8 Makanan Tradisional Lampung Enak Banget Cocok Untuk Oleh-oleh


sisil angelin  January 26, 2018  0 Comment

Mungkin orang jaman sekarang lebih suka makanan luar dibandingkan makanan tradisional, nah guys sebenernya kuliner indonesia tradisional itu enak-enak, dan salah satunya ada di Lampung, berikut 8 makanan tradiisional lampung enak banget cocok untuk oleh-oleh untuk teman, keluarga, ataupun orang tersayang.

1. Tempoyak

Tempoyak

malahayati.ac.id

Mungkin nama tempoyak ini masih asing ya guys ditelinga, nah tempoyak ini terbuat dari durian yang di fermentasikan yang memiliki rasa, asin, manis, sedikit pedas, tempoyak ini biasanya dijadikan sambal untuk ikan, jika anda membeli tempoyak saja dan ingin dijadikan sambal maka berilah bawang putih dan bawang merah, lalu digoreng, maka 1 mangkuk sambal tempoyak siap dinikmati bersama lauk.

Tempoyak in bisa anda olah sendiri meskipun tidak membeli, caranya adalah anda membeli daging durian yang banyak mengandung air, lalu dipisahkan dengan bijinya, lalu berisedikit garam, tambahkan cabe rawit, hal ini untuk mempercepat fermentasi, setela itu simpanlah ditempat yang tertutup dan di suhu udara yang dingin, setelah 2 sampai 5 hari tempoyak siap dinikmati guys.

Review kuliner

Jelajah Wisata Bahari Tapanuli Tengah

Rumah Blepots ! Serius Blepots Nya, Serius Kenyangnya, Serius Puasnya

2. Engkak

Engkak

YummsFood.xyz

Engkak ini adalah makanan tradisional Lampung yang memiliki citarasa manis, engkak ini terdiri dari telur, mentega, tepung ketan, gula, santan, susu kental manis dan lalu dimasukan ke loyang, setelah itu di panggang, engkak ini hampir sama dengan lapis legit, namun tekstur engkak lebih lembut, dan lumer dimulut, saat berkunjung ke Lampung kalian wajib banget beli engkak untuk oleh-oleh di rumah guys.

Baca juga :  11 Bubur Tradisional Dari Seluruh Dunia Tawarkan Rasa Gurih Yang Khas

3. Pindang

Engkak

masakan-khas-daerah.blogspot.co.id

Kuliner yang satu ini memang sanat lezat dan menjadi makanan di lampung yang sudah ngehits banget dan wajib anda coba jika berada di Lampung, pindang ini terdiri dari ikan yang memiliki kuah kuning, sedikit kental, dan rasanya asam, manis, hampir sama dengan Tom Yam kuah Thailand yang biasanya disajikan dengan suki. pindang ini terlihat lezat guys saat diberi daun kemangi pada atas semangkuk pindang ini. Yuk buruan cobain Pindang dijamin ketagihan!

4. Bakso Haji Soni

Makanan Tradisional lampung

lampung.tribunnews.com

Jika anda pencinta bakso wajib banget nih cobain bakso yang satu ini, karena bakso sony ini terkenal dengan kelzatan baksonya, dan bakso disini terbuat dari daging sapi yang asli, teksturnya kenyal, gurih, dan kuahnya mantap!!! untuk menemukan bakso haji soni ini sangat gampang, karena terdapat banyak sekali cabang di lampung, nah ayuk borong bakso buat oleh-oleh. 1 porsi bakso disini anya di beri harga 15 ribu dan sampai 25 ribu, harganya murah, rasanya lezat, dan dijamin ketagihan guys.

5. Umbu

Umbu

raninavista.blogspot.co.id

Umpu ini memiliki citarasa yang pahit dan hampir sama seperti pare. umbu ini adalah rotan muda yang biasanya direbus sampai lunak dan biasanya umbu ini dimasak oseng-oseng, dan tak jarang orang lampung biasanya makan umbu ini seperti lalapan. untuk menemukan umbu ini anda bisa mencarinya di depot-depot guys, dan selain dilampung banyak juga daerah-daerah di indonesia yang bisa mengolah umbu ini. jika anda suka pahit maka wajib banget cobain umbu khas Lampung.

6. Gabing

Gabing

YummsFood.xyz

Gabing ini adalah makanan khas lampung yang terdiri dari batang kelapa yang masih muda lalu di potong-potong dan di rebus. biasanya gabing ini di masak dengan santan, sehingga memiliki rasa gutrih, asin dan manis. jika anda tidak suka dengan makanan yang erkuah biasanya gabing ini dimasak dengan daging, jamur, dan oseng-oseng. Gabing ini memiliki tekstur yang sedikit lembek, gurih, dan pastinya lezat.

Baca juga :  10 Makanan Ringan Halal di Bangkok Cocok dijadikan Oleh-oleh

7. Seruit

Seruit

lifestyle.okezone.com

Seruit ini makanan khas lampung yang biasanya di hidangkan saat acara-acara besar seperti pernikahan, acara adat, dan acara besar lainnya. Seruit ini merupakan ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak, dan diberi potongan mangga muda. rasa nya gurih, dan bumbu dari seruit ini terasa manis, pedas, dan pastinya bikin ketagihan saat dimakan dengan nasi hangat. untuk menukan seriut ini anda bisa membelinya di depot-depot yang ada di Lampung.

8. Gulai Taboh

Gulai Taboh

Sumber.com

makanan khas llampung yang terakhir ini memang menjadi pilihan karena rasanya sedap, untuk kalian yang belum tau gula taboh in terdiri dari kacang hijau, kacang tanah, daun sirihh, terasi, ubi-ubian, dan kuah santan yang membuat 1 porsi gulai taboh ini terasa nikmat saat dimakan dengan ikan goreng dan nasi hangat+sambal. kebayang donk guys gimana rasana? yuk buruan cobain gulai taboh. anda bisa menemukan gulai taboh ini di beberapa warung yang ada di Lampung.

Nah guys makanan yang ada diatas unik-unik bukan? makanan yang ada diatas ini wajib banget dicoba saat anda berada di Lampung, dan pastikan anda membelnya untuk oleh-oleh keluarga, teman, ataupun orang tersayang, Yuk buruan cobain makanan tradisional Lampung dijamin liburan anda menyenangkan. Selamat mencoba!!!



Leave a Reply