Pingin Langsing? Cobain 10 Makanan Asia Paling Sehat


Reni  April 6, 2019  0 Comment

Makanan Tradisional Paling Sehat di Asia dikenal memiliki sederet makanan tradisional bercita rasa lezat, kaya rempah dan menyehatkan. disajikan dengan banyak sayuran segar yang kayak manfaat. Apa saja makanan traditional paling sehat di Asia yang harus Anda cicipi kalau liburan keliling Asia?Nih referensi Makanan Traditional Paling Sehat di Asia.

Makanan Asia Paling Sehat

1. Gado-Gado

Gado-Gado
sainsburys.co.uk


Siapa yang tak kenal gado-gado? Makanan tradisional masyarakat Indonesia ini ternyata menjadi salah satu kuliner favorit para wisatawan selain rendang, nasi goreng dan sate. Wisatawan asal Norwegia, Denmark, Finlandia, Swedia dan Iceland dikenal suka banget saus kacang gado-gado. Tak mengherankan jika wisatawan mancanegara sering berburu gado-gado, karedok atau pecel ketika liburan ke Indonesia.
Selain lezat, gado-gado juga termasuk makanan traditional paling sehat di Asia karena terbuat dari campuran beberapa sayuran segar. Sayuran segar seperti tauge, kacang panjang, kubis dan sayuran segar lainnya yang sering ditambah dengan irisan telur rebus membuat gado-gado mengandung banyak gizi. Karena kandungan gizinya yang tinggi seperti salad, gado-gado banyak direkomendasikan sebagai menu makanan saat berdiet.

Review kuliner

Nyobain Makan Di Blumbang Resto Tawangmangu. Tempatnya Bikin Betah!

Berburu Kuliner Ayam Goreng Lezat Bu Bejo Do Kaki Gunung Lawu

2. Ambuyat

Ambuyat
willflyforfood.net


Bila Indonesia memiliki makanan tradisional papeda, Brunei Darussalam dan Malaysia memiliki makanan tradisional ambuyat. Seperti papeda, ambuyat juga terbuat dari batang bagian dalam pohon sagu. Makanan tradisional yang disebut juga dengan linut ini dimakan menggunakan garpu bambu atau chandas. Kemudian ambuyat dicelupkan ke dalam saus dengan rasa manis atau pedas.
Ambuyat terbilang makanan traditional paling sehat di Asia karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat tersebut baik untuk kesehatan pencernaan, kesehatan paru-paru dan mengurangi resiko penyakit batu ginjal. Sagu yang dipakai dalam pembuatan ambuyat memiliki kadar indeks glikemik rendah sehingga baik untuk penderita diabetes.

Baca juga :  10 Destinasi Musim Gugur di Asia Seperti Di Eropa

3. Nom Bahn Chok

Nom Bahn Chok

TripAdvisor


Pernah mencicipi kuliner Pho dari Vietnam? Nah, Kamboja juga memiliki kuliner yang menyerupai pho yakni nom bahn chok atau mie Khmer. Hidangan ini merupakan menu sarapan yang terbuat dari kari hijau ikan dan mie bihun. Kuah karinya terasa istimewa karena terbuat dari kunyit, daun jeruk purut serta sereh.
Nom bahn chok dihidangkan dengan tambahan sayuran segar seperti daun mint, tauge, timun, bunga pisang dan buncis. Makanan traditional paling sehat di Asia ini sering disajikan di upacara-upacara pernikahan atau festival keagamaan di mana saus kari hijaunya diganti dengan saus kari merah. Semangkuk nom bahn chok hangat biasanya dijual seharga 0,50 USD sampai 1 USD.

4. Tom yam Kung

 Tom yam Kung

T


Kuliner tradisional Thailand ini cukup populer di kalangan wisatawan, bahkan Anda bisa menemukan restoran yang menyajikan menu ini di tanah air. Tom yam merujuk pada sayuran dan rempah-rempah khas Thailand yang direbus. Biasanya tom yam memiliki rasa rempah yang kuat dengan isian berupa daging babi (tom yam kha mu), ikan (tom yam pla), ayam (tom yam kai) atau udang (tom yam kung).
Makanan traditional paling sehat di Asia ini dianggap cocok sebagai menu diet karena kandungan rempah-rempahnya tak menimbulkan timbunan lemak di badan. Tom yang kung yang disajikan hangat juga bisa meredakan gejala flu, melancarkan peredaran darah dan melegakan pernafasan. Terkadang sup tom yam juga disantap guna mengurangi nyeri sakit kepala dan menghangatkan tubuh.

5. Laksa

Laksa
feastingathome.com


Kuliner khas Singapura dan Malaysia ini sering kali dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Olahan mie kuah bercita rasa pedas ini cocok banget dinikmati di saat cuaca dingin. Kuahnya yang pedas dan kaya rempah membuat perut terasa hangat. Ada dua jenis laksa yang banyak dijual di restoran-restoran Singapura yakni laksa ayam dan laksa kari.
Laksa kari menggunakan kuah santan kelapa yang dicampur dengan potongan tahu, udang, kerang, mie dan potongan daging ikan. Makanan traditional paling sehat di Asia ini dibuat menggunakan bumbu kari yang memberi rasa gurih serta pedas. Kelezatannya dijamin bikin Anda ketagihan bahkan banyak daerah menciptakan versi alternatifnya seperti laksa Bogor, laksa Betawi, laksa Jepara, laksa Banjar dan masih banyak lagi.

Baca juga :  6 Tempat Bukber di Malang Enak dan Murah!

6. Kimchi

Kimchi
platingsandpairings.com


Salah satu makanan traditional paling sehat di Asia dan paling populer di dunia adalah kimchi. Kuliner tradisional Korea ini terbuat dari bahan dasar lobak dan sawi putih. Kedua sayuran tersebut diolah menggunakan bumbu dari bawang putih, bawang merah, bubuk cabai merah, garam, gula, daun bawang, tiram, cumi-cumi, jahe dan makanan laut lainnya.
Kimchi dibuat melalui proses fermentasi alami dalam temperatur rendah sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat sekaligus menyehatkan. Kandungan asam laktat yang tinggi membuat Kimchi Korea mampu membunuh bakteri yang berbahaya bagi tubuh. Di samping itu, kandungan kalorinya juga rendah namun seratnya cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan.

7. Sushi

sushi
groupon.com


Pencinta hidangan ikan laut pasti tak asing lagi dengan sushi. Kuliner tradisional Jepang ini terdiri dari sayuran, nasi, daging dan makanan laut. Terkadang sushi juga terbuat dari daging ikan mentah segar atau udang rebus dan belut panggang. Kandungan protein dan omega 3 pada ikan segar sangat baik untuk otak dan kulit. Tak mengherankan jika orang Jepang biasanya pintar-pintar karena sering mengonsumsi hidangan laut seperti sushi.
Sushi tak hanya terbuat dari ikan segar, ada juga yang difermentasikan seperti nare-sushi. Namun, jenis sushi yang paling disukai adalah temakizushi dan nigirizushi. Di Jepang Anda bisa menemukan makanan paling sehat di Asia ini di restoran sushi dekat pelabuhan perikanan atau di restoran sushi kelas atas seperti Ginza.

8. Bibimbap

bimbimbap
leitesculinaria.com


Selain kimchi, kuliner Korea yang menyehatkan lainnya adalah bibimbap. Bibimbap atau nasi campur ini disajikan dalam mangkuk dan terdiri dari berbagai sayuran seperti wortel, jamur, mentimun, taoge, telur, daging dan pasta cabai (gochujang). Sebelum dimakan, Anda harus mencampur atau mengaduk nasi dan sayuran tersebut agar rasanya lebih merata. Kombinasi nasi, sayuran dan daging membuat bibimbap menjadi santapan lezat dan menyehatkan. Kebanyakan daging yang dicampurkan ke dalamnya dimasak dengan cara dipanggang sehingga lebih sehat.

Baca juga :  15 Makanan Khas Probolinggo, Lezat dan Menggugah Selera!

9. Mie Soba

Mie Soba
glorimelamine.com


Makanan paling sehat di Asia selanjutnya masih dari Jepang yakni mie soba. Mie soba yang merupakan mie asli dari Jepang ini terbuat dari tepung soba yang mengandung vitamin B1 dan B2 serta mineral dan protein yang kadarnya dua kali lebih tinggi daripada beras. Mie soba Jepang juga mengandung bioflavonoid yang bermanfaat membantu penyembuhan penderita arteriosclerosis, memperkuat kapiler serta menurunkan tekanan darah tinggi.
Berbeda dari ramen yang kental, mie soba memiliki rasa yang lebih ringan dengan tekstur lembut dan kenyal. Hidangan khas Jepang ini bisa disantap dalam dua jenis yakni mie soba dingin untuk musim panas dan mie soba hangat untuk musim dingin. Demi menambah cita rasa, mie soba sering disajikan bersama dengan rumput laut, daging sapi, ayam, bebek, babi, saus dan bumbu lainnya.

10. Pho

pho
bbc.com


Vietnam juga memiliki makanan paling sehat di Asia yakni mie kuah panas Pho. Mie kuah ini disajikan dengan topping irisan daging dan sayuran. Hidangan khas Vietnam ini bisa lebih menyehatkan apabila dihidangkan sebagai makanan pembuka dengan porsi yang seimbang. Proses memasak pho yang menggunakan metode tradisional serta isiannya yang beragam membuat hidangan ini rendah lemak dan kaya akan zat besi, kalsium dan vitamin A.



Leave a Reply