7 Kedai Es Krim Turki Paling Enak dan Paling Usil Ngerjain Pelanggannya


sisil angelin  May 22, 2019  0 Comment

Es krim Turki ini terkenal dengan rasanya yang gurih juga pelayanan yang unik. Jika bicara tentang es krim Turki,  Anda tidak akan merasa puas jika hanya sekali mencoba. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis gurih akan membuat Anda ketagihan saat baru pertama kali mencicipinya. Namun demikian, saat Anda ingin mencoba es krim khas Timur Tengah ini, Anda harus punya kesabaran ekstra, karena umumnya para penyaji es krim memiliki trik tersendiri untuk menggoyang atau membolak-balik es krim, sebelum membiarkan Anda menikmatinya. Trik khusus yang kadang membuat kesal pembeli itu sebenarnya sangat diperlukan karena beberapa alasan, seperti:

Tekstur dan sifat es krim asal Turki yang berbeda dengan es krim lain

Jika di Indonesia sudah banyak yang mengenal es krim gelato dengan tekstur creamy dan padat, es krim asal Turki memiliki tekstur yang kenyal dan elastis serupa permen karet. Tekstur inilah yang membuat es krim dari Negara Turki ini sangat seru untuk dimainkan sebelum benar-benar disajikan ke tangan pelanggan. Es krim ini mudah ditarik dan dijungkirbalikkan tanpa khawatir es krim akan tumpah atau meleleh. Tekstur es krim ini juga tidak lengket dan tidak menimbulkan bekas bau di permukaan tangan, sehingga penyaji es krim bisa dengan mudah mengaplikasikan trik apapun ke es krim.

Baca juga :  10 Kuliner Malam di Malang Enak Dan Populer Bikin Orang Antri Panjang

Tambahan “salep” pada bahan dasar pembuatan es krim

Di Turki, ada tanaman anggrek khusus yang akarnya biasa dijadikan campuran pengental es krim. Tanaman anggrek ini sering disebut dengan nama salep atau “buah zakar rubah.” Saat dicampurkan kedalam bahan baku es krim, hasil jadi es krim akan terlihat lebih menarik dan cita rasanya lebih nikmat. Tambahan salep yang masuk kedalam es krim juga akan membuat tekstur es krim menjadi semakin kental dan kenyal saat diputarbalikkan selama atraksi.

Upaya untuk menarik pembeli

Jika umumnya penjual es krim hanya langsung mengambil scoop es krim dari dalam kotak sesuai permintaan pembeli, berbeda dengan es krim asal negeri Timur Tengah ini. Dalam penyajiannya, es krim ini dilengkapi dengan atraksi memutar atau menjungkirbalikkan es krim agar pembeli semakin merasa penasaran dan tertarik untuk membeli es krim.

Membuat tampilan lebih menarik

Ketika diputar-putar dengan alat khusus, es krim yang satu ini akan semakin terlihat kental dan padat. Dengan begitu, tampilan akhir dari es krim ini akan terlihat semakin menarik dan cantik.

Dengan perpaduan bahan alami seperti susu kambing, gula, salep, dan krim, Anda bisa mencoba es krim Turki ini saat berkunjung di musim liburan.

Berikut adalah beberapa tempat yang memiliki citarasa es krim terenak dan populer di Turki

1. Zahra Turkish Ice Cream

Zahra Turkish Ice Cream

zahraicecream.com

Toko yang menyediakan es krim  khas Turki pertama yang bisa Anda datangi adalah Zahra Turkish Ice Cream. Sejak berdiri di Turki sampai saat ini, ada banyak cabang Zahra yang tersebar di lebih dari 30 negara di dunia. Es krim Zahra sendiri memiliki keunikan jika dibandingkan dengan penyedia es krim lainnya, dimana es krim Zahra tidak mengandung air sama sekali. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan disambut oleh para pegawai yang mengenakan kostum lucu sehingga waktu menunggu penyajian es krim tidak akan terasa menyebalkan. Anda bisa memesan beragam rasa es krim di tempat ini, seperti rasa strawberry, hazelnut, dan lainnya.

Baca juga :  8 Oleh-oleh Khas Turki Paling Diminati + Rekomendasi Toko
review kuliner

7 Kedai Es Krim Turki Paling Enak dan Paling Usil Ngerjain Pelanggannya

Berfoto Dengan Nuansa Es Krim Di Ice Cream World Jatim Park 3 Malang

2. Hakiki Turkish Ice Cream and Baklava

Hakiki Turkish Ice Cream

Broadsheet.com

Satu lagi toko es krim khas Turki yang bisa Anda coba saat bepergian keluar negeri adalah Hakiki Turkish Ice Cream and Baklava. Toko es krim yang satu ini menyediakan beragam varian rasa yang bisa dicoba bersama hidangan khas Turki lainnya, yaitu baklava. Namun demikian, karena es krim di tempat ini terkenal dengan cita rasanya yang sangat manis dan kenyal seperti permen karet, jika Anda tidak terlalu suka banyak gula, Anda bisa memesan jenis es krim rasa vanila atau rasa lain yang minim gula ditambah taburan pistachio atau almond.  

3. Dondurmaci Ali Usta

Dondurmaci Ali Usta

Yelp.ca

Di Istanbul Turki, terdapat kafe es krim Dondurmaci Ali Usta yang menyediakan lebih dari 40 varian es krim khas Turki. Saat menikmatinya, Anda bisa memanfaatkan ruang yang tersedia sambil mengakses internet, mengingat ditempat ini disediakan wifi gratis untuk pengunjung. Anda juga bisa meminta tambahan kacang pistachio, almond, atau karamel yang ditambahkan kedalam scoop es krim. Saat menikmati es krim di tempat ini, Anda akan merasakan citarasa manis, gurih, dan kenyal seperti sedang mengunyah permen karet.

4. Mado Cafe

Mado Cafe

MyWorldReviews.com

Satu lagi tempat penjual es krim yang perlu Anda datangi saat berada di Turki, yaitu Mado Café. Mado Café terletak tidak terlalu jauh dari masjid Huseyin Aga dan umumnya kafe ini ramai mulai siang hingga malam hari. Tempat ini menjual beragam jenis es krim yang berbahan dasar vegan, sehingga bagi Anda yang sedang dalam masa diet, mengkonsumsi es krim dari tempat ini tidak akan menambah berat badan Anda terlalu banyak. Anda bisa menikmati es krim sebanyak 1 atau 2 scoop sesuai selera. Selain es krim, hidangan khas yang bisa dikonsumsi ditempat ini adalah kazandibi yang berbentuk puding dan teh Turki.

Baca juga :  10 Pasar Tertua di Dunia Tempat Asyik Berbelanja Hingga Cuci Mata

5. Mini Dondurma

Mini Dondurma
inciligastronomirehberi.hurriyet.com.tr

Kedai kecil yang terletak di tengah kota Istanbul ini menyediakan lebih dari 30 varian es krim, mulai dari es krim vanilla, coklat, moka, strawberry, hingga hazelnut. Selain es krim, kedai yang satu ini menyediakan bebek panggang yang citarasanya jarang ditemukan ditempat lain. Kedai es krim yang satu ini biasa buka dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore dan untuk menikmati es krim, Anda harus rela mengantri cukup lama karena atraksi yang disajikan umumnya memakan waktu 5-10 menit.

6. Dondurmaci Yasar Usta

 Dondurmaci Yasar Usta
neredeneyemeli.net

Citarasa es krim yang diproduksi dan dijual di Dondurmaci Yasar Usta cukup unik, karena memadukan bahan-bahan yang khusus untuk pecinta vegetarian. Saat penyajian, Anda juga bisa meminta tambahan potongan buah segar yang ditaburkan di atasnya, seperti melon, strawberry atau perasan air lemon.

7. Dondurmino Gelato

Dondurmino Gelato
coolcousin.com

Kafe es krim yang terletak di Istanbul bernama Dondurmino Gelato ini menyajikan beragam jenis es krim yang memiliki citarasa manis dan Anda bisa memesan es krim sambil menikmati akses wifi yang sangat lancar di tempat ini. Kafe yang buka mulai jam 2 siang ini juga memiliki akses kendaraan yang mudah dari pusat kota. Dari ketujuh tempat yang menjual es krim Turki diatas, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan saat mengunjunginya, seperti:

  • Pengetahuan bahasa yang cukup untuk memesan es krim agar varian rasa yang Anda inginkan bisa terlayani dengan baik.
  • Kombinasi menu yang disediakan di lokasi. Terkadang hanya menikmati es krim yang memiliki citarasa manis tidak akan cukup untuk memanjakan lidah. Itu sebabnya, Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu tentang menu tambahan yang bisa dipesan bersama es krim.



Leave a Reply