80 views | 0 Likes

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

0 star (from 0 people)
Gresik, Jawa Timur, Indonesia
Category: halal

Posted on 22 November 2019, 11:00:00
Zulfa
Tourist

Dalam setiap kelembutan rasa serabi terkenang kota Solo dengan segala keramah tamahannya

Culinary Detail

 

Alhamdullilah ya, beberapa minggu yang lalu keluarga saya dikasih oleh oleh  tetangga tahu bakso Semarang dan  Serabi Solo. Rasanya mantep. Karena jumlahnya nggak banyak, jadinya kurang. Pingin lagi. Hehehe

Saya ingat waktu jalan jalan  di daerah GKB (Gresik Kota Baru)  melihat sebuah Kedai Serabi. Aroma gurihnya menggugah selera hingga ke jalan utama. Dan ramai dikerumunin pembeli. Tapi waktu itu saya lagi nggak pingin serabi, jadinya lewat saja.

serabi solo rahayu


Nah, pas Minggu kemarin pagi setelah jogging, pingin sarapan serabi, saya kunjungi Serabi Solo yang berada tepat di Jl. Bajar baru – GKB ini. Namanya Serabi Solo Rahayu. Berseberangan dengan Bakso Kikil GKB yang terkenal itu.

Sampai di Serabi Solo Rahayu, suasana masih sepi. Saya pikir mungkin masih pagi jadi belum banyak pembeli. Ternyata, sudah ada banyak pesanan yang antri.

serabi solo rahayu


Serabi Solo Rahayu ini kedainya tidak terlalu besar. Serabinya disajikan fresh from cetakan. Jadi ketika ada pesanan, pembeli bisa melihat langsung pembuatan serabi. Paling suka kalau pas kulineran dan bisa melihat cara memasaknya sekalian.

Serabi Solo Rahayu menawarkan lima rasa Serabi, yakni rasa original, keju, coklat, pisang dan nangka. Harganya Rp. 2500. Saya pesan 10 buah Serabi. Lima buah serabi rasa keju dan 5 lainnya dengan rasa campur.

Sambil nunggu pesanan selesai, saya menikmati proses pembuatan serabi. Ditemani aromanya yang bikin perut yang  laper tambah laper. Sungguh bikin ngiler. Nggak sabar pingin melahapnya hangat hangat.

Serabi Solo rahayu memiliki 12 cetakan serabi. Jadi sekali masak mereka bisa membuat banyak serabi sesuai pesanan. Sayangnya masaknya menggunakan kompor gas. Coba kalau dimasak dengan arang, hmmmm pasti tambah enak.

serabi solo rahayu

serabi solo rahayu


Untuk membuat serabi, adonan tepung dan santan encer dituang kedalam cetakan. Kemudian masing masing cetakan ditambahkan dengan adonan santan. Dengan menggunakan centong, adonan diatas cetakan dibuat sedikit melebar melingkar ke cetakan. Ini untuk membuat pinggiran serabi sedikit krispi dan membuat bentuknya semakin menarik.

serabi solo rahayu


Setelah itu masing masing cetakan diisi dengan topping sesuai pesanan. Ada parutan keju, potongan nangka, potongan pisang dan untuk rasa coklat menggunakan meses. Nah ini yang menarik dan membuat spesial, menunggu masak cetakan ditutup dengan penutup yang terbuat dari tanah liat. Jadi lebih authentik meski dimasak tidak dengan menggunakan arang.

Setelah masak, serabi ditaruh diatas tampah beralaskan daun pisang. Ini yang spesial yang menjadi pembeda dengan serabi daerah lainnya. Jika kamu pernah menikmati Serabi Solo Notosuman yang terkenal itu, Serabinya dibungkus dengan daun pisang. Begitu pula dengan Serabi solo Rahayu, masing masing serabi digulung kemudian dibungkus dengan daun pisang. Daun pisang ini tak hanya membuat Serabi memiliki aroma yang khas tapi juga rasa.

serabi solo rahayu

serabi solo rahayu



Sampai dirumah, saya lahap langsung selagi hangat. Tekstur serabi  lembut banget. Tepungnya nggak terlalu padat. Santannya juga ringan terasa. Manisnya pas. Ketika dikunyah rasanya kenyal lembut, enak. Makan banyak juga nggak neq.

Paling suka rasa original dan keju. Rasa original dalam setiap kunyahannya mengingatkan saya akan kenangan kota Solo. Penduduk yang ramah dalam gerak kehidupan yang terasa begitu lambat. Bener bener menikmati.  Untuk rasa keju rasanya nge blend, ada rasa sensasi semburat rasa asin berpadu ciamik dengan rasa gurih manis serabi.

serabi solo rahayu

serabi solo rahayu


Untuk kamu yang berada di daerah kota Gresik dan ingin menikmati Serabi Solo dengan rasa lembut dan authentik, Serabi Solo Rahayu bisa menjadi pilihan. Harganya juga ramah di kantong.

 

 

Opening Hours

08.00 - Habis (sore)

Gallery (9)

Comments (0)