Mie Ongklok Pak Muhadi ; Mie Kuning dengan Kuah Kental Khas Wonosobo!

mie ongklok pak muhadi

bozerwin | Sightseeing
Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia | halal
04 Jul 2019


Mie Ongklok Pak Muhadi ; Mie Kuning dengan Kuah Kental Khas Wonosobo!
Mie Onglok paling enak yang pernah kucoba..

Beberapa hari yang lalu aku pergi ke Wonosobo untuk ambil barang. Dan karena aku jarang banget ke kota ini maka dari itu aku mau nyobain salah satu kuliner yang ada disini. Berbekal browsing akhirnya aku tertarik dengan salah satu makanan. Namanya adalah mie ongklok. Sebenernya ada beberapa opsi mie ongklok dari kota Wonosobo ini tapi entah kenapa aku pengen nyobain makan di tempatnya Mie Ongklok Pak Muhadi.

mie ongklok pak muhadi
Mie Ongklok Pak Muhadi ini lokasinya berada di Jl. Ahmad Yani No. 1, Tosari, Kec. Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk bisa dateng ke tempat ini sih cukup gampang karena kami pun juga berbekal maps dan nggak nyasar. Begitu sampai kami langsung masuk kedalam. Tempatnya sih bisa dibilang luas karena muat sampai 50 orang lebih sepertinya. Disediakan cukup banyak meja dan kursinya juga.

mie ongklok pak muhadi
Di Mie Ongklok Pak Muhadi ini selain menjual mie ongklok juga menjual sate sapi. Jadi buat kalian yang nggak tau mie ongklok adalah mie kuning yang diongklok atau dicelup dengan sayur kol, baru setelahnya diletakan di mangkuk dan disiram dengan kuah kental yang berbahan dasar pati atau kanji yang dicampur dengan gula merah dan rempah. Tak lupa diatasnya diberi sedikit bumbu kacang. Jenis mie yang digunakan adalah mie kuning yang ukurannya standar dan pipih. Emang pertama lihat fotonya pas browsing agak unik sih, mirip mie kangkung khas Betawi itu. Kami pesan 3 porsi mie ongklok dan 2 porsi sate sapi.

mie ongklok pak muhadi
Kalau lihat dari reviewnya sih Mie Ongklok Pak Muhadi ini udah terkenal sejak lama di Wonosobo. Bahkan tidak sedikit wisatwan luar yang datang kemari hanya untuk mencicipi mie ongklok disini. Membacanya membuat kami semakin penasaran dengan cita rasa makanan satu ini.

Karena pas kami datang nggak begitu ramai jadi makanan yang kami pesan datangnya juga cepat. Seporsi mie ongklok ini porsinya cukup banyak dan tampak menggiurkan. Pertama nyobain kuahnya dulu. Teksturnya kental karena memang menggunakan kanji. Aku seruput pertama rasanya dominan manis tapi ada gurihnya juga, rempahnya juga terasa. Bumbu kacang yang ditaruh diatasnya membuat rasanya semakin unik.

mie ongklok pak muhadi
Selanjutnya nyobain sate sapinya. Satu porsi berisi 10 tusuk yang lengkap diberi bumbu kecap dan bumbu kacang. Dagingnya berukuran sedang, jadi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pertama makan dagingnya terasa kalau bumbunya sedep banget. Tekstur dagingnya juga pas, empuk,  dan tidak terlalu kering jadi nikmat banget. Begitu dimakan bareng mie ongkloknya baru rasanya pass!! Karena menurutku kurang pedes jadi aku tambah ulekan cabe rawitt, tinggal minta aja ke pelayannya.

mie ongklok pak muhadi
Selain bisa menikmati mie ongklok dengan sate sapi, kalian juga bisa menikmatinya dengan gorengannya, yaitu tempe kemul. Arti dari kemul ini adalah selimut, jadi tempe mendoan ini digoreng dengan lapisan tepung yang sedikit tebal. Enak banget apalagi kemarin dapet pas masih baru selesai digoreng, jadi panas dicocol sama kuah mie ongkloknya tambah nikmat!

Oke dari rasa mie ongklok ini menurut aku enak sih dan cocok di lidah aku, karena aku udah biasa makan mie kangkung jadi rasanya miri-mirip sama itu. Sate sapinya juga nggak kalah enak, cocok dimakan sama mienya. Jadi kalau kalian makan disini pastikan pesen sate sapinya juga. Harganya masih terjangkau perorang tidak sampai 50.000 sudah bisa menikmati mie ongklok, sate sapi, dan minuman. Jadi buat kalian yang di Wonosobo harus banget nyobain kuliner unik satu ini!

Opening Hours
09:00 - 20:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY