10 Makanan Khas Tajikistan, Enak Dan Banyak Olahan Daging Domba


sisil angelin  January 22, 2019  0 Comment

Makanan Khas Tajikistan terkenal unik dan enak. Tajikistan adalah salah satu negara yang ada di bagian Asia Tengah. Tajikistan merupakan negara yang tidak memiliki pemandangan pantai karena berbatasan langsung dengan negara tetangganya yaitu Uzbekistan, Tiongkok, Kirgistan, dan Afganistan. Penduduknya pun berjumlah 8,6 juta dengan luas wilayahnya mencapai 143.100 kilometer persegi dan merupakan negara pecahan dari Uni Soviet.

Negara yang ada di bagian Asia Tengah memang belum dapat dikatakan negara yang makmur dan negara yang kecil, namun siapa sangka negara Asia Tengah memiliki pemandangan alam yang indah. Selain bentang alam yang indah, Asia Tengah memang populer dengan wisata religi untuk napak tilas sejarah masa dahulu. Terlepas dari hal tersebut, ada satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan di Tajikistan. Asia Tengah umunya memang populer dengan cita rasa makanan yang khas, pedas, dan dibuat dengan banyak campuran rempah-rempah. Untuk itu Anda wajib menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas Tajikistan yang lezat, menggoda, dan memiliki cita rasa khas yang tidak Anda dapatkan di tempat lain.

Berikut ini adalah referensi Makanan Khas Tajikistan

1.      Palav

Palav
blog.misteraladin.com

Makanan khas Tajikistan pertama yang harus Anda coba adalah palav. Palav merupakan hidangan nasi dengan campuran potongan daging dan bermacam-macam sayuran. Nasi palav memiliki warna kuning atau jingga karena digoreng dengan minyak dan wortel. Wortel atau juga dapat menggunakan lobak kuning dipotong kecil-kecil menjadi strip panjang yang halus. Sedangkan untuk dagingnya dipotong dadu dan digoreng dengan minyak sayur atau lemak domba di atas api yang terbuka. Di Tajikistan hidangan ini disajikan di satu piring atau wadah yang besar, untuk dapat dimakan secara bersama-sama, dan harus disantap menggunakan tangan tanpa sendok.

Baca juga :  Dinginnya Kota Malang Ditemani 7 Cwie Mie Paling Enak di Malang
Review makanan

Sate Samurai – Sate Unik, Sasaran Pecinta Sate Kekinian.

Sate Karak, Kuliner Legendaris Surabaya Yang Nyaris Punah

2.      Shashlik

Shashlik
centralasia-travel.com

Shashlik adalah makanan khas Tajikistan berbahan dasar daging domba, sapi, atau ayam, dan juga campuran berbagai macam rempah-rempah. Daging kemudian ditusuk pada tusukan baja seperti tusuk sate yang ada di Indonesia. Shashlik disajikan dengan irisan bawang dan adjika. Adjika adalah saus merah yang memiliki rasa pedas.

3.      Qurutob

Qurutob
foodperestroika.com

Qurutub merupakan keju asin kering yang dicampur dengan air dan dilarutkan. Kemudian cairan tersebut diletakkan di atas roti datar yang dipotong tipis. Qurutob disajikan dengan taburan bawang goreng dan sayuran goreng.

4.      Manti

Manti
whatscookinginyourworld.blogspot.com

Manti merupakan makanan khas Tajikistan berupa pangsit daging kukus. Sebenarnya manty atau manti berasal dari mantou yang merupakan salah satu makanan khas dari China. Seperti masakan ravioli, manti berbahan dasar pangsit, bisa menggunakan tepung terigu yang dibuat menjadi adonan tipis, kemudian diisi dengan daging sapi atau daging domba dan direbus. Manti disajikan dengan yogurt dan cocok sekali dinikmati bersama keluarga untuk makan siang atau makan malam.

5.      Shurpa

Shurpa adalah makanan berkuah atau soup yang terbuat dari potongan daging berlemak, biasa yang digunakan di Tajikistan adalah daging kambing. Kemudian dicampur dengan sayuran yang segar. Shurpa memiliki banyak nama dengan jenis campuran yang berbeda-beda seperti shurpa mash merupakan soup daging kambing yang dicampur dengan gram hijau. Shurpa chaban yaitu soup daging dengan bawang, kentang, dan tomat. Kaurma shurpa adalah soup dengan bakso, sholgom shurpa yakni campuran daging dengan logam, kifta shurpa soup sosis daging yang dicampur dengan kacang polong dan sayuran lain. Dan masih banyak lagi menu atau resep dari makanan shurpa.

Baca juga :  Nggak Hanya Nasi Goreng, 11 Olahan Nasi Lezat di Berbagai Negara

6.      Samsa

Samsa
westword.com

Samsa adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung, dibentuk segitiga, dan dipanggang dalam api pemanggang atau oven. Adonan roti samsa diisi dengan daging domba, daging sapi, labu, jamur, atau tambahan isian lain yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Samsa memiliki rasa yang renyah namun memiliki tekstur lembut.

7.      Mastava

Mastava
Uzbekcooking.blogspot.com

Mastava adalah makan soup populer di Asia Tengah. Bahan-bahan yang digunakan pada sajian mastava antara lain daging sapi, beras, wortel, kentang, daun ketumbar, tomat atau pasta tomat. Diberi tambahan krim asam dan lada pada saat disajikan sebelum disantap.

8.      Dolmas

Dolmas
enacademic.com

Makanan khas Tajikistan yang satu ini terbuat dari daging sapi atau daging domba yang digiling halus dan dicampur dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah antara lain  lada merah, lada hitam, garam, dan bawang. Campuran daging tersebut kemudian dimasukkan pada lembaran daun anggur muda dan dibungkus atau digulung dan diikat menggunakan benang. Setelah terbungkus rapi, kemudian dolmas disusun dalam panci besar dan dimasak dengan tambahan mentega, air, dan tambahan rempah-rempah yang lain.

9.      Naryn

Naryn
arbuz.com

Makanan yang disebut neryn atau norin ini berbahan dasar daging domba yang telah dicincang secara halus, ada juga yang menggunakan daging kuda. Naryn didampingkan dengan saus bawang dan tambahan mie yang disebut beshbarmak. Naryn dapat disajikan sebagai menu atau hidangan pasta dingin terdiri dari kuruk norin atau norin kering. Selain itu, norin juga dapat dihidangkan bersama soup mie panas yaitu khul norin atau norin basah. Mie tersebut dimasak dalam air kaldu daging kambing atau daging kuda, dicampur dalam naryn, dan disajikan dengan kazy yaitu irisan sosis daging kuda.

10.   Lagman soup

Lagman soup
silkroadchef.com

Lagman soup pasti akan sangat cocok bagi Anda para pecinta makanan ramen. Lagman soup adalah ramen dengan cita rasa khas yang dimiliki Asia tengah. lagman soup disajikan dengan kuah kaldu daging dengan rasa pedas, irisan daging kambing atau daging sapi, dan berbagai macam jenis sayur-sayuran. Menikmati ramen asia tengah, lagman soup sangat nikmat pada musim dingin karena suhu yang dingin akan menjadi hangat dengan lagman soup.

Baca juga :  10 Kuliner Unik Khas Nusantara Hanya Dijumpai saat Ramadhan

Makanan Asia Tengah kebanyakan menggunakan kambing domba atau kambing dibandingkan dengan kambing sapi. Karena mayoritas penduduknya memelihara hewan domba. Santapan khas Tajikistan juga khas dengan susu atau yogurt. Meskipun bukan makanan atau minuman tradisional Tajikistan, sajian susu atau yogurt selalu dijadikan makanan pembuka atau disajikan bersamaan sebagai pendamping makanan lain seperti roti datar dan qurut.

Sedangkan untuk minuman, Tajikistan memiliki minuman khasnya berupa teh. Teh disajikan dalam keadaan masih panas tanpa gula dalam pot keramik yang ditutup tanpa ada gagangnya. Minum teh sangat populer di Tajikistan, sampai membuat kedai teh selalu saja ramai dan menjadi tempat berkumpul atau dalam gaya barat disebut dengan warung kopi.

Itulah 10 daftar referensi makanan khas Tajikistan yang dapat disampaikan. Sebenarnya masih banyak makanan khas lain dari Tajikistan yang tidak bisa disampaikan semuanya dalam artikel ini contohnya tushbera, belyash, dan masih banyak lagi.



Leave a Reply