Gunung Tanggung Nongkojajar - Puncak Mbah Wali yang Di Keramatkan

Gunung Tanggung nongkojajar

fandyachmad | Tourist
Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia | Hiking & Trekking
24 Sep 2020


Gunung Tanggung Nongkojajar - Puncak Mbah Wali yang Di Keramatkan
Nongkojajar memang memiliki banyak sekali pegunungan yang sangat keren untuk di nikmati dan salah satunya yang lagi hits akan keindahannya yaitu gunung Tanggung.

How to Get There

Gunung Tanggung adalah sebuah gunung yang masih berada di Desa Blarang dan masih bersebelahan dengan gunung plawangan dan gunung suwati ni guys. Gunung Tanggung atau biasanya di sebut sebagai gunung mbah wali ini memiliki keindahan yang bakal membuat anda terpesona akan viewnya. Karena gunung Tanggung ini masih sangat alami sekali dan merupakan pusat terbaik untuk menikmati view pegunungan di nongkojajar ini mulai dari ujung utara hingga ke selatan ni guys.

lalu bagaimana untuk menuju ke gunung Tanggung ini ???

Gunung Tangung ini merupakan gunung yang masih berada di Dusun Pronojiwo Desa Blarang , Tutur Nongkojajar ni guys. Nah untuk rutenya masih sama dengna menuju ke gunung suwati ni guys karena letaknya sangat berdekatan dan masih satu jalur ni guys. Nah setelah sampai di Desa Pronojiwo tepatnya di hampir akhir perkampungan , disana terdapat tempat penitipan kendaraan kita ni guys yang di jaga dan di kelola oleh warga setempat. Setelah memarkirkan kendaraan , perjalanan di lanjutkan dengan tracking kurang lebih 1.5 km ni guys untuk sampai di puncak gunung tanggung ini. sepanjang perjalanan kita akan di suguhkan oleh rimbunnya pepohonan ataupun pohon yang melindungi kita dari sinar matahari , apalagi saat melewati hutan bambu yang pastinya bisa kita gunakan sebagai tempat untuk bernaung dan istirahat sejenak karena suasananya sangat sejuk dan dingin untuk melepas penat saat perjalanan ni guys.

Oh ya guys di tengah perjalanan saat mendekati puncak disini terdapat sebuah makam dari seoarng leluhur dari desa ini guys. Dan yang penting anda harus jaga sikap dan hormati pula akan keberadaan makam ini guys. Setelah 1 jam tracking dan melewati jalur yang lumayan jauh serta menanjak juga , akhirnya kita bisa melihat sang bendara merah putih berkibar di depan kita pertanda kita sudah sampai di puncak ni guys. Dan setelah sampai di puncak gunung tanggung kita akan di sambut oleh view landscape alam yang pasti akan membuat lelah ini seolah hilang seketika dengan bayaran yang kita dapat di atas puncak ini guys. View pegunungan yang berjajar indah di depan mata serta semilir angin seolah menyapa kita disini dengan keindahannya. Di atas puncak gunung tanggung ini tergolong sangat panas ni guys apalagi saat sing hari , namun panasnya cuaca akan terkalahkan dengan pemandangan yang sangat keren seperti ini. Dan satu lagi ni guys , di atas puncak ini terdapat pula makam dari leluhur juga ni guys. Maka tak heran jika warga setempat terkadang menyebut gunung tanggung ini sebagai makam mbah wali dan di namakan makam mbah wali itu karena di gunung tanggung ini terdapat beberapa makam dari leluhur yang bisa kita kunjungi untuk berziarah ni guys.

What to Do

View di puncak gunung tanggung ini sangatlah keren sekali ni guys karena kita berada pada ketinggian 1458 Mdpl. Disisi kanan kita bisa melihat indahnya gunung plawangan dan di kiri kita bisa melihat gunung suwati , gunung gendis dan gunung sangkuk pula serta di depan belakang kita di suguhkan oleh pemandangan kabupaten malang dan indahnya kota nongkojajar yang sangat asri dan hijau yang pastinya menyejukkan mata ni guys. Mangabadikan moment adalah kegiatn wajib yang bisa kita lakukan disini , dengan memakai camera andalan kita baik smartphone , action cam atau camera profesional ni guys karena setiap sudut gunung tanggung ini memiliki keindahan yang berbeda dan pastinya membuat anda bingung untuk mengambil moment sebanyak – banyaknya saking indahnya ni guys. selain berfoto kegiantan yang bisa kita lakukan disini adalah makan berssama untuk mengisi tenaga lagi setelah tracking yang menguras tenag tadi ni guys. Makan di atas puncak adalah moment makan yang sangat keren dan paling nikmat apalagi makan bersama-sama ni guys ya meski cuaca disini sangat panas sekali. Selain makan dan berfoto disini kita juga bisa menikmati milkway namun saat pagi hari sekitar pukul 5 hingga 6 pagi biasanya ni guys. serta tak lupa pula moment sunrise yang siap memanjakan kita saat sang surya hendak muncul di depan kita ni guys. Biasnaya untuk menikmati moment pagi tersebut anda harus camping di sekitar area puncak gunung tanggung ini yang telah disediakan disini. Dan yang terpenting ni guys karena ini merupakan gunung mbah wali , selama berada di gunung tanggung ini , kita harus jaga sikap , omongan dan menghormati akan makam leluhur disini guys.

nah gimana guys masih ragu untuk menikmati view serta religiusnya gunung tanggung ini , yuk berkunjung ke Nongkojajar untuk bisa menikmati view alam yang sangat memukau ini guys.

Gunung Tanggung nongkojajarGunung Tanggung nongkojajar - Puncak mbah Wali yang dikeramatkan

Gunung Tanggung nongkojajarGunung Tanggung nongkojajar

wisata Gunung Tanggung nongkojajar

Tips and Trick

 

Tips dan Trick sat berkunjung ke gunung Tranggung :

   1. Pakai sunblock karena cuaca tergolong panas ni guys di atas puncak

   2. Bawa makanan dan minuman untuk energy kita selama pendakian

   3. Camping jika ingin menikmati view milkway di pagi hari

   4. Bawa camera andalan kalian untuk mengabadikan moment disini

   5. Pakai alas kaki yang nyaman selama pendakian ke gunung tanggung ini.

Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY