10 Makanan Instan Yang Bisa Kamu Bawa Waktu Naik Gunung


sisil angelin  May 10, 2019  0 Comment

Makanan instan untuk naik gunung  biasa kita sebut dengan makanan siap saji adalah makanan yang dapat disiapkan dengan cepat serta lebih praktis dibawa kemana-mana. Makanan jenis ini memang lebih banyak dibutuhkan bagi Anda yang sedang bepergian, terkhusus untuk Anda yang akan naik gunung. 

Kegiatan naik gunung adalah salah satu kegiatan yang cukup menguras banyak energi. Maka sangat penting untuk mempersiapkan perbekalan seperti makanan yang bergizi namun tetap praktis dibawa. Pendakian akan berjalan lebih ringan, menyenangkan dan tidak mudah loyo dengan makanan bergizi serta penuh sumber energi.

Makanan instan untuk naik gunung – Makanan instan identik dengan mie instans, tapi apakah hanya makanan ini yang praktis untuk Anda bawa saat naik gunung? Jawabannya adalah “tidak”, ada beberapa jenis makanan lain yang juga praktis untuk dibawa naik gunung dan tentunya tetap bergizi. Berikut daftar makanan instan untuk naik gunung yang bisa Anda bawa dan tetap bergizi

1.      Oatmeal

Oatmeal
medicalnewstoday.com

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan bergizi yang dan praktis untuk dibawa dan diolah saat Anda naik gunung. Kemasan oatmeal sendiri cukup beragam, namun pendaki umumnya memilih jenis sereal sachet agar lebih ringkas dibawa dan tidak akan memakan tempat di dalam carier.

Oatmeal memiliki beberapa kandungan gizi seperti vitamin B kompleks dan serat pangan yang baik bagi tubuh, pencernaan dan kesehatan jantung. Rekomendasi makanan instans bagi pendaki karena Anda akan terhindar dari rasa lemas, mules dan bahkan mudah lapar, karena serat dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Oatmeal ini bisa Anda sajikan dengan tambahan topping seperti kismis kering, aprikot, kurma atau keju agar menambah cita rasa dan kelezatannya. Makanan instans anti repot dan sangat praktis bagi para pendaki.

Review kuliner

Nyobain Mie Ayam Rp 4000,- Di Jombang, Rasanya Diluar Ekspektasi!

Jajan Sate Di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner Yang Bikin Kangen Anak Rantau

2.      Roti Gandum

Roti Gandum
lifestyle.okezone.com

Roti gandum adalah jenis makanan yang terbuat dari biji gandum utuh, tekstur roti lebih kasar, lebih tawar dan berwarna cokelat. Biasanya biji gandum utuh mempunyai lapisan lengkap seperti benih, dedak dan edosperma. Tiga lapisan tersebut memiliki kandungan tinggi protein, serat, antioksidan, magnesium, zat besi, vitamin B, karbohidrat dan mineral lainnya.

Karbohidrat dan protein tinggi akan sangat berguna sebagai sumber energi bagi seorang pendaki. Selain itu kandungan serat yang tinggi juga akan menjaga kekenyangan Anda, sehingga tidak akan mudah lapar. Jika tidak terlalu menyukai roti gandum, kamu juga bisa membawa roti tawar atau roti basah lainnya.

3.      Sosis, Nugget atau Tempura

Sosis, Nugget atau Tempura
CNBC.com

Sosis, Nugget dan tempura merupakan salah satu makanan instan untuk naik gunung yang kami rekomendasikan. Selain rasa yang enak, makanan ini juga sangat praktis untuk dibawa oleh pendaki. Sosis daging memiliki beberapa kandungan seperti vitamin B12, protein dan zat besi yang cukup tinggi.

Sosis ini bisa Anda oleh dengan berbagai cara, seperti sosis bakar, sosis asam manis, sosis goreng atau dinikmati secara langsung tanpa diolah. Bisa juga dijadikan sebagai pendamping roti atau kentang dengan menambahkan saus mayonaise dan sayuran seperti selada dan tomat.

Jika Anda tidak terlalu menyukai sosis, pilihan lainnya adalah nugget tempura, aneka bakso (bakso sapi, bakso ikan, tahu bakso dan semacamnya), atau otak-otak. Makanan setipe dengan rasa enak dan tetap praktis untuk dibawa saat mendaki gunung.

4.      Madu, Coklat, Kurma atau Gula Merah

 Madu, Coklat, Kurma atau Gula Merah
honestdocs.id

Kurma, gula merah, madu, kurma dan coklat adalah jenis makanan yang dapat memberikan tenaga ketika kamu mengonsumsinya, Coklat mengandung 170 kalori di setiap ons nya dan madu mengandung 64 kalori di setiap sendoknya, jenis makanan yang sangat baik untuk memulihkan stamina dan mengembalikan energi saat sedang mendaki gunung.

Keempat jenis makanan ini sangat mudah Anda temukan dalam banyak kemasan, seperti kurma yang dalam bentuk cair, madu dengan kemasan botol plastik dan sebagainya. Kemasan praktis yang ditawarkan tentu untuk mempermudah Anda membawanya saat naik gunung.

5.      Sarden atau Tuna Kaleng Berbumbu

Sarden atau Tuna Kaleng Berbumbu

Tokopedia.com

Makanan instan selanjutnya yang mudah diolah adalah sarden atau tuna kaleng yang sudah dibumbui. Anda hanya perlu memanaskannya atau juga dapat ditambah dengan irisan cabai, tomat dan bawang sesuai selera.

Sebagai pendamping Anda dapat memasak nasi, membawa lontong dari rumah atau menggunakan ubi-ubian seperti kentang. Umumnya jenis makanan ini digunakan untuk pendakian singkat misalnya satu hari semalam.

6.      Kentang Goreng atau Ubi-ubian

Kentang Goreng

Makanan instan untuk naik gunung – Kentang goreng atau jenis ubi-ubian lain uga dapat Anda bawa sebagai pengganti nasi. Selain praktis dan tidak perlu memasak pada saat naik gunung. Jenis makanan ini juga lebih mengenyangkan dan juga bergizi. Anda bisa memakannya dengan nugget, sosis, tempura dan semacamnya.

7.      Cereal Bar

Cereal Bar
reallyhelpfulclub.com

Cereal bar juga menjadi salah satu makanan instans, sangat praktis dibawa oleh para pendaki. Di setiap bungkus sereal bar terkandung kurang lebih 170 kalori. Baik untuk memulihkan energi dan mengembalikan tenaga Anda di tengah pendakian. Selain itu cereal bar juga cukup mengenyangkan, sehingga membuat Anda tidak mudah lapar.

8.      Oralit

Oralit
Tokopedia.com

Jenis minuman yang sangat direkomendasikan saat mendaki gunung. Minuman yang dapat menggantikan cairan ION dalam tubuhmu. Oralit ini dapat kamu temukan di apotek mana saja. Cukup dengan mencampurkan oralit ke dalam satu boto air minum dan kocok hingga oralit menyatu dengan cairan. Anda dapat meminumnya saat merasa lelah di dalam pendakian.

9.      Tahu & Tempe

 Tahu & Tempe

Grid.ID

Makanan instan untuk naik gunung – Makanan merakyat seperti tahu dan tempe ternyata juga menjadi makanan bergizi penuh nutrisi yang bisa Anda bawa saat pendakian. Anda dapat mengolahnya dengan bumbu atau tanpa bumbu, dapat direbus maupun digoreng. Namun perlu diperhatikan, karena jenis makanan ini tidak dapat bertahan terlalu lama. Sehingga baik untuk menu makanan di hari pertama saat pendakian.

10.   Sup Krim atau Bubur Ayam Instan

 Sup Krim

cookpad.com

Sup krim dan bubur ayam ternyata juga bisa kamu jadikan menu makanan saat naik gunung. Karena saat ini banyak sekali bubur ayam dan sup krim instan dengan packaging yang praktis dan ringkas. Kamu hanya perlu mencampurkan dengan air panas dan mengaduknya hingga kental.

Cara pembuatan praktis ini umumnya sudah dituliskan di belakang kemasan. Dibandingkan dengan mie instan, sup krim dan bubur ayam jauh lebih direkomendasikan terutama mengingat hawa dingin di area pegunungan. Pastinya akan sangat nikmat jika dapat menikmati makanan panas yang praktis dibuat.

Anda juga dapat membawa telur rebus, spageti kemasan, minuman wedang jahe dan berbagai minuman lain yang dapat menghangatkan tubuh. Nah, demikian 10 daftar makanan instan untuk naik gunung yang bisa Anda bawa dalam pendakian selain mie instan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan pendakian. 



Leave a Reply