10 Menu Makanan Praktis dan Sehat Saat Kemping


sisil angelin  September 23, 2019  0 Comment

Membuat persiapan menu makanan praktis saat kemping, memang wajib dilakukan oleh siapa saja yang berencana untuk berkemah. Karena peralatan yang dibawa juga sangat terbatas, pastinya Anda ingin membuat menu sesederhana mungkin. Meskipun begitu, jangan lupa untuk memastikan kalau makanan yang di konsumsi juga sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Referensi Makanan Praktis Saat Kemping Enak dan Sehat.

Rekomendasi Makanan yang Praktis untuk Kemping

1. Sop

makanan praktis saat camping
image credit : https://www.glacier-national-park-travel-guide.com

Meskipun judulnya adalah kemping, namun bukan berarti Anda tidak bisa berkreasi membuat makanan yang lezat dan sehat. Salah satu menu yang mudah dibuat adalah sayur sop. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu membawa sayuran segar secukupnya. Udara pegunungan yang dingin akan membuat sayuran tetap segar. Triknya, letakkan di udara terbuka.

Supaya lebih kenyang, maka Anda bisa memperbanyak kentang disini. Kemudian ditambah dengan sayuran lain seperti wortel, kol, brokoli, dan lain sebagainya. Untuk masalah bumbu, maka tidak perlu merasa khawatir karena Anda bisa menemukan banyak bumbu sop instan. Jadi, tinggal rebus sayuran dan tambahkan bumbu. Tunggu sampai matang.

Menikmati sop panas di pagi hari sembari menghirup hawa pegunungan yang sejuk, pasti akan membuat suasana menjadi lebih nikmat. Apalagi kalau ditemani dengan secangkir kopi hangat yang menggugah selera.

Gotravelly

Mie Ongklok Pak Muhadi ; Mie Kuning Dengan Kuah Kental Khas Wonosobo!

Ichi Sushi, Sajikan Masakan Jepang Halal Di Gresik

2. Pecel

image credit : https://i.ytimg.com

Menikmati masakan khas tradisional Indonesia satu ini saat kemping memang bisa made your day. Perpaduan rasa sayuran rebus dan bumbu kacang yang manis, pedas, asin memang selalu bisa menggoyang lidah siapa saja. Untuk membuat pecel ini, sebenarnya sangat sederhana sekali karena Anda bisa memanfaatkan bumbu pecel instan.

Baca juga :  10 Makanan Asli Tradisional Indonesia Ini Bisa Meningkatkan Gairah lho!

Kemudian bawa sayuran segar seperti tauge, kangkung, mentimun, kol, kemangi, dan lain sebagainya. Jika ingin dihidangkan, maka Anda hanya perlu merebus semua sayuran tersebut secara bergantian. Bisa juga rebus sekaligus. Kemudian masukkan bumbu pecal instan ke dalam mangkuk, tambah air panas, aduk-aduk, kemudian siramkan di sayuran.

3. Bubur

makanan praktis saat camping
image credit : http://www.porridgelady.com

Makanan lain yang sehat dan praktis untuk disajikan saat kemping adalah bubur. Kalau membuat bubur secara manual memang cukup ribet dan membutuhkan waktu lumayan lama, jadi sulit diterapkan saat kemping. Tapi saat ini Anda bisa menemukan produk bubur instan banyak dijual di toko. Jadi, Anda tinggal membelinya saja.

Untuk membuat bubur instan ini sangat mudah. Tinggal masukkan bubur ke dalam mangkuk, kemudian tuangkan air panas secukupnya, lalu tunggu beberapa menit dan bubur siap dihidangkan. Meskipun namanya bubur instan, namun bahannya cukup komplit. Biasanya dilengkapi dengan ayam, bawang goreng, dan kerupuk juga. Jadi, sangat lezat.

4. Roti selai

makanan praktis saat camping
image credit : http://3.bp.blogspot.com

Roti gandum dengan selai juga bisa menjadi referensi makanan paling praktis untuk dibawa kemping. Pasalnya, Anda tidak perlu repot memasaknya lagi. Tinggal oleskan selai di atas rot dan makan. Meskipun kelihatan seperti makanan ringan, namun roti ini cukup mengenyangkan. Jadi, bisa menjadi alternatif untuk menunda lapar saat lelah.

Selain selai, Anda juga bisa menambahkan sosis ke atas roti. Supaya lebih mengenyangkan perut. Untuk rekomendasi selai terbaik, bisa memilih jenis selai kacang. Karena mengandung kalori tinggi, otomatis juga akan membuat tenaga Anda bertambah. Jadi lebih strong untuk melakukan beragam aktivitas luar ruangan.

5. Sandwich

makanan praktis saat camping
image credit : https://greatist.com

Makanan praktis saat kemping yang lainnya adalah sandwich. Meskipun kedengarannya sangat ke Baratan, tapi menu ini sangat mudah disajikan. Dan pastinya juga sehat dan bergizi. Untuk membuatnya, Anda tinggal membawa roti isi. Kalau ingin disajikan, maka tinggal menambahkan sayuran seperti selada, tomat, ketimun, dan lain sebagainya.

Baca juga :  Keunikan Rasa 10 Makanan Khas Palestina bikin Lidah Bahagia

Kemudian tambahkan mayonaise, atau saus sesuai selera, lalu disantap. Dengan membuat sandwich, maka semua kebutuhan akan vitamin, karbohidrat, dan mineral akan selalu terpenuhi. Dan menariknya, untuk menyajikan makanan sehat yang satu ini, Anda hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. Dan Anda sudah bisa memanjakan perut.

6. Sate buah dan sayur

makanan praktis saat camping
image credit : https://freshoffthegrid.com

Dalam beberapa waktu belakangan, menu sate buah dan sayur ini memang cukup diminati oleh penikmat aktivitas luar ruangan alias kemping. Selain mudah dibuat, menu ini juga sangat sehat, karena kaya akan vitamin dan nutrisi. Untuk menghidangkannya, hanya perlu beberapa menit saja.

Untuk membuat satu buah dan sayur, maka Anda harus membawa tusuk sate dari rumah. Kalau ingin disajikan, tinggal potong buah dan sayuran. Kemudian tusuk menggunakan tusukan sate. Sebaiknya di selang seling supaya rasanya lebih variatf. Kemudian panggang di atas bara api sebentar. Sate buah sayur sehat sudah siap untuk disantap.

7. Makanan kaleng

makanan praktis saat camping
image credit : http://simplypreparing.com

Membawa makanan kaleng juga bisa alternatif solusi untuk membuat hidangan mudah saat kemping. Selain tahan lama dalam segala kondisi cuaca, makanan kaleng juga sangat beraneka ragam. Jadi, tinggal membawa yang sesuai keinginan saja. Ada ikan dan daging kaleng yang bisa dipilih. Dengan begitu, menu Anda saat kemping juga lebih variatif.

Meskipun sudah siap santap, namun ada baiknya memanaskan makanan kaleng tersebut terlebih dahulu sebelum dimakan. Supaya rasanya juga jadi lebih lezat. Anda bisa mengkombinasikan makanan kaleng ini dengan sayuran segar supaya lebih kaya cita rasa. Bisa juga dijadikan sebagai teman nasi, jadi Anda merasa lebih kenyang.

8. Makanan olahan

makanan praktis saat camping
image credit : https://icdn2.digitaltrends.com

Jika sudah memiliki rencana kemping sejak lama, maka Anda bisa menyiapkan beberapa olahan untuk dibawa. Jadi, terjamin lebih sehat dan enak karena Anda mengolahnya sendiri. Beberapa makanan yang tahan lama saat dibawa kemping antara lain sambal teri kering, sambal kentang dan tempe kering, ayam goreng, daging rendang, dan sebagainya.

Baca juga :  10 Makanan Khas Bojonegoro Dengan Rasa Ngangenin

Ketika sampai di tempat kemping, maka Anda tinggal panaskan saja makanan yang sudah dibawa dari rumah. Tentunya akan lebih praktis, hemat, dan sehat. Dengan begitu, kemping akan terasa lebih menyenangkan.

9. Buah

makanan praktis saat camping
image credit ; https://ae01.alicdn.com

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi buah saja sudah cukup untuk menggantikan makanan. Apalagi, buah memang mengandung air, dan kaya akan vitamin. Jadi, tidak ada salahnya jika hanya makan buah saja ketika kemping. Meskipun begitu, sebaiknya pilihlah buah yang memang kaya akan gizi dan nutrisi. Sehingga lebih terasa mengenyangkan.

10. Mi instan

makanan praktis saat camping
image credit : ttps://assets-a1.kompasiana.com

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa mi instan merupakan salah satu makanan pokok masyarakat Indonesia saat kemping. Selain mudah disajikan karena tinggal siram air panas saja. Mi instan juga memiliki rasa yang enak, mengenyangkan, dan pastinya murah. Meskipun begitu, sebaiknya konsumsi terhadap makanan instan ini dibatasi.

Setidaknya, Anda boleh makan mi instan sekali saja dalam sehari. Selebihnya, konsumsilah makanan sehat dan bergizi seperti roti, buah, atau nasi. Jadi, jangan melulu makan mi instan saat kemping.

Kemping memang sangat seru dan mengasyikkan. Namun untuk membuat aktivitas outdoor ini lebih menyenangkan, jangan lupa untuk memerhatikan asupan nutrisi dan gizi untuk tubuh. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Beberapa menu di atas hanyalah sedikit contoh dari aneka ragam menu praktis dan menarik, yang bisa dijadikan referensi saat kemping.



Leave a Reply