10 Nasi Goreng Babat Paling Enak di Semarang, Rasanya Nendang!


sisil angelin  January 16, 2019  0 Comments

Nasi Goreng Babat Semarang – Semarang terkenal tempat wisatanya, tapi makanan khas di kota ini tak kalah terkenalnya. Tahun 2015, Kementerian Pariwisata bahkan pernah menobatkan Semarang sebagai destinasi wisata kuliner unggulan. Salah satu kuliner unggulan yang ada di Semarang itu adalah nasi goreng babat.Di kota berjuluk “Venetie van Java” ini banyak tersebar warung nasi goreng babat. Beberapa diantaranya bisa dikatakan warung legendaris karena sudah buka lama. Berikut ini, kami rekomendasikan kuliner lokalitas nasi goreng babat khas Semarang.

Nasi Goreng Babat Semarang

1. Nasi Goreng Babat Pak Karmin

Nasi Goreng Babat Pak Karmin di Semarang
goodindonesianfood.com

Di Semarang, ada warung nasi goreng babat legendaris. Namanya Warung Pak Karmin. Warung yang usianya hampir setengah abad itu, buka sejak 1971, selalu ramai pengunjung setiap harinya. Hampir dipastikan pengunjung yang ingin menikmati nasi goreng babat Pak Karmin harus rela mengantri, sedikitnya 30 menit.

Apa resep rahasia Pak Karmin dalam membuat nasi goreng babat paling enak di Semarang ini? Rupanya, bumbu rempah yang tidak pernah dikurangi dan pemilihan kualitas babat segar. Untuk membuat babat empuk dan tak berbau, Pak Karmin juga merebusnya selama 8 jam. Tentu saja, semua itu juga dipadukan dengan bumbu nasi gorengnya. Perpaduan pas antara nasi goreng dan babat akan menciptakan nasi goreng babat yang enak.

Ingin mencicipi nasi goreng babat Pak Karmin? Datang saja ke samping Jembatan Mberok, tak jauh dari Kota Lama. Atau mungkin bisa datang di beberapa cabangnya, seperti di Jalan Gajah Mada atau di Telaga Mas.

Baca juga :  8 Makanan Tradisional Jogja Terkenal Enak Sejak Dulu
restoran terdekat

The Blue Lotus Coffee House

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

Serabi Solo Rahayu, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

2. Nasi Goreng Babat Pak Taman

Nasi Goreng Babat Pak Taman semarang
m.merdeka.com

Selain nasi goreng babat Pak Karmin, ada lagi nasi goreng paling enak di Semarang, yang dibuat Pak Taman. Warung nasi goreng ini juga tergolong sudah lama bukanya, sejak 1986. Lokasinya terletak dekat Stadion Diponegoro. Walaupun warungnya tidak besar, tapi warung nasi goreng Pak Taman mudah ditemukan.

Konon, Pak Taman tadinya karyawan Pak Karmin. Setelah “berguru” pada sang senior, dia pun membuka lapak sendiri. Cara mengolahnya pun mirip. Pak Taman mengutamakan kesegaran dan kualitas babat yang dipakainya. Sebab, hal itu akan berdampak pada cita rasa masakan. Untuk mendapatkan keempukan tertentu, dia merebus jeroan sapi selama 4 jam. Satu lagi, biar hasilnya optimal, nasi goreng yang akan disajikan ke pelanggan dimasak satu per satu.

Sekarang Pak Taman tidak mengurusi langsung warungnya. Semua, bagian pengolahan sajian, diserahkan pada sang Istri, Bu Tukini.

3. Nasi Goreng Babat Hengky

 Nasi Goreng Babat Hengky

Travelingyuk.com

Satu lagi warung nasi goreng babat “gaek” yang ada di Semarang, yaitu Warung Pak Hengky. Warung yang sudah ada sejak 1988 ini konon menjadi warung favorit “maknyus” Alm. Bondan Winarno.

Cara pengolahan bahan-bahannya sama. Tapi ada satu hal yang unik disini, yaitu penggunaan kayu  sebagai bahan bakarnya ketika menggoreng nasi. Cara ini dinilai membuat nasi goreng buatan Pak Hengky harum serta gurih. Selain nasi goreng babat, ada menu lain juga yang ditawarkan di warung ini, antara lain: nasi goreng telur, babat gongso, dan paru sapi goreng.

Penasaran nasi goreng paling enak di Semarang satu ini? Kunjungi Jalan Puri Anjasmoro Blok K.

Baca juga :  Top 10 Makanan Khas Mojokerto Rekomended + Oleh-Oleh Pilihan

4. Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono

Nasi Goreng Babat Pak Sumarsono semarang

Travelingyuk.com

Tak jauh dari lokasi warung nasi goreng Pak Hengky, ada warung nasi goreng babat lainnya, milik Pak Sumarsono. Nasi goreng babat buatan
Pak Sumarsono juga terkenal kelezatannya. Di sini, para pengunjung juga bisa memilih menu lain, seperti nasi goreng telur, babat gongso, dll.

Ada yang menyebutkan kelezatan nasi goreng Pak Sumarsono tercipta dari bahan bakar kayu saat memasaknya. Apalagi menyantapnya selagi masakan masih hangat.

Lokasi warung nasi goreng babat Pak Sumarsono berada di Jalan Anjasmoro Raya, Karangayu, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah.

5. Nasi Goreng Babat Padang Bangjo

Nasi Goreng Babat Padang Bangjo semarang

Travelingyuk.com

Rekomendasi nasi goreng babat paling enak di Semarang berikutnya adalah Warung Bangjo. Berdiri sejak tahun 2006-an.

Rasa nasi goreng babat yang ditawarkan warung Bangjo berbeda dari nasi goreng babat lainnya. Disini, para pelanggan akan disuguhkan rasa pedas khas Padang, yang cenderung “spicy” mirip masakan India. Level pedasnya pun bisa disesuaikan. Dari “pedas-sedang”, “pedas”, sampai “pedas-banget”.

Selain nasi goreng babat, ada lagi menu lain inovasi warung Bangjo, yaitu nasi goreng Thailand dan Arab. Tentu saja, menggugah selera pecinta nasi goreng.

Penasaran dengan rasa pedas dari nasi goreng babat Bangjo? Datang saja ke Jalan Hasanudin I, buka tiap hari jam 3 sore sampai 10 malam.

6. Nasi Goreng Babat Pak Kumis

Nasi Goreng Babat Pak Kumis
fatmawati.business.site

Nasi goreng babat Pak Kumis menjadi makanan favorit warga Semarang. Rasanya pedas dan manis, sedangkan babatnya empuk dan lembut. Ini yang bikin nagih dari nasi goreng ini. Di warung Pak Kumis, para pelanggan tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan sepiring nasi goreng babat. Hanya 15 menit saja.

Pak Kumis tak cuma menyajikan menu nasi goreng babat saja. Ada menu lainnya, antara lain: nasi goreng ayam, nasi goreng pete, babat gongso, dll. Lokasi warung nasi goreng babat paling enak di Semarang ini ada di Jalan Fatmawati. Buka tiap sore hingga tengah malam.

Baca juga :  7 Mangut Enak di Semarang Bikin Manggut-manggut Keenakan!

7. Nasi Goreng Babat Pak Di

Nasi Goreng Babat Pak Di semarang
ramadhantriwijanarko.wordpress.com

Warung nasi goreng babat Pak Di merupakan warung nasi goreng babat paling enak di Semarang. Para pelanggan yang datang ke warung ini sebaiknya menyiapkan diri menunggu. Antrian untuk bisa menikmati sepiring nasi goreng babat lumayan panjang. Maklum warung ini ramai dikunjungi tiap harinya. Anda bisa datang ke Jalan Gang Pinggir untuk menikmati sepiring nasi goreng babat pedas dan manis.

8. Nasi Goreng Babat Akbar

Babat Akbar

Travelingyuk.com

Nasi goreng babat Akbar tak boleh dilewatkan jika Anda bertandang ke Semarang. Ini salah satu warung yang menawarkan menu nasi goreng paling enak di Semarang. Potongan babat dicampur bumbu dan dimasak minyak goreng, menghasilkan satu porsi nasi goreng semlitut. Lokasi warung nasi goreng babat Akbar tak jauh dari warung Pak Marsono dan Pak Hengky. Tepatnya di Jalan Anjasmoro Tengah I No. 16.

9. Nasi Goreng Babat Pak Min Sentot

Nasi Goreng Pak Min Sentot
ramadhantriwijanarko.wordpress.com

Warung nasi goreng babat paling enak di Semarang juga ada di Jalan Sukun Raya. Tepatnya di Warung Pak Min Sentot. Di warung ini, para pecinta kuliner nasi goreng akan disuguhkan nasi goreng babat dengan kecap pekat. Harga yang miring dibandingkan warung lainnya, tak membuat warung nasi goreng babat ini kehilangan cita rasa semlitut-nya. Lokasi warung nasi goreng babat Pak Min Sentot berada di Jalan Sukun Raya No. 21.

10. Nasi Goreng Babat Pak Sabar

Nasi Goreng Babat Pak Sabar

ibupenyu.com724

Salah satu warung nasi goreng babat paling enak di Semarang adalah warung Pak Sabar. Meskipun warungnya hanya berukuran 3 x 5 meter, tapi menu nasi goreng babatnya juara. Banyak pelanggan rela antri demi mendapatkan sepiring nasi goreng di warung yang berlokasi di Jalan Depok 45. Banyak artis ibukota mampir di warung yang didirikan tahun 1981.

Nama Pak Sabar bukanlah nama pemiliknya. Sabar diambil lantaran pembeli yang ingin menikmati nasi goreng disini harus sabar antri. Kini, warung Pak Sabar dikelola Jatmiko (generasi kedua).



Leave a Reply

One Response
  1. Budi says:

    Kalau lagi bosen sama babat, nasi goreng kimchi nya “Dari OMA” juga bisa dicoba. Cuma lewat ojol tapi.