9 Makanan Khas Armenia yang Harus Anda Coba


sisil angelin  March 11, 2019  0 Comment

Bepergian ke Armenia berarti mencicipi kelezatan Gastronomi. Meskipun negara ini masih belum diketahui oleh banyak orang, namun hidangan khasnya cukup akrab bagi orang Brazil, karena menyerupai budaya Arab dan negara-negara lain di Timur Tengah. Masakan Armenia dianggap salah satu yang tertua di Asia. Kacang, beras, kulit babi, dan jagung merupakan bahan dasar makanan khas Armenia, yang dapat anda nikmati dengan secangkir kopi Kolombia. Anda harus mencobanya!

Berikut Makanan Khas Armenia yang bikin perut bahagia

1. Tray Paisa

Tray Paisa

Pinterest.com

Tray Paisa adalah salah satu makanan tradisional Armenia yang terdiri dari kacang, sosis babi, daging babi dan telur. Ini adalah hidangan simbol daerah, yang juga dikenal di seluruh negeri dan bahkan di negara-negara di seluruh dunia. Anda dapat menikmati makanan ini dengan mazamorra, atau disebut juga dengan bubur jagung, yang disajikan dengan susu dan gula merah yang dihancurkan. Makanan manis yang satu ini dapat dinikmati saat panas atau dingin, sesuai selera anda.

Review Kuliner

Nggak Sengaja Mampir Ke Pantai Sundak Gunungkidul, Pantainya Bersih Dan Sepi!

Tjokro Style, Nginep Di Hotel Bintang Tiga Yogyakarta Cuma Bayar 100 Ribu!

2. Dolma

Dolma adalah hidangan tradisional di Armenia yang berisi daging cincang dicampur dengan beras dalam banyak pilihan rasa, dibungkus dengan daun anggur, kubis, raspberry, tomat, terong, dan paprika. Ini adalah makanan khas musim panas di Armenia. Dolma harus ada dalam daftar “hal yang harus dicoba” saat anda berada di Armenia.

Masakan musim panas lainnya adalah Lahmadzo, atau disebut juga pizza Armenia, ini adalah biskuit yang dilapisi dengan lapisan tipis daging domba pedas. Sangat mudah untuk mendapatkan makanan khas musim panas Armenia ini di restoran-restoran Armenia dan kota-kota tetangga. Di sepanjang jalan, anda akan menemukan lusinan restoran lokal yang telah menyajikan hidangan tradisional Armenia selama bertahun-tahun.

Baca juga :  9 Rekomendasi Nasi Goreng Enak di Solo yang Wajib di Coba 

3. Ghapama

Ghapama
ianyanmag.com

Ghapama adalah hidangan yang sangat populer di Armenia yang ideal untuk vegetarian dan non-vegetarian. Hidangan ini terlihat sangat mahal, tapi selalu ada kapan saja sepanjang tahun. Ghapama adalah labu yang diisi dengan beras dan buah-buahan kering seperti aprikot, plum, kurma, dan kismis. Kadang-kadang juga berisi irisan buah dengan kayu manis, dan kacang kenari yang dihancurkan. Ini adalah jenis hidangan yang membuat anda tidak hanya menikmati rasa itu sendiri, tetapi juga menikmati proses makan dari setiap bagian yang anda makan.

4. Sup Buttermilk Atau Sup Yogurt

Sup Buttermilk
foodandwine.com

Ini adalah sup putih yang dapat dinikmati oleh vegetarian dan non-vegetarian. Anda dapat menemukan sup ini pada menu makan siang di hampir semua kafe dan restoran di Armenia. Sup dibuat dengan yogurt dan oatmeal, dan taburan rempah segar di atasnya. Dapat juga disajikan dengan putih telur dan tepung di dalamnya. Sup ringan ini bisa menjadi sesuatu untuk dicoba setelah hidangan utama, karena juga membantu mencerna makanan berat. Dapat disajikan sesuai keinginan, panas atau dingin.

5. Khash

Khash
smithsonianmag.com

Khash adalah hidangan / sup tradisional lainnya (lebih disukai pada akhir pekan dan dini hari untuk makan). Khash terbuat dari daging sapi dan air. harus dimasak dalam waktu yang lama untuk dipersiapkan (memasak dalam bahasa Armenia adalah “khashel”, dari sinilah kata khash berasal).

Hidangan ini cocok untuk cuaca dingin. Biasanya disajikan dengan roti kering Armenia, saus bawang putih, garam, dan sejumlah lauk pauk yang wajib ada di meja khash seperti acar, lobak, dan rempah-rempah. Pertama-tama anda harus menambahkan garam ke sup anda sebanyak yang anda inginkan, kemudian tambahkan saus bawang putih dan kemudian hancurkan roti kering di atasnya.

Baca juga :  9 Makanan Khas Kudus Harga Murah tapi Enak Banget

6. Harisa

Harisa juga merupakan hidangan khas yang dapat anda nikmati saat berada di Armenia. Makanan ini dibuat dengan gandum dan ayam yang dimasak dalam air, sambil diaduk secara perlahan sampai mengental. Dahulu kala Harisa dimasak dalam wadah tanah liat, tetapi sekarang cara ini sudah ditinggalkan.

Selama Armenia berada dalam kekuasaan Kekaisaran Ottoman, sebelum diselamatkan oleh Angkatan Laut Perancis, orang-orang Armenia yang bertahan di bukit Musa memiliki persediaan makanan yang sangat terbatas. Gandum merupakan satu-satunya bahan makanan yang dapat dimasak. Seiring perkembangan, mereka mencoba memasak gandum dengan ayam, dan muncullah Harisa. Itu sebabnya hidangan ini sangat penting bagi orang Armenia.

7. Khorovats

Ini sebenarnya adalah daging panggang. Khorovats disebut juga dengan barbekyu tradisional Armenia. Khorovats disiapkan dengan tusuk sate, terkadang bersama dengan kentang dan sayuran. Hidangan ini terdiri dari potongan kecil daging sapi, domba, babi, ikan atau ayam yang direndam dan dipanggang di atas arang bersama dengan terong, tomat, paprika dan sayuran lainnya. Dan sering disajikan pada acara-acara khusus.

Hidangan terkenal lainnya adalah Dzhash. Ini adalah semur yang terdiri dari daging dan sayuran dengan berbagai bumbu di atasnya. Di Armenia, daging dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kelimpahan dalam makanan. Hidangan berbahan daging seperti Khorovats sering ditawarkan kepada tamu kalangan menengah ke atas. Semakin banyak tamu yang ditawarkan, semakin besar kehormatan yang didapat tuan rumah.

Daging domba di masa lalu adalah hidangan tradisional, yang juga menjadi objek pemujaan dan persembahan ritual. Semantara sapi pada zaman kuno orang-orang Armenia akan dikorbankan untuk perayaan dan perjamuan acara tertentu.

8. Keufteh

Keufteh
thedailymeal.com

Keufteh adalah makanan khas Armenia yang terdiri dari bulgur (sereal) dicampur dengan sayuran dan rempah yang diiris halus serta potongan daging domba. Hidangan ini memiliki banyak variasi tergantung pada musim. Untuk variasi yang sangat lezat, keufteh berisi daging domba pedas yang dicampur dengan mentega, bawang, rempah segar, dan biji pinus. Variasi ini biasa dimakan dengan salad.

Baca juga :  13 Tempat Makan Keluarga di Surabaya Paling Enak Rekomended

9. Makanan Pembuka Dan Penutup

Makanan Khas Armenia
lifestyle.sindonews.com

Sebelum hidangan utama, berbagai makanan ringan juga disajikan. Seperti terong goreng digulung dengan keju pedas dan isian potongan tomat atau paprika, atau juga sayuran rebus. Dapat juga berupa salad dengan bulgur dan parutan buah bit atau keju asap yang dicampur dengan keju domba.

Keju lunak yang diaduk dengan bawang putih dan kenari juga merupakan makanan pembuka yang lezat. Sepiring daun bawang dan rempah segar biasanya juga ada di atas meja. Berbagai jenis keju juga disajikan dengan sebagian besar makanan pembuka, termasuk keju domba. Camilan lain yang terkenal adalah byorek. Ini adalah hidangan pembuka yang diisi dengan keju atau bayam.

Di Armenia, makanan penutup seringkali adalah roti dan buah-buahan manis dengan cita rasa khas seperti apel, pir, anggur, ceri, persik, plum, buah quince, ara, delima, melon, semangka, blackberry, strawberry, raspberry, cranberry, buckthorn dan banyak lagi. Tetapi yang paling favorit adalah buah plum, buah-buahan kering, serta buah-buahan hijau, yang biasanya apel, prem dan, tentu saja, aprikot.

Makanan penutup dapat terdiri dari buah-buahan matang yang diisi dengan kacang atau almond. Sementara baklava adalah makanan khas Armenia berupa kue lezat dengan isian kacang, apel, keju, dan krim. Baklava digulung dan dipanggang dan kemudian dinikmati dengan madu cair atau dengan sirup rasa lemon.



Leave a Reply