Jajan Sate di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner yang Bikin Kangen Anak Rantau

Jajan Sate di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner yang Bikin Kangen Anak Rantau

aldilasalma | Traveler
Magetan, Jawa Timur, Indonesia | halal
25 Aug 2020


Jajan Sate di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner yang Bikin Kangen Anak Rantau
Katanya belum ke Sarangan atau ke Tawangmangu kalau belum makan sate disini. Nah karena aku juga udah lama nggak jajan sate ini, kali ini aku akan review ate dari salah satu warung yang ada disana.

 

Jadi review ini masih nyambung sama review aku sebelumnya tentang Blumbang Resto Tawangmangu sepulangnya dari sana aku sih masih laper ya karena Cuma makan pisang bakar. Nah kebetulan kalau di daerah sini tuh banyak banget penjual sate ayam dan sate kelinci. Kalian yang pernah lewat Tawangmangu – Sarangan pasti tau lah tentang ini.

Aku sendiri kayak belum ke Tawangmangu kalau belum makan sate hehehe, entah doyan, kewajiban, atau laper dah tuh. Ada salah satu warung langganan aku namanya Warung Mbok’e yang lokasinya di depan pos pendakian tapi kemarin disana lagi rameee bangett dah pokoknya serame itu karena para calon pendaki lagi pada siap-siap dan juga para club motor memenuhi warung-warung disana. Jadinya kami nggak tidak memilih untuk mencari warung yang lebih sepi untuk membeli sate.

Jajan Sate di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner yang Bikin Kangen Anak Rantau
Karena sepanjang jalan yang di area Tawangmangu kebanyakan pada rame akhirnya aku dapat yang sepi di warung pinggir jalan tembus atau biasa disingkat JT. Kalau ini udah masuk area Magetan ya, ada di Jl. Raya Sarangan. Sayangnya aku lupa nggak ngefoto nama warungnya, tapi tenang aja karena sederet ini adalah warung yang sebagian besar menjual sate, mie instan, dan juga jagung bakar. Kalau kalian masih bingung bayanginnya yaa mirip-mirip warung yang ada di Puncak Bogor, Pujon Malang, atau di Tretes, gitu lah ya. Udah paham kan?

Jajan Sate di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner yang Bikin Kangen Anak Rantau
Nah aku pesen satu porsi sate ayam dan sate kelinci. Disini sate kelinci merupakan makanan yang khas guys. Mungkin beberapa dari kalian ada yang nggak familiar dan katanya kasihan kalau kelinci gemes ya? Hehehe aku juga gemes kok sama kelinci tapi emang disini kelinci menjadi hewan ternak yang biasa diolah dan diperjual belikan guys!

Aku memilih duduk di tempat yang menghadap ke hutan. Eiitss bukan hutan yang serem yaaa! Dari sini kita bisa melihat Telaga Sarangan dari kejauhan lhoo, cantik banget!

Sate enak Di Sarangan
Sedikit nostalgia nih, dulu waktu jaman SMP pulang sekolah kalau hari Sabtu sering nih jajan ke warung-warung begini. Padahal ya Cuma mau beli mie instan atau teh hangat. Tapi suasananya itu lhoo yang bikin betah, apalagi kalau bareng-bareng sama temen kan tambah asik yakann!

Rekomendasi sate di sarangan tawangamangu
Setelah menunggu beberapa menit sate yang kami pesan sudah jadi. Satu porsi satenya lengkap dengan lontong, irisan bawang, dan irisan cabai buat yang suka pedes. Kalau kalian nggak pengen lontong kalian bisa ganti dengan nasi putih. Untuk harganya satu porsi sate ini Rp 15.000,- dan teh hangatnya Rp 5.000,-. Jadi inget lagi waktu dulu harga satenya masih Rp 10.000,- sekarang udah naik tapi masih wajar kan dengan harga segitu.

Jajan Sate di Jalan Tembus Sarangan. Kuliner yang Bikin Kangen Anak Rantau
Untuk ukuran satenya emang nggak terlalu besar seperti potongan sate Madura atau sate Ponorogo gitu ya. Nah ini justru pas banget dinikmatin per orang jadi nggak eneg atau kekenyangan. Sate dibakar pada tingkat kematangan yang pas, bumbunya meresap kedalam. Bumbu kacangnya juga enak, manis dan gurih. Testurnya nggak terlalu encer atau kental jadi nikamat deh diguyur keatas lontong begini.

Selesai makan dan duduk santai akhirnya kami pulang, karena perut udah kenyang dan pikiran senang!

 

Opening Hours
-
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY