Lezatnya Serabi Ngampin Ambarawa

Serabi Ngampin Ambarawa

Siklimis.com | Sightseeing
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia | halal
28 Jul 2020


Lezatnya Serabi Ngampin Ambarawa
Kabupaten Semarang tak hanya kaya akan wisata alamnya dan wisata budaya nya saja, tetapi juga kaya akan wisata kulinernya, salah satu kuliner tradisional Kabupaten Semarang yaitu Serabi Ngampin,

Sejarah Serabi Ngampin

Serabi Ngampin Ambarawa

Masyarakat Desa Ngampin ini awalnya hanya berjualan serabi setiap bulan Sya’ban atau satu bulan sebelum menjelang Bulan Suci Ramadhan, tradisi ini sudah ada secara turun temurun dari nenek moyang. Konon setiap Bulan Sya’ban biasanya mulai tanggal 15 Sya’ban banyak penjual Serabi Ngampin di sepanjang jalan, mitosnya kalau yang membeli Serabi Ngmapin ini akan dimudahkan jodohnya sehingga banyak para jomblo baik bujangan ataupun perawan yang membeli Serabi Ngampin.

Tradisi ini terus dilestarikan oleh warga Ngampin karena tradisi ini merupakan warisan dari nenek moyang, dan kebetulan setiap tahunnya selalu ramai pembeli dari berbagai daerah. Karena Serabi Ngampin sangat terkenal dan banyak pembeli akhirnya banyak masyarakat Ngampin yang berjualan setiap hari.

Keunikan Serabi Ngampin

Serabi enak

Serabi Ngampin Ambarawa ini memang sangat unik dan beda dari serabi pada umumnya. Serabi Ngampin ini terbuat dari beras ketan, ukurannya yang kecil dan mungil membuat Serabi Ngampin ini beda dari serabi yang lain, ditambah kuah santan, gula aren cair dan daun pandan membuat Serabi Ngampin ini terasa lezat, gurih dan aroma pandan yang wangi sekali,

Selain itu Serabi Ngampin ini juga sangat istimewa karena  disajikan dalam keadaan hangat serta ada pilihan tambahan tape ketan jika pengunjung menginginkannya, tetapi menurutku memang lebih enak ditambah tape ketan yang manis agak asam sehingga  membuat Serabi Ngampin ini lezatnya tiada duanya. Semua bahan baku untuk membuat Serabi Ngampin ini menggunakan bahan-bahan alami dan tentunya tanpa bahan pengawet sehingga sangat aman untuk kesehatan.

Ukuran Serabi Ngampin yang kecil membuat tak cukup jika menikmati satu biji saja, dan satu porsi Serabi Ngampin ini isinya 5 biji, saking lezatnya pasti kalian tidak akan cukup jika hanya menikmati satu porsi saja. Proses produksi Serabi Ngampin ini juga masih menggunakan alat-alat tradisional seperti tungku dan kayu bakar, dan dari sinilah yang membuat Serabi Ngamping ini mempunyai cita rasa tradisional yang sangat khas, rasa gurih dan manis berpadu jadi satu dalam semangkuk Serabi Ngampin.

Untuk harga Serabi Ngampin ini satu biji Rp.1000 dan satu porsi berisi 5 biji harganya Rp. 5000. Jika ditambah tape ketan harganya menjadi Rp. 7000. Menurutku ini sangat murah sekali untuk satu porsi Serabi Ketan yang sangat lezat sekali, kita juga bisa membeli untuk dibawa pulang namun pastinya sampai rumah sudah tidak hangat dan tentunya lebih nikmat jika dimakan langsung di warung Serabi Ngampin.

Serabi Ngampin Penggerak Ekonomi Desa

Serabi Ambarawa

Masyarakat Ngampin ini dahulu kebanyakan bekerja sebagai petani, berkebun dan berternak. Namun setelah Serabi Ngampin ramai dikenal orang dan untuk kedepan prospeknya sangat bagus, akhirnya banyak masyarakat Ngampin yang berualan serabi setiap hari, kemudian banyak ibu-ibu yang beralih profesi sebagai penjual Serabi Ngampin. Memang mayoritas para penjual Serabi Ngampin ini adalah ibu-ibu karena mereka ingin membantu perekonomian keluarga.

Puluhan warung sederhana Serabi Ngampin yang berjejer di pinggir sepanjang jalan raya Ngampin ini merupakan warung milik warga Ngampin, dan saat ini para penjual Serabi Ngampin ini juga ikut dalam kelompok usaha sehingga para penjual Serabi Ngampin ini bisa saling kompak dan saling mendukung.

Buat kalian yang melewati jalan raya Semarang – Yogyakarta tepatnya di Desa Ngampin Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Provinsi Jawa Tengah, kalian bisa mampir ke deretan warung Serabi Ngampin dan mencoba kelezatannya, pasti kalian akan ketagihan dan tentunya kalian juga sudah membantu melestarikan kuliner tradisional Serabi Ngampin dan juga membantu meningkatakan perekonomian ibu-ibu pejual Serabi Ngampin sehingga mereka bisa hidup sejahtera.

Opening Hours
Serabi Nagmpin ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.