Deretan 10 Paspor Terkuat di Dunia, Nggak Ribet Ngurusin Visa


Reni  August 9, 2022  0 Comment

Kemana mana pergi ke luar negeri nggak usah ribet mikiran visa? pasti asyik banget dong. Tinggal beli tiket pesawat langsung berangkat. Hal ini dikarenakan beberapa negara menyediakan fasilitas  bebas visa untuk negara lain. Tentu, paspor terkuat di dunia semakin banyak memiliki fasilitas bebas visa untuk memasuki Negara lain

Visa sendiri merupakan salah satu  dokumen yang diterbitkan oleh suatu negara melalui perwakilan berisi izin masuk atau keluar sebuah Negara. Visa biasanya berupa stempel, stiker atau e-visa berupa file. Visa ini biasanya memiliki periode tertentu bergantung keperluan, apakah untuk keperluan liburan, bisnis, sekolah maupun izin bertempat tinggal. Tanpa adanya Visa maka seseorang yang masuk negara lain dianggap illegal dan bisa di deportasi.

Penasaran negara mana saja memiliki paspor terkuat di dunia? Berikut daftarnya berdasarkan data yang disediakan oleh Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) yang berfokus pada perjalanan bebas visa

1. Singapura dan  Jepang

Singapura dan Jepang
poskota.co.id

Siapa sangka negara tetangga kita Singapura dengan luas negara yang tak lebih dari pulau Bali justru memiliki paspor terkuat dunia. Keren!. Bersama dengan Jepang, Singapura yang berpenduduk sekitar 5,5 juta orang ini bisa pelesiran ke 192 negara bebas visa, termasuk negara di Eropa. Asyik kan?

Gotravelly

Nyobain Katsu Ala Jepang Yang Viral Di Kimukatsu

Staycation Di Lava View Lodge, Pemandangannya Juara

2. Jerman dan Korea Selatan

Jerman dan Korea Selatan
kompas.com

paspor terkuat di dunia selanjutnya di pegang oleh Jerman dan Korea Selatan. Jerman dikenal memiliki kekuatan ekonomi dan politik di Eropa juga di dunia. Hal ini membuat penduduk Jerman berjumlah sekitar 83 juta Jiwa bebas travelling ke 190 negara negara bebas.

Berdampingan dengan Jerman, Korea Selatan negara yang terkenal dengan drama Korea dan K-Pop juga bertengger di posisi kedua. Tahukan kamu, Korea Selatan memiliki sekitar 3000 pulau, sebagian besar adalah pulau kecil dan tidak berpenghuni. Dan Pulau Jeju yang terkenal sebagai salah satu wisata hits di korea selatan merupakan Pulau terbesar di Korea Selatan. Pulau Jeju yang pernah menjadi lokasi shooting drama Korea terkenal ini menjadi destinasi wisata favorit wisatawan Indonesia. Pulau Jeju memiki keindahan alam juga memiliki kebudayaan yang unik.

3. Finlandia, Italia, Luksemburg Dan Spanyol

Finlandia, Italia, Luksemburg dan Spanyol
cekaja.com

paspor paling kuat sedunia selanjutnya di urutan ketiga dipegang oleh negara negara di Eropa yakni  Finlandia, Italia, Luksemburg dan Spanyol dengan 189 negara tawarkan bebas Visa.

Luksemburg sendiri merupakan salah satu Negara terkecil di Eropa dengan jumlah penduduk kurang dari satu juta.  Negara yang berbatasan dengan Perancis dan Jerman ini merupakan satu satunya Negara di dunia yang masih dipimpin oleh Adipati atau haryapatih sebagai kepala Negara.

4. Austria, Denmark, Perancis, Belanda Dan Swedia

Austria, Denmark, Perancis, Belanda dan Swedia
hmn.wiki

Paspor terkuat di dunia selanjutnya masih dipegang oleh Negara Negara dari benua biru yakni Austria, Denmark, Perancis, Belanda Dan Swedia. Kelima Negara ini bebas mengunjungi 188 negara dengan fasilitas bebas visa.

5. Irlandia dan Portugal

Irlandia dan Portugal
merahputih.com

Selanjutnya Irlandia dan Portugal menjadi Negara di posisi kelima dengan paspor terkuat di dunia. Irlandia dengan jumlah penduduk sekitar 5 juta jiwa dan Portugal sekitar 10 juta jiwa bisa mengunjungi 187 negara dengan fasilitas bebas visa

6. Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss, Inggris,  Amerika Serikat

Amerika Serikat, Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss dan Inggris
travel.kompas.com

Siapa Sangka adidaya Amerika Serikat berjumlah penduduk sekitar 329 juta jiwa justru berada di posisi ke enam bersama dengan Negara Belgia, Selandia Baru, Norwegia, Swiss Dan Inggris. Negara negera dengan paspor terkuat di dunia ini  mendapatkan fasilitas bebas visa ke 186 negara.

7. Australia, Kanada , Republik Ceko Dan Malta

Australia, Kanada, Republik Ceko dan Malta
republika.co.id

Republik Malta atau biasa dikenal dengan Malta adalah sebuah Negara kepulauan di Eropa Selatan yang berpenduduk hanya sekitar 450.0000 Jiwa. Republik Malta Bersama dengan Australia, Kanada dan Republik Ceko bisa mengunjungi 185 negara dengan fasilitas bebas visa

8. Hungaria dan Polandia

Humgaria dan Polandia
globadocuments.com

paspor terkuat di dunia di posisi ke-8 ada Negara Hungaria dan Polandia. Warga negara kedua negara yang berada di Eropa Tengah bisa pelesiran mengunjungi 183 negara tanpa mengurus visa.

Hungaria berada di Eropa tengah berbatasan dengan Ukraina di sebelah Timur, Rumania di sebelah tenggara, Kroasia dan Serbia di sebelah Selatan, Austria di sebelah barat Dan Slowakia di sebelah Utara.

Republik Polandia atau lebih dikenal dengan Polandia berada di Eropa tengah berbatasan dengan Jerman dan Rusia. Polandia dikenal sebagai salah satu  ekonomi terbesar di dunia. Penduduknya memiliki penghasilan tinggi dengan standar hidup yang lebih tinggi. Kualitas hidup penduduknya membuat keselamatan dan pendidikan berstandar lebih tinggi serta kebebasan ekonomi.

9. Lithuania dan Slovakia

Lithuania dan Slovakia
lithuaniatribune.com

Negara-negara Baltik Lithuania dan Slovakia berada di posisi ke-9 sebagai Negara dengan paspor terkuat di dunia dengan 182 negara yang memberikan fasilitas bebas visa.

Lithuania memiliki ekonomi yang maju dengan pendapatan tinggi. Menjadikannya negara dengan standar hidup yang tinggi pula. Berpenduduk sekitar 2,7 juta jiwa Lithuania menjunjung kebebasan Media, Internet dan juga sistem Demokrasi yang sangat di junjung tinggi

Slovakia, negara pecahan Cekoslowakia dieknal memiliki keindahan tersendiri. Dikelilingi Pegunungan yang menjulang tinggi dengan pemandangan menyegarkan mata. Negara dengan luas 49.000 KM persegi ini berpenduuk sekitar 5,6 Juta Jiwa.

10. Estonia, Latvia dan Slovenia

Estonia, Latvia dan Slovenia
id.depositphoto.com

Yang terakhir Negara dengan paspor terkuat di dunia adalah Negara Estonia, Latvia dan Slovenia. Masing masing negara bisa mengunjungi 181 negara bebas visa.

Estonia yang berbatasan dengan Teluk Finlandia dan Teluk Riga ini sejak tahun 1985 membuat perjanjian dengan sejumlah negara di Eropa untuk menghapus pengawasan perbatasan, hal ini berarti jika kamu memiliki visa schengen kamu bisa mengunjungi Estonia dan menikmati keindahan alam serta keramahan penduduknya.

Latvia berbatasan langsung dengan Negara Estonia dengan jumlah penduduk sekitar 2 juta Jiwa dengan luas wilayah 65.589 Kilometer persegi. Latvia beribukota Riga memiliki sisi sejarah yang besar sehingga di Negara ini banyak sekali ditemui situs situs bersejarah yang asyik untuk dijelajahi.

Terakhir ada Negara Slovenia yang berada di pesisir Sub-Alpen di Eropa tengah. Slovenia didominasi oleh pegunungan dan hutan sehingga banyak wisata alam berupa destinasi trekking dengan pemandangan pegunungan  khas Eropa yang bikin siapa saja betah berlama lama.

Jika ada paspor yang paling kuat, tentu ada juga deretan paspor paling bawah. Untuk paspor terendah dalam hal ini paling susah dalam pengurusan visa adalah Negara Afghanistan, Irak, Suriah, Pakistan dan Yaman.

Itulah deretan Negara-negara dengan paspor terkuat di dunia. Lalu bagaimana dengan Negara kita tercinta Indonesia? Saat ini Negara kita berada di  posisi 72. Ada sekitar 71 negara bebas Visa yang bisa kita kunjungi, mulai dari negara di Asia hingga beberapa Negara di Eropa, lho. Jadi gimana guys?  Semoga ke depan paspor hijau kita semakin kuat dan semakin banyak negara yang bisa kita kunjungi tanpa pusing pusing mikiran visa.



Leave a Reply