10 Makanan Khas Sarawak Kelezatan Bertabur Rempah


sisil angelin  August 5, 2021  0 Comment

Makanan khas Sarawak adalah salah satu negara bagian yang ada di Negara Malaysia, dan banyak yang menyebutkan jika Serawak ini memiliki suasana yang berbeda dari Malaysia. Makanya tak heran jika banyak sekali wistaawan penasaran dengan Serawak, dan tentunya ingin menjelajahi Serawak. Selain memiliki banyak destinasi wisata Serawak juga memiliki banyak sekali kuliner khas yang enak, unik, dan pastinya wajib kalian coba saat berada di Serawak. Untuk kamu yang mau berkunjung ke Serawak wajib banget simak artikel dibawah ini, karena kali ini GoTravelly bakalan kasih tau kalian makanan khas Sarawak yang wajib kalian cicipi saat berada disana. Nah daripada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh
asianinspirations.com.au

Kuliner yang akan kita bahas pertama ini adalah Bak Kut Teh. Kuliner yang satu ini sebenarnya berasal dari Tionghoa dengan campuran bumbu Malaysia, dan Bak Kut Teh ini juga bisa kamu temukan di Kepulauan Riau yang ada di Indonesia loh! Bak Kut Teh ini sebebnarnya terdiri dari tulang iga babi yang dimasak dengan kuah rempahh-rempah yang menjadi kuah Bak Kut Teh. Untuk rasa dari Bak Kut Teh ini terasa asam, manis, gurih, dan kuah dari Bak Kut Teh ini memang sangat sempurna dimakan dengan iga babi yang lembut. Jadi makanan non halal ini memang rekommended banget untuk kamu yang lagi cari kuliner non halal di Serawak. Ohya biasanya Bak Kut Teh ini dimakan bersama dengan cakwe nasi putih, dan secangkir teh tieguanyin, Jadi tunggu apalagi yuk cari Bak Kut Teh di Serawak.

paket wisata murah

Ke Malaysia, Wajib Nyobain Nasi Kerabu Berwarna Biru Ini

Sedapnya Laksa Nyonya Dan Laksa Penang, Kuliner Malaysia Wajib Coba

2. Chee Cheong Fun

Chee Cheong Fun
danielfooddiary.com

Chee Cheong Fun ini sebenarnya berasal dari Kanton yang ada di China, dan Chee Cheong Fun ini menjadi salah satu makanan yang di sukai masyarakat Malaysia serta wisatawan yang berkunjung ke Malaysia. Makanya tak heran jika Chee Cheong Fun sering disebut makanan khas Malaysia. Chee Cheong Fun ini menjadi salah satu hidangan yang temasuk dalam kategori dimsum guys! Chee Cheong Fun memiliki sebutan lain yaitu ‘Usus Babi’. Namun jangan khawatir meskipun sebutannya Usus Babi, tapi makana yang satu ini tidak mengandung babi kok guys! Hanya penamaannya saja. Nah Chee Cheong Fun ini terbuat dari mie beras yang diisi daging sapi, udang cincang, sayuran, dan bumbu. Nah kenapa Chee Cheong Fun ini disebut dengan Usus Babi? karena bentuk dari Chee Cheong Fun ini menyerupai usus babi.

3. Cucur Udang

Cucur Udang
asiaone.com

Camilan selai Chee Cheong FUn ternyata di Serawak juga ada Cucur Udang loh! Jadi Cucur Udang ini terdiri dari tepung terigu yang diberi irisan kucai, bumbu, sayuran, dan udang segar cincang setelah bahan tersebut tecampur Cucur Udang ini akan di goreng. Sehingga memiliki bentuk, dan rasa yang hampir sama dengan Ote-ote yang ada di Indonesia. Cucur Udang ini menjadi salah satu hidangan khas yang disukai wisatawan, dan pastinya masyarakat Serawak. Makanya tak heran jika sangat mudah untuk menemukan Cucur Udang ini di Serawak. Untuk rasa dari Cucur Udang ini asin, manis, dan sangat gurih ditambah dengan potongan udang membuat Cucur Udang ini terasa sangat sempurna saat masuk kedalam mulut.

4. Kek Lapis Sarawak

Kek Lapis Sarawak
mymodernmet.com

Kek Lapis Sarawak ini mmeang sangat populer sekali di Malaysia, dan Kek Lapis Sarawak ini memang menjadi bua tangan yang paling pas untuk kamu yang lagi berkunjung ke Serawak. Kek Lapis Sarawak ini memiliki bentuk, dan warna yang cantik. Ohya Kek Lapis Sarawak juga menjadi salah satu kue tradisional asal Malaysia yang biasanya wajib ada saat perayaan besar seperti Natal, Idul Fitri, dan ulang tahun. Jadi jangan lewarkan untuk mencicipi Kek Lapis Sarawak saat kalian berkunjung ke Malaysia.

5. Kolo Mee

Kolo Mee
lucasartor.com

Kuliner yang akan kita bahas diurutan kelima ini memang sangat mudah ditemukan di Malaysia, dan Serawak. Kolo Mee ini menjadi makanan khas yang berasal dari Kuching Sarawak. Kolo Mee menjadi makanan kesukaan raja yang ada di China pada jaman dahulu, dan Kolo Mee ini biasanya terdiri dari mie yang diberi potongan daging Babi. Namun seiring berjalannya waktu Kolo Mee ini ada yang diolah menggunakan daging sapi. Jadi Kolo Mee ini wajib banget kalian coba saat berkunjung ke Serawak ya! banyak sekali kedai, cafe, depot, dan restoran yang menawarkan menu Kolo Mee dengan varian yang berbeda-beda. Untuk rasa dari Kolo Mee manis, asin, gurih, dan mie yang digunakan untuk Kolo Mee ini memiliki tekstur yang kenyal. Kalian bisa bayangkan betapa lezatnya rasa Kolo Mee ini?

6. Umai

Umai
desainruangancantik.blogspot.com

Umai ini adalah ikan mentah yang diolah dengan cara direndam dengan bawang merah, cabai, bawang putih, gtaram, bumbu penyedap, dan hal ini tentunya membuat ikan tersebut tidak memilik bau amis. Umai ini biasanya menggunakan ikan bawal putih, ikan terubuk, ikan parang, ikan bawal hitam, atau udang. Jadi untuk Umai ini menjadi hidangan khas Malaysia yang wajib banget kalian cicipi saat berada di Malaysia.

7. Karipap

Karipap
cikmatahariku.blogspot.com

Karipap ini menjadi makanan khas Malaysia yang terkenal sekali dibeberapa negara yaitu Thailand, dan Singapore. Makanya tak heran jika Karipap ini sangat mudah ditemukan di Malaysia, dan Karipap ini mirip sekali dengan pastel yang ada di Indonesia. namun meskipun bentuknya mirip pastel, ternyata isian dari Karipap ini sangat berbeda. Jadi Karipap ini memiliki isian kentang, kada hitam, rempah, dan daging yang melimpah. Selain daging sapi Karipap biasanya memiliki beraneka varian isian diantaranya ada Karipap ayam, Karipap ikan, dan Karipap sarden. Kalian bisa sesuaikan dengan lidah kalian ya ingin mencoba Karipap isian apa.

8. Nasi Kadar

Nasi Kadar
galeri.id

Nasi Kadar memang tidak boleh dilewatkan untuk kalian yang mampir ke Malaysia, karena Nasi Kadar ini menjadi salah satu hidangan yang berasal dari Pulau Pinang, dan sangat mudah kalian temukan saat berada di Sarawak. Nasi Kadar ini terdiri dari nasi, ayam, udang, kerupuk emping, dan Nasi Kadar akan diguyur dengan bumbu kari yang melimpah. Nasi Kadar ini memang memiliki rempah-rempah yang strong, dan sangat terasa saat masuk kedalam mulut. Namun Nasi Kadar ini sangat lezat! Jadi jangan lewatkan untuk mencicipi Nasi Kadar saat berada di Serawak ya!

9. Keropok Lekor

Keropok Lekor khas Sarawak
cookpad.com

Keropok Lekor adalah hidangan khas Malaysia yang menjadi camilan khas Malaysia yang memiliki banyak sekali penggemar. Keropok Lekor ini adalah kerupuk ikan yang memiliki rasa manis, asin, dan tekstur yang kriuk. Keropok Lekor ini bisa menjadi pilihan kalian untuk dijadikan oleh-oleh loh! Jadi tunggu apalagi yuk cobain kerupuk khas Melayu ini.

10. Ayam Percik

Makanan khas Sarawak
friedchillies.com

makanan Khas Sarawak yang akan kita bahas terakhir ini adalah ayam yang dilumuri dengan banyak sekali jenis rempah dari Malaysia. Sehingga saat kalian memakan Ayam Percik ini akan merasakan hidangan ini kaya akan rempah. manis, pedas, asin, dan rempah-rempah memang menjadi perpaduan yang sempurna saat masuk kedalam mulut. Ayam Percik ini bisanya di panggang, dan memang dibiarkan sedikit hangus agar memberikan aroma yang sedap saat matang. Ayam percik biasanya dimakan bersama nasi hangat. Jadi tunggu apalagi yuk masukin ayam percik kelist kuliner yang wajib dicicipi saat berkunjung ke Malaysia, serta jelajah kuliner di Sarawak ya!



Leave a Reply