8 Makanan Khas Deli Serdang, Rasa Rempahnya Nendang


Fida  January 24, 2022  0 Comment

Deli Serdang dikenal sebagai salah satu kawasan yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Daerah yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya tempat wisata sehingga tidak heran jika ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya banyaknya tempat wisata, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai kuliner lezat saat berkunjung ke Deli Serdang. Puas berjalan-jalan mengunjungi tempat wisata, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk berburu beberapa makanan khas Deli Serdang berikut ini.

1. Nasi Bakar Sombang

nasi bakar deli serdang
phinemo.com

Salah satu rekomendasi makanan khas Deli Serdang yang menarik untuk kamu coba adalah nasi bakar sombang. Makanan yang satu ini terdiri dari isian nasi dan juga lauk berupa ikan teri kecil. Tidak hanya itu, nasi bakar sombang juga memiliki isian khas berupa ayam mogap yang dikenal dengan sambal cabai hijaunya yang menggugah selera.

Sesuai dengan namanya, nasi yang disajikan memang melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Selain cita rasanya yang lezat, proses pembakaran juga menghasilkan aroma yang sedap dan khas. Saat berkunjung ke kawasan Deli Serdang, tidak ada salahnya jika kamu menyempatkan untuk mencoba salah satu makanan khas yakni nasi bakar sombang.

Samosir, Pulau Negeri Dongeng Sumatera Utara

Pesona Nirwana, Pantai Indah Di Kota Padang Yang Jarang Terjamah

2. Bubur Pedas

bubur pedas
sumut.indozone.id

Aku tidak kalah dengan nasi bakar sombang, bubur pedas juga menjadi rekomendasi makanan khas Deli Serdang yang menarik untuk dicoba. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini memang merupakan bubur yang memiliki cita rasa cenderung pedas. Bubur yang satu ini cukup berbeda dengan bubur lainnya yakni disajikan bersama dengan potongan kentang dan juga wortel. Tidak hanya itu, adanya irisan daging ayam atau daging udang tentu menambah kelezatan kuliner bubur pedas.

Bubur yang satu ini disajikan dengan tampilan yang sangat berbeda dengan bubur pada umumnya. Yang sangat membedakan adalah adanya tambahan sayuran berupa taoge dan juga sayur hijau yang disajikan bersama bubur. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal saja, beberapa wisatawan yang datang ke Deli Serdang juga penasaran dan ingin mencoba lezatnya bubur yang satu ini. Tidak sedikit wisatawan yang merasa aneh saat pertama kali mencoba bubur pedas. Tetapi jangan salah, tidak sedikit juga wisatawan yang ketagihan karena kelezatannya.

3. Nasi Perang

nasi perang
food.detik.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Deli Serdang yang menarik untuk dicoba, salah satunya adalah nasi perang. Nasi perang merupakan salah satu hidangan yang terdiri dari beberapa isian yakni nasi, lauk, dan juga sambal. Beberapa isi yang tersebut kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Karena semua isian dibungkus menjadi satu, hal itulah yang menjadikan makanan ini disebut dengan nasi perang.

Jika dilihat dari tampilannya, makanan ini memang cukup sederhana. Tetapi jangan salah, kamu akan dibuat ketagihan dengan kelezatan yang ditawarkan. Saat berkesempatan untuk berkunjung ke Deli Serdang, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba berburu nasi perang.

4. Mie Sop

mie sop
rri.co.id

Pernah mendengar sebutan makanan mie sop? Mie sop dikenal sebagai salah satu makanan khas Deli Serdang yang banyak diburu oleh wisatawan. Kuliner yang satu ini memang dikenal sangat legendaris dan masih memiliki banyak peminat hingga saat ini.

Mie sop terdiri dari beberapa isian diantaranya mie kuning, bihun, suwiran ayam, serta cakwe yang dipotong-potong. Tidak hanya itu, makanan yang satu ini juga dilengkapi dengan adanya taburan bawang goreng dan juga seledri. Adanya kerupuk merah juga menjadi ciri khas yang ditawarkan sebagai pelengkap mie sop.

5. Udang Tauco Deli Serdang

udang tauco
beritakuliner.com

Udang tauco dikenal sebagai salah satu makanan khas Deli Serdang yang tidak hanya diminati oleh masyarakat lokal tetapi juga berhasil membuat wisatawan ketagihan setelah mencobanya. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memang dibuat dengan menggunakan bahan utama udang dan juga tauco. Beberapa bahan lain yang digunakan diantaranya cabe hijau, potongan kecombrang, serta tomat.

Kuliner yang satu ini tidak hanya menawarkan cita rasa lezat tetapi juga memiliki tampilan serta aroma yang menggugah selera. Adanya tambahan berupa paprika dan petai tentu menjadikan kuliner ini semakin menarik untuk dicoba.

6. Gulai Masam khas Deli Serdang

gulai masam
andalastourism.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Deli Serdang yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu rekomendasi yang menarik untuk kamu coba adalah gulai masam. Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat lokal dan beberapa wisatawan.

Gulai masam khas Deli Serdang dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan kerapu atau ikan patin. Beberapa bumbu yang digunakan untuk membuat kuliner ini diantaranya belimbing sayur, cabai rawit, serta tomat. Bumbu-bumbu tersebut tentu tidak hanya menghasilkan cita rasa lezat dan pedas tetapi juga memberikan sensasi segar dan sedikit asam. Karena kelezatannya, tidak heran jika kuliner yang satu ini disukai oleh banyak kalangan. Selain cocok untuk dinikmati langsung, makanan ini juga cocok dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Tertarik untuk mencoba lezatnya gulai masam khas Deli Serdang?

7. Rujak Uleg Simpang Jodoh

rujak uleg simpang jodoh
mhm.asia

Rujak Uleg Simpang Jodoh dikenal sebagai salah satu makanan khas Deli Serdang yang menawarkan cita rasa lezat. Warung Rujak Uleg Simpang Jodoh juga dikenal sangat legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1950.

Jika dilihat sekilas, tampilan rujak yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan rujak pada umumnya. Yang membedakan adalah bumbu Rujak Uleg Simpang Jodoh dibuat dengan menggunakan pisang batu. Saat berkunjung ke Deli Serdang, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba lezat dan uniknya kuliner yang satu ini.

8. Seafood Bagan Percut

seafood bagan percut
pariwisatasumut.net

Saat berkunjung ke Deli Serdang, Seafood Bagan Percut menjadi salah satu kuliner yang wajib kamu coba. Disana kamu dapat menikmati berbagai olahan seafood berupa udang, kerang, kepiting, dan berbagai pilihan ikan. Kamu tentu tidak perlu khawatir karena berbagai bahan utama yang digunakan sangatlah segar.

Selain menggunakan bahan utama yang segar, kamu juga dapat menikmati salah satu makanan khas Deli Serdang ini dengan bumbu yang sangat nikmat. Banyak wisatawan yang memilih untuk menikmati kuliner Seafood Bagan Percut di atas Saung di pinggir pantai. Kamu dapat menikmati kuliner lezat dengan suasana yang santai. Tertarik untuk mencoba makanan khas Deli Serdang yang satu ini?

Nah itulah daftar 8 rekomendasi makanan khas Deli Serdang yang dikenal lezat dan menggugah selera. Dari rekomendasi di atas, makanan manakah yang paling ingin kamu coba saat berkunjung ke Deli Serdang?



Leave a Reply