Maniskan Lidah dengan 7 Manisan Khas Turki yang Juga Cocok Buat Oleh-Oleh


sisil angelin  April 2, 2019  0 Comment

Setiap kali berkunjung ke suatu tempat pasti tak lupa membeli oleh-oleh, termasuk ketika liburan ke Turki. Mengunjungi Turki terasa tak lengkap kalau belum mencicipi camilan manisan atau Turkish delight yang khas. Anda bisa menemukan manisan khas Turki berikut ini di pasar maupun tempat wisata ikonik di Turki.

Nih cobain lezatnya manisan khas Turki

1.      Lemon Turkish Delight

Umumnya manisan Turki memiliki rasa seperti bunga mawar atau menyerupai bunga lainnya. Tapi, ada pula manisan khas Turki berupa Lemon Turkish Delight yang bercita rasa kombinasi rasa asam alami dan sedikit manis namun tetap yummy. Manisan ini terbuat dari sirup jagung, kanji tepung jagung, ekstrak lemon, pewarna makanan berwarna kuning, gula pasir dan gula bubuk.

Lemon Turkish Delight yang sering dijual di pasar maupun toko oleh-oleh umumnya dibuat secara hand made kemudian dipotong tanpa menggunakan mesin sehingga menghasilkan ukuran dan bentuk yang tak sama. Karena tak mengandung bahan-bahan hewani, camilan manisan dari Turki ini aman bagi vegetarian maupun orang yang mencari camilan halal serta tak menyebabkan alergi.

review kuliner

Kemeriahan Festival Cahaya Terbesar Di Dunia

Quality Time Dan Nongkrong Asik Di Colab Cafe Surabaya!

2.      Rose & Lemon Turkish Delight

Rose
delivignette.com

Selain lemon murni, ada pula manisan khas Turki rasa lemon yang dikombinasikan dengan rasa bunga mawar. Seperti manisan lemon, Rose & Lemon Turkish Delight sangat mudah dibuat secara manual dengan tambahan ekstrak air mawar. Kombinasi rasa mawar dan lemon menciptakan cita rasa sedikit asam dan manis dalam balutan gula bubuk yang lembut. Berkat rasanya yang unik, Rose & Lemon Turkish Delight menjadi salah satu manisan paling populer di Eropa.

Demi menambah rasa, biasanya Rose & Lemon Turkish Delight menggunakan tambahan ekstrak sayuran seperti wortel, ubi dan apel. Tak jarang pula lapisan luarnya ditaburi kacang sehingga memberi sensasi renyah dan kenyal ketika pertama kali digigit. Meski aman bagi vegetarian, Anda harus membaca keterangan bahan-bahan pembuat manisan ini terutama jika memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

3.      Koska Hazer Baba Hazelnut Pistachio Coco Turkish Delight

Koska Hazer Baba Hazelnut Pistachio
amazon.co.uk

Manisan khas Turki ini memiliki rasa kombinasi antara kacang hazelnut dengan cokelat. Turkish Delight Koska Hazer Baba Hazelnut Pistachio Coco Turkish Delight ini dijual dalam kemasan berukuran 125 gram hingga 500 gram. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp. 135.000 sampai Rp. 250.000.

Bahan-bahan pembuat manisan ini merupakan bahan alami sehingga cocok bagi vegetarian. Apabila Anda mencari camilan halal di pasar-pasar Turki, camilan ini juga aman dikonsumsi. Karena terbuat dari bahan alami, rasa manisnya terasa berbeda dengan camilan berpemanis buatan. Campuran kacangnya memberikan sensasi yang berbeda dan terasa otentik.  

4.      Hazer Baba Mango Turkish Delight

Apabila Anda ingin merasakan sensasi manisan khas Turki yang lebih menyegarkan, pilihlah produk Turkish Delight rasa mangga dari Hazer Baba. Hazer Baba Mango Turkish Delight menawarkan kesegaran rasa buah-buahan yang didominasi cita rasa mangga. Manisan ini merupakan hasil kombinasi antara racikan tradisional selama berpuluh-puluh tahun dengan metode pengolahan modern sehingga menghasilkan cita rasa yang spesial.

Diproduksi oleh Hazer Baba, Mango Turkish Delight dibuat di Istanbul kemudian diekspor ke kawasan Eropa. Tak mengherankan jika Anda bisa menemukan manisan ini di toko oleh-oleh atau camilan di sekitar London. Manisan mangga dari Turki ini dijual dalam kemasan berukuran 454 gram dengan harga sekitar Rp. 100.000.

5.      Turkish Delight Marshmallow

Turkish Delight Marshmallow
weightwatchers.com

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda jatuh cinta pada marshmallow, apalagi kalau dijadikan campuran bahan pembuatan manisan khas Turki. Manisan Turki, Turkish Delight Marshmallow menawarkan cita rasa ajaib dari manisan berbentuk kenyal layaknya awan dengan kombinasi cita rasa lemon, mawar dan finishing cokelat. Marshmallow umumnya berwarna putih, tapi manisan Turki rasa marshmallow bisa memiliki warna beragam seperti pink dan warna pastel lainnya.

Seperti manisan lainnya, Turkish Delight Marshmallow juga diselimuti dengan gula bubuk. Tapi, ada pula yang dibuat dengan campuran putih telur dan gula sehingga kurang cocok untuk Anda yang vegetarian. Untuk menambah sensasi renyah biasa ditambahkan taburan irisan kacang pistachio.

6.      Hazer Baba Plain turkish Delight

Hazer Baba Plain turkish Delight
veganoo.net

Di samping Turkish Delight aneka rasa dan warna, Anda pasti tak akan kecewa dengan Hazer Baba Plain Turkish Delight. Produk ‘Lokum’ asli buatan Turki ini merupakan salah satu manisan terlezat di dunia yang diciptakan oleh Hazer Baba di Anatolia yang legendaris. Manisan khas Turki rasa original ini sudah diperkenalkan ke Eropa sejak abad ke-18 dan menjadi salah satu produsen Turkish Delight terkemuka di dunia.

Manisan Hazer Baba Plain Turkish Delight biasa dijual dalam kemasan berukuran 454 gram. Manisan tradisional original ini terbuat dari gula, tepung jagung dan rasa vanilla. Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional Turki dengan harga mulai dari Rp. 150.000.

7.      Hazer Baba Turkish Delight with Mixed Nuts

Manisan khas Turki yang dijual dalam kemasan berukuran 454 gram ini terbuat dari campuran beberapa kacang dan bahan lainnya. Hazer Baba Turkish Delight with Mixed Nuts mengandung kacang almond, pistachio dan hazelnut. Terkadang manisan yang disebut juga dengan lokum ini diberi campuran saffron atau mulberry demi menambah sensasi rasanya.

Karena Hazer Baba Turkish Delight with Mixed Nuts tak mengandung glutein, manisan ini cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk kerabat yang vegan atau vegetarian. Manisan Hazer Baba dengan campuran beberapa jenis kacang-kacangan ini dibuat melalui proses produksi berstandar keamanan tinggi dengan cita rasa yang tak berubah menggunakan racikan turun temurun sejak seabad yang lalu. Kelezatan manisan ini sudah terkenal di 30 negara dengan Hazer Baba sebagai pemegang lisensi mayoritas produk manisan khas Turki di pasaran.

Camilan Khas Turki Lainnya yang Terkenal

Di samping 7 manisan khas Turki di atas, ada pula camilan lainnya yang banyak dijadikan oleh-oleh, seperti baklava. Baklava merupakan kue tradisional yang memiliki isian beragam dengan bentuk seperti roti bolen dari Bandung. Isian kue tradisional ini bisa berupa cokelat atau kacang yang diberi siraman sirup atau madu.

Kuliner tradisional Turki ini bisa Anda beli di Spice Market atau Grand Bazaar. Apabila ingin mencicipi baklava dengan varian isian lebih beragam, datang saja ke toko Koskeroglu di dekat distrik Karakoy, Istanbul. Di toko ini, baklava dijual dengan harga murah sekitar Rp. 300 ribuan yang terdiri dari 24 potong kue. Soal ketahanan makanan ini tak perlu diragukan karena bisa bertahan sampai 2 minggu.

Sementara itu, teh apel khas turki juga jangan sampai terlewatkan. Minuman yang satu ini menjadi hidangan yang populer di Turki sebagai teman menyantap baklava atau manisan khas Turki. Kombinasi rasa asam dan manisnya dijamin membuat Anda lebih rileks. Selain nikmat, teh apel khas Turki juga murah, hanya sekitar Rp. 19 ribuan saja per 200 gramnya. Nah, kalau Anda sudah membeli manisan khas Turki, baklava dan teh apel, maka lengkap sudah oleh-oleh camilan yang cocok dibawa pulang saat liburan di Turki.    



Leave a Reply