10 Hidangan Lebaran Khas Turki Wajib Kamu Cicipi


prita  May 4, 2022  0 Comment

Hidangan lebaran khas Turki juga menjadi salah satu tradisi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri yang paling ditunggu. Banyak sekali kuliner khas Turki yang disajikan untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Nah, jika kamu sedang berencana untuk menghabiskan waktu berlibur lebaran di Turki, jangan lupa untuk mencicipi deretan kuliner khas Hari Raya Idul Fitri berikut ini.

1. Baklava

Baklava
topwisata.info

Hidangan lebaran khas Turki yang pertama adalah Baklava. Baklava merupakan salah satu sajian khas Turki yang paling populer di dunia.

Sajian ini adalah dessert manis yang terbuat dari kulit pastry. Tak hanya dibuat dengan kulit pastry, baklava juga diberi isian manis seperti kacang walnut atau pistachio yang dicincang, gula dan madu. Menariknya, baklava ini sudah ada sejak zaman dulu sekitar tahun 1922.

Baklava ini banyak disajikan saat lebaran tiba. Meskipun begitu, sajian ini dikenal cukup susah untuk dibuat karena bahan yang digunakan cukup beragam. Cita rasanya yang manis membuat baklava ini digemari oleh semua kalangan. Selain di Turki, baklava juga mudah ditemukan di negara-negara Islam lainnya, seperti Syria, Irak dan Iran.

GoTravelly

Pesona Masjid Agung Tuban Seperti Di Negeri Dongeng

Exsotisme Goa Akbar Yang Sarat Akan Sejarah

2. Lokum

Lokum
tagar.id

Lokum merupakan salah satu camilan yang juga menjadi hidangan lebaran khas Turki yang wajib untuk kamu coba. Camilan ini memiliki cita rasa yang manis karena berua permen kuno yang sudah ada sejak abad ke-18.

Lokum memiliki tekstur kenyal yang mirip dengan permen jelly dan biasa dikenal dengan sebutan Turkish Delight. Permen ini terbuat dari bahan gelatin, gula dan ragam bahan lainnya hingga hasilnya kenyal seperti permen jelly. Menariknya lagi, lokum ini memiliki banyak varian rasa, seperti lemon, jeruk, kayu manis, air mawar hingga mint. Penyajian lokum ini biasanya diberi taburan gula bubuk.

3. Börek

Börek
rbth.com

Börek adalah salah satu kuliner khas Turki yang sering dijadikan sebagai salah satu hidangan lebaran khas Turki yang cukup populer. Börek ini memiliki cita rasa yang gurih dengan ragam isian yang sangat menggugah selera, seperti daging giling, bayam, hingga keju.

Biasanya Börek ini diolah dengan cara dipanggang, namun sebelumnya Börek ini direbusterlebih dahulu. Sebelum dihidangkan, biasanya pada bagian atas Börek ini ditaburi dengan biji wijen hitam.

4. Dolma

Dolma
rbth.com

Hidangan lebaran khas Turki yang wajib untuk dicicipi berikutnya adalah Dolma. Dolma merupakan sajian berupa nasi yang dibungkus dengan daun anggur.

Sajian ini memiliki cita rasa yang gurih dan enak dengan aroma wangi yang unik. Dolmak sendiri berasal dari Bahasa Turki yang memiliki arti sesuatu bahan makanan yang diisi. Sementara sayuran yang biasa digunakan untuk membuat dolma ini adalah terong, paprika, tomat, kol dan pastinya daun anggur. Sementara isian dari dolma ini adalah nasi dan daging yang dicincang. Dolam kemudian akan dikukus hingga matang sebelum dihidangkan.

5. Katmer

Katmer
turkishfoodie.com

Katmer adalah sebuah hidangan manis yang cocok dinikmati sebagai hidangan penutup. Sajian ini memiliki tampilan mirip baklava, bedanya katmer tidak menggunakan kulit pastry melainkan kulit tipis seperti yang biasa digunakan untuk martabak.

Kulit katmer tersebut kemudian diisi krim, keju mascarpone, kacang pistachio cincang serta taburan gula pasir atau brown sugar. Katmer juga bisa diberi ragam jenis isian. Tak hanya kacang pistachio, namun juga ada yang menggunakan pasta biji wijen dan pekmez atau gula tetes dari bahan buah. KatmerTurkish Braed ini menjadi salah satu hidangan lebaran khas Turki yang cukup populer.

6. Manisan Labu Turki

Manisan Labu Turki
haberturk.com

Hidangan lebaran khas Turki yang satu ini memiliki nama Kabak Tatlisi atau yang juga dikenal dengan manisan labu khas Turki. Sajian ini terbilang menjadi menu lebaran yang lebih ringan dan sehat karena tanpa kalori ekstra.

Untuk membuat sajian ini pun cukup mudah, yaitu dengan memotong labu segar dan ditaburi dengan gula kemudian didiamkan hingga semalaman sampai gula mengeluarkan air di dalam labu untuk membuat sirup. Setelah itu, labu yang telah ditaburi gula dipanggang dan ditaburi kenari atau krim di bagian atasnya.

7. Pide

Hidangan Lebaran Khas Turki
bbc.co.uk

Pide merupakan salah satu kuliner khas Turki yang cukup populer dan banyak digemari. Hidangan lebaran khas Turki yang satu ini dibuat dengan menggunakan adonan pastry lapisan yang tipis, kemudian ditutup dengan topping seperti keju, telur, daging potong dadu, ayam atau tuna.

Sajian ini diolah dengan cara  dipanggang dalam oven batu dengan suhu panas. Pide ini dikenal juga sebagai pizza khas Turki. Di beberapa restoran, Pide ini biasanya diberi tambahan cabe bubuk , minyak zaitun dan saos cuka anggur.

8. Kebab

Kebab
resepkoki.id

Hidangan lebaran khas Turki yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi, yaitu kebab. Kebab merupakan salah satu hidangan khas Turki yang paling banyak ditemukan hampir di seluruh dunia.

Kebab merupakan kuliner berupa daging sapi, ayam atau kambing yang diiris tipis dari pemanggang vertikal yang berputar, kemudian digulung di dalam roti yang gurih. Tak hanya diberi isian daging, kebab juga diberi isian tomat, bawang bombay, jamur, selada dan saus sambal. Di Turki, kamu akan menemukan banyak sekali penjual kebab kaki lima yang bisa dibeli dengan harga terjangkau.

9. Kokoretsi

Kokoretsi
flickr.com

Kokoretsi juga menjadi salah satu hidangan lebaran khas Turki yang sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja. Kokoretsi ini merupakan sajian khas Turki yang terbuat dari usus domba atau kambing yang dililit dengan jeroan. Jeroan yang digunakan berupa hati, jantung, ginjal dannpankreas domba atau kambing.

Proses pengolahan kokoretsi ini dengan membakarnya di atas bara api. Sebelumnya, kokoretsi ini dibumbui perasaan lemon, oregano, minyak zaitun, lada dan garam. Jika sudah matang, kokoretsi bisa langsung disajikan di atas piring. Tak hanya itu, kokoretsi juga bisa disajikan sebagai sadwich menggunakan roti baguette.

10. Turkish Bread Pudding

Turkish Bread Pudding
commons.wikimedia.org

Hidangan lebaran khas Turki yang terakhir adalah Turkish Bread Pudding. Turkish Bread Pudding ini memiliki nama yang cukup rumit, yaitu Kaymakli Ekmek Kadayfi.

Sesuai dengan namanya, sajian ini terbuat dari roti yang merupakan hidangan wajib bagi orang Turki. Turkish Bread Pudding ini dibuat dari potongan roti loas yang direndam air panas lalu disajikan dengan sirup gula. Bisa juga ditambahkan dengan krim ataupun es krim. Tak hanya menjadi hidangan khas lebaran saja, Turkish Bread Pudding ini juga menjadi salah satu menu sarapan yang nikmat bagi masyarakat Turki. Tapi, jika kamu sedang diet harus berhati-hati ya karena sajian ini memiliki banyak kalori dan rasanya sangat manis.



Leave a Reply