10 Makanan Khas Solo Murah Paling Maknyus di Lidah


Reni  January 19, 2018  0 Comment

Saat berkunjung ke kota Solo tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba kuliner-kuliner yang ada di kota Solo, tetapi 10 kuliner yang saya bahas dibawah ini adalah kuliner di sol yang murah dan pastinya ngehitz dikota Solo. Berikut Daftar Makanan Khas Solo

Nasi Liwet Wongso Lemu Solo

Nasi Liwet Wongso Lemu Solo

Saat berkunjung ke kota solo tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencoba makanan khas solo yang satu ini, nasi liwet ini sekilas seperti nasi biasa, namun cita rasa dari nasi liwet ini istimewa banget… untuk kalian yang belum pernah tau nasi liwet ini seperti apa, 1 porsi nasi liwet ini terdiri dari nasi gurih, sayur jipang, suiran daging ayam, telur masak kecap, dan kuah santan opor yang kental, bumbunya kerasa banget dan 1 porsi nasi liwet ini bukan disajikan pada piring, tetapi menggunakan daun pisang, jadi aroma daun pisang ini sangat menggoda.

Nah guys kalian bisa menemukan nasi liwet dipinggir jalan, namun yang paling lezat dan terkenal di solo adalah Nasi Liwet Wongso Lemu, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung, dan buka setiap hari dari jam 16.00-02.00.

Alamat : Jln. Teuku Umar Keprabon Solo.
Range harga : 5k-8k.

review wisata dan kuliner

Lezatnya Serabi Ngampin Ambarawa

Serabi Solo Rahayu Di Gresik, Sajikan Serabi Dengan Rasa Otentik

Warung Pecel Solo (Warung Ndeso Resto)

Warung Pecel Solo

Dewo.wordpress.com

Tempat yang satu ini memang sangat terkenal dan selalu ramai dengan pengunjung, dari namanya saja pasti sudah tau donk warung ini menyajikan menu apa? Ya pastinya pecel donk heheh, nah pecel yang ada disini enak buanget guys… nasi pecel disini berbeda dengan nasi pecel pada umumnya, perbeda nasi disini ialah menggunakan nasi merah yang dilengkap dengan, daun papaya, kembang turi, jantung pisang, daun bayam, lauk, dan dicampur dengan bumbu pecel yang memiliki citarasa asin, manis, pedas, dan gurih yang pas!!! Untuk minuman disini anda bisa pesan jahe pandan, kunir asem sirih, dan temu lawak. Menu yang satu ini pas banget kan untuk menjadi pilihan saat siang hari berada dikota Solo? Yuk jangan lupa mampir kesini, tempay ini buka dua kali setiap harinya yaitu pukul 08.00-16.00, dan 18.00-22.00.

Baca juga :  12 Minuman Khas Irlandia Dengan Kesegaran Menggoda

Alamat : Jln Dr. Soepomo No. 55 Mangkubumen Solo.
Range harga : 10k-15k.

Srabi Notosuman

Srabi Notosuman

Brio.net

Mendengar nama Srabi Notosuman ini pasti sudah tidak asingkan guys ditelinga anda? Apalagi untuk travelers yang doyan banget sama makanan yang unyu-unyu gurih ini, nah Srabi Notosuma ini sudah buka sejak tahun 1923, dan menjadi satu kuliner yang legendaris di kota Solo.
Untuk kalian yang belum pernah cobain Srabi seperti apa, srabi ini sebenarnya terdiri dari adonan tepung beras dan santan yang di masak kedalam cetakan yang ada di tungku-tungku kecil, untuk rasanya tidak usah ditanya lagi guys udah pasti wuenak banget!!! Rasanya gurih, crispy, asin, dan manis, disini anda bisa memilih mau rasa apa bisa polos atau coklat. Srabi ini pas banget untuk menemani perjalanan anda dikota Solo.
Alamat : Jln. Mohammad Yamin No. 28.
Range harga : 20k-25k (isi 10 srabi).

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Hipwee.com

Kuliner yang satu ini memang menjadi pilihan makan siang saat berada dikota Solo, warung pecel yang satu ini memang berbeda dengan warung pecel lainnya yaitu memiliki sambal tumpang yang hauce!!! Rasanya gurih, manis, dan pedas, sambal tumpang ini biasanya di santap dengan nasi hangat atau bubur yang diberi topping tauge, sayur bayam, tahu, krecek, tempe, dan rempah-rempah yang enak banget. Warung ini buka setiap hari dari jam 07.00 pagi sampai jam 02.00 siang.
Alamat : Belakang pengadilan Negeri Solo, dekat dengan Rumah sakit Pku Muhammadiyah.
Range harga : 10k-15k.

Sate Buntel Mbok Galak

Sate Buntel Mbok Galak

Asokaremadja.com

Sate yang satu ini memang pantas menjadi tujuan pengunjung saat berada di kota Solo karena cita rasa dari sate ini bikin pengunjung jatuh hati dan pastinya penasaran untuk mencobanya, Sate Buntel ini berbeda dari sate pada umumnya karea sate ini terdiri daging cincang yang di buntel/balut dengan lemak kambing. Yang dibakar dengan bumbu yang meresap, membuat satu porsi sate buntel sempurna!!! Sate ini buka dari pukul 06.00 pagi dan tutup 04.00 sore, yuk buruan cobain sate buntel, jangan sampek kehabisan ya guys.
Alamat : Jln. Mangun Sarkoro No. 122, Banyuanyar.
Range harga : 25k-35k.

Baca juga :  21 Makanan Khas Jogja Sederhana Tapi Enaknya Kebangetan

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Intisari.grid.id

Panasnya kota solo paling enak ya menikmati es segar yang satu ini, es gempol pleret pak suhar ini menjadi pilihan masyarakat lokal, karena es ini unik yaitu Gempol yang terbuat dari tepung beras yang dipadatkan lalu dibentuk bulat pipih, sedangkan Pleret ini terdiri dari gula jawa dan adonan tepung beras., dan keduanya ini akan dicampur dengan kuah santan+es batu yang membuat seporsi es ini sempurna untuk menghilangkan dahaga anda saat berada dikota Solo. Es Gemol Pleret Pak Suhar ini buka pukul 10.00 Pagi dan tutup pukul 04.00 Sore.
Alamat : Dr. Wahidin, lebih tepatnya berada di samping Masjid Tegalsari Solo.
Range harga : 6k-10k.

Sate Kere Yu Rebi

Sate Kere Yu Rebi

Wadangankopijahe.blogspot.com

Nama dari sate ini memang unik ya guys, penamaan dari Sate Kere yang berarti miskin, apakah sate ini hanya bisa dikosumsi untuk orang kere? Heheh becanda guys sate ini kenapa diberi nama ini, karena harga dari sate ini murah dan disini anda bisa memilih beberapa menu seperti Sate Jeroan Sapi, sate ayam, sate daging, sate kambing, Tempe Gembus yang terbuat dari ampas tahu, meskipun harganya miring kualitas dari 1 porsi sate kere ini sangat lezat dan bumbu kacang dari sate ini kerasa asin, manis, gurih, pas banget guys untuk dinikmati saat malam hari dikota Solo. Tempat ini buka dari jam 10.00 pagi sampai 09.00 malam.
Alamat : dibelakang Stadion Sriwedari Solo dan Galado.
Range harga : 8k-10k.

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Gudeg Ceker Margoyudan Bu Kasno

Adiedoes.blogspot.com

Makanan khas Solo ini menjadi pilihan saat malam hari di Solo dan warung ini memang sudah terkenal sejak tahun 1970, disini anda bisa pesan 1 porsi nasi pulen yang terdiri dari gudeg, telur, ceker, dan opor ayam. Selain rasanya lezat warung ini juga memiliki harga yang miring untuk anda.
Alamat : Jalan Monginsidi.
Range harga : 10k-15k.

Baca juga :  15 Oleh Oleh Khas Sukabumi, Ada Sate Aci Hingga Kue Mochi

Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas

Imgrum.org

Makanan khas solo berikutnya Mie yang satu ini juga ngehitz banget dikota Solo, kenapa hitz? Ya karena mie gajah mada ini memiliki mie dengan pilihan rasa dan warna yaitu diantaranya ada mie ungu dan merah yang terbuat dari ketela, sdangkan mie orange ini berasal dari wortel, dan yang hijau ini dari sayur yang pas banget untuk anda yang gak begitu suka sayu dengan makan mie disini maka anda bisa merasakan mie sehat. Selain mienya lezat, dan kenyal, mie ini biasanya diberi toping bakso, jamur, sayur, siomay, ayam, dan kuah yang pas banget menjadi pilihan saat makan siang dikota Solo.
Alamat : Suryopranoto No.1 (didepan pasar gede)
Range harga : 10k-15k.

Toko Roti Orion

Nah kalo yang satu ini pas banget menjadi tujuan anda saat berada dikota Solo, karena roti mandarin ini sudah terkenal sejak dahulu dan yang paling terkenal disini adalah lapis legitnya yang yummy anda bisa memilih mau original, kismis, atau special. Lapis legit iini elain pas untuk camilan saat berada dikota Solo, anda bisa menjadikannya oleh-oleh untuk pulang ke kota asal anda. Tempat ini buka dari jam 08.00 pagi sampai 08.00 malam.
Alamat : Jln. Urip Sumoharjo 80, Solo.
Range harga : 35k-45k.

Gimana guys 10 makanan khas Solo diatas? Menarik banget kan untuk dikunjungi dan pastinya anda cobain, selain rasanya lezat, tempatnya nyaman, dan harganya bersahabat, membuat jelajah kuliner anda menyenangkan dan ekonomis, Selamat mencoba!!!



Leave a Reply