11 Hidangan Buka Puasa di Turki, Kelezatannya Nempel Di Hati


prita  April 5, 2022  0 Comment

Hidangan buka puasa di Turki menjadi salah satu yang paling ditunggu saat bulan Ramadhan. Turki memang dikenal sebagai salah satu negara dengan banyak umat Muslim sehingga saat Ramadhan tiba, kamu akan banyak menemukan hidangan khas Ramadhan yang biasa disajikan sebagai menu berbuka puasa. Di Turki, banyak sekali menu khas Ramadhan yang bisa kamu cicipi disini. Apa saja? Berikut adalah daftarnya.

1. Baklava

Baklava
jessicabakery.com

Hidangan buka puasa Turki yang pertama adalah Baklava. Baklava merupakan salah satu camilan manis khas Turki yang sering disajikan sebagai menu buka puasa.

Baklava dibuat dari bahan utama berupa kacang-kacangan, yaitu kacang walnut dan kacang pistache yang ditumbuk menjadi kecil sebagai isiannya. Isian kacang tersebut bisa ditambahkan dengan pemanis kemudian dibalut dengan adonan roti yang khas.

GoTravelly

Nyobain Seblak Jeng Sri Kediri Yang Bikin Nagih!

Jajan Chicken Skewer Di Grill 168, Pakuwon Food Festival! Beneran Bikin Nagih

2. Shawarma

Shawarma
preppykitchen.com

Shawarma menjadi hidangan buka puasa di Turki selanjutnya yang wajib untuk kamu coba. Shawarma merupakan salah satu sajian khas Timur Tengah yang berupa irisan daging tipis yang ditumpuk dengan sayuran kemudian dibungkus dengan roti pita tipis.

Masyarakat Turki banyak yang memilih untuk menikmati shawarma sebagai hidangan berbuka puasa karena memang cukup mengenyangkan. Nah, jika kamu ingin menikmati sajian berbuka yang bisa membuat kenyang, maka kamu bisa memilih untuk menikmati shawarma ini.

3. Gullac

Gullac
kuyou.id

Hidangan buka puasa di Turki yang wajib untuk kamu coba selanjutnya adalah Gullac. Gullac merupakan makanan penutup atau dessert khas Turki yang disajikan dingin.

Gullac ini terdiri dari lembaran-lembaran gullac pastry yang direndam susu hangat kemudian ditaburi walnut biji delima dan pistachio di tengahnya. Agar lebih beraroma, gullac biasanya juga diberi siraman air mawar. Gullac Pastry ini merupakan lembaran tipis berbentuk bundar dan besar yang terbuat dari maizena dan dijadikan sebagai penutup gullac. Menariknya, gullac ini hanya bisa ditemukan di Turki saat Ramadhan saja karena masyarakat Turki tidak membuat gullac selain bulan Ramadhan.

4. Sup Lentil Merah Turki

Sup Lentil Merah Turki
cookpad.com

Sup Lentil Merah Turki atau yang juga dikenal sebagai Sup Mercimec ini juga menjadi salah satu hidangan buka puasa di Turki yang tak kalah nikmat. Sajian ini memiliki cita rasa sedap, pedas dan pastinya bergizi.

Sup Lentil Merah ini merupakan salah satu menu favorit masyarakat Turki karena mudah dibuat, harganya terjangkau dan mengenyangkan. Sesuai dengan namanya, sup ini dibuat dari lentil dan tersedia sepanjang tahun sehingga bisa dinikmati kapan saja. Bumbu yang digunakan pun beragam, antara lain daun mint, bawang dan lada. Menu ini menjadi pilihan ketika harus memasak menu berbuka puasa dengan cepat.

5. Sup Tarhana

Sup Tarhana
turkishfoodie.com

Hidangan buka puasa di Turki selanjutnya juga masih berupa sup, yaitu Sup Tarhana. Tarhana merupakan salah satu jenis bahan makanan yang sangat populer di Timur Tengah.

Hidangan ini dibuat dari campuran yogurt dengan gandum. Makanan dalam bentuk kering ini juga bisa dibuat sup. Ada yang mencampurkan dengan air, kaldu maupun susu. Biasanya masyarakat Turki memiliki tipe tarhana sendiri, yaitu dibuat dengan campuran tepung, yogurt dan sayuran yang kemudian difermentasi.

6. Revani

Revani
akispetretzikis.com

Revani atau yang juga sering disebut dengan Rawani merupakan kue klasik semolina yang banyak ditemukan di wilayah Mediterania juga Timur Tengah. Kue ini juga menjadi salah satu hidangan buka puasa di Turki yang cukup populer.

Revani ini merupakan kue yang dibuat dengan bahan kue yang sangat dasar. Namun, yang membuatnya unik adalah penggunaan semolina dan yogurt. Kue ini dipanggang dalam oven yang setelah itu di iris. Saat masih hangat, sirup dingin dituangkan di atas irisan untuk diserap sepenuhnya. Inilah yang membuat sepotong kue lemon semolina menjadi lembab dan lezat. Tak hanya disajikan sebagai menu berbuka puasa, revani juga biasa disajikan sebagai hidangan penutup.

7. Hummus

Hummus
thespruceeats.com

Hidangan buka puasa di Turki berikutnya adalah Hummus. Hummus merupakan selai yang terbuat dari kacang Arab yang diolah dengan wijen, minyak zaitun, bawang putih, garam dan limau.

Hummus memiliki tekstur yang cocok untuk dinikmati dengan beragam makanan. Tak hanya memiliki cita rasa yang lezat, olahan kacang Arab ini juga sangat kaya akan nutrisi. Hummus hadir dengan beragam tekstur, mulai dari yang kembut seperti bubur hingga yang sedikit kasar. Untuk itu, kamu bisa memilih sesuai dengan selera kamu.

8. Lahmacun

Lahmacun
thespruceeats.com

Lahmacun juga menjadi salah satu hidangan buka puasa di Turki yang tak kalah nikmat untuk dicoba. Tampilan lahmacun ini sekilas memang mirip pizza dan banyak juga yang menyebut hidangan ini sebagai pizza khas Turki.

Lahmacun ini terbuat dari adonan roti pipih yang diberi topping berupa potongan daging cincang, tomat, bawang bombay dan petersely. Lahmacun ini memiliki cita rasa khas Turki yang kuat karena dibuat menggunakan bumbu khas Turki, seperti yoghurt, jeruk dan sari buah bit. Lahmacun ini biasanya juga dinikmati sebagai kudapan setelah menjalankan ibadah tarawih.

9. Pastirma

Pastirma
arabhomedecor.com

Hidangan buka puasa di Turki yang satu ini juga tak kalah populer, yaitu Pastirma. Pastirma atau yang juga dikenal dengan basturma ini merupakan salah satu kuliner khas Turki yang terbuat dari daging kering dan mirip dengan dendeng khas Indonesia.

Layaknya kuliner klasik lainnya, masyarakat Turki telah mengenal Pastirma ini sejak era Kesultanan Ottoman. Jenis daging yang paling sering digunakan untuk membuat pastirma adalah daging sapi. Namun, ada juga pastirma yang dibuat menggunakan daging lain, seperti daging kerbau, domba hingga unta. Bahkan, kamu bisa menemukan pastirma yang dibuat dengan daging kuda.

10. Islim Kebab

Islim Kebab
yemek.com

Turki dan kebab seolah menjadi sebuah kesatuan yang tak terpisahkan. Di Indonesia, kita mungkin hanya mengenal satu jenis kebab Turki saja, padahal kebab di Turki ada banyak jenisnya dan salah satunya adalah Islim Kebab.

Islim kebab ini menjadi salah satu hidangan buka puasa di Turki yang cukup populer karena memiliki tampilan yang berbeda. Islim kebab ini merupakan bakso yang dibungkus dengan terung yang dipotong tipis-tipis. Cita rasa dari Islim Kebab ini sangat nikmat dan proses membuatnya cukup mudah. Biasanya, islim kebab ini disajikan sebagai finger food dengan tusuk gigi.

11. Roti Pide

Hidangan Buka Puasa Turki
meatwave.com

Hidangan buka puasa di Turki selanjutnya adalah Roti Pide. Roti pide ini hanya dijual saat Ramadhan saja dan banyak dijual di pasar maupun restoran serta rumah makan di Turki.

Roti pide ini dibuat dari tepung yang kemudian dipanggang. Setelah dipanggang, roti ini diberi topping sosis, daging dan berbagai macam sayuran. Menariknya, roti ini disajikan dengan cara dilipat seperti perahu dimana pada bagian tengahnya diisi dengan topping yang melimpah. Untuk toppingnya, bisa diisi dengan daging giling, telur dan lelehan keju.



Leave a Reply