Kuliner

7 Rekomendasi Nasi Kandar Paling Enak di Malaysia

Nasi lemak memang dikenal sebagai makanan khas Malaysia. Namun, ternyata ada nasi kandar juga dikenal disana, khususnya wilayah Penang. Traveler sedang berada di Malaysia? Tidak ada salahnya menjajal kuliner satu ini.

Nasi Kandar, Makanan Khas Malaysia Sejak Abad 19

Nasi Kandar paling enak dikenal sebagai makanan nasi dengan berbagai lauk yang diguyur kuah kari kental. Disinyalir makanan ini muncul pertama kali di Penang sejak abad 19, dimana makanan ini menjadi menu sarapan favorit para buruh pelabuhan Weld Quay Port. Pada waktu itu, para penjual nasi kandar menjajakan makanan ini dengan cara dipikul di bahu. Kandar sendiri memiliki arti “bahu”.

Dalam perkembangannya, sejak para tahun 70-an penjual nasi kandar tak lagi memikul dagangannya. Mereka mulai membuka kedai-kedai dengan hidangan nasi kandar sebagai menu utama. Hal itu bertahan sampai sekarang. Saking legendaris dan larisnya, restoran-restoran yang memasukkan menu nasi kandar ke dalam daftar menu banyak tersebar di Penang dan Kuala Lumpur.

Diantara restoran-restoran tersebut, pasti ada beberapa restoran yang begitu diminati para traveler kuliner khas Malaysia. Kami telah menghimpun 7 restoran yang menyediakan nasi kandar paling enak dalam daftar menunya.

Restoran Nasi Kandar di Wilayah Penang

1. Nasi Kandar Line Clear

Nasi Kandar Paling Enak
thehive.asia

Nasi kandar khas Penang bisa traveler cicipi di restoran Line Clear, yang letaknya berada di sebuah gang kecil, dekat Jalan Penang Georgetown. FYI, sebelumnya traveler ketahui dulu, bila harga di resto ini sedikit lebih mahal dibanding resto lain. Tapi hal itu worth it kok, karena makanannya melimpah banget.

Citarasa yang ditawarkan di resto ini pada dasarnya sama dengan resto lain. Hanya saja, traveler yang tidak menyukai rasa pedas sebaiknya perlu berpikir ulang untuk mencicipi nasi kandar disini. Banyak orang mengatakan rasa pedas nasi kandar di tempat ini melebihi tempat lain. Namun bagi traveler Indonesia yang memang doyan pedas tampaknya tidak ada masalah ya. Ayam dan sotong yang disediakan disini bisa menggugah selera berkulineran traveler.

Selain, menawarkan menu nasi kandar paling enak, restoran Line Clear juga menawarkan menu makanan yang khas yaitu kari kepala ikan yang besar. Traveler sedang ada di Penang? Coba buka koordinat berikut (5.420998, 100.332461) di aplikasi peta smartphone. Sambil jalan, perhatikan plang-plang yang cukup gampang dikenali.

2. Nasi Kandar Restoran Deen

Nasi Kandar Paling Enak
gostansikit.blogspot.com

Salah satu restoran nasi kandar yang terkenal di Penang adalah Deen. Peminat nasi kandar ditempat ini mengklaim bahwa restoran ini salah satu yang terbaik di Penang dengan rasa yang lebih enak dibanding Restoran Line Clear dan Restoran Beratur. Disamping itu, traveler juga akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah daripada dua restoran tersebut.

Kuah kari yang disiram ke nasi bisa disesuaikan berdasarkan permintaan traveler. Kadang tanpa diminta pun pramusaji akan menakar kuah kari berdasarkan ukuran tubuh traveler. Oiya, resto ini mulai buka dari jam 1/2 1 siang sampai jam 4 pagi. Traveler ini mengunjungi resto ini demi memuaskan hasrat kulineran? Buka koordinat (5.388672, 100.312576) di smartphone. Dijamin sampai!

3. Nasi Kandar Restoran Liqayat Ali / Beratur

Jika suatu saat traveler plesir ke Penang-Malaysia, dan tiba-tiba ingin mengonsumsi makanan khas carilah nasi kandar Liqayat Ali yang ada di Jl. Kapitan Keling. Nama lain dari resto ini adalah Nasi Kandar Beratur.

Penamaan ini bukan tanpa alasan. Ini karena para pecinta nasi kandar paling enak se-Malaysia rela antri untuk mendapatkan kenikmatan hakiki dari menu makanan satu ini – traveler membutuhkan waktu sedikitnya 30 menit. Ketik koordinat (5.417015, 100.337633) supaya traveler sampai restoran ini tanpa tersasar. Oiya restoran ini buka jam 10 malam.

4. Nasi Kandar Restoran Mohammed Raffee

Nasi kandar memang menu yang jadi favorit hampir sebagian masyarakat Penang. Hampir semua resto yang menawarkan menu makanan ini selalu laris diserbu pembeli. Salah satu restoran yang punya nasi kandar paling enak adalah Restoran Mohammed Raffee. Letaknya ada di Jalan Burma (5.430531, 100.312772).

Bentuk Restoran Mohammed Raffee mirip dengan warung padang yang ada di Indonesia. Dan lagi-lagi akan dijumpai para pecinta nasi kandar yang mengular menuju etalase restoran tersebut. Beberapa pengunjung bahkan makan di bagian depan restoran dengan bangku dan meja plastik. Nasi, lauk, dan kuah yang dijejalkan ke piring sedikit – sedikit lagi mau tumpah maksudnya, alias banyak.

Restoran ini memang menyediakan menu makanan lain. Tapi rata-rata pengunjung ingin menyantap nasi kandar yang sudah terkenal itu.

5. Nasi Kandar Restoran Kampong Melayu

Satu lagi nasi bandar paling enak di Malaysia dimiliki oleh Restoran Kampong Melayu. Traveler bisa menemukan resto ini ada di Jalan Pisang Tanduk – Kampong Melayu (5.400567, 100.284348). Antrian pengunjung di tempat ini akan mengular dari pagi.

Sama seperti restoran lainnya, traveler akan menemukan isi nasi kandar berupa nasi dan lauk yang diletakkan di atas piring lalu diberi bumbu kuah kari yang pedas. Restoran ini beroprasi sejak jam 6 pagi sampai 1 pagi dini hari, tapi pada tengah hari akan tutup sebentar.

Restoran Nasi Kandar di Wilayah Kuala Lumpur

6. Nasi Kandar Pelita

Nasi Kandar Paling Enak

Justgola

Sekilas, nasi kandar yang disajikan di restoran yang berlokasi di Jl Ampang Kuala Lumpur ini mirip nasi Padang versi India. Kuah karinya kental dan terasa lebih kuat. Tidak bisa dipungkiri, nasi kandar memang teralkulturasi dari makanan bergaya India. Traveler bisa memilih beragam lauk, seperti ayam goreng, udang, babat kambing, sayur timur, sotong, dll.

Jika berkesempatan mampir di restoran ini minta “kuah campur” pada pramusajinya, nasi kandar yang traveler pesan nanti akan diguyur sekitar lima jenis kari yang tersedia disana. Soal rasa? Hmm… semlitut banget! Untuk bisa sampai di restoran ini dan tidak tersasar, traveler bisa memasukkan koordinat ini (3.158011, 101.708381) di aplikasi maps smartphone. Kapan pun traveler lapar cus ke restoran ini untuk menyantap nasi kandar paling enak se-Malaysia, karena restoran ini bukan 24 jam.

7. Nasi Kandar Mohd Yaseem

Nasi Kandar Paling Enak

Vkeong.com

Restoran Mohd Yaseem yang ada di Jalan Tuanku Abdul Rahman ini mengklaim sebagai penjual nasi kandar kawakan di Malaysia. Menurut info dari pihak restoran, mereka telah membuka restoran sejak 50 tahun silam, cukup tua. Dan memiliki hubungan dengan restoran bernama sama yang ada di Penang. Perbedaannya terletak pada nama restoran – di Penang traveler akan mendapati nama “Mohd Yaseen”, sedangkan di Malaysia “Mohd Yaseem”.

Karena sudah berdiri lama, resto ini sudah punya nama dan pelanggan. Itulah kenapa restoran 24 jam ini selalu dipadati pengunjung walaupun sudah bukan jam makan malam. Saking larisnya, banyak menu makanan habis dan sedang dimasak kembali. Jika traveler bersedia menunggu beberapa saat mungkin akan mendapatkan menu yang diinginkan.

Walaupun agak mahal, nasi kandar paling enak disini cukup melimpah dan enak untuk lidah orang Melayu. Cocok untuk traveler asal Indonesia. Untuk bisa sampai kesini, sebaiknya traveler mengakses koordinat (3.160991, 101.697622) di aplikasi smartphone.

Join The Discussion