Karena disamping jalur nya masih terdapat jurang jurang yang cukup dalam dan kondisi jalan yang curam dan licin setelah hujan. Ditambah wisatawan masih harus menuruni undakan tangga yang terbuat dari Bambu, dan berpegangan erat pada tali penghubung agar tidak jatuh. Namun sesampainya di Air Terjun, sudah pasti kelelahan sobat akan terbayar dengan 2 air terjun cantik yang masih alami.

      Air nya yang jernih dan tidak dalam juga bisa sobat selami untuk merasakan segar nya air pegunungan. Worth it lah dengan perjuangan mencapai nya. By the way, untuk memasuki lokasi Wisata air terjun ini, sobat harus menyewa guide ya. Kenapa? Karena lokasi trekking nya yg cukup berat dan masuk wilayah hutan, dikhawatirkan akan membuat sobat tersesat atau terluka karena tidak menguasai medan nya dan biasanya pengunjung tidak diperbolehkan masuk tanpa Guide. Jangan bingung dimana mencari Guide nya, karena biasanya dilokasi akan ada guide yang disediakan pihak pengelola. Untuk biaya guide nya sendiri berkisar 150rb sampai 200rb tergantung tawar menawar nya. Jadi kalau bisa datang bersama teman2 ya, jadi biaya akan lebih hemat.

Wisata alam Kabupaten LangkatWisata  Kabupaten Langkat

2. Puncak One Heart Hill

      Setelah puas mengeksplor Air terjun Lau Berte, sobat dolan bisa bergerak lurus terus sekitar 45 menit sampai menemukan lokasi wisata One Heart Hill yang berada dipinggir jalan, jadi sangat mudah untuk menemukan nya. Jika masih bingung, sobat bisa bertanya pada masyarakat sekitar ya atau gunakan Maps untuk mempermudah. Wisata One Heart Hill dibangun dengan konsep Theme Park, dimana lokasinya yang berada di bebukitan membuat tempat wisata ini memiliki nilai lebih. Dengan biaya masuk Rp 10.000 per orang, sobat sudah bisa menikmati pemandangan bukit yang teduh dan menikmati taman taman cantik nya. Lokasi ini cocok sekali loh jika didatangi bersama keluarga untuk sekedar piknik menikmati weekend.

wisata bukit LawangWisata tangkahanwisata bukit

Selanjutnya kemana ? Cek list nomor 3 berikut.

3. Kolam Pamah Simelir

wisata Tangkahan
      Jika sobat masih memiliki energy lebih, sobat bisa melanjutkan perjalanan sekitar 15 menitan untuk menuju lokasi wisata Kolam Pamah Simelir di dusun Pamah ini. Dengan konsep Theme Park disertai Danau kecil dibawah pegunungan, membuat tempat ini benar benar menyejukkan mata. View danau yang dikelilingi perbukitan hijau akan buat pengunjung betah berlama lama berada disini. Ditambah udara pegunungan yang masih segar benar benar merelaksasi otak yang penat setelah seminggu bekerja. Biaya masuk nya masih Gratis, hanya saja jika kamu berminat untuk camping akan dikenakan biaya tambahan. Bagaimana? Masih mikir untuk kemari?

Wisata alam Kabupaten Langkatwisata di tangkahanWisata alam Kabupaten Langkat
      Oiya, jika sobat dolan berkesempatan mampir ke Kolam Pamah Simelir, jangan lupa untuk mampir juga di Penatapan Pamah Simelir nya ya. Disini terdapat beberapa tempat kuliner dengan view lembah hijau teduh yang pas banget untuk menemani mengisi perut kosong kamu.

Wisata alam Kabupaten Langkat
4. Puncak Akui

      Puncak ini berjarak sekitar 30 menit dari lokasi wisata Kolam Pamah Simelir. Disini sobat akan disuguhi pemandangan puncak dari bukit tertinggi di wilayah Kabupaten Langkat. Terdapat juga beberapa spot Selfie untuk kamu yang doyan foto foto. Hanya saja akses menuju nya masih sangat jelek, belum diaspal dan masih jalanan masih dipenuhi dengan kerikil kerikil tajam. Ditambah jalan yang menanjak membuat lokasi wisata ini cukup sulit untuk di kunjungi. Namun sekali lagi, view yang diberikan akan benar benar sebanding dengan perjuangan mencapai tempat nya.

Wisata alam Kabupaten LangkatWisata alam Kabupaten Langkat

      Nah, itu tadi 4 tempat wisata yang saya rekomendasi banget buat sobat sambangi kalau kalau mengunjungi wilayah Kabupaten Langkat. Sebenarnya masih banyak lagi lokasi wisata yang wajib kamu datangi saat berkunjung kesini seperti Wisata Air Terjun Tongkat, bermain air di Kolam Abadi dan Air terjun teroh tero, menikmati pemandangan alam di Bekancan River atau camping di Rumah Habitat dan bahkan menikmati bermain air di kolam Lau Kulap. Untuk tempat2 diatas mungkin akan saya review lain waktu. So, yeah, sampai bertemu lagi di next review!

 

Tips and Trick

Tips and Trick

1.      Gunakan kendaraan pribadi baik motor atau Mobil untuk menuju lokasi wisata

2.      Gunakan pakaian sopan dan cukup tebal karena udara cukup dingin

3.      Bawalah uang cukup karena belum terdapat ATM disekitar lokasi wisata

4.      Gunakan Guide untuk mengunjungi wisata Air terjun Palaruga

5.      Tidak disarankan berkunjung ke Air Terjun Lau Berte saat musim hujan, karena selain Tracking nya akan semakin sulit, air juga terlihat keruh.

6.      Jangan lupa Hape dan Kamera untuk foto foto cantik kamu

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY